MACAM DIODA

KELOMPOK 3 :
Prim Arista Ahmad Syukron Erna Zulfiana

Teknik Fisika- FTI- Institut Teknologi Sepuluh Nopember

2409 100 059 2409 100 061 2409 100 063 2409 100 065 2409 100

Muhammad Nizar A.P.

Wahyu Hapsari Devi 067

2011

Gambar 2 : dioda dengan bias maju . Gambar 1 : Simbol dan struktur dioda Gambar ilustrasi di atas menunjukkan sambungan PN dengan sedikit porsi kecil yang disebut lapisan deplesi (depletion layer). maka dikatakan terjadi aliran listrik dari sisi P ke sisi N. Kalau mengunakan terminologi arus listrik. pada sisi P banyak terbentuk hole-hole yang siap menerima elektron sedangkan di sisi N banyak terdapat elektron-elektron yang siap untuk bebas merdeka. Seperti yang sudah diketahui. dimana terdapat keseimbangan hole dan elektron. maka akan terbentuk hole pada sisi N karena ditinggal elektron. Struktur dioda tidak lain adalah sambungan semikonduktor P dan N. maka elektron dari sisi N dengan serta merta akan tergerak untuk mengisi hole di sisi P. Satu sisi adalah semikonduktor dengan tipe P dan satu sisinya yang lain adalah tipe N. Lalu jika diberi bias positif. Ini disebut aliran hole dari P menuju N. Dengan struktur demikian arus hanya akan dapat mengalir dari sisi P menuju sisi N. dengan arti kata memberi tegangan potensial sisi P lebih besar dari sisi N.Pengenalan Awal Dioda Dioda memiliki fungsi yang unik yaitu hanya dapat mengalirkan arus satu arah saja. Tentu kalau elektron mengisi hole disisi P.

Untuk dioda yang terbuat dari bahan Silikon tegangan konduksi adalah diatas 0. Gambar 3 : dioda dengan bias negatif Tentu jawabanya adalah tidak akan terjadi perpindahan elektron atau aliran hole dari P ke N maupun sebaliknya. Gambar 4 : grafik arus dioda .Sebalikya apakah yang terjadi jika polaritas tegangan dibalik yaitu dengan memberikan bias negatif (reverse bias). Karena baik hole dan elektron masing-masing tertarik ke arah kutup berlawanan. Dengan tegangan bias maju yang kecil saja dioda sudah menjadi konduktor. Bahkan lapisan deplesi (depletion layer) semakin besar dan menghalangi terjadinya arus. Tidak serta merta diatas 0 volt. Ini disebabkan karena adanya dinding deplesi (deplesion layer). Dalam hal ini. sisi N mendapat polaritas tegangan lebih besar dari sisi P.7 volt. Kira-kira 0. Demikianlah sekelumit bagaimana dioda hanya dapat mengalirkan arus satu arah saja.2 volt batas minimum untuk dioda yang terbuat dari bahan Germanium. tetapi memang tegangan beberapa volt diatas nol baru bisa terjadi konduksi.

Yang dimaksud dengan dioda umum adalah dioda yang dipakai atau dioda yang dipergunakan dalam rangkaian-rangkaian sederhana & biasanya berfungsi sebagai perata atau sebagai pembatas arus listrik. Arus listrik yang melewati dioda sebagian akan dilewatkan baik tegangan positif maupun negatif tergantung cara pemasangannya. Untuk jenis dioda yang dipakai pada power supply yang berdaya besar. Selain itu sifat dioda hanya dapat mengalirkan arus listrik hanya dalam satu arah saja. Dalam operasinya.Sebaliknya untuk bias negatif dioda tidak dapat mengalirkan arus. namun memang ada batasnya. yaitu untuk anoda diberikan arus positif (+) & kutub katodanya dari seumber negatif (-). dioda ini dapat bekerja bila diberi arus bolak balik atau arus searah. dioda akan bekerja hanya diberikan arus bolak balik (AC) & berfungsi sebagai penyearah. Lambang Dioda secara umum adalah Berdasarkan kegunaannya. dimana dioda tidak lagi dapat menahan aliran elektron yang terbentuk di lapisan deplesi. Sampai beberapa puluh bahkan ratusan volt baru terjadi breakdown. biasanya harus dilengkapi dengan keeping pendingin yang dibuat dari bahan logam aluminium atau . Dioda adalah suatu komponen yang mengandung bahan semikonduktor. Yang termasuk dioda umum diantaranya adalah :  Dioda Silikon Dioda ini berfungsi sebagai penyearah & banyak dipakai dalam rangkaian power supply. dimana dioda juga termasuk komponen-komponen yang terdiri dari 2 bahan elektroda yaitu anoda untuk bahan Positif & katoda untuk bahan negatif. Dalam operasinya. Dioda pada umumnya diberi tanda berupa gelang dengan maksud penunjukkan kutub katoda. dioda dapat dibagi menjadi dioda umum & dioda khusus. sedangkan bila kutub anoda diberi (-) & kutub anodanya (+) maka dioda akan bersifat menyumbat atau menahan arus listrik. Secara garis besar.

Dioda led sebagai bahan dasar yang terbuat dari silicon. Lambang dari Dioda Led adalah : . pesawat televise & pengendalian arus listrik. Dalam operasinya dipergunakan sebagai stabilizer dalam rangkaian catu daya. Dioda Led pada umumnya dipergunakan sebagai pengganti pilot lampu. Lambang Dioda Zener adalah :  Dioda Kapasitansi / Dioda Faraktor Dioda ini banyak digunakan dalam aplikasi frekuensi tinggi seperti radio. Lambang Dioda Faraktor adalah :  Dioda Led Dioda ini memiliki 2 buah kaki berbentuk panjang & pendek untuk membedakan kutub anoda (pendek) & katoda (panjang). Keping pendingin ini berfungsi untuk menyerap panas yang akan dihasilkan dioda. variabel yang perlu diperhatikan adalah besar tegangan maju dan besar arus yang dapat ditangani.  Dioda Zener Berfungsi sebagai pembatas tegangan.alloy. Prinsip dari dioda ini adalah jenis dioda yang dilengkapi dengan komponen kapasitor tersebut akan dimuati arus listrik & apabila ada arus yang mengalir melalui dioda tersebut. Biasa ditandai dengan nomor tipe & batas pemakaian tegangan listrik yang dikehendaki.

.

dan resistif hambatan kapasitif. arus yang dihasilkan bisa mencapai 20%. Setengah Hambatan induktif.13 gram * High current capability * High reliability Apa saja bisa denotes cathode end * Lead: MIL-STD202E. gelombang. Satu fasa. .Tabel 1. bisa Untuk 60 Hz. Macam-Macam Dioda dan Spesifikasinya No Tipe Dioda 1 DO-35 * Silicon epitaxial planar diodes * Kebocoran rendah * Polarity: Color band * Tegangan awal rendah * Posisi pemasangan : * High speed switching * Berat: 0. Method 208 guaranteed * Bungkus : Plastik Gambar Keunggulan Data Mekanik Rating Maksimum dan Karakteristik Elektrik Suhu maksimum 25°C.

5 V Max.* Efisiensi tinggi 2 CASE 5904 (Mini MosorbTm) Didesain untuk mendeteksi daya sensitive elektronik yang bekerja untuk menghasilkan daya voltase yang besar. Tipe Package (aksial atau surface mount) (TA = 25°C batas maksimum suhu penggunaan) VF = 3. Maximum reverse clamping voltage 1. Working peak reverse stand–off voltage (or the breakdown voltage) 4. Beban disesuaikan dengan pemakaian 3. 2. IF = 35 A Pulse (kecuali bidirectional devices) .

VF=0. untuk 10 detik • Polarity: Cathode Polarity Band Tegangan balik maksimum (IF = 6.0 Amps.5 grams (kira-kira) • Finish: Semua permukaan luar tahan terhadap korosi dan Terminal Lead is Readily Solderable • Suhu untuk melakukan penyoderan : 260°C Max. Molded • Berat: 2. TA = 25°C.3 MR750 SERIES • Kapasitas arus sebanding dengan Chassis Mounted Rectifiers • Kapasitas gelombang arus yang sangat besar • Insulated Case • Case: Epoxy.9 Volt) .

Tipe diode DO-35 .Beberapa tabel dari karakteristik elektrik dan rating maksimum dari tiap diode: • Tabel 2.

CASE 59-04 (Mini MosorbTm) .• Tabel 3.

MR750 SERIES .• Tabel 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful