P. 1
Islam dan Terorisme

Islam dan Terorisme

|Views: 72|Likes:
Published by ummudurroh

More info:

Published by: ummudurroh on Apr 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/06/2011

pdf

text

original

Islam dan Terorisme

A. Pendahuluan
Teror..., teroris..., terorisme..., begitu mendengar kata-kata tersebut, kita mungkin secara sadar maupun tidak sadar teringat pada Al Qaeda, Jama¶ah Islamiyah, Amrozi, dan lain-lain. Kita pun sering mendengar tentang kelompok-kelompok teroris yang menggunakan nama Islam dalam melaksanakan aksinya. Akhirnya, Islam pun dikait-kaitkan dengan terorisme, terutama oleh media-media Barat. Benarkah Islam mengijinkan terorisme? Dan apa definisi dari teror dan terorisme? Sebenarnya, tidak ada definisi resmi yang sama di seluruh dunia yang menjelaskan tentang terorisme. Walaupun demikian, saya akan mencoba menjawabnya berdasarkan atas analisis dan opini saya, serta dari berbagai sumber.

B. Definisi Terorisme
1. Teror
Sebelum mendiskusikan tentang terorisme, kita harus tahu dan paham tentang definisi dari teror itu sendiri. Teror secara etimologi berasal dari kata ³terrour´ (Inggris Tengah), ³terreur´ (Perancis lama), ³terror´ (Latin) dan ³terre´ (Latin), yang artinya adalah untuk menakuti. Definisi teror menurut beberapa ensiklopedia dan kamus: 1. sangat takut, sangat ketakutan 2. suatu emosi yang dialami sebagai antisipasi dari suatu rasa sakit atau bahaya (biasanya disertai oleh suatu keinginan untuk kabur atau untuk melawan) 3. rasa panik atau perasaan yang sangat tidak tenang 4. sifat yang sangat menyusahkan, terutama pada anak-anak.

2. Teroris dan Terorisme
Setelah mengetahui definisi teror, kita akan membahas tentang apa itu teroris dan terorisme. Dalam terminolgi yang sederhana, definisi teroris adalah satu atau lebih orang yang melakukan teror; sedangkan terorisme adalah suatu paham yang dianut seseorang atau lebih, atau organisasi untuk menggunakan teror.

Sebenarnya, tidak ada definisi teroris dan terorisme resmi yang sama di seluruh dunia, masingmasing negara dan institusi baik itu institusi nasional maupun internasional, mempunyai definisi yang berbeda pula. Dan umumnya definisi mereka menjauh dari terminologi sederhana dan lebih bermuatan politik. Banyak usaha untuk menyeragamkan definisi teroris dan terorisme ini, akan tetapi, belum kelihatan ada hasil yang signifikan. Bahkan usaha dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang membentuk Ad Hoc Commitee on Terrorism pada tahun 1972 yang telah bersidang selama tujuh tahun pun tidak berhasil merumuskan definisi teroris dan terorisme tersebut.

2.1. Definisi Terorisme Menurut Kamus, Ensiklopedia dan Akademisi Menurut Black¶s Law Dictionary: Terorisme adalah kegiatan yang melibatkan unsur kekerasan atau yang menimbulkan efek bahaya bagi kehidupan manusia yang melanggar hukum pidana, yang dimaksudkan untuk: (a) mengintimidasi penduduk sipil, (b) mempengaruhi kebijakan pemerintah, (c) mempengaruhi penyelenggaraan negara dengan cara penculikan dan pembunuhan. Menurut Webster¶s New World College Dictionary (1996): ³The use of force or threats to demoralize, intimidate, and subjugate.´ Menurut Academic Consensus Definition (1988): ³Terrorism is an anxiety-inspiring method of repeated violent action, employed by (semi-) clandestine individual, group, or state actors, for idiosyncratic, criminal or political reasons, whereby²in contrast to assassination²the direct targets of attacks are not the main targets. The immediate human victims of violence are generally chosen randomly (targets of opportunity) or selectively (representative or symbolic targets) from a target population, and serve as message generators. Threat²and violence²based communication processes between terrorist (organization), (imperiled) victims, and main targets are used to manipulate the main target (audience(s)), turning it into a target of terror, a target of demands, or a target of attention, depending on whether intimidation, coercion, or propaganda is primarily sought.´

2.2. Definisi Terorisme Menurut Beberapa Badan Internasional Menurut US Central Intelligence Agency (CIA): ³Terorisme internasional adalah terorisme yang dilakukan dengan dukungan pemerintah atau organisasi asing dan/atau diarahkan untuk melawan negara, lembaga atau pemerintahan asing´

or any segment thereof.´ . kejahatan yang berhubungan dengan senjata api. 5. serangan yang mencelakakan badan. the civilian population. Kejahatan dalam lingkup ³Konvensi tentang Pencegahan dan Penghukuman atas Tindak Pidana Terhadap Orang-Orang yang secara Internasional Dilindungi. Pembunuhan. penculikan. 2. kebebasan. 23 September 1970. atau keselamatan atau bertujuan untuk menyebabkan kerusakan lingkungan atau harta publik maupun pribadi atau menguasai dan merampasnya atau bertujuan untuk mengancam sumber daya nasional. yang terjadi untuk menjalankan agenda tindak kejahatan individu atau kolektif. in furtherance of political or social objectives. rasa takut dengan melukai mereka atau mengancam kehidupan. senjata. yang menyebabkan teror di tengah masyarakat. 16 Desember 1970. 3. penduduk sipil dan elemen-elemennya untuk mencapai tujuan-tujuan sosial atau politik. 14 Desember 1973. 1999: ³Terorisme adalah tindakan atau ancaman kekerasan apapun motif dan tujuannya.Menurut US Federal Bureau of Investigation (FBI): ³Terorisme adalah penggunaan tidak sah atau kekerasan atas seseorang atau harta untuk mengintimidasi sebuah pemerintahan. Kejahatan dalam lingkup ³Konvensi untuk Pembasmian Perampasan Tidak Sah atas Keselamatan Penerbangan Sipil´. harta milik atau kepentingannya yang diancam hukuman dengan hukuman domestik. ditandatangani di Montreal. 4. ditandatangani di Hague. termasuk AgenAgen Diplomatik´. ditandatangai di New York. Kejahatan dalam lingkup konvensi apapun dimana negara-negara anggota SAARC adalah pihak-pihak yang mengharuskan anggotanya untuk menuntut atau melakukan ekstradisi.´ ³Disebut juga bahwa tindak pidana terorisme adalah tindakan kejahatan dalam rangka mencapai tujuan teroris di negara-negara yang menjalin kontak atau melawan warga negara.´ Menurut US Code of Federal Regulations: ³Terorism adalah the unlawful use of force and violence against persons or property to intimidate or coerce a government. Menurut The Arab Convention on the Suppression of Terrorism senada dengan Convention of the Organisation of the Islamic Conference on Combating International Terrorism. Kejahatan dalam lingkup ³Konvensi untuk Pembasmian Perampasan Tidak Sah atas Keselamatan Penerbangan Sipil´. pembantaian. bahan peledak dan bahan-bahan lain yang jika digunakan untuk melakukan kejahatan dapat berakibat kematian atau luka yang serius atau kerusakan berat pada harta milik.´ Menurut States of the South Asian Association for Regional Cooperation (SAARC) Regional Convention on Suppression of Terrorism: Terorisme meliputi: 1.

mempengaruhi pengambilan kebijakan oleh penguasa atau menteror penduduk dan mengambil bentuk: 1. menciptakan pemberontakan umum di sebuah negara. pemberian pelayanan esensial kepada publik atau untuk menciptakan darurat publik. atau 3. 1999: Terorisme adalah tindakan illegal yang diancam dengan hukuman di bawah hukum pidana yang dilakukan dengan tujuan merusak keselamatan publik. Menyerang perwakilan negara asing atau staf anggota organisasi internasional yang dilindungi secara internasional begitu juga tempat-tempat bisnis atau kendaraan orangorang yang dilindungi secara internasional. menakut-nakuti. Menurut Konvensi ini. 3. . 2. integritas fisik atau kebebasan atau menyebabkan luka serius atau kematian bagi seseorang. atau 2. Mengancam kehidupan negarawan atau tokoh masyarakat dengan tujuan mengakhiri aktivitas publik atau negaranya atau sebagai pembalasan terhadap aktivitas tersebut. 5. 6. Kekerasan atau ancaman kekerasan terhadap orang biasa atau orang yang dilindungi hukum. sesuai dengan asas-asas hukum internasional. bahwa perjuangan dengan cara apapun juga untuk melawan pendudukan dan agresi asing untuk kemerdekaan dan hak menentukan nasib sendiri. atau menyebabkan atau dapat menyebabkan kerugian bagi harta. mengganggu pelayanan publik. atau mempengaruhi pemerintah. Menghancurkan atau mengancam untuk menghancurkan harta benda dan objek materi lain sehingga membahayakan kehidupan orang lain. publik secara umum atau lapisan masyarakat untuk melakukan atau abstain dari melakukan sebuah tindakan atau untuk mengadopsi atau meninggalkan pendirian tertentu atau untuk bertindak menurut prinsip-prinsip tertentu. menekan. tidak merupakan Tindak Pidana Terorisme Menurut Organisation of African Unity (OAU) 1999: Tindakan teroris merupakan tindakan pelanggaran terhadap hukum pidana ³negara anggota´ dan bisa membahayakan kehidupan. institusi. 4.Menurut Treaty on Cooperation among the States Members of the Commonwealth of Independent States in Combating Terrorism. sejumlah orang atau sekelompok orang. badan. memaksa. mengintimidasi. sumber alam atau lingkungan atau warisan budaya seseorang atau publik dan diperhitungkan atau dimaksudkan untuk: 1. Tindakan lain yang dikategorikan sebagai teroris dibawah perundang-undangan nasional atau instrumen legal yang diakui secara internasional yang bertujuan memerangi terorisme. Menyebabkan kerusakan atas harta benda atau terjadinya akibat yang membahayakan bagi masyarakat.

