PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM DR. M.

UMER CHAPRA
MAKALAH PERBAIKAN
Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Tugas dalam Mata Kuliah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam

Dosen Pengampu :

Dr. A.A. Miftah, M.Ag

Disusun Oleh : SITI RUMSIYAH NIM. P. 209.1062

PLKS PROGRAM PASCA SARJANA IAIN STS JAMBI 2011

1

RIWAYAT HIDUP M. sosial.D dari Universitas Minnesota. seperti yang direfleksikan dalam publikasi jurnal. Individu. Untuk itu menjadi penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor moral. Pada saat masyarakat dan bangsa Indonesia. Lebih-lebih sebagian besar sumber-sumber itu tersedia bagi para sarjana yang melakukan riset sebagai akibat dari cepatnya pembangunan di Negara-negara barat. Sumayyah dan Ayman. sehingga ia tumbuh menjadi sosok yang mempunyai karakter yang baik. Dalam umurnya yang ke 29 ia mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi Khairunnisa Jamal Mundia tahun 1962. Maryam. psikologis. dan mempunyai empat anak. Umer Chapra dilahirkan dalam keluarga yang taat beragama. Perkembangan itu tidak pernah berhenti. 1 www. Kemudian ia pindah ke Karachi untuk meneruskan pendidikannya disana sampai meraih gelar Ph. Organisasi riset dan Pemerintah semua aktif berpartisipasi dalam pengembangan ini. khususnya mislim mengalami krisis dalam berbagai bidang kehiduan. Ayahnya bernama Abdul Karim Chapra.com 2 . buku-buku dan laporan riset yang tak terhitung jumlahnya seluruh dunia. telah menjadi suatu disiplin yang sangat maju dan canggih melalui suatu proses pembangunan panjang lebih dari satu abad.Muhammad Umer Chapra. B. Anas. Universitas. politik dan sejarah yang mempengaruhi umat manusia. Keluarganya termasuk orang yang berkecukupan sehingga memungkinkan ia mendapatkan pendidikan yang baik.A.1 Masa kecilnya ia habiskan di tanah kelahirannya hingga berumur 15 tahun. Bombay India) adalah salah satu ekonom kontemporer Muslim yang paling terkenal pada zaman modern ini di timur dan barat. Ini merupakan jasa barat bahwa terdapat sedemikian besar minat kepada pengetahuan bahwa para periset bersedia bekerja dengan penuh ketelitian. Hal inilah yang dibiarkan dalam perkembangan sistem ekonomi konvensional. Maka kekukuhan ekonomi konvensional yang hanya mengandung variabel-variabel ekonomi sebagai pertimbangan guna menjelaskan kebangkitan dan kejatuhan masyarakat tidaklah sehat. PENDAHULUAN Ilmu ekonomi konvensional yang mendominasi pemikiran ekonomi modern. Umer Chapra (1 Februari 1933.

Aktivitasnya di lembagalembaga ekonomi Arab Saudi ini membuatnya di beri kewarganegaraan Arab Saudi oleh Raja Khalid atas permintaan Menteri Keuangan Arab Saudi.Com / B. 6 tahun di Amerika Serikat. termasuk kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga ekonomi dan keuangan dunia seperti IMF. M.Com / M. IBRD. Menurut Profesor ini.000 mahasiswa. Kemudian karena pengabdiannya ini beliau mendapatkan penghargaan dari Islamic Development Bank dan meraih penghargaan King Faisal International Award yang diperoleh pada tahun 1989. Pembimbingnya. dengan gelar B. karir akademisnya berada pada tingkat tertinggi ketika meraih gelar doktoralnya di Minnesota. bukan hanya dikalangan mahsiswa namun juga seluruh fakultas. `Beliau sangat berperan dalam perkembangan ekonomi Islam. mempunyai karakter yang baik dan kecemerlangan akademis. memuji bahwa Umer Chapra adalah seorang yang baik hati. DR. Shaikh Muhammad Aba al-Khail.Dalam karir akademiknya DR. Harlan Smith. Ide-ide cemerlangnya banyak tertuang dalam karangan-karangannya. Setelah meraih gelar S2 dari Universitas Karachi pada tahun 1954 dan 1956. Umer Chapra adalah orang yang terbaik yang pernah dikenalnya. dan 37 tahun di Arab Saudi. Minneapolis. IDB. Prof. KARYA –KARYA 3 . OPEC.BA ( Master of Business Administration ).BA ( Bachelor of Business Administration ) dan M. OIC dan lain-lain. Umer Chapra mengawalinya ketika mendapatkan medali emas dari Universitas Sindh pada tahun 1950 dengan prestasi yang diraihnya sebagai urutan pertama dalm ujian masuk dari 25. Selain profesinya itu banyak kegiatan ekonomi yang dikutinya. C. Sebelumnya ia menduduki posisi di Saudi Arabian Monetary Agency (SAMA) Riyadh selama hampir 35 tahun sebagai penasihat peneliti senior. Saat ini dia menjadi penasehat pada Islamic Research and Training Institute (IRTI) dari IDB Jeddah. Lebih kurang selama 45 tahun beliau menduduki profesi diberbagai lembaga yang berkaitan dengan persoalan ekonomi diantaranya 2 tahun di Pakistan. Umer Chapra terlibat dalam berbagai organisasi dan pusat penelitian yang berkonsentrasi pada ekonomi Islam.

1350 ). meresensikan buku ini di dalam Economic Journal dari Royal Economic Society dan berkata: “ Buku ini telah ditulis dengan sangat baik dan menawarkan keseimbangan literatur sintesis dalam ekonomi Islam kontemporer.2 Buku pertamanya. Profesor Louis Baeck. Buku dan karya ilmiahnya banyak diterjemahkan dalam berbagai bahasa termasuk juga bahasa Indonesia. sebagai “Presentasi terbaik terhadap teori moneter Islam sampai saat ini” dalam Bulletin of the British Society for Middle Eastern Studies (2/1985. Dikatakan oleh Profesor Rodney Wilson dari Universitas Durham. Dan.Beliau adalah sosok yang memiliki ide-ide cemerlang tentang ekonomi islam. Profesor Kuran merekomendasikan buku ini sebagai panduan sempurna dalam pemahaman ekonomi Islam. Telah banyak buku dan artikel tentang ekonomi islam yang sudah diterbitkan samapai saat ini telah terhitung sebanyak 11 buku. 60 karya ilmiah dan 9 resensi buku. Buku keduanya. pp. 2 www. Umer Chapra. sebagai analisis brilian dalam kebaikan serta kecacatan kapitalisme. dan negara maju serta merupakan kontribusi penting dalam pemahaman Islam bagi kaum Muslim maupun non-Muslim. Profesor Timur Kuran dari Universitas South Carolina.com 4 .Muhammad Umer Chapra. menurutnya telah membaca banyak tentang kapitalisme dan sosialisme sehingga kritiknya berbobot. Buku ini adalah salah satu fondasi intelektual dalam subjek ekonomi Islam dan pemikiran ekonomi Muslim modern sehingga buku ini menjadi buku teks di sejumlah universitas dalam subjek tersebut. Buku ini telah diresensikan dalam berbagai jurnal ekonomi barat. “ ( September 1993. di deklarasikan oleh ekonom besar Amerika. dalam resensi prepublikasinya. Membaca buku ini akan menjadi tantangan intelektual sehat bagi ekonom barat. Islam and the Economic Challenge. sosialisme. Kritiknya terhadap sistim ekonomi yang ada secara tidak biasa diungkap dengan pintar dan mempunyai dokumentasi yang baik. mereview buku ini dalam Journal of Economic Literature untuk American Economic Assosiation dan mengatakan bahwa buku ini menonjol sebagai eksposisi yang jelas dari keterbukaan pasar Ekonomi Islam. Inggris. Towards a Just Monetary System. hal. Profesor Kenneth Boulding.224-5).

Sebelumnya. yaitu: a) Kesejahteraan ekonomi yang diperluas dengan kesempatan kerja penuh dan laju pertumbuhan ekonomi yang optimal. bahkan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Ada lima hal yang dibahas pada bagian ini. b) Keadilan sosioekonomi dan distribusi kekayaan dan pendapatan yang merata. Cet. buku pertamanya adalah The Economic System of Islam: A Discussion of Its Goals and Nature (London. Terj.3 Buku ini terdiri dari sembilan bab. 1970). Ikhwan abidin Basri. Buku yang kedua ini berusaha menjawab dan menganalisis berbagai masalah yang berkaitan dengan sistem perbankan dan keuangan Islam. Ia menuangkan segala ide-idenya tentang ekonomi Islam berupa tulisan-tulisan atau paper. standar yang adil bagi pembayaran yang ditangguhkan. 1. Bab pertama membahas tentang sasaran dan strategi sistem perbankan dan keuangan dalam perekonomian Islam. Umer chapra adalah seorang ekonom Islam yang juga muslim yang produktif menulis. PEMIKIRAN MUHAMMAD UMER CAPHRA DALAM BIDANG EKONOMI ISLAM Salah satu cara untuk mengetahui pemikiran-pemikiran seseorang adalah dengan membaca karya-karyanya. Sistem Moneter Islam Buku Umer Chapra yang membahas tentang moneter adalah Towards a Just Monetary System 'Sistem Moneter Islam' merupakan buku keduanya yang terbit pada tahun 1985.I. Tulisan-tulisan itu sudah banyak yang diterbitkan. Sistem Moneter Islam. d) Mobilisasi dan investasi tabungan untuk pembangunan perekonomian dalam suatu cara yang adil sehingga pengembalian keuntungan dapat dijamin bagi semua pihak yang bersangkutan. 3 Muhammad Umer Chapra. Berikut ini dipaparkan beberapa pemikiran ekonominya melalui karya-karya ilmiahnya yang sudah diterbitkan. dan alat penyimpan nilai yang stabil. memberikan semua bentuk pelayanan yang efektif yang secara normal diharapkan berasal dari sistem perbankan. dan e. 5 . c) Stabilitas nilai mata uang untuk memungkinkan alat tukar sebagai satuan unit yang dapat diandalkan.D.

mudharabah.Bab kedua membahas tentang hakikat riba dalam Islam baik yang terdapat al-Qur'an. Keberatan yang kedua adalah kekhawatiran adanya suatu laju preferensi waktu yang sosial yang positif yang diperkuat oleh efek erosif inflasi. pembiayaan lewat penyertaan modal. Kesimpulan dari pembahasan ini adalah Islam melarang keras praktek riba. maupun dalam literatur fiqh. Suatu perubahan yang hanya menggantikan riba dengan bagi hasil tidak akan dapat mencapai tujuan. Beberapa reformasi fundamental tersebut adalah tabungan dan investasi. menurut Umar Chapra dianggap tidak berdasar karena bukti-bukti empiris tidak menunjukkan adanya suatu korelasi positif yang signifikan antara bunga dan tabungan. Dengan pengenalan berbagai reformasi fundamental tersebut. dan menciptakan bursa yang sehat. sisitem perbankan dapat berfungsi untuk mencapai sasaran-sasaran sosioekonomi Islam. diberikan beberapa alternatif bagi riba seperti (bab ketiga) pembiayaan lewat penyertaan modal (equity financing). Akan tetapi. akan terbentuk tabungan dan formasi modal sektor swasta positif yang kecil dalam sebuah perekonomian Islam. Pada bab keempat dikemukakan tentang beberapa reformasi fundamental sebagai solusi selanjutnya untuk keluar dari praktek riba. Sebagai solusinya. Keberatan yang pertama adalah bahwa hal ini tidak akan dapat menciptakan sebuah alokasi sumber daya yang optimal karena bunga adalah seperti harga-harga yang lain yang melakukan fungsi mengalokasikan dana-dana pinjaman "yang langka" di antara para pengguna dana-dana yang jumlahnya tidak terbatas dalam suatu cara yang objektif berdasarkan kemampuan untuk membayar harga. musyarakah. mengurangi kekuasaan bank. meskipun hal tersebut merupakan perubahan yang perlu disambut sebagai cara yang digunakan oleh para bankir muslim untuk mencari pengalaman menjalankan perbankan bebas riba dan memberikan jalan bagi beberapa reformasi di kemudian hari. kekhawatiran ini. membuat saluran untuk penyertaan modal (sole proprietorship [usaha yang dikelola sendiri]. dan perusahaan perseroan). hadis. Bab kelima mengevaluasi keberatan-keberatan yang timbul karena adanya penghapusan riba dan memperlihatkan alasan di balik pelarangan riba. parnertship [kemitraan]. bahkan di 6 . dan koperasi.

Sosialisme. Dampak suku bunga pada tabungan di negara-negara berkembang ditemukan sangat kecil (negligible) dalam banyak studi. Tuduhan ini. dan gabungan dari dua sistem 7 . oleh Umar Chapra dianggap sebagai tuduhan yang yang tidak berdasar. Islam dan Tantangan Ekonomi Buku Islam dan Tantangan Ekonomi merupakan hasil penelitian dan renungan selama satu dekade. 2. Keberatan ketujuh terhadap perekonomian Islam adalah berkaitan dengan penyediaan kredit konsumen dan pinjaman untuk proyek-proyek seperti pembangunan rumah dan industri perumahan. Keberatan yang selanjutnya adalah bahwa prospek pertumbuhan akan redup dalam sebuah perekonomian Islam setelah penghapusan bung yang oleh Umar Chapra hal ini dianggap sebagai kritikan yang tidak valid. Keberatan keenam yang dikemukakan adalah adanya pinjaman jangka pendek sehingga tidak dimungkan persiapan bagi hasil karena sulitnya menentukan keuntungan dalam periode yang sempit. Pada bab keenam dikemukakan tentang pendirian lembaga institusional yang secara prinsip berbeda dengan institusi konvensional dalam hal lingkup dan tanggung jawab. Keberatan ketika yang dituduhkan adalah bahwa keseluruhan sistem yang berbasis pada penyertaan modal akan sangat tidak stabil. tanpa dukungan empiris dan tidak logis. Keberatan-keberatan lainnya adalah yang dianggap mengada-ada adalah bahwa dalam perekonomian bebas riba (perekonomian Islam) kerugian-kerugian cenderung ditimpakan kepada deposito. Defisit anggaran pemerintah adalah cara penting untuk menghasilkan pertumbuhan dan memperbaiki standar kehidupan.negara industri sekalipun. Keberatan yang paling utama terhadap perekonomian Islam adalah bahwa dalam ketiadaan bungan tidak mungkin pemerintah akan membiayai defisit anggaran dengan melakukan pinjaman dari sektor swasta. ia mengkaji tiga sistem ekonomi Barat yaitu Kapitalisme. Dalam penelitian ini. Kemudian pada bab kedelapan mengevaluasi program yang diajukan sesuai dengan tujuan yang dibahas pada bab pertama dan diakhiri dengan bab kesembilan yang merupakan bab kesimpulan. Bab ketujuh membahas tentang pengelolahan kebijakan moneter dalam lembaga yang baru.

bagaimana. Umer Chapra mengemukakan tentang tujuan ditulisnya buku tersebut. Masa depan Ilmu Ekonomi. 4 Ibid. dan dengan kombinasi sumber-sumber daya apa saja dan dengan teknologi yang bagaimana serta siapakah yang akan menikmati barang dan jasa yang diproduksi itu. Bagian pertama meliputi sistem-sistem perekonomian yang gagal yang harus dihindari oleh negara-negara muslim. 8 . Secara garis besar. buku ini terdiri dari dua bagian. diketengahkan masalah-masalah tentang formulasi kebijakan dalam perspektif sistem yang berlaku yang mengakibatkan inkonsistensi dalam kebijakan-kebijakan ekonomi yang dipakai oleh negara yang sedang berkembang dan memperburuk berbagai hal. menganalisis pandangan dunia dan strategi dari sistem yang berlaku. Hal ini dilakukan agar pembaca mampu mengadakan apresiasi mengapa ketidakharmonisan ini membuat mereka gagal dan terus akan menggagalkan usaha-usaha dari negara-negara yang mengikuti sistem-sistem ini untuk merealisasikan secara serentak efisiensi dan pemerataan dalam alokasi sumber daya mereka yang terbatas. Pada bab empat. Jawaban-jawaban pertanyaan tersebut menentukan alokasi sumber daya dalam ekonomi. dan untuk siapa melakukan produksi. Umer bukan saja mengkritik. Ia mengemukakan bahwa buku ini merupakan suatu upaya menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang apa. pandangan dunia. jika ingin mengaktualisasikan tujuan sosioekonominya. dan strateginya. siapa yang akan memproduksinya. dan implikasi dari konflik yang terjadi antara tujuan-tujuan. Ia mengemukakan neraca ketiga sistem tersebut dari segi prestasi-prestasinya maupun kegagalan-kegagalannya. tetapi juga makin menjauhkan mereka dari tujuan-tujuan mewujudkan pemerataan. Tiga bab pertama pada bagian ini. tetapi mengidentifikasi logika. Berapa jumlah barang dan jasa yang harus diproduksi.tersebut yaitu "negara kesejahteraan". hakikat.4 Pada pendahuluan bukunya ini. distribusi antarindividu dan antar (konsumsi) sekarang dan masa depan (tabungan dan investasi). Bukan saja dalam bentuk ketidakseimbangan makroekonomi dan masalah eksternal yang terus merisaukan.

apakah jenis pembangunan ini dapat direalisasikan dengan pendekatan sekuler yang percaya pada sistem pasar atau sosialisme atau strategi-strategi yang diformulasikan oleh 9 . perlunya peran ulama. dan 'adalah 'keadilan'. Bagian ini. Di antaranya dengan pemberian motivasi. perbaikan kondisi pedesaan. Bab sebelas memaparkan tentang perencanaan kebijakan strategis dan diakhiri dengan bab dua belas mengenai kesimpulan yang memaparkan kembali intisari dari semua bab yang ada pada buku ini. Bab enam menjelaskan tentang musibah yang terjadi di dunia Islam. dan restrukturisasi kebijakan.Bagian kedua dari buku ini terdiri dari delapan bab. kepemilikan yang lebih luas dan kontrol terhadap perusahaan. Pada bab sembilan dan sepuluh membahas tentang bentuk-bentuk restrukturisasi ekonomi dan keuangan. Pertama. Bab delapan berisi tentang bagaimana caranya mengurangi konsentrasi kekayaan pada segelintir orang. pengembangan industri kecil dan mikro. Pada bab ini juga dijelaskan tentang perlunya perubahan di dunia Islam. dan restrukturisasi sistem keuangan. Pandangan dunia Islam ini didasarkan pada tiga prinsip yang paling pokok yaitu tauhid 'keesaan'. bagaimana jenis pembangunan yang diinginkan oleh Islam? Kedua dan ketiga. Di antara yang diusulkan adalah adanya reformasi mengenai kepemilikan tanah. meningkatkan kemampuan dengan memberikan pendidikan dan latihan serta memperluas akses kepada keuangan. Ia menuangkan gagasan-gagasannya ini dalam bentuk buku. 3. keadilan sosioekonomi. menggerakkan kembali zakat dan sistem warisan. Buku ini lahir karena dilatarbelakangi oleh lima macam pertanyaan. dimensi moral. yaitu bab lima menjelaskan tentang pandangan dunia Islam dan strateginya. Pada bab tujuh dibahas tentang bagaimana cara menghidupkan faktorfaktor kemanusiaan. serta terjadinya kemunduran dalam bidang ekonomi. Islam dan Pembangunan Ekonomi Muhammad Umer Chapra berbicara mengenai Islam dan Pembangunan Ekonomi. khilafah 'perwakilan'. Musibah tersebut antara lain terjadinya degenerasi moral dan politik.

mustahil alam raya ini muncul secara kebetulan (Q. Shad [38]: 27. khilafah. mereka hanya dapat mencapai kebahagian (falah) dengan mengimplementasikan petunjuk tersebut dalam kehidupan mereka sendiri dan dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu. maka Dialah yang memiliki pengetahuan yang sempurna tentang makhluk-Nya. Q. Fathir [35]: 39. Manusia adalah Khalifah Allah di Bumi (Q.S. Keempat. Umar Chapra menganggap bahwa sistem Kapitalisme laissez-faire dan Sosialisme telah gagal merealisasikan pemenuhan kebutuhan dasar. alAn'am [6]: 165. Shad [38]: 28. Q. keadilan ('adalah). bagaimana strategi Islam? Apakah dapat membantu negara-negara muslim memformulasikan kerangka aktualisasi pembangunan yang diinginkan oleh Islam dengan tujuan menanggulangi ketidakseimbangan makro ekonomi? Kelima. Kedua sistem itu tidak dapat mengantarkan perubahan struktural 5 Ibid. distribusi pendapatan. dan Unik. al-Hadid [57]: 7).S. Ali Imran [3]: 191. negara-negara muslim gagal merumuskan dan mengimplementasikan strategi tersebut?5 Di awal bukunya ini. dan kekayaan yang merata. meskipun demikian. Oleh karena Dialah yang menciptakan manusia. manusia akan dapat hidup harmonis dengan alamnya dan kebutuhannya. kenapa. Islam dan Pembangunan Ekonomi.S. dan kelemahannya. Pada bab II bukunya. kesempatan kerja penuh. Tauhid adalah konsep yang paling penting dari ketiganya.S. selama ini. kekuatannya. Dialah yang mampu memberikan petunjuk yang dengan petunjuk tersebut. Dua konsep lainnya merupakan turunan logika. Sebagai khalifah Allah. dan al-Hadid [57]: 7) dan semua sumber daya yang ada di tangannya adalah suatu amanah (Q. Mereka akan diberi pahala dan disiksa di hari akhirat kelak berdasarkan kehidupan mereka di dunia ini. al-Mukminun [23]: 15). Umat manusia diberi kebebasan untuk memilih atau menolak petunjuk itu.para ekonom pembangunan dalam kerangka kerja dua sistem itu.). 10 .S. manusia bertanggung jawab kepada-Nya. Tauhid mengandung implikasi bahwa alam semesta ini secara sadar atau sengaja dibentuk dan diciptakan oleh Allah Yang Maha Kuasa. Yang Maha Esa. al-Baqarah [2]: 30. Umer Chapra mengemukakan pandangan hidup Islam yang didasarkan pada tiga konsep yang fundamental yaitu tauhid (keesaan Allah swt.

penegakkan hukum dan pembangunan lainnya (j & g). dan 5) Melakukan rencana kebijakan strategis.Chapra merumuskan komponen-komponen ini dalam suatu siklus. pengembangan masyarkat (N). Dalam siklus kemajuan merumuskan yang arahnya : (S-N-W-j & g-G-S) yaitu : (S) : Tanamkan kesadaran Syari’ah (N) : Kemudian kembangkan masyarakat sehingga terciptalah masyarakat yang paham syariah (W) : Meningkatkan kekayaan masyarakat (j&g) : Pembangunan dan hukum keadilan pada tahap ini kita memiliki masyarakat paham syariah yang kaya dan berkeadilan PEMBANGUNAN INDONESIA 11 . PEMIKIRAN UMER CHAPRA DALAM Dr. Umar Chapra bukan hanya mengkritik kedua sistem di atas tanpa solusi.radikal yang diperlukan untuk merealisasikan pertumbuhan dengan keadilan dan stabilitas. peningkatan kekayaan (W). kedua sistem itu tidak mungkin dapat berfungsi sebagai contoh bagi negara yang sedang berkembang. Ia membuktikan bahwa Islam mempunyai potensi untuk mewujudkan perekonomian yang berkeadilan yang selama ini didamba-dambakan oleh setiap manusia. khususnya negara-negara muslim karena komitmen Islam yang tegas terhadap keadilan sosioekonomi. Ia menawarkan lima tindakan kebijakan sebagai solusi bagi pembangunan yang disertai keadilan dan stabilitas. melalui buku ini. 4) Melakukan restrukturisasi keuangan. Sedangkan Dr. Kelima kebijakan tersebut adalah: 1) Memberikan kenyamanan kepada faktor manusia. Muhammd Umer Chapra membuktikan bahwa Islamlah satu-satunya alternatif untuk menggantikan Kapitalisme dan Sosialisme. Sebenarnya. Chapra berangkat dari pemikiran Ibnu Khaldun dalam kitab muqadimah yang menjelaskan pengembangan syariah (S). E. 3) Melakukan restrukturisasi ekonomi.serta peran pemerintah (G). 2) Mereduksi konsentrasi kekayaan. Oleh karena itu.

Dengan strategi yang tepat siklus kemunduran ini dapat dibalik menjadi siklus kemajuan. menyusutnya keuangan masyarkat dan lapangan kerja menjadi titik balik masyarakat untuk kembali kepada syariah (S). Dr. "Gerakan-gerakan pembaharuan Islam selalu ada dan aktif di dunia Islam. syariah terasa seperti utopia (S) dan akhirnya melemahkan pemerintah (G). baik dalam maupun luar negeri yang kepentingannya terancam dengan munculnya kebangkitan Islam" (Umer Chapra. kekayaan terjarah untuk tindakan anarkirme dan lapangan kerja dan keuangan masyarakat menyusut (N). Bayangkanlah keadaan anarkis dan chaos dimana hukum tidak ditegakkan dan pembangunan tidak diorientasikan pada keadilan (j&g). khususnya yang berkaitan dengan masalah ekonomi. Dlam penuisan buku the future of economis : An islamis perspektif. Misalnya. Jadi menegakkan pemerintahan islami menjadi syarat pembangunan ekonomi syariah. Ramainya masyarakat untuk kembali kepada syariah akan mendorong bangkitnya bagi masyarakat sehingga siklus berubah menjadi siklus kemajuan.Chapra menjadi lebih matang pemikirannya dengan menempatkan pemerintah sebagai salah satu komponen saja dalam siklusnya. 2005) 12 . meskipun perjuangan mereka banyak mengalami hambatan dari kelompok-kelompok kekuatan. KESIMPULAN Setelah semua pembahasan di atas. Dengan demikian upaya penegakan islam sebagai pedoman hidup dan kehidupan yang komprehensif dapat dimulai dari komponen yang paling mungkin dilakukan dizaman tertentu dan di wilayah tertentu. dapat dilihat bagaimana luasnya penguasaan Muhammad Umer Chapra mengenai ekonomi Islam dan ia tidak malu-malu untuk menunjukkan identitas keislamannya tersebut. F.(G) : Menegakkan pemerintahan yang kuat Dalam siklus kemunduran : (j & g-W-N-S-G-j&g). Untuk menutup tulisan ini penulis kutipkan kata-katanya yang penuh makna. 1983 via Muhammad.

Manajemen Bank Syari'ah. Masa Depan Ilmu Ekonomi. Ikhwan Abidin Basri. 2000 -----. terj.Yogyakarta: AMP YKPN. Jakarta: Gema Insani Press. Ikhwan Abidin Basri. Yogyakarta. 2001 -----. 2005. 2000 -----. Muhammad Umar. terj. 2005 Malik. Tesis. "Humanisme dalam Pemikiran Ekonomi Islam (Telaah Pemikiran Muhammad Umer Chapra)". Sistem Moneter Islam. terj. Jakarta: Gema Insani Press. Abdul. terj. Islam dan Tantangan Ekonomi. Ikhwan Abidin Basri.DAFTAR PUSTAKA Chapra. Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Jakarta: Gema Insani Press. Jakarta: Gema Insani Press. 13 . Ikhwan Abidin Basri. 2004 Muhammad. Islam dan Pembangunan Ekonomi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful