P. 1
rpp ikatan kimia

rpp ikatan kimia

|Views: 719|Likes:
Published by EnDut Cha'eem

More info:

Published by: EnDut Cha'eem on Apr 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/23/2013

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Materi/ Sub Materi Pertemuan KeAlokasi Waktu Standar Kompetensi

: SMA : Kimia : X/1 : Ikatan Kimia/ Ikatan Ion :1 : 20 menit : Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan Ikatan kimia

Kompetensi Dasar

: Membandingkan proses pembentukkan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, iktan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk

Indikator

: 1. Menjelaskan pengertian ikatan ion 2. Menjelaskan proses terjadinya ikatan ion dan contoh senyawanya

I.

Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat mendiskripsikan pengertian ikatan ion, 2. Siswa dapat menggambarkan proses terjadinya ikatan ion pada beberapa senyawa sederhana . 3. Siswa dapat menetapkan contoh ikatan ion pada beberapa senyawa

II.

Materi Ajar

:

Teori Lewis dan Kosel menyatakan bahwa ikatan ion yang terjadi antara ion positif

8. 7 17 Atom Na akan melepas sebuah elektron Na (2. 1 Cl : 2. Dengan demikian. Misalnya. 8. dengan tiap-tiap ion Na+ dikelilingi . Ikatan ion pada umumnya terjadi antara atom-atom yang mempunyai energi ionisasi rendah dengan atom-atom yang mempunyai afinitas elektron yang besar. 8 ) oleh atom Na Atom Cl akan mengikat sebuah elektron yang dilepaskan tersebut sehingga menjadi Cl. Berarti. sedangkan unsur-unsur non logam mempunyai afinitas elektron yang tinggi.membentuk senyawa netral NaCl Na+ + ClNaCl Umumnya ikatan ion merupakan ikatan yang kuat. Senyawa NaCl 11 Na : 2. 8. 7) Cl( 2. senyawanya merupakan kristal yang besar dari beberapa ion positif dengan beberapa ion negatif. senyawa NaCl membentuk kristal dengan titik didih dan titik lebur yang tinggi dengan struktur kristal kubus. Ikatan ion juga disebut ikatan heteropolar. Contoh: 1. Unsur-unsur logam umumnya mempunyai energi ionisasi yang rendah. 1) Na+ + e( 2. 8. 8 ) Setiap ion Na+ menarik sebuah ion Cl. 8. dapat dikatakan bahwa antara unsur-unsur logam dengan unsur-unsur nonlogam umumnya memebentuk ikatan ion.+ e( 2.( atom yang melepaskan elektron ) dan ion negatif ( atom yang menerima elektron ). ikatan ion terbentuk akibat gaya elektrostatis antara ion yang berlawanan muatan sebagai akibat serah terima elektron dari atom suatu ke atom yang lain.

2 = 2. 8. 12 Mg = 2. Bagaimanakah terjadinya ikatan ion pada senyawa berikut a. Contoh soal : 1. 7 9 F Atom Mg akan melepaskan 2 elektronnya menjadi Mg Mg2+ + 2e- . K2S ( nomor atom K = 19 dan S = 18 ) b. 1 S = 2. rumus molekul NaCl tidak dapat ditentukan. larutan dan leburannya dapat menghantarkan arus listrik. 8 18 Atom Ca akan melepaskan 1 elektronnya menjadi K K+ + e - Sedangkan atom S akan mengikat 2 elekton S + 2eS2- Sehingga membentuk senyawa K+ + S2K2S b.oleh enam ion Cl. 8. Oleh karena itu. tetapi dalam wujud padat tidak menghantarkan arus listrik. 8. 19 K = 2. Umumnya senyawa ion mempunyai sifat mudah larut dalam air. MgF2 ( nomor atom Mg = 12 dan F = 9 ) Jawab : a. yang dapat diketahui hanya perbandingan ion-ion dalam setiap kisi kristalnya dan dikenal dengan nama rumus empiris. 8.dan begitu pula sebaliknya.

Dua atom F masing-masing akan mengikat sebuah elektron yang dilepas atom Mg tersebut menjadi F. Langkah-langkah Pembelajaran NO 1. jelaskan proses terjadinya ikatan dan tentukan ikatan yang terjadi ? Jawab : 20 X = 2. 8. 2 9 Y = 2. Ikatan yang terjadi adalah ikatan ion Metode Pembelajaran : Pendekatan Konstruktivisme Model pembelajaran kooperatif tipe STAD IV. 7 Sehingga keduanya membentuk ikatan netral XY2 X2+ + 2YIII. KEGIATAN Kegiatan Awal Guru membuka pelajaran dengan membacakan tujuan 3 menit pembelajaran pada pertemuan hari ini terlebih dahulu selanjutnya memberikan apersepsi kepada siswa terhadap materi yang akan dipelajari ( kita hidup di ALOKASI WAKTU . XY2. Diketahui unsur X bernomor atom 20 dan unsur Y bernomor aton 9.+ e F- Sehingga membentuk senyawa netral MgF2 Mg2+ + 2FMgF2 2. 8.

menunggu perwakilan dari kelompoknya maju • Kelompok yang menjawab benar maka akan diberi skore 3. menyinggung materi sebelumnya. kelompok lainnya bisa diskusi ke depan. 2. dst. Misalnya guru memulai mengajar dengan memberi pertanyaan apa itu ikatan? Kemudian menunjuk siswa untuk menjawabnya. 1 menit 5 menit • • Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok Guru memberikan tugas kepada siswa masingmasing kelompok untuk diskusi tentang materi yang diajarkan sekaligus membuat ringkasan tentang materi tersebut. 3 menit • Siswa kembali ke kelompok masing-masing dan guru memberikan soal kepada setiap kelompok 3 menit tetapi pengerjaannya secara individu.dunia ini akan stabil jika kita dapat berinteraksi sosial sehingga terjadi ikatan yang harmonis misal ikatan dengan antar teman satu kelas ) . sedangkan dan temannya yang lain membantu yang ada di depan. kemudian guru memberikan suatu contoh unsur dan meminta siswa untuk menuliskan konfigurasinya. 5 menit • Setelah diskusi guru meminta perwakilan per kelompok satu orang untuk maju ke depan menjawab pertanyaan yang ada di slide power point untuk adu ketangkasan. Kegiatan Inti • Guru mulai menjelaskan materi ajar dengan 3 menit singkat. .

Kimia untuk SMA Kelas X. Kegiatan Akhir Kemudian guru menutup pelajaran dengan 2 menit memberikan kesimpulan materi yang telah diajarkan dan memberikan informasi materi yang akan diajarkan di pertemuan berikutnya. Animasi macromedia flash : Ikatan ion : Sudarmo. V. Jakarta : Erlangga. Lembar kerja siswa   VI. Penilaian  Afektif . 2004.• Guru mengevaluasi pekerjaan siswa dan kelompok yang akumulasi nilai benarnya paling banyak maka akan mendapatkan hadiah. Laptop. 3. Media / Bahan / Sumber belajar  Media Bahan ajar Sumber Belajar : LCD. Unggul.

Aspek Penilaian : Kehadiran siswa di kelas Respon siswa dalam proses belajar mengajar Kerjasama dalam kelompok Keaktifan siswa dalam bertanya Skala penilaian • Kehadiran siswa : 2 • Kerjasama dalam kelompok • Baik • Cukup baik • Kurang baik :4 :3 :2 • • • • • • • • Respon siswa dalam proses belajar mengajar Baik Cukup baik Kurang baik :4 :3 :2 Keaktifan siswa dalam bertanya Aktif Cukup aktif Kurang aktif :4 :3 :2 Pedoman Penskoran Nilai akhir siswa = p/q x 10 dengan p = jumlah nilai yang diperoleh siswa .

1 maksimal nilainya 3 Untuk soal no. tuliskan juga konfigurasi elektronnya! a.q = nilai total maksimal(10)  Kognitif Aspek Penilaian : Ketepatan siswa dalam menjawab pertanyaan dan Mengerjakan soal. Jadi total skor maksimal setiap kelompok Nilai = nilai dari adu ketangkasan antar kelompok + nilai jawaban pertanyaan = 3+7= 10 . KI b. MgBr2 Pedoman penskoran : Untuk soal no. 2 maksimal nilainya 4 karena terdiri dari dua soal. Jelaskan pengertian ikatan ion dan berikan contohnya minimal (2) senyawa! 2. Bagaimanakah terjadinya ikatan ion pada senyawa berikut. Soal uji individu : 1.

18 Maret 2011 Penyusun Desi Nur Anisa K3308073 .Surakarta.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->