Dengan sengaja menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan bermaksud untuk menimbulkan suasana terror atau rasa takut terhadap orang secara meluas atau menimbulkan korban yang bersifat massal. berdasarkan ketentuan pasal 8. diatur dalam ketentuan pada Bab III (Tindak Pidana Terorisme). dengan cara merampas kemerdekaan atau menghilangkan nyawa dan harta benda orang lain atau mengakibatkan kerusakan atau kehancuran terhadap obyek-obyek vital yang strategis atau lingkungan hidup atau fasilitas publik atau fasilitas internasional (Pasal 7). 7. 9. Kesimpulan yang bisa diambil dari berbagai definisi terorisme di atas adalah: ³Terorisme adalah suatu metoda untuk menakut-nakuti dengan menggunakan kekerasan (atau ancaman kekerasan) yang telah diperhitungkan sebelumnya terhadap orang-orang sipil dengan tujuan sosial. 2. Hal ini sangat berkaitan dengan masalah politik. sehingga publik pun secara langsung maupun tidak langsung membentuk pendapat para politisi. Pasal 6. Pasal 1 ayat 1. atau agama. Definisi Terorisme menurut Hukum Perundang-Undangan Indonesia Menurut Undang-Undang Nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. dan antara satu badan dengan badan lainnya. 2. politik. 11 dan 12 Undang-Undang Nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.4. Media massa juga bertanggung jawab atas perbedaan definisi ini. Karena media massa bisa membentuk pendapat publik. Dengan sengaja menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan menimbulkan suasana teror atau rasa takut terhadap orang secara meluas atau menimbulkan korban yang bersifat massal. jika: 1. dan jangan lupa akan peranan media dalam hal ini. 10.´ C. bahwa setiap orang dipidana karena melakukan Tindak Pidana Terorisme. Bab I Ketentuan Umum. Tindak Pidana Terorisme adalah segala perbuatan yang memenuhi unsur-unsur tindak pidana sesuai dengan ketentuan dalam UndangUndang ini. dengan cara merampas kemerdekaan atau menghilangkan nyawa dan harta benda orang lain atau mengakibatkan kerusakan atau kehancuran terhadap obyekobyek vital yang strategis atau lingkungan hidup atau fasilitas publik atau fasilitas internasional (Pasal 6). Dan seseorang juga dianggap melakukan Tindak Pidana Terorisme.2.3. Mengenai perbuatan apa saja yang dikategorikan ke dalam Tindak Pidana Terorisme. Pandangan Islam Terhadap Terorisme . Definisi Terorisme Bisa dilihat bahwa definisi terorisme itu sendiri sangat beragam antara satu negara dengan negara lainnya.

bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia. dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil. kepadamu. Terkecuali. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. (QS 5:32) . kasih sayang.Islam sebagai agama. maka kejahatan itu sama saja dengan membunuh seluruh manusia. Nilai-nilai yang ada di dalam Al Quran membuat seorang Muslim bertanggung jawab untuk memperlakukan semua orang. pandangan hidup. maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. apakah itu Muslim atau non-Muslim. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia. melindungi yang lemah dan yang tidak bersalah dan mencegah kemungkaran. Islam dengan kitab sucinya Al Quran yang mengajarkan tentang moral-moral yang berdasarkan konsep-konsep seperti cinta. dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik. toleransi dan kemurahan hati. dengan rasa kasih sayang dan rasa keadilan. dan sebagai ³way of life´ atau jalan hidup bagi penganutnya. bukan karena orang itu (membunuh) orang lain. (QS 28:77) Ayat ini memerintahkan manusia untuk berbuat kebaikan dan melarang manusia untuk berbuat kerusakan. walaupun hanya satu orang. kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan di muka bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. tentu saja tidak mengijinkan dan bahkan mengutuk terorisme. sebagai perlawanan melawan orang yang membuat kerusakan di muka bumi. maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Membunuh seseorang tanpa alasan adalah salah contoh yang jelas dari kemungkaran Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat. atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi. Dan juga dijelaskan dalam Al Quran bahwa jika seseorang membunuh.

tidak perlu ³di-Islam-kan´ atau dibaptis oleh seorang kyai haji atau orang lain. sebagai pembenaran atas . Pada ayat ini dikatakan bahwa tidak ada paksaan untuk masuk Islam karena Islam adalah jalan yang benar. mereka hanya mengada-ada. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Hal ini diungkapkan dalam ayat berikut ini: Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul Allah. ³Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Seseorang harus secara sukarela dan atas kesadarannya sendiri untuk masuk Islam. (QS 2:256) Thaghut : syaitan dan apa saja yang disembah selain dari Allah S. Al Quran juga memerintahkan umat Islam untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap sesama manusia. Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam). Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah. terkecuali orang-orang yang memerangi umat Islam. yaitu. Banyak orang yang mengaku bahwa mereka membela Islam. sebagai topeng keburukan mereka.´ maka sesungguhnya orang tersebut sudah masuk Islam. dengan mengucapkan dan memegang teguh kalimat syahadat. bahkan sebenarnya Islam melarang manusia untuk berbuat keji. Jadi. menegakkan hukum Islam dan lain sebagainya. akan tetapi. maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus.Pada ayat di atas jika dilihat sepintas. (QS 60:8) Dan Islam juga tidak pernah memerintahkan manusia untuk berbuat keji. Dan untuk masuk Islam itu sebenarnya adalah mudah. sesungguhnya ayat ini juga berlaku untuk seluruh manusia tanpa memandang bangsa dan golongan. sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat.T. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. mungkin ayat ini hanya berlaku bagi Bani Israil. yaitu. jika seseorang sudah mengucapkan dan memegang teguh kalimat syahadat.W. Akan tetapi semua ini tidak benar.

Berikut ini adalah terjemahan kata ³jihad´ yang terbaik: Jihad adalah (1) suatu perjuangan yang tulus dan optimal (untuk kebaikan dan kebenaran). Mereka lebih mempercayai pemimpin-pemimpin mereka. bahkan lebih buruk dari itu. D. melakukannya dengan tujuan uang. . Ada satu fakta yang menyedihkan yang saya temukan. makna. walaupun mereka mengklaim tidak mempunyai tujuan uang.´ Mengapa kamu mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?´ (QS 7:28) Dalam ayat ini Allah SWT mengingatkan kita akan orang-orang munafik yang mengatasnamakan Islam sebagai topeng kebohongan mereka. masyarakat atau negara. Seperti halnya dengan bahasa-bahasa lainnya.´ Katakanlah: ³Sesungguhnya Allah tidak menyuruh (mengerjakan) perbuatan yang keji.perbuatan keji mereka. dengan cara membuat hadist-hadist palsu dan/atau ³meng-edit´ hadist-hadist yang asli. Jihad Jihad. Dan untuk orang-orang yang baru setengah belajar Islam atau yang hanya mengenal Islam dari media-media pembenci Islam juga pasti akan mengatakan hal yang sama. bahwa ada banyak ulama yang salah/kurang tepat mentafsirkan makna jihad. akan mengira bahwa jihad adalah tentang perang. dan Allah menyuruh kami mengerjakannya. seperti yang tertulis dalam ayat berikut ini: Dan apabila mereka melakukan perbuatan keji. Sebagian dari mereka. (2) suatu perjuangan melawan pikiran-pikiran jahat. Al Quran sudah mengingatkan manusia akan hal ini. terutama perang dalam artian fisik. mereka berkata: ³Kami mendapati nenek moyang kami mengerjakan yang demikian itu. pengertian dan pemaknaan yang sulit diterjemahkan ke dalam bahasa lain (termasuk bahasa Indonesia). Mereka secara sadar atau tidak sadar melakukannya. bahasa Arab mempunyai kata-kata yang mempunyai arti. politik maupun kekuasaan. dan/atau dengan menggunakan terjemahan-terjemahan Al Quran yang sudah terdistorsi dan/atau mengutip sebagian ayat secara tidak benar sehingga pengertiannya jauh berbeda dari yang seharusnya. politik dan/atau kekuasaan. hadist-hadist palsu mereka. dan terjemahan Al Quran yang palsu daripada jiwa dan semangat Islam yang sebenarnya yang tertulis dalam Al Quran yang asli (terjemahan Al Quran yang benar). perbuatan jahat dan agresi terhadap seseorang. keluarga. bagi orang yang belum pernah mengenal dan belum pernah belajar tentang Islam.

keluarga. janganlah kamu jadikan bapa-bapa dan saudara-saudaramu menjadi wali(mu). ketidakadilan dan penindasan dalam dirinya sendiri. di dalam maupun di luar seorang manusia atau masyarakat. dan balasannya adalah surga. sosialisme. komunisme dan lain sebagainya. Yahudi. yang menghalangi dakwah Islam.Jihad umumnya diasosiasikan dengan Islam. ³Hai orang-orang beriman. Jihad melawan kejahatan. Perjuangan di dalam dirinya sendiri dalam menyembah Allah. dan/atau ketika seorang muslim diusir dari rumahnya dengan paksaan²Jihad Fisik. Jihad melawan semua yang menghalangi orang-orang Islam untuk menyembah Allah. sebenarnya.´ (QS 9:23) Tingkatan jihad dalam Islam: 1. Islam mendefinisikan jihad sebagai perjuangan melawan kejahatan. dan meraih standar pendidikan dan moral yang lebih tinggi²Jihad Spiritual. 2. Karena untuk melakukan jihad fisik ini seseorang mungkin akan mengorbankan harta dan jiwanya. mempertahankan suatu masyarakat (negara) Islam. Al Quran menjelaskan bahwa jihad fisik adalah tingkatan tertinggi dari jihad yang dapat dilakukan. ³Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan). maka mereka itulah orang-orang yang zalim. dan ideologi-ideologi politik/ekonomi seperti kapitalisme. melawan tirani atau penjajah. dan masyarakat²Jihad Sosial. jika mereka lebih mengutamakan kekafiran atas keimanan dan siapa di antara kamu yang menjadikan mereka wali.³ (QS 93:4) . konsep dari jihad juga ditemukan di dalam semua agama termasuk Kristen. 3. melawan kejahatan dalam dirinya sendiri.

Akan tetapi. berbuatlah sepenuh kemampuanmu. tidak boleh melawan muslim lainnya. sesungguhnya akupun berbuat (pula). (QS 6:135) Beberapa contoh jihad dalam Islam: 1. isteri-isteri. perbuatan. negara muslim. maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya´.Katakanlah: "Hai kaumku. dan tempat tinggal yang kamu sukai. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak akan mendapatkan keberuntungan. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik. keluarga. adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya. Katakanlah: ³Jika bapa-bapa. Belajar. dan mempraktekkan Islam dalam semua aspek supaya bermanfaat bagi dirinya sendiri. Pembawa pesan Islam (berdakwah) di semua tempat dalam setiap perilaku dan perbuatan 3. Memerangi kejahatan. atau negara dan masyarakat non-muslim yang menghargai perjanjian damai dan tidak menyerang Islam atau orangorang muslim. Menjawab panggilan jihad dengan harta. dan nyawanya. dan ketidakadilan dengan tangannya (perbuatan). Kelak kamu akan mengetahui. anak-anak. siapakah (di antara kita) yang akan memperoleh hasil yang baik di dunia ini. lebih daripada kenyataan yang tidak terlihat. harta kekayaan yang kamu usahakan. kebijaksanaan. mengajar. (QS 9:24) . Mengakui dan Mencintai Sang Pencipta Adalah sifat manusia untuk mencintai apa yang dilihat dan dirasakan dengan panca indera. kemungkaran. kaum keluargamu. 1. saudara-saudara. perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya. dan masyarakat 2. atau setidaknya dengan hatinya (doa) 4. dengan mulutnya (ucapan).

dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. ambisi dan kebutuhan duniawi kita memang sangat berat. yang mungkin akan menjadi perjuangan berat yang disebabkan oleh tentangan dari keluarga. tapi beliau bertahan.´ (QS 25:52) Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya.´ (QS 29:8) Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu. dan meraih kemenangan moral. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu. lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. Tetap Tabah Dalam Jalan yang Lurus Tetap tabah menjalani cobaan dan tetap berada di jalan yang lurus adalah salah satu bentuk dari jihad. 2. maka janganlah kamu mengikuti keduanya. kemudian hanya kepada-Ku-lah kembalimu. dahulu. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu. Terutama untuk seorang mualaf (orang yang baru masuk Islam). Seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. teman dan rekan-rekannya. maka Ku-beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. . dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik. (QS 31:15) Jihad (perjuangan) untuk menempatkan Allah di depan orang-orang yang kita sayangi dan cintai.³Maka janganlah kamu mengikuti orang-orang kafir. dan berjihadlah terhadap mereka dengan Al Quran dengan jihad yang besar. beliau dan pengikutnya diboikot secara sosial dan ekonomi selama tiga tahun untuk memaksa beliau untuk menghentikan dakwahnya. maka janganlah kamu mengikuti keduanya.

maka dirikanlah sembahyang. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim.´ (QS 29:69) Allah juga menguji keimanan dan ketabahan manusia: . Dia adalah Pelindungmu. supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia.´ (QS 29:6) ³Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami. tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. maka sesungguhnya jihadnya itu adalah untuk dirinya sendiri. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam. dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini.³Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu. maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.´ (QS 22:78) ³Dan barangsiapa yang berjihad. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami.

Keberanian dan Ketabahan Dalam Berdakwah . jiwa dan buah-buahan. dengan sedikit ketakutan.´ (QS 2:218) Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaan menganiaya diri sendiri. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (kepada mereka) malaikat bertanya: "Dalam keadaan bagaimana kamu ini?". sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu?". Orangorang itu tempatnya neraka Jahannam. Para malaikat berkata: "Bukankah bumi Allah itu luas. dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali. ³Sesungguhnya orang-orang yang beriman. mereka disarankan untuk bermigrasi ke wilayah yang lebih toleran dan damai untuk terus berjuang di jalan Allah. mereka itu mengharapkan rahmat Allah. Mereka menjawab: "Adalah kami orang-orang yang tertindas di negeri (Mekah)".³Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu. kekurangan harta. orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah. dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.´ (QS 2:155) ³Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga. kelaparan.´ (QS 3:142) Untuk orang-orang yang telah berjuang dan tabah. akan tetapi jika mereka tidak kuat menghadapi orang-orang membuat hidup mereka sulit. (QS 4:97) 3. padahal belum nyata bagi Allah orangorang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar.

´ (QS 49:15) 4. Contohnya pada ayat 26:1-190 dan 36:13-32. mengerjakan amal yang saleh. Dan di dalam Al-Quran. kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar. dan juga pada ayat di bawah ini: Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah.Al-Quran telah menjelaskan pengalaman-pengalaman dari para nabi dan orang-orang yang menderita karena mencoba menyampaikan pesan-pesan Allah. mendeklarasikan dirinya sebagai Muslim dan berdakwah. ³Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya. dan Negara Allah menjelaskan dalam Al Quran: Telah diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang diperangi. dan berkata: ³Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?´ (QS 41:33) Terkadang. membutuhkan suatu keberanian yang besar untuk tetap menjadi Muslim. Allah secara spesifik memuji orang-orang yang berjuang untuk menyampaikan pesan-pesan-Nya. benar-benar Maha Kuasa menolong mereka itu. Membela Islam. Masyarakat. Dan sesungguhnya Allah. karena sesungguhnya mereka telah dianiaya. (QS 22:39) . di bawah kondisi-kondisi yang tidak baik.

³Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu. (tetapi) janganlah kamu melampaui batas. kecuali karena mereka berkata: ³Tuhan kami hanyalah Allah´. karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. dan tidak boleh melampaui batas. tentulah telah dirobohkan biara-biara Nasrani. dan kepada Allah-lah kembali segala urusan. gereja-gereja. Akan tetapi ijin ini tidak boleh dipergunakan menjajah. rumah-rumah ibadat orang Yahudi dan masjid-masjid. menyuruh berbuat ma'ruf dan mencegah dari perbuatan yang mungkar. termasuk berperang untuk membela diri dan untuk perlindungan keluarga dan hartanya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa.(yaitu) orang-orang yang telah diusir dari kampung halaman mereka tanpa alasan yang benar. menunaikan zakat. Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya.´ (QS 2:190) . (QS 22:40) (yaitu) orang-orang yang jika Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi niscaya mereka mendirikan sembahyang. yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Karena Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (QS 22:41) Al-Quran mengijinkan berperang untuk membela agama Islam dan orang-orang Muslim. Dan sekiranya Allah tiada menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain.

maka bunuhlah mereka. Demikanlah balasan bagi orang-orang kafir. dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan. maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Jika mereka memerangi kamu (di tempat itu). kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. maka tidak ada permusuhan (lagi). kecuali terhadap orang-orang yang zalim.³Dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu). Membebaskan Manusia dari Tirani dan Diktator Allah memerintahkan orang-orang Muslim dalam Al Quran: . dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah).´ (QS 2:192) ³Dan perangilah mereka itu. sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah.´ (QS 2:193) 5.´ (QS 2:191) ³Kemudian jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu). dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil Haram.

wanita-wanita maupun anak-anak yang semuanya berdoa: ³Ya Tuhan kami. Spanyol dibebaskan oleh kekuatan orang-orang Muslim dan penguasa tirani pun akhirnya ditumbangkan. sebab itu perangilah kawan-kawan syaitan itu. Panggilan jihad dengan menggunakan kekuatan militer hanya bisa dilakukan oleh otoritas Muslim. karena sesungguhnya tipu daya syaitan itu adalah lemah. 6. Ada beberapa terjemahan Al Quran yang kurang tepat terjemahannya sehingga maknanya berubah.Mengapa kamu tidak mau berperang di jalan Allah dan (membela) orang-orang yang lemah baik laki-laki. setelah diminta pertolongan berkali-kali oleh orang-orang Spanyol yang tertindas. untuk sebagian orang digunakan juga untuk keadaan damai. E. dan berilah kami penolong dari sisi Engkau!´ (QS 4:75) Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah. Ayat-Ayat Al Quran yang Disalahgunakan Banyak ayat-ayat dalam Al Quran yang disalahgunakan. yang seharusnya ayat-ayat tersebut hanya berlaku di keadaan perang. Setelah dibebaskan. Sebagai contoh. dan hanya memperhatikan satu ayat tanpa memperhatikan ayatayat yang sebelumnya dan selanjutnya. seperti presiden atau kepala negara setelah berkonsultasi dengan wakil-wakil rakyatnya. (QS 4:76) Misi perang yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW adalah untuk membebaskan rakyat dari tirani dan eksploitasi oleh sistem-sistem yang menindas rakyat. (Akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya) . Otorisasi Jihad untuk Perang Jihad harus dilakukan menurut peraturan Islam dan hanya untuk berbakti kepada Allah. Ayat-ayat Al Quran juga seringkali dikutip dengan cara yang salah sehingga pemaknaannya akan berbeda jauh dengan seharusnya. keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang zalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau. dan orang-orang yang kafir berperang di jalan thaghut. masingmasing rakyat diberikan kebebasan yang penuh untuk memilih Islam atau tidak. terutama dengan ³ayat-ayat perang´.

F: Kesimpulan Pengertian teroris dan terorisme saat ini sudah jauh dari pengertian yang sebenarnya.T. Macan Tamil di Sri Lanka. dan masih banyak lagi. Creativity Movement. Jewish Defense League (FBI mendeskripsikan mereka sebagai suatu kelompok yang keras dan bengis). Definisi dari sudut pandang hukum memang harus lebih menjelaskan atas Actus recti dari teroris dan terorisme itu sendiri. maka polisi bisa dianggap teroris. Ulster Volunteer Force. dan menakuti-nakuti (menteror) pelangar hukum atau penjahat agar masyarakat menjadi tentram dan damai. National Front for Liberation of Corsica. kepercayaan. terutama kepentingan politik dan kekuasaan yang bermain. mengapa hanya Islam yang disorot? Jawabannya adalah media. jadi. God¶s Army di Thailand. Revolutionary Armed Forces of Columbia (FARC). Organization. Sihk Babbar Khalsa di India. kelompok atau golongan. kekuatan politik yang berkuasa adalah penentu hukum di suatu negara. Sudah menjadi rahasia umum bahwa media massa juga dikendalikan oleh kekuasaan. bahkan sudah banyak kepentingan-kepentingan. Jika dilihat dari definisi teroris yang sederhana. bukan hanya teroris-teroris yang mengaku diri mereka Islam. kalau tidak. atau PKI di Indonesia? Belum lagi organisasi-organisasi seperti Lords Resistance Army. Freedomites di Canada. Shining Path di Peru. Teroris ada di seluruh penjuru dunia. bahwa teroris adalah satu atau lebih orang atau organisasi atau suatu entitas yang melakukan teror. karena salah satu tugas polisi adalah menakuti-nakuti (menteror) orang yang akan menjadi pelanggar hukum sehingga tidak terjadi kejahatan. apakah itu kekuasaan negara. Aryan Nation dan kelompok-kelompok Kristen sejenis. Akan tetapi. Jadi. Karena hukum. golongan. sebenarnya adalah produk politik. . Setelah melihat ³beberapa´ contoh organisasi teroris di atas. Continuity Irish Republican Army. Provisional Irish Republican Army. polisi bisa bisa dianggap teroris. Aum Shinrikyo (ledakan gas sarin di Tokyo) di Jepang. bangsa. dan agama. mengapa teroris saat ini hampir selalu dikaitkan dengan Islam? Bukankah orang-orang seperti Hitler adalah teroris juga. Red Hand Defenders. Teroris dan terorisme itu sendiri sudah ada begitu lama. Sudah banyak teroris yang tercatat dalam sejarah. bahkan hukum itu sendiri pun bisa dianggap teroris. bahkan bisa dikatakan bahwa teroris dan terorisme sudah hadir pada jaman Adam dan Hawa. Maka. bahkan di antara badan-badan di negara yang sama. definisi teroris dan terorisme sangat tergantung pada media massa dan kekuasaan politik. maksudnya hukum di setiap negara. Perbedaan definisi teroris dan terorisme juga berbeda di sisi hukum. Irish National Liberation Army. Loyalist Volunteer Force. Ulster Freedom Fighter. kalangan. khususnya media massa. Basque E. negara. Karena.A.

dominasi. 3. akhirnya terdistorsi juga oleh kepentingan-kepentingan. kejayaan. Jadi. media. jika tidak dapat dihindari. Perang dilakukan bukan hanya dengan senjata atau kekerasan.princeton. http://quran. seperti yang tertulis dalam ayat berikut ini: ³Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. lidah. http://www. Hadist itu sendiri baru muncul setelah 200 tahun meninggalnya Nabi Muhammad SAW. sebagai satu-satunya pedoman.edu/perl/webwn?s=terror Definition of Terror. dan. Dan begitu saja menerima hadist-hadist. padahal.Banyak orang yang salah mengartikan jihad terutama jihad fisik.thefreedictionary. dengan senjata. perang bisa dilakukan dengan cara lain.com/browse/terror . jihad fisik tidak selalu berhubungan dengan perang. Sesungguhnya pendengaran. Jihad dalam Islam tidak boleh digunakan dalam perjuangan untuk kekuasaan. janganlah terlalu mengandalkan hadist. jika suatu hadist tidak sesuai bahkan bertentangan dengan Al Quran. http://wordnetweb. tangan. dan membuktikan sendiri perintah-perintah Allah. menguji. Dan pengertian dari ³perang´ itu sendiri pun banyak disalah artikan.com/terror Define Terror. Ingat. gengsi atau martabat pribadi maupun kelompok. 2. seiring dengan waktu. http://dictionary. Hadist. kekayaan. semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.reference. bahwa Allah telah memerintahkan semua manusia untuk memeriksa. Jihad dalam Islam adalah perjuangan dalam jalan yang di-ridhai Allah dengan menggunakan pena.´ (QS 17:36) Banyak orang-orang Muslim yang tidak lagi berpegang kepada Al Quran. Terjemahan Al Quran. Nabi Muhammad SAW melarang seluruh pengikutnya untuk menulis buku lain.com Definition of Terror. penglihatan dan hati. jalan hidup dan hukum. G. Sebagian hanya menerima begitu saja apa yang diberikan ulama-ulama mereka tanpa mempelajari lebih jauh tentang apa yang telah mereka terima dari para ulama. walaupun sebagian di antaranya adalah benar. maka hadist itu adalah hadist palsu. selain Al Quran. Daftar Pustaka 1. kelompok maupun golongan. 4. kepentingan pribadi.

com/modules. Islam Denounces Terrorism. 6.org/jihad/index.Define Terrorism.net/index.php?q=node/43 17.htm 12. Islam.com/od/whatisterroris1/ss/DefineTerrorism.polri.com/terror Terorisme: Masalah Definisi.wikipedia. Terrorism: The Problems of Definition.ucoz. Islam vs Terrorism.net/index. http://iiie. Definitions of Terrorism. 7.com/ 15.yourdictionary.islamdenouncesterrorism. Terorisme Dari Berbagai Sumber.web.about.cfm?documentID=1564 14.thetruecall. http://islam. 9. http://www.php?q=node/33 18. http://metro. 8. Jihad Explained. http://terrorism.id/perpus/384-terorisme-masalahdefinisi 10. http://www.merriam-webster.php?name=News&file=article&sid=110 13. http://www. ArtCreative YouTube Embed Custom 5. Terrorism and Islam. http://www. and Terrorism.com/browse/terrorism Definisi Terorisme. Video yang berjudul ³Every terrorist has been a Muslim!!! wheelly ??´.com/dictionary/terror Terror.org/wiki/Definisi_terorisme Terror. http://www. http://dictionary.cdi. Jihad.org/friendlyversion/printversion.reference.html 16. http://deniz.com/news/terorisme_menurut_berbagai_sumber/2009-10-07-4 11. &playnext=0&videos=qJrHBQ_Mmqk Main Menu y y y y y y Home News Artikel Tutorial Design About Design y y y y y y 3D Design Web Design Name Card Photo Retouching Book Cover Brochure Artikel . http://id. http://iiie.submission.

Only white hat techniques allowed. Link Building. Website Design. Script Install.. Jobs: MySQL. Jobs: Bulk Marketing. The original developer.$250 Bid on this project . Link Building. Budget: $30 . SEO.. Jobs: Internet Marketing. PHP.Get me on Google top 5 Looking for SEO services for my adult cam site.ends in 4d 23h 22m Freelancer.. SEO.$250 Bid on this project .ends in 14d 23h 42m Part 3 . Adult cam site SEO . no Black hat. Internet Marketing..ends in 4d 23h 45m Bug fix on existing group buy website I have an existing group buy website which has several bugs that need to be fixed.com is #1 for crowdsourcing! Join me at PeopleString .com.$250 Bid on this project . Budget: $30 . Budget: $30 . scam techniques allowed.y y y y Artikel Islam Kritik Notes from Against EDMD Notes from Quran n Science Tutorial y y y Tips dan Trik Tutorial Bisnis Internet Tutorial Photoshop Outsourcing Services? Try Freelancer.ONLY For AJUEVER TR300 Plan .as agreed in part 1 for $200.

cc.muhardjo.Visits today: Visits in this month: Visits in this year: Visits total: Bots today: Date since: 3 61 2073 3070 17 2010-09-01 Hak Cipta © 2011 www. Dilindungi oleh Undang-undang Joomla! adalah Perangkat Lunak Bebas yang diterbitkan di bawah Lisensi GNU/GPL .co.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->