MARKETING MANAGEMENT

By : Prof. Philip Kotler

STIE & STMIK - Mikroskil Medan 2011

Outlines : 1. Tugas Manajemen Pemasaran . Konsep Inti Pemasaran 3. Orientasi Perusahaan Terhadap Pasar 4. Ruang Lingkup Pemasaran 2.

mengkomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangkukepentingannya. Kevin Lane Keller : pemasaran adalah sebuah proses kemasyarakatan dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan. . serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan. mempertahankan. menghantarkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul. Manajemen pemasaran (marketing management) sebagai ilmu dan seni memilah pasar sasaran dan meraih.Ruang Lingkup Pemasaran American Marketing Association (AMA) mendefinisikan marketing adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan. menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai bagi orang lain. Menurut Prof Philip Kotler dan Prof.

Tempat 6. Jasa 3. Pengalaman 4. Properti 7. Organisasi .Apa yang dipasarkan ? 1. Barang 2. Orang 5.

Jenis pasar pelanggan : 1. perhatian. pembelian.Marketer adalah seseorang yang mencari respons. Pasar global 4. Pasar konsumen 2. Pasar sebagai sekumpulan pembeli dan penjual yang bertransaksi atas suatu produk atau kelas produk tertentu. Pasar nirlaba 5. Pasar bisnis 3. dukungan dari pihak lain yang disebut prospek. Pasar pemerintah .

air.KONSEP INTI PEMASARAN 1. pakaian dan tempat tinggal untuk dapat bertahan hidup. makanan. pendidikan dan hiburan. Kebutuhan ini menjadi keinginan ketika diarahkan ke objek tertentu yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut. Orang membutuhkan udara. Permintaan adalah keinginan akan produk-produk tertentu yang didukung oleh kemampuan untuk membayar. Orang juga memiliki kebutuhan yang kuat atas rekreasi. Keinginan dan Permintaan Kebutuhan adalah syarat hidup dasar manusia. . Kebutuhan.

Kebutuhan rahasia.Kebutuhan yang sebenarnya.Lima tipe kebutuhan : . Geografis. Targeting dan Positioning Segmentasi adalah mengidentifikasi dan membuat profil dari kelompok-kelompok pembeli yang berbeda.Kebutuhan kesenangan. contoh : volvo diposisikan sebagai mobil yang mengutamakan keselamatan. . Segmentasi. . Positioning adalah kegiatan perusahaan memposisikan produknya dibenak konsumen. Targeting adalah fokus kepada segmen yang dipilih melalui penggunaan sumber daya yang ada di dalam perusahaan secara optimal.Kebutuhan yang tidak dinyatakan. . 2. . psikografis dan perilaku diantara pembeli. dengan meneliti perbedaan demografis.Kebutuhan yang dinyatakan .

Merek (brand) adalah suatu penawaran dari sumber yang diketahui. . Nilai dan kepuasan Penawaran akan berhasil bila memberikan nilai dan kepuasan kepada pembeli. informasi dan pengalaman kepada langganan. 4. Contoh : Mc Donald. Kepuasan mencerminkan penilaian seseorang tentang kinerja produk dalam kaitan dengan ekspektasinya. Penawaran dan merek Penawaran berupa kombinasi produk. Nilai meningkat seiring dengan peningkatan kualitas dan pelayanan dan sebaliknya menurun seiring dengan menurunnya harga. pelayanan dan harga yang disebut sebagai tiga elemen nilai pelanggan. Nilai adalah kombinasi kualitas. jasa.3.

Saluran distribusi . 7.Saluran pelayanan 6. yang mungkin dipertimbangkan oleh seorang pembeli.Saluran komunikasi . Rantai pasokan Rantai pasokan (supply chain) adalah saluran yang lebih panjang yang membentang dari bahan mentah hingga komponen sampai produk akhir yang dihantarkan kepada pembeli akhir. Saluran Pemasaran Terdiri dari 3 yaitu . . Persaingan Persaingan mencakup semua penawaran dan produk substitusi yang ditawarkan oleh pesaing.5. baik yang aktual maupun yang potensial.

distributor. fisik. Lingkungan luas terdiri dari : demografis. distribusi dan promosi penawaran. teknologi. lingkungan ekonomi. pemasok. dealer dan pelanggan sasaran. Lingkungan pemasaran Lingkungan pemasaran terdiri dari lingkungan tugas dan lingkungan luas Lingkungan tugas mencakup para pelaku yang terlibat dalam produksi. . politik-hukum dan sosial budaya. Termasuk di dalamnya adalah perusahaan.8.

5. 2. Konsep Produksi Konsep Produk Konsep Penjualan Konsep Pemasaran Konsep Pemasaran Holistik . para pemasar semakin mampu beroperasi dengan konsep pemasaran holistik.ORIENTASI PERUSAHAAN TERHADAP PASAR Dengan adanya realitas pemasaran baru ini. 4. 3. Evolusi gagasan pemasaran : 1.

Konsep Produk Konsep produk berpendapat bahwa konsumen menyukai produk yang menawarkan kualitas. . Para manajer dari bisnis yang berorientasi pada produksi berkonsentrasi untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi. Orientasi ini masuk akal di negara-negara berkembang seperti : China. atau fitur inovatif terbaik. kinerja.Konsep Produksi Konsep Produksi adalah salah satu konsep tertua dalam bisnis. dan distribusi massal. Konsep ini menyatakan bahwa konsumen lebih menyukai produk yang tersedia dalam jumlah banyak dan tidak mahal. biaya rendah. Manajer dari organisasi ini berfokus untuk membuat produk yang unggul dan senantiasa memutakhirkannya.

.Konsep Penjualan Konsep penjualan beranggapan bahwa konsumen dan bisnis. Karenanya organisasi tersebut harus melakukan upaya penjualan dan promosi yang agresif. jika dibiarkan tidak akan membeli cukup banyak produk organisasi. Konsep Pemasaran Konsep pemasaran muncul pada tahun 1950 an. menghantarkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang lebih baik kepada pasar sasaran yang dipilih. konsep pemasaran beranggapan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi adalah menjadi lebih efektif dibandingkan pesaing dalam menciptakan.

Pemasaran holistik menyadari bahwa segala hal berarti dalam pemasaran dan bahwa perspektif yang luas dan terintegrasi seringkali diperlukan.Konsep Pemasaran Holistik Konsep pemasaran holistik didasarkan atas pengembangan. . dan pengimplementasian program pemasaran. desain. proses dan aktivitas-aktivitas yang menyadari keluasan dan sifat saling ketergantungan.

6.TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN 1. 4. 3. 7. Mengembangkan Strategi dan Rencana Pemasaran Menangkap Pemahaman atau gagasan pemasaran Berhubungan dengan pelanggan Membangun merek yang kuat Membentuk penawaran pasar Menghantarkan nilai Mengkomunikasikan nilai Menciptakan pertumbuhan jangka panjang . 8. 5. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful