Bab 2.

Pasar Sekuritas

20

BAB 2 PASAR SEKURITAS Pasar sekuritas didifinisikan sebagai mekanisme untuk mempertemukan dan memberi fasilitas perdagangan pembeli dan penjual aktiva keuangan. Pasar sekuritas termasuk pasar sekunder (sebagai lawan pasar primer/perdana), karena aktiva keuangan yang diperdagangkan di pasar ini diterbitkan di masa lalu. Salah satu fungsinya adalah price discovery- yaitu penemuan harga yang mencerminkan keadaan sekarang berdasar informasi yang tersedia. Semakin cepat hal ini terjadi, maka semakin efisien pasar keuangan akan melihat bagaimana modal dialokasikan ke peluang yang paling produktif. 2.1. Pasar Keuangan Pasar keuangan (financial market) menyediakan suatu mekanisme penciptaan dan pertukaran aktiva keuangan. Walaupun aktiva keuangan dapat dibeli dan dijual secara pribadi, namun pada kebanyakan pasar keuangan yang telah maju terdapat peluang untuk memperdagangkan aktiva keuangan pada beberapa struktur institusional. 2.1.1. Penggolongan Pasar Keuangan Terdapat berbagai cara untuk mengelompokkan pasar keuangan. Cara Pertama, untuk mengelompokkan pasar keuangan adalah melalui jenis klaim keuangan. Klaim yang diperdagangkan pada pasar keuangan dapat berjumlah tetap maupun bervariasi. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, aktiva keuangan disebut juga instrumen hutang, sedangkan pasar keuangan dimana instrumen tersebut diperdagangkan disebut pasar hutang. Aktiva keuangan lainnya disebut instrumen pasar ekuitas atau bursa saham. Saham preferen merupakan klaim ekuitas yang memberikan hak kepada investor untuk menerima pembayaran dalam jumlah tetap. Umumnya, instrument hutang dan saham preferen dikelompokkan sebagai bagian dari pasar penghasilan

sedangkan aaktiva keuangan jangka panjang memiliki masa jatuh tempo lebih dari satu tahun. untuk mengelompokkan pasar keuangan adalah berdasarkan jatuh temponya. pasar keuangan menyediakan suatu mekanisme bagi investor untuk menjual aktiva kewajibannya. Karena . Pasar bagi aktiva keuangan yang diterbitkan pertama kali disebut pasar primer. Fungsi Pasar Keuangan Pasar keuangan memiliki tiga fungsi ekonomi utama. Cara Ketiga. 2. Sektor bursa saham di luar saham preferen disebut pasar saham biasa. dikelompokkan sebagai bagian dari pasar modal. pasar hutang dapat digolongkan sebagai pasar uang ataupun pasar modal berdasarkan jangka waktu jatuh temponya. Kadua.Bab 2. maka issuer dianggap menerbitkan aktiva keuangan.1. aktiva keuangan dibeli dan dijual oleh sesama investor. Pasar dimana kegiatan perdagangan tersebut dilakukan disebut pasar sekunder. Instrumen ekuitas dikarenakan sifatnya yang umumnya perpetual/tidak memiliki tanggal maturitas. Setelah kurun waktu tertentu. Sebagai contoh. pasar menentukan harga aktiva yang diperdagangkan melalui interaksi antara penjual dan pembeli. Pasar Sekuritas 21 tetap. Cara Kedua. untuk mengelompokkan pasar keuangan adalah berdasarkan penerbitannya. Oleh karena itu. Aktiva keuangan jangka pendek adalah instrument yang jatuh temponya kurang dari atau sama dengan satu tahun. Hal ini disebut proses penemuan harga (price discovery process).2. Pertama. terdapat pasar keuangan untuk instrument hutang jangka pendek disebut pasar uang (money market) dan untuk instrumen aktiva keuangan dengan jatuh tempo yang lebih panjang disebut pasar modal (capital market). yaitu apakah instrumen tersebut baru diterbitkan untuk pertama kalinya atau telah diterbitkan sebelumnya. Pada saat penerbit (issuer) menjual aktiva keuangan baru kepada masyarakat umum.

Dua biaya dihubungkan dengan usaha transksi: biaya pencarian dan biaya informasi.Bab 2. (2) kemajuan teknologi yang meungkinkan pengawasan pasar dunia. baik sukarela maupun terpaksa. Pemilik ekuitas harus menunggu hingga perusahaan. Biaya pencarian mengacu kepada biaya eksplisit. Globalisasi Pasar Keuangan Globalisasi berarti perpaduan (integrasi) dari pasar keuangan di seluruh dunia ke dalam suatu pasar keuangan internasional. calon investor dan penerbit (issuer) tidak hanya melakukan transaksi dalam ruang lingkup domestic yang terbatas. yaitu kemampuan untuk mengubah aktiva menjadi kas. Faktor-faktor yang mendorong terciptanya integrasi pasar keuangan adalah (1) deregulasi atau liberalisasi pasar dan aktivitas peserta pasar pada pusat keuangan utama. Tanpa adanya pasar sekunder. pelaksanaan pesanan dan analisis peluang keuangan. Biaya informasi merupakan biaya yang dikeluarkan dalam menilai hasil investasi aktiva keuangan. pasar keuangan dapat menawarkan suatu likuiditas. Fungsi ekonomi pasar keuangan yang ketiga adalah kemampuannya untuk menurunkan biaya transaksi. dijual (dilikuidasi). Pasar Sekuritas 22 kegunaan tersebut. pemilik hutang akan dipaksa untuk menyimpan instrumen hutangnya hingga tanggal jatuh temponya. Karena globalisasi pasar keuangan.3. seperti biaya iklan dan biaya implicit seperti waktu yang dihabiskan untuk menemukan penjual/pembeli.1. Keberadaan pasar keuangan terorganisir menurunkan biaya pencarian. . Ini merupakan hal yang menarik jika situasi yang ada dapat mendorong atau meotivasi investor untuk menjual. dan (3) peningkatan instutisionalisasi pasar keuangan. 2.

di Inggris disebut Bulldog Market. Perusahaan non-Jepang yang ingin menerbitkan saham di Jepang harus tunduk kepada peraturan yang dikeluarkan oleh departemen keuangan Jepang.1. Pasar eksternal. Antara lain.Bab 2. Sekuritas asing diatur oleh pihak berwenang di Negara dimana sekuritas tersebut beredar. Misalnya. disebut juga pasar internasional. Pasar eksternal umumnya disebut offshore market. pasar asing di AS disebut Yankee market. Pasar internal. . Pasar domestik merupakan pasar dimana perusahaan-perusahaan penerbit sekuritas berdomisili di negara tersebut. atau lebih popular dengan sebutan Euromarket (walaupun pasar ini tidak terbatas hanya di Eropa. dan (2) sekuritas tersebut dikeluarkan di luar yuridikasi satu negara. pasar keuangan dapat dikelompokkan sebagai: A. Pasar Sekuritas 23 2.4. di Belanda disebut Rembrandt Market dan di Spanyol dikenal dengan sebutan Matador Market. B. meliputi sekuritas dengan karakteristik sebagai beriut: (1) pada saat ini diterbitkan. di Jepang disebut Samurai Market. sekuritas yang diterbitkan di AS oleh perusahaan non AS harus mengikuti hukum sekuritas AS. Dari sudut pandang suatu negara. Nama-nama panggilan telah diberikan terhadap berbagai pasar asing. Pasar internal disebut juga pasar nasional. hanya dimulai di Eropa). Pasar asing adalah pasar dimana dilakukan jual beli sekuritas dari perusahaan yang tidak berdomisili di negara tersebut. Pengelompokkan Pasar Modal Dunia Walaupun tidak terdapat sistem yang seragam dalam pengelompokan pasar keuangan global. Pasar ini dibedakan menjadi: pasar domestik dan pasar asing. sekuritas ini ditawarkan secara terus-menerus kepada investor di berbagai Negara.