Bab I Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP

)
No Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi : : : : : Bahasa Indonesia SD 1/2

1. Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng. 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana, dan dongeng. Kompetensi Dasar : 1. Menyebutkan isi dongeng. 2. Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang sesuai. Indikator : Mampu 1.1. Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng. 1.2. Menceritakan kembali isi dongeng. 1.3. Mengurutkan gambar seri atau acak sesuai dengan isi cerita. 2.1. Membaca percakapan. 2.2. Memerankan tokoh dongeng dengan menggunakan ekspresi gerak dan suara yang sesuai. Alokasi Waktu : 8 JP (4 X Pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari meteri pembelajaran, siswa diharapkan mampu: 1.1 Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng. 1.2 Menceritakan kembali isi dongeng. 1.3 Mengurutkan gambar seri atau acak sesuai dengan isi cerita. 2.1 Membaca percakapan. 2.2 Memerankan tokoh dongeng dengan menggunakan ekspresi gerak dan suara yang sesuai. B. Bahan Pembelajaran 1. Cerita atau dongeng 2. Percakapan atau dialog sederhana C. Metode Pembelajaran 1. Tanya jawab 2. Contoh 3. Inquiri 4. Latihan dan penugasan D. Pelaksanaan Pembelajaran Pertemuan 1 dan 2 1. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran, dengan memberikan: a. Apersepsi Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. b. Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest. Guru dan siswa bertanya jawab tentang dongeng yang pernah didengar. 2. Kegiatan Inti a. Siswa mendengarkan pembacaan dongeng yang dilakukan oleh guru. b. Siswa menceritakan kembali dongeng yang pernah didengar. c. Siswa menjawab soal yang berkaitan dengan dongeng. d. Mengurutkan gambar seri atau acak dan menceritakannya di depan kelas. 3. Kegiatan Penutup a. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. b. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. c. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya.

2

Pertemuan 3 dan 4 1. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran, dengan memberikan: a. Apersepsi Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. b. Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest. Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi percakapan. 2. Kegiatan Inti a. Siswa membaca percakapan sederhana. b. Siswa menjawab soal yang berkaitan dengan percakapan. c. Siswa memerankan tokoh dalam percakapan dengan menggunakan ekspresi gerak dan suara yang sesuai. 3. Kegiatan Penutup a. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. b. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. c. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. E. Alat dan Bahan Pembelajaran 1. Buku Gemilang Bahasa Indonesia hal . . . . 2. Dongeng atau cerita 3. Gambar seri 4. Percakapan Sederhana F. Penilaian Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, pada tengah semester dan akhir semester. Bentuk tes: lisan dan unjuk kerja. Aspek penilaian meliputi: 1. Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng 2. Menceritakan kembali isi dongeng. 3. Memerankan tokoh dalam percakapan.

Mengetahui Kepala Sekolah

Guru Mata Pelajaran

_________________ NIP

_________________ NIP

3

Siswa membaca teks dengan lancar. Apersepsi Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. 2. 2.1 Membaca lancar teks pendek dengan intonasi yang tepat. Latihan dan penugasan D. Siswa menjawab soal yang berkaitan dengan teks. Bahan Pembelajaran 1. Siswa membaca teks dengan lancar. Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. B. : Mampu 1.2 Menjawab soal yang berkaitan dengan isi teks. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari meteri pembelajaran. 2. Tanya jawab 2. Contoh 3. Kegiatan Penutup a.1 Menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung. Metode Pembelajaran 1. Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest: Guru dan siswa bertanya jawab tentang sikap duduk yang benar. Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin. Pelaksanaan Pembelajaran Pertemuan 5 dan 6 1. 1. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. 4 . c. 1. siswa diharapkan mampu: 1. dengan memberikan: a. : 8 JP (4 X Pertemuan) A.2 Menjawab soal yang berkaitan dengan isi teks. Teks/bacaan 2.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) No Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : 1. : 1. b.1 Menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung. 2. Kegiatan Inti a. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. 2. 3. : : : : Bahasa Indonesia SD 1/2 Indikator Alokasi Waktu Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.1 Membaca lancar teks pendek dengan intonasi yang tepat. b. Inquiri 4. Kalimat sederhana C.

Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran _________________ NIP _________________ NIP 5 . . b. . Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. Buku Gemilang Bahasa Indonesia hal . Kegiatan Inti a. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. Siswa memerhatikan cara menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung. tertulis. 2. Apersepsi Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. Menjawab soal yang berkaitan dengan isi teks. b. . 2. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. E. Alat dan Bahan Pembelajaran 1. 2. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. Penilaian Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Teks/bacaan 3. dengan memberikan: a. c. b. 3. c. Kalimat sederhana F. Aspek Penilaian: 1. Menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. dan unjuk kerja. Kegiatan Penutup a.b. pada tengah semester dan akhir semester. Pertemuan 7 dan 8 1. Bentuk tes: lisan. Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest: Guru dan siswa bertanya jawab mengenai pengalaman siswa dalam menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung. Siswa menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.

perasaan.4 Menentukan nama benda yang dideskripsikan ciri-ciri fisiknya. siswa diharapkan mampu: 1. dengan memberikan: a.1 Menyebutkan ciri-ciri fisik benda-benda disekitar. Bahan Pembelajaran 1.Bab II Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) No Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : 1. Latihan dan penugasan D. : 1.1 Menyebutkan ciri-ciri fisik benda. 2. 2. Benda-benda yang ada di sekitar. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari meteri pembelajaran. Pelaksanaan Pembelajaran Pertemuan 9 dan 10 1. 2.4 Menentukan nama benda yang dideskripsikan ciriciri fisiknya. 1. : : : : Bahasa Indonesia SD 1/2 Alokasi Waktu Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng. 2. dan dongeng.1 Menjelaskan isi gambar seri. 1. Metode Pembelajaran 1. dan informasi secara lisan dengan gambar.3 Menceritakan secara lisan kegiatan dalam gambar seri.2 Menyebutkan kembali ciri-ciri fisik benda.2 Menyebutkan kembali ciri-ciri fisik benda. B. 2. Inquiri 4. Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti. : 8 JP (4 X Pertemuan) A. 2. 2.2 Melengkapi kalimat rumpang sesuai dengan gambar.1 Menjelaskan isi gambar seri. Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar. percakapan sederhana. : Mampu 1. Apersepsi Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah pembelajaran usai.2 Melengkapi kalimat rumpang sesuai dengan gambar. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. 1. 2. 2. 1. b. Mengungkapkan pikiran. Tanya jawab 2.3 Menceritakan ciri-ciri dan kegunaan benda. 1.3 Menceritakan secara lisan kegiatan dalam gambar seri. Motivasi 6 . Contoh 3. Gambar seri C. 1.3 Menceritakan ciri-ciri dan kegunaan benda.

b. b. b. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. Gambar benda 3. 3. dengan memberikan: a. Guru dan siswa bertanya jawab tentang ciri-ciri benda. Menceritakan ciri-ciri dan kegunaan benda. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari.. Penilaian Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Alat dan Bahan Pembelajaran 1. Melengkapi cerita sederhana sesuai dengan gambar. Siswa mengamati gambar seri. Kegiatan Penutup a. 4. 2. E. Guru dan siswa bertanya jawab tentang kegiatan dalam gambar. 3. Siswa melengkapi kalimat rumpang sesuai dengan isi gambar. Buku Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia hal . Siswa menyebutkan kembali nama dan cirri-ciri benda yang pernah didengar. Bentuk tes: lisan. dan unjuk kerja. 3. Gambar seri 4. . Mengamati dan menjelaskan isi gambar. pada tengah semester dan akhir semester. b. Aspek penilaian: 1. Kegiatan Inti a. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran 7 . 2. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. tertulis. Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest. Siswa melengkapi cerita sederhana sesuai dengan gambar. 5. Menyebutkan kembali nama dan ciri-ciri benda. b. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. Siswa menceritakan kegiatan dalam gambar seri. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cirri-ciri benda. 2. Melengkapi kalimat rumpang sesuai dengan gambar. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. Siswa menceritakan ciri-ciri dan kegunaan benda-benda. Kalimat rumpang F. Apersepsi Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. Kegiatan Penutup a. c. . 2. Pertemuan 11 dan 12 1. Kegiatan Inti a. c. c. d. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. . c.

Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. Apersepsi Guru melakukan apersepsi dengan membuka ingatan siswa dengan mengucapkan huruf a-z secara tepat. 2. Siswa menjawab soal yang berkaitan dengan bacaan. dengan memberikan: a.1. : 1. Kegiatan Inti a. 2. Mengerjakan soal yang berkaitan dengan isi bacaan. 2. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari meteri pembelajaran.1 Membaca lancar bacaan dengan intonasi yang tepat.1 Memerhatikan cara menulis kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung. 2. : : : : Bahasa Indonesia SD 1/2 Indikator Alokasi Waktu Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.1. Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin. Kalimat C. siswa diharapkan mampu: 1. b. Inquiri 4. 1. Siswa membaca lancar bacaan dengan intonasi yang tepat. 8 .2. 2. Memerhatikan cara menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung._________________ NIP _________________ NIP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) No Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar : 1. Latihan dan penugasan D. Bahan Pembelajaran 1. Membaca lancar bacaan dengan intonasi yang tepat.2 Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. Metode Pembelajaran 1. 2. Teks/bacaan 2. Contoh 3. Tanya jawab 2. b. Pelaksanaan Pembelajaran Pertemuan 13 dan 14 1. Menulis kalimat sederhana yang didektikan guru dengan huruf tegak bersambung. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest. 2.2. 1. : 8 JP (4 X Pertemuan) A. Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman siswa membaca. : Mampu 1.2 Mengerjakan soal yang berkaitan dengan isi bacaan. B.

Siswa membacakan kegiatannya yang telah ditulis di depan kelas. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. d. b. Penilaian Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. 3. c.c. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. Bacaan 3. Siswa menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. . c. . Siswa memerhatikan cara menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. Kalimat F. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. c. 2. 2. 4. Kegiatan 4. Kegiatan Inti a. Menulis kegiatan yang dilakukan di rumah. Siswa menulis kegiatannya di rumah pada hari Minggu dari pagi sampai malam hari. Bentuk tes: lisan. 2. Aspek penilaian: 1. . b. 3. b. Pertemuan 15 dan 16 1. Apersepsi Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. Buku Gemilang Bahasa Indonesia hal . E. dengan memberikan: a. Kegiatan Penutup a. Mengerjakan soal yang berkaitan dengan isi bacaan. Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. dan unjuk kerja. Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman siswa menulis. b. Alat dan Bahan Pembelajaran 1. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. pada tengah semester dan akhir semester. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran _________________ NIP _________________ NIP 9 . Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest. tertulis. Kegiatan Penutup a. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. Siswa menyalin bacaan ke dalam buku tulis halus dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. Menyalin bacaan ke dalam buku tulis halus. 3.

2. Contoh 3. Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi 10 . : 1. Membuat kalimat yang menyatakan rasa suka dan tidak suka. 2. Bahan Pembelajaran 1. dan dongeng. siswa diharapkan mampu: 1. dengan memberikan: a. Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal. 2. 1.1.3. 1. 2. Membuat kalimat yang menyatakan rasa suka dan tidak suka. Tanya jawab 2. Menceritakan kembali isi dongeng. Gambar C. Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng. 2. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. Inquiri 4.1. Metode Pembelajaran 1. Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana. Menyebutkan isi dongeng.2. 2. percakapan sederhana. 2.3. B. 2. Menyebutkan tokoh dan wataknya dalam dongeng. perasaan. Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari meteri pembelajaran.2. serta memberikan alasannya. 1. Pelaksanaan Pembelajaran Pertemuan 17 dan 18 1. Mengungkapkan pikiran. : Mampu 1.3.1. Apersepsi Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya.2. Mengungkapkan rasa suka atau tidak suka berdasarkan gambar.1. Kalimat 3. Cerita atau dongeng 2. Mengungkapkan rasa suka atau tidak suka berdasarkan gambar. b. 1. : 8 JP (4 X Pertemuan) A. dan informasi secara lisan dengan gambar.3. Menyebutkan tokoh dan wataknya dalam dongeng.Bab III Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) No Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : 1.2. : : : : Bahasa Indonesia SD 1/2 Alokasi Waktu Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng. serta memberikan alasannya. Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng. Latihan dan penugasan C. Menceritakan kembali isi dongeng.

3. Siswa menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal beserta alasannya. Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal. Menyebutkan tokoh dan wataknya dalam dongeng. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. Siswa mendengarkan pembacaan dongeng yang dilakukan oleh guru. Siswa mengamati gambar. kemudian mengungkapkan rasa suka atau tidak suka terhadap kegiatan dalam gambar tersebut dan memberikan alasannya. Kegiatan Inti a. Kegiatan Penutup a. Kalimat 4. 2. E. b. b. Guru dan siswa bertanya jawab tentang dongeng yang pernah didengar. b. serta memberikan alasannya. Membuat kalimat yang menyatakan rasa suka dan tidak suka. b. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. c. Dongeng atau cerita 3. Kegiatan Inti a. 2. c. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. . Siswa menjawab soal yang berkaitan dengan dongeng. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. pada tengah semester dan akhir semester. Mengungkapkan rasa suka atau tidak suka berdasarkan gambar. Alat dan Bahan Pembelajaran 1. 4. c. c.postest. Bentuk tes: lisan dan tertulis. 3. Kegiatan Penutup a. Guru dan siswa bertanya jawab tentang rasa suka atau tidak suka tentang kegiatan dengan alasan sederhana. Buku Gemilang Bahasa Indonesia hal . 2. Menceritakan kembali isi dongeng. dengan memberikan: a. 5. . Penilaian Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. Siswa menceritakan dongeng yang pernah didengar. Pertemuan 19 dan 20 1. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. . b. 6. Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng. Apersepsi Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran 11 . 3. Siswa membuat kalimat yang menyatakan rasa suka dan tidak suka tentang sesuatu hal. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. Aspek penilaian: 1. Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest. Gambar F. 2.

1.2 Membuat puisi berdasarkan gambar yang ada. siswa diharapkan mampu: 1. Kegiatan Inti 12 . 1. Membuat puisi berdasarkan gambar. Metode Pembelajaran 1. serta gerak-gerik yang sesuai dengan isi. Gambar C. 2. 2.1 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung. : 8 JP (4 X Pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari meteri pembelajaran. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung. Tanya jawab 2. Pelaksanaan Pembelajaran Pertemuan 21 dan 22 1. intonasi.2 Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi puisi. Guru dan siswa bertanya jawab tentang puisi yang pernah didengar ataupun dibaca._________________ NIP _________________ NIP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) No Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : 1.2. Inquiri 4. Contoh 3. 2. Puisi 2. Apersepsi Guru membuka ingatan siswa tentang huruf-huruf yang pernah dipelajari. Bahan Pembelajaran 1. : Mampu 1. 2. Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi puisi. 1. Latihan dan penugasan D. b. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung.1 Membaca puisi anak dengan memerhatikan lafal. Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest. Membaca puisi anak dengan lafal dan intonasi yang tepat. 2.2. 2. dengan memberikan: a. Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin. : 1. Membaca puisi anak yang terdiri dari 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat. B. : : : : Bahasa Indonesia SD 1/2 Alokasi Waktu Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.1. Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. 2. dan ekspresi. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran.

Kegiatan Penutup a. Apersepsi Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. Siswa menyalin puisi anak yang telah dibaca dengan huruf tegak bersambung ke dalam buku tulis halus. Pertemuan 23 dan 24 1. c. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. Siswa membaca puisi. 3. Kegiatan Penutup a.a. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. pada tengah semester dan akhir semester. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung. Penilaian Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. dan ekspresi. Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi puisi. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. Siswa membuat puisi berdasarkan gambar yang ada. 2. 2. b. Buku Gemilang Bahasa Indonesia hal . 4. Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi puisi. c. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. Membuat puisi berdasarkan gambar yang ada. Mengerjakan soal latihan berkaitan dengan isi puisi. b. Siswa menyalin puisi yang telah dibuat dengan huruf tegak bersambung ke dalam buku tulis halus. Membaca puisi anak dengan memerhatikan lafal. b. c. Siswa membaca puisi. b. Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest: Guru dan siswa bertanya jawab mengenai pengalaman siswa dalam menulis huruf tegak bersambung. Kegiatan Inti a. b. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. 2. dengan memberikan: a. E. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. . . d. . Gambar F. 3. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. Bentuk tes: lisan dan tertulis. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran _________________ _________________ 13 . Aspek penilaian: 1. serta gerak-gerik yang sesuai dengan isi. 3. c. Puisi 3. Alat dan Bahan Pembelajaran 1. intonasi.

Bahan Pembelajaran 1.3.NIP NIP Bab IV Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) No Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : 1. percakapan sederhana.1. Menceritakan kembali isi dongeng. Motivasi 14 .2. Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. B. Percakapan C. siswa diharapkan mampu: 1. Melakukan percakapan dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai. 1.2. dan informasi secara lisan