Jenis Kepemimpinan

1. Kepemimpinan informal . Kepemimpinan formal 2.

Pemimpin formal Orang yang oleh organisasi / lembaga tertentu ditunjuk sebagai pemimpin Berdasarkan keputusan dan pengangkatan resmi Untuk memangku suatu jabatan dlm struktur organisasi .

Punya hak dan kewajiban Tugasnya mencapai suatu tujuan organisasi .

Sebelum pengangkatan dia harus terlebih dahulu memenuhi beberapa persyaratan formal . atas dasar legalitas formal oleh pihak berwenang 2. Masa jabatan tertentu.Ciri-ciri 1.

Mendapat balas jasa materiil dan immateriil . Karena itu dia selalu memiliki atasan 4.3. Didukung oleh organisasi formal untuk menjalankan kewajibannya.

dan dapat dimutasi 6.5. Dapat dikenai sanksi atau hukuman apabila melakukan kesalahan . Bisa mencapai promosi.

Namun karena dia memiliki sejumlah kualitas unggul. dia mencapai kedudukan sebagai orang yang mampu mempengaruhi kondisi psikis & perilaku kelompok. .Pemimpin informal Orang yang tidak mendapatkan pengangkatan formal sebagai pemimpin.

Tidak mendapatkan dukungan dari suatu organisasi formal .Ciri-ciri 1. Tidak ditunjuk secara formal 2. Diakui sebagai pemimpin oleh kelompok rakyat atau masyarakat 3.

dan tidak memiliki atasan.4. Tidak perlu memenuhi persyaratan formal tertentu. Tidak dapat dipromosi. . atau imbalan jasa diberikan secara sukarela 5. Biasanya tidak mendapat imbalan balas jasa. dimutasi. 6.

dia tidak dapat dihukum. . Apabila dia melakukan kesalahan. atau ditinggalkan oleh massanya. tidak diakui. Hanya saja respek orang terhadap dirinya jauh berkurang.7.

Besarnya peran pemimpin informal. Tinggi ± rendahnya status sosial yang berhasil dicapainya. . tergantung pada: 1. Besar kecilnya dampak sosial yang disebabkan oleh kepemimpinan 2.

4. 2. pendeta Karena kekayaan berlimpah ruah yang dicapainya sendiri Taraf pendidikan lebih tinggi Pengalaman hidup lebih banyak sehingga memiliki kualitas & ketrampilan tertentu. . Status sosial umumnya dicapai karena: Keturunan: bangsawan.1. 3.

6. .5. Memiliki sifat ± sifat kharismatik & ciri ± ciri herediter lainnya. Partisipasi sosial yang tinggi dan fungsinya dapat mempengaruhi serta menggerakkan massa rakyat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful