.

Nilai KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran untuk setiap mata pelajaran mulai dari kelas VII. Nilai KKM siswa (kognitif dan psikomotor) dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 ² 100 3. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) : adalah tingkat pencapaian kompetensi dasar mata pelajaran oleh siswa per mata pelajaran 2.1. VIII dan IX. dan dievaluasi ketercapaiannya pada setiap semester . Sekolah dapat menetapkan KKM di bawah nilai ketuntasan belajar maksimum (100). namun sekolah harus merencanakan target dalam waktu tertentu untuk mencapai nilai KKM. Nilai KKM belajar maksimum adalah 100 4.

Penetapan KKM setiap KD dimaksud. Penetapan KKM dilakukan oleh forum guru baik yang berada di lingkungan sekolah yang bersangkutan maupun dengan sekolah lain yang terdekat atau forum MGMP setempat 7. Penetapan nilai KKM dilakukan melalui analisis KKM pada setiap Kompetensi Dasar (KD) 8. dilakukan melalui analisis Indikator Pencapaian (IP) pada KD yang terkait 9. Nilai KKM setiap KD merupakan rata-rata nilai setiap indikator .6.

Setiap KD dan IP dimungkinkan adanya perbedaan nilai KKM.10. Tingkat esensial (kepentingan) setiap IP terhadap KD dan KD terhadap Standar Kompetensi (SK). . Guru harus terlebih dahulu menentukan kriteria untuk dapat menentukan tingkat esensial IP/KD secara tepat. yang harus dicapai oleh siswa pada setiap semester/tahun pelajaran. c. sedangkan IP/KD yang sifatnya pendukung dapat dicapai oleh siswa kurang dari 100. Tingkat kemampuan (intake) rata-rata siswa pada sekolah yang bersangkutan. Contoh : IP/KD yang sangat esensial seharusnya dicapai oleh siswa dengan nilai 100. d. Kemampuan sumberdaya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran pada masing-masing sekolah b. dan penetapannya harus memperhatikan : a. Tingkat kompleksitas (kesulitan dan kerumitan) setiap IP/KD yang harus dicapai oleh siswa.

Pendidikan Agama Pendk. 2. Huruf Angka Huruf Predikat .11. Nilai ketuntasan belajar minimum tersebut dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar Siswa (LHBS/Raport) dan harus diinformasikan kepada seluruh warga sekolah dan orang tua siswa LAPORAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Nama Siswa Nomor Induk Kelas/Semester : ««««««««««««« : ««««««««««««« : VII/1 Kriteria Ketuntasan Minimal *) Nama Sekolah : ««««««««««««« Tahun Pelajaran : ««««««««««««« Nilai Hasil Belajar Kognitif Psikomotor Sikap/ Afektif No Mata Pelajaran Angka 1. Kewarganeg. 3. Bhs dan Sastra Ind.

12. sebagai indikator pelengkap  Kompleksitas tinggi. karena dalam pencapaian indikator ini harus didukung oleh: SDM guru yang kreatif dan inovatif dengan metode yang bervariasi SDM guru yang baik dalam pengetahuan dan kemampuan sesuai bidang yang diajarkan . karena berfungsi sebagai indikator kunci yang:  Bermakna dan bermanfaat untuk pencapaian kompetensi indikator/KD/SK selanjutnya (berkelanjutan) Bermakna dan bermanfaat untuk pembentukan kecakapan hidup (life skills) siswa Cukup Esensial. karena berfungsi sebagai indikator pendukung yang dapat melengkapi: Pencapaian kompetensi selanjutnya Pembentukan kecakapan hidup (life skills) siswa Merupakan indikator kelanjutan. Beberapa hal yang dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan KKM (Indikator/KD/SK):  Sangat Esensial.

Dibutuhkan kecermatan siswa untuk mempraktekan . lem. Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal. spidol.Latihan biasa tanpa bantuan orang lain/teman 13.SDM siswa dengan kemampuan penalaran tinggi .Sarana dan prasarana seperti VCD.Kesiapan metodik-didaktik guru yang berkaitan dengan materi . gunting . dilaksanakan dengan menggunakan Format A . kertas..Alat pembelajaran seperti: karton. karena dalam pencapaian indikator ini harus didukung oleh : .SDM siswa yang cermat.Latihan khusus dengan bantuan orang lain/teman bicara  Kompleksitas tinggi. dan inovatif dalam penyelesaian tugas/pekerjaan . Kaset dan OHP . kreatif.Sumber bahan/referensi yang cukup memadai . gambar.

PENENTUAN STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR SERTA PENCAPAIAN STANDAR KETUNTASAN BELAJAR SISWA Mata Pelajaran Kelas Standar Kompetensi : : : Kriteria Ketuntasan Minimal K 1 2 P 3 Kriteria Ketuntasan Minimal Siswa (KD/Indikator) Kompetensi Dasar/Indikator .

.

74% dari jumlah siswa pada Kelas VII dan VIII c. yang dapat dicapai oleh 50% . yang hanya dapat dicapai oleh e 49% dari jumlah siswa pada Kelas VII dan VIII 3. KD. yang dapat dicapai oleh 75% . Manfaat hasil analisis: sebagai dasar untuk meningkatkan kriteria ketuntasan minimal pada setiap semester atau tahun berikutnya dalam rangka mencapai kriteria ketuntasan minimal . VIII dan IX terhadap KKM yang telah ditetapkan pada setiap mata pelajaran. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan analisis ratarata hasil pencapaian siswa Kelas VII. KD. KD.1. diharapkan akan diperoleh data antara lain tentang: a. 2. Melalui analisis dimaksud.100% dari jumlah siswa pada Kelas VII dan VIII b.

selanjutnya dianalisis/ direkap dan dimasukan dalam Format A Untuk Kelas IX. analisis dilakukan berdasarkan prediksi para guru. Mekanisme pelaksanaan analisis pencapaian KKM ‡ Analisis Pencapaian KKM dilakukan berdasarkan hasil pengolahan data perolehan nilai setiap siswa kelas IX per mata pelajaran saat yang bersangkutan mengikuti pelajaran pada Kelas VII dan VIII. Prediksi ini harus didasarkan pada informasi tingkat ketercapaian pada Kelas VII dan VIII ‡ ‡ . dengan menggunakan contoh Format B Hasil pengkajian dimaksud.4.

ANALISIS PENCAPAIAN KKM BELAJAR SISWA PER KD Mata Pelajaran Kelas Standar Kompetensi : : : Pencapaian KKM Siswa Per KD Kompetensi Dasar Kriteria Ketuntasan Minimal RataRata 5 < 49 Frekuensi Jumlah Siswa 50-74 75-100 u KKM 1 2 3 4 K 1 2 P K P K P K 3 P K P K P K 4 P K P K 5 P K P K 6 P .