adalah pusat pelatihan pertanian SRI Organik di Nagrak, Sukabumi.

Didirikan pada tahun 2007 atas dasar pemikiran kondisi Sumber Daya Alam saat ini diantaranya : sumber air mulai terasa kurang, hilangnya keragaman hayati di agro-ekosistem yang semestinya menjadi daya dukung dalam usaha tani, sebagian besar tanah pertanian di Indonesia telah mengalami degradasi kesuburan (fisika, kimia dan biologi) akibat pengelolaan lahan dan air yang kurang tepat, serta penggunaan pupuk dan pestisida kimia yang terus menerus. Di sisi lain pendapatan petani padi konvensional semakin rendah akibat biaya usahatani yg semakin tinggi dan harga GKP/GKG di saat panen raya rendah, petani akan terus tergantung pada pihak luar. Visi NOSC adalah mengembangkan usaha tani padi sawah organik metode SRI dalam upaya peningkatan produksi padi dalam negeri yang sehat, ramah lingkungan dan berkelanjutan serta meningkatkan kesejahteraan petani. Misi NOSC menyelenggarakan penelitian, menyediakan jasa konsultasi agribisnis, pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan usahatani padi organik metode System of Rice Intensification (SRI) sehingga terciptanya petani mandiri dan perluasan areal usahatani padi organik metode SRI untuk penyediaan pangan yang cukup dan menyehatkan.

Paket Pelatihan SRI Organik : 1. 2. 3. 4. 5. Pelatihan Dasar Pelatihan Training of Trainer (TOT) Pendampingan Produksi Selama 1 Musim Tanam Konsultasi Agribisnis Lokakarya

Materi Pelatihan SRI Organik :

Kepemanduan SRI 6. Pembelajaran Ekologi Tanah (PET) .1.Pengantar dan Praktek Biologi Tanah .com Attn.youtube.cjb. MOL dan Tanam SRI 7. : (62-21) 71467498 . KERJASAMA DENGAN PIHAK TERKAIT YANG PEDULI KEPADA PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN BERKELANJUTAN : Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah seperti Deptan dan Dep.Jakarta Selatan 12430.noscenter. Praktek Pembuatan Kompos.Proses Dekomposisi. 3.com http://www. Koperasi. pendampingan dan lokakarya serta pengembangan Demplot SRI Menjalin dan menjajaki kerjasama dengan pihak Swasta/Pengusaha.biz http://boysd1377.multiply.beras-organik. Identifikasi Lahan Penyelenggaraan Training Of Trainer/Training Of Farmer SRI Bantuan/pinjaman biaya produksi usaha tani (YARNEN) Pembelian hasil panen (GKP/GKG) Pemasaran beras SRI organik Melakukan berbagai kajian budidaya padi SRI -: Contact Details :NAGRAK ORGANIC SRI CENTER (NOSC) PT. Pengembangan MOL dan Pestisida Nabati 3.Pengantar dan Praktek Sifat Fisik Tanah . 6.com/arrowjkt NAGRAK ORGANIC SRI CENTER [NOSC] BACK TO NATURE . Kunjungan Lapangan PROGRAM NOSC PENGEMBANGAN BUDIDAYA SRI ORGANIK MELALUI SWADAYA. 4.beras-organik.SAVE THE FUTURE ! . Pangeran Antasari No. 2. 1.beras-organik.tf/ http://www.com. 5.Pengantar dan Praktek Kimia Tanah . Perguruan Tinggi dan LSM melalui kegiatan . INDONESIA Telp. Dasar-Dasar Pengendalian Hama Terpadu (PHT) 5. 48. : Boy Darmawan GSM : 08159177843 / CDMA : 021-96973666 MSN ID : arrowjkt / YM ID : arrowjkt Website : http://www.com http://www.Fax.net http://www. : (62-21) 7691124 Email : ptgoldenarrow@gmail. Cilandak Barat . GOLDEN ARROW INDONESIA Jl. Pengantar Pertanian Ramah Lingkungan Berkelanjutan 2. Gagasan dan Dasar System of Rice Intensification (SRI) 4.us. Menyusun Program dan Aksi Lapangan 8. info@noscenter. PU untuk kegiatan Training Of Trainer /Training Of Farmer.

Kabupaten Sukabumi dengan jarak tempuh 3 Jam [90 Km] dari Ibukota RI-Jakarta dengan Udara Sejuk Segar serta Pemandangan Indah Menawan diapit 2 [dua] Pegunungan terkenal di Jawa Barat Gunung Salak dan Gunung Gede. CIANJUR. Direktur NIPPON KOEI Jepang dan Ketua Umum DPKLTS Jawa Barat. TASIKMALAYA. JOMBANG. DEMAK. KUDUS. OXFAM ACEH. BOGOR. Kami Membuka Kelas Pembelajaran setiap Minggu.Berlokasi di Desa Cipetir. Dibuat untuk ditujukan menjadikan Petani-petani di Indonesia umumnya memiliki keunggulan dalam bercocok tanam dan berwawasan ramah lingkungan serta membina menumbuhkembangkan usaha pertanian organik yang berdaya saing tinggi. BALI. SUKABUMI. 1. FOOD FOR THE HUNGRY [ACEH]. Kami siap bekerjasama dan Untuk Jadwal Pelatihan Hubungi kami selanjutnya ! ! . JEPARA. & DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM. NTT. Sovenir. NAGRAK SRI ORGANIC CENTER adalah tempat pelatihan dan pendalaman materi pengembangan budidaya padi sawah dengan methode SRI [SYSTEM OF RICE INTENSIFICATION] ORGANIC yang sudah dikenal luas mencakup pelatihan belajar EKOLOGI dan Usaha tani padi sawah methoda SRI Organic. Adapun Kegiatan Proses Belajar berlangsung selama 5 [Lima] Hari terhitung dari Hari Senin hingga Jum'at. CIAMIS. MADIUN. RIAU dan daerah lainnya yang disponsori oleh NIPPON KOEI JEPANG. BANDUNG. KARAWANG. Lokasi Praktek Usaha Tani.10 Orang akan digabungkan dengan teman-teman petani dari Propinsi Lainnya [Harap Maklum!]. Pembiayaan untuk Pembelajaran dan Pelatihan selama 5 [Lima] hari adalah Rp. Untuk Program CD/CSR Perusahaan yang peduli akan GLOBAL WARMING dan PERTANIAN ORGANIK. MEDCO FOUNDATION. dan Konsumsi [3 x Sehari] dan Untuk Peserta dibawah kurang dari Jumlah 5 . Penginapan dan Cafe. DEPARTEMEN PERTANIAN. NTB. Tempat tersebut telah memberikan pelatihan pertanian ramah lingkungan kepada petani-petani dari beberapa daerah yang antara lain dari DEPOK. Komisaris Utama PT. SUMBAR. KALTENG. Tempat Pelatihan tersebut juga telah dikunjungi oleh Walikota Depok. Penggilingan Padi. Cibadak . Nagrak. Auditorium. Direktur PLA DEPTAN. NGAWI. PONOROGO.000/Orang/Paket sudah termasuk Biaya Akomodasi. SUMUT. Bupati Sukabumi. MEDCO Holdings. Bekerjasama dengan YAYASAN ALIKSA ORGANIC SRI. Sarana Pelatihan dilengkapi dengan Laboratorium PET [Pembelajaran Ekologi Tanah]. MAGETAN.750. Untuk mengikuti Program Belajar PERTANIAN PADI ORGANIK Dengan Sistim SRI Ramah Lingkungan. ACEH.

LABORATORIUM PUSAT PELATIHAN PERTANIAN TOTAL ORGANIK RAMAH LINGKUNGAN DI NAGRAK SRI ORGANIC RICE CENTER. Sekarang Giliran Anda untuk membuktikannya ? Terbuka Juga Untuk Kelas Umum [Pelajar dan Mahasiswa] selain Petani tentunya yang tertarik untuk mempelajari Methode SRI Organik Pertanian Ramah Lingkungan dengan maksimum peserta 30 Orang. CIBADAK-SUKABUMI LABORATORIUM PUSAT PELATIHAN PERTANIAN TOTAL ORGANIK RAMAH LINGKUNGAN DI NAGRAK SRI ORGANIC RICE CENTER. Pemandangan yang menarik juga akan terasa di pagi harinya. . CIBADAK-SUKABUMI Photo-photo dibawah ini diambil ketika suasana damai menjelang Malam hari tiba. keadaan tersebut membuat para peserta pelatihan SRI ORGANIK menikmatinya.

Komponen cair (liquid) terdiri atas air. warna. Selain itu sifat fisik tanah sangat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi tanaman. kepadatan tanah. Komponen gas tanah seperti gas atmosfer di atas tanah tetapi berbeda proporsinya. Usaha untuk memperbaiki kesuburan tanah tidak hanya terhadap perbaikan sifat kimia dan biologi tanah tetapi juga perbaikan sifat fisik tanah. air tanah. temperatur. perbaikan struktur tanah dan meningkatkan kandungan bahan organik tanah. aerasi. retensi air. . struktur. drainase.Tanah mempunyai beberapa karakteristik yang terbagi dalam tiga kelompok diantaranya adalah sifat fisik. Sifat fisik tanah antara lain adalah tekstur. Jumlah kalsium. * Untuk analisis diperlukan berat tanah kering mutlak. Setiap jenis tanah memiliki sifat fisik tanah yang berbeda. Kondisi fisik tanah menentukan penetrasi akar dalam tanah. porositas. konsistensi. bahan organik. Perbaikan keadaan fisik tanah dapat dilakukan dengan pengolahan tanah. * Tanah terdiri dari 3 komponen : Komponen padatan terdiri atas mineral anorganik dan bahan organik. aerasi dan nutrisi tanaman. * Volume tanah = volume pori (air. gas yang secara kolektif disebut : cairan tanah (soil solution). ion yang terlarut. sifat kimia dan sifat biologi. infiltrasi. Sifat fisik tanah juga mempengaruhi sifat kimia dan biologi tanah. Caranya dengan mengringovenkan pada suhu 105°C selama 48 jam yang dikenal dengan nama oven-dry-weight. potassium. untuk tanah yang tidak mengembang/swelling * Tanah berswelling tidak konstan tergantung dari kandungan airnya * Tanah ideal = 50% padatan dan 50% pori (45% bahan anorganik. gas) + volume padatan = konstan. molekul. dll. permeabilitas. * Sifat fisik tanah : tekstur. air tanah dihitung berdasarkan oven-dry-weight.5% organik) * Pori = makro berisi udara atmosfer berisi air (air ditahan oleh gaya adhesi partikel tanah dengan air melawan gaya gravitasi).