PEMERINTAH KOTA MALANG KANTOR PERPUSTAKAAN UMUM DAN ARSIP KOTA MALANG

dan melestarikan karya cetak dan karya rekam hasil budaya bangsa. B.502/2007 : 15 Januari 2007 I. Visi : Menjadikan Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah sebagai pusat pembelajaran masyarakat. dan mengamankan arsip sebagai sarana informasi utama dalam penyelenggaraan pemerintahan yang accountable . Jenis-jenis Pelayanan 1. Misi 1. 2. E. Layanan Internet 10. pusat pengembangan informasi dan pusat arsip Kota Malang. Layanan Keanggotaan 2.45/208/35. Layanan Perpustakaan Keliling 9. Layanan Audio Visual 8. memelihara.73. Layanan Penitipan Barang .Lampiran Keputusan Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang Nomor Tanggal : 188. Meningkatkan pembinaan. 5. pengembangan. Menyelamatkan. D. Layanan Pengembalian Buku 4. PENDAHULUAN A. memelihara. serta pendayagunaan berbagai jenis perpustakaan dan cara kearsipan . Layanan Peminjaman Buku 3. C. Layanan Kunjungan Berkelomok/Rombongan 6. 4. Menarik. Layanan Baca di tempat 5. Mendorong masyarakat untuk belajar (learning society) menuju masyarakat madani yang sadar informasi . Meningkatkan kualitas jasa perpustakaan dan informasi kearsipan baik untuk masyarakat maupun institusi . khususnya karya budaya daerah Kota Malang. 3. Motto Pelayanan Sepenuh Hati. Layanan Mendongeng untuk anak 7. Ruang Lingkup Tugas Melayani 11 jenis layanan.

e. setiap tahun harus melakukan registrasi. Jika nanti pendaftar mundur jadi anggota Perpustakaan. 10. langsung bisa digunakan untuk meminjam buku.000. terhitung mulai saat pendaftaran. Persyaratan : a. Jika nanti pendaftar mundur jadi anggota Perpustakaan. h.f. Kartu anggota berlaku 3 tahun.11. Biaya Pelayanan a.000. c. 3.e. Melampirkan fotocopy KTP/KTM dan foto copy KK . Untuk pendaftar dari Luar Kota (Luar Malang Raya) dikenakan uang jaminan sebesar Rp 100. d. Layanan Pemutaran Film II.000. i. Layanan Keanggotaan 1. Untuk pendaftar dari luar Malang Raya dikenakan uang jaminan sebesar Rp. 50. 100. g. Waktu Penyelesaian Pelayanan Lama pembuatan kartu anggota 1 jam. dengan mengetahui RT dan RW setempat (formulir sudah disediakan). b. STANDART PELAYANAN A. uang jaminan tersebut dikembalikan penuh.d. Untuk penggantian kartu yang hilang dikenakan biaya Rp. Khusus pendaftar dari Luar Malang Raya juga melampirkan surat keterangan domisili di Malang. Kartu anggota tidak dapat dipergunakan oleh orang lain .000.4. Pembuatan kartu tidak dipungut biaya b. uang jaminan tersebut dikembalikan penuh.000. Mengisi formulir pendaftaran . j. Khusus pendaftar pelajar (yang belum mempunyai KTP) melampirkan Surat Keterangan Orang Tua. Menyerahkan 2 (dua) lembar foto ukuran 3 x 3 cm . Untuk pendaftar dari Kabupaten Malang dan Kota Batu dikenakan uang jaminan sebesar Rp 50. 2.c. Prosedur Pelayanan . fotocopy KTP orang tua dan Surat Keterangan Pendidikan dari Sekolah (formulir sudah disediakan). Untuk pendaftar dari Kabupaten Malang dan Kota Batu dikenakan uang jaminan sebesar Rp.

c. d. Pengunjung diberi bukti peminjaman maksimal 2 buku. e. Petugas memproses layanan peminjaman buku. Waktu Penyelesaian Pelayanan Peminjaman buku dapat dilayani dalam waktu 1 menit 3. Jam Pelayanan Senin s/d Jumat Sabtu s/d Minggu Hari libur nasional : Jam 08. Peminjaman untuk dibawa pulang 1.00 WIB – 15. Berkas yang memenuhi persyaratan diberi nomor registrasi. Pemohon datang ke counter pendaftaran anggota Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip dengan membawa persyaratan lengkap. Biaya Pelayanan Peminjaman buku tidak dipungut biaya.00 WIB – 16. Persyaratan a.30 WIB . skripsi. Lama peminjaman maksimal 7 hari dan dapat diperpanjang 1x peminjaman.30 WIB : Jam 09. dan terbitan berkala atau serial tidak dapat dibawa pulang 2.00 WIB – 15.00 WIB : Jam 09. yang langsung dapat digunakan untuk meminjam buku. Pengunjung datang ke ruang koleksi dan mengisi buku pengunjung.a. c. 4. b. Untuk peminjaman berikutnya harus mengembalikan peminjaman sebelumnya. Prosedur Pelayanan a.00 WIB – 15. Peminjaman dilakukan menggunakan kartu anggota b.00 WIB – 16. Pengunjung memilih koleksi.00 WIB : Jam 09. 5. Selanjutnya dibuatkan kartu anggota.00 WIB : Jam 09. Jumlah maksimal peminjaman 2 eksemplar. tugas akhir.00 WIB : Jam 09. 5.00 WIB B. d.00 WIB – 15. e.00 WIB – 20. Untuk buku referensi. Layanan Peminjaman I. b. Pengunjung meminjam buku di counter peminjaman dengan menunjukkan kartu anggota. Jam Pelayanan Senin s/d Jumat Sabtu Minggu Hari libur nasional : Jam 08.

.

c. 3. Biaya Pelayanan Pengembalian/Perpanjangan buku tidak dipungut biaya. Pengunjung membawa buku yang akan difoto copy maksimal 1 jam.Peminjaman untuk foto copy 1. b. Petugas akan memproses layanan pengembalian / perpanjangan buku. 5. 4. Jam Pelayanan . 500 per buku. Waktu Penyelesaian Pelayanan Pengembalian/Perpanjangan buku dapat dilayani dalam waktu 1 menit. Pengunjung memilih koleksi. Jam Pelayanan Senin s/d Jumat Sabtu : Jam 08. 5. Persyaratan a. Waktu peminjaman untuk setiap kali foto copy maksimal 1 jam. e. Pengunjung datang ke ruang koleksi dan mengisi buku pengunjung.00 WIB : Jam 09. Prosedur Pelayanan a. Biaya Pelayanan Peminjaman buku tidak dipungut biaya. Pengunjung meminjam buku untuk difoto copy di counter peminjaman dengan menyerahkan SIM/STNK. Petugas memproses layanan peminjaman buku. c. b.II. Pengunjung datang ke counter pengembalian dengan membawa buku yang akan dikembalikan/diperpanjang dengan menunjukkan kartu anggota. Layanan Pengembalian / Perpanjangan Buku 1. Prosedur a. Membawa buku yang akan dikembalikan/diperpanjang 2. Waktu Penyelesaian Pelayanan Peminjaman buku untuk foto copy dapat dilayani dalam waktu 5 menit. d. Untuk peminjaman berikutnya harus mengembalikan peminjaman sebelumnya.00 WIB – 14. kecuali bagi yang terlambat mengembalikan dikenai denda sebesar Rp. 4. Persyaratan a.00 WIB – 14. 2. Jumlah setiap kali peminjaman maksimal 2 eksemplar. 3. d.00 WIB C. Menyerahkan SIM/STNK b. Menunjukkan kartu anggota b.

00 WIB : Jam 08.00 WIB – 15.30 WIB E.00 WIB – 20.00 WIB – 20. b. dapat langsung dilihat jadwal waktu yang masih kosong.00 WIB : Jam 09.Senin s/d Rabu Kamis s/d Jumat Sabtu Minggu Hari libur nasional : Jam 08. 3.30 WIB : Jam 09. Persyaratan a.00 WIB : Jam 09.00 WIB – 17. Jam Pelayanan Senin s/d Rabu Kamis s/d Jumat Sabtu Minggu Hari libur nasional : Jam 08. 3. Mengajukan surat permohonan kunjungan yang ditujukan kepada Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip b. Waktu penyelesaian pelayanan Pada saat mengajukan surat permohonan.00 WIB : Jam 09. Persyaratan Pengunjung mengisi buku pengunjung 2. Prosedur a. Pengunjung memilih koleksi dan membaca koleksi di tempat yang sudah disediakan.00 WIB – 15. Prosedur a. Pemohon mengajukan surat permohonan kunjungan yang ditujukan kepada Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip . Pelaksanaan waktu kunjungan menyesuaikan jadwal kegiatan di Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip. Layanan Baca di Tempat 1.00 WIB – 16. Biaya Pelayanan Kunjungan berkelompok/Rombongan tidak dipungut biaya.00 WIB : Jam 09. Layanan Kunjungan Berkelompok/Rombongan 1.00 WIB : Jam 08.00 WIB – 17. Pengunjung datang ke ruang koleksi dan mengisi buku pengunjung. 4. 4. Biaya Pelayanan Layanan baca di tempat tidak dipungut biaya.30 WIB : Jam 09.00 WIB – 15. 2.00 WIB – 15.00 WIB – 16.30 WIB D.

00 WIB – 15. dapat langsung dilihat jadwal waktu yang masih kosong.00 WIB G. dapat langsung dilihat jadwal waktu yang masih kosong. Biaya Pelayanan Kunjungan berkelompok/Rombongan tidak dipungut biaya. Pelaksanaan waktu kunjungan menyesuaikan jadwal kegiatan di Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip.00 WIB – 15. Pelaksanaan waktu kunjungan menyesuaikan jadwal kegiatan di Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip. 3. Prosedur . Persyaratan a.00 WIB : Jam 08. Pihak Perpustakaan memberikan jawaban atas permohonan tentang kepastian waktu kunjungan. Layanan Audio Visual 1. Jam Pelayanan Senin s/d Kamis Jumat : Jam 08. Mengajukan surat permohonan kunjungan yang ditujukan kepada Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip b. Pemohon mengajukan surat permohonan kunjungan yang ditujukan kepada Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip b. 5. Mengajukan surat permohonan kunjungan yang ditujukan kepada Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip b. 2. Jam Pelayanan Senin s/d Kamis Jumat : Jam 08.b. 4. Layanan Mendongeng untuk Anak 1. 4. Waktu penyelesaian pelayanan Pada saat mengajukan surat permohonan. 3. 2.00 WIB F. Biaya Pelayanan Kunjungan berkelompok/Rombongan tidak dipungut biaya. 5.00 WIB : Jam 08. Waktu penyelesaian pelayanan Pada saat mengajukan surat permohonan.00 WIB – 16. Prosedur a. Pihak Perpustakaan memberikan jawaban atas permohonan tentang kepastian waktu kunjungan.00 WIB – 16. Persyaratan a.

pihak Perpustakaan keliling mendatangi lagi untuk mengambil buku yang telah dipinjam dan dapat meminjamkan buku-buku yang lain. selanjutnya meminjamkan dan mencatat sejumlah buku yang telah dipilih dalam bus/mobil keliling oleh pemohon yang diserahkan kepada penanggung jawab dari pihak pemohon. Pihak Perpustakaan memberikan jawaban atas permohonan tentang persetujuan serta kepastian waktu kunjungan c. Pemohon mengajukan surat permohonan untuk dikunjungi Perpustakaan keliling yang ditujukan kepada Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip b. Pada waktu yang telah ditentukan. Taman Bacaan Masyarakat (TBM). b. Mempunyai kartu anggota Perpustakaan .a. Jam Pelayanan Senin s/d Jumat : Jam 09.00 WIB : Jam 08.00 WIB – 15. 5. Persyaratan a.00 WIB I. Waktu penyelesaian pelayanan 3. Layanan Perpustakaan Keliling 1.00 WIB Pemasyarakatan. Lembaga : Jam 08. Prosedur a.00 WIB – 12. d. Pihak Perpustakaan mengunjungi tempat yang telah disetuiui. Layanan Internet 1. Pemohon adalah pihak Sekolah. Pemohon mengajukan surat permohonan untuk dikunjungi Perpustakaan keliling yang ditujukan kepada Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip 2. Pihak Perpustakaan memberikan jawaban atas permohonan tentang kepastian waktu kunjungan. Persyaratan a. dll. Pemohon mengajukan surat permohonan kunjungan yang ditujukan kepada Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip b. 4. 5. Biaya Pelayanan Layanan Perpustakaan keliling tidak dikenai biaya. Pondok Pesantren.00 WIB – 16. Jam Pelayanan Senin s/d Kamis Jumat H.

30 WIB : Jam 09. Biaya Pelayanan Penitipan barang tidak dikenai biaya. Pengunjung menyerahkan identitas diri berupa KTP/SIM/kartu mahasiswa/kartu pelajar yang masih berlaku kepada petugas. dan memasukkan barang ke dalam locker serta menguncinya. Biaya Pelayanan Layanan internet tidak dipungut biaya. dan mengambil identitas diri yang tadi diserahkan. Pengguna datang ke ruang layanan internet Pengguna mendaftar dengan menunjukkan kartu anggota Perpustakaan. b.00 WIB : Jam 09. 3. Maksimal penggunaan 1 jam/hari. apabila tidak ada pengguna lain. kemudian menyerahkan kembali kunci locker pada petugas.00 WIB – 15. 4. d. 2. kunci dibawa pengunjung. Persyaratan Menyerahkan identitas diri berupa KTP/SIM/kartu mahasiswa/kartu pelajar yang masih berlaku 2.00 WIB – 17. 3.00 WIB : Jam 09. Jam Pelayanan Senin s/d Rabu Kamis s/d Jumat Sabtu Minggu Hari libur nasional : Jam 08.00 WIB J.00 WIB – 20.00 WIB : Jam 09. dapat diperpanjang 1 jam lagi.b.00 WIB – 15.00 WIB – 15. Petugas menentukan jam giliran pemakaian 4.00 WIB – 16. Prosedur a. pengunjung dapat mengambil barang-barangnya. b. Layanan Pemutaran Film . Pengunjung mencari locker sesuai dengan nomor yang tertera pada kunci.00 WIB – 16. Layanan Penitipan Barang 1. Apabila sudah selesai. Prosedur a. Pengunjung akan mendapatkan kunci locker c.00 WIB : Jam 08.30 WIB K. Jam Pelayanan Senin s/d Kamis Jumat : Jam 09. c.

Komputer absensi pengunjung 6. Mobil dan Bus keliling 4. Hasil pelayanan yang diterima pelanggan Berupa kartu anggota yang dapat dipergunakan untuk layanan peminjaman dan pengembalian/perpanjangan buku serta layanan internet. Toilet 13. V. Tempat Display buku baru 8. 3. Kamis. Diagram Alur Pelayanan IV. Rak penitipan barang 10. Mushola 14. 4. Kantin 16.1. Wartel 17. Tempat Pelayanan Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip . Prosedur Pengunjung langsung dapat melihat pemutaran film yang sudah disediakan di hall Perpustakaan Umum dan Arsip. Ruang Audio Visual 3. Ruang koleksi dan tempat baca 2. Internet 7. dll IV. Telephon 12. Mesin Foto copy 11. juga layanan-layanan yang lain. Jam Pelayanan Selasa. Papan Pengumuman 9. Persyaratan Semua pengunjung Perpustakaan dapat melihat pemutaran film (tidak ada syarat-syarat tertentu) 2. Tempat Parkir 15. Biaya Pelayanan Pemutaran film tidak dikenai biaya.00 WIB III. Sabtu : Jam 12. Sarana / Prasarana 1. Komputer pengguna (OPAC) 5.

id SMS Center Perpustakaan Umum Kota Malang Untuk Pelayanan Perpustakaan Umum Kota Malang Ketik LAYANAN kirim ke 081 555 690 100 Untuk Informasi Kegiatan Perpustakaan Umum Kota Malang Ketik INFO kirim ke 081 555 690 100 Kepala Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang Drs. Jemianto.go.malang. M. Ijen 30-A Malang. Telp (0341) 362005 fax (0341) 335686 Website : www.go.pemkot. Ijen 30-A Malang. Pelayanan Informasi dan Pengaduan Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Jl.id e-mail : perpustakaan@pemkot-malang. H.Jl. 510 102 633 . telp (0341) 362005 fax (0341) 335686 V. SH Pembina Tingkat I NIP.

.

Sarana Komputer •2 unit komputer server •6 unit komputer pengguna ( OPAC ) •5 unit komputer untuk pengolahan. Sarana Audio Visual • 1 unit Televisi Layar Datar 38” • 2 set sound system • 1 unit Televisi 27” untuk Lobby . Standar ) : 18 buah •Rak Buku Referensi •Papan Pengumuman •Telepon •Mesin Fax •Fotocopy : 12 buah : 1 buah •Papan Display Buku Baru : 1 buah •Rak Penitipan Barang / tas : 1 unit : 2 buah : 1 buah : 2 buah : 34 buah : 4 buah b.SARANA PRASARANA Perabot dan Perlengkapan •Almari locker berkunci : 2 unit •Rak Display Majalah •Rak Surat Kabar : 2 buah : 12 buah •Meja Baca (kapasitas 8 orang) : 15 buah •Meja Baca Sedang / Kecil : 4 buah •Meja Belajar Perorangan / Study Carrel : 12 buah •Meja Kerja Petugas •Meja Sirkulasi •Kursi Baca : 80 buah •Kursi Pelayanan putar : 4 buah •Rak Buku ( uk. •5 unit komputer untuk pelayanan •1 unit komputer untuk absensi pengunjung •5 unit komputer untuk operasional administrasi c. Sarana Perpustakaan • 4 unit Kamera CCTV + televisi monitor • 1 unit Gate Detector d.

• 1 unit layar • 1 unit LCD projector • 6 unit VCD player + Televisi 14” • 1 Almari VCD Cassete beserta isinya • 1 unit DVD player e. Sarana Transportasi Mobil Dinas : 1 buah Sepeda Motor Dinas : 2 buah Bis Keliling : 2 buah PELAYANAN INFORMASI DAN PENGADUAN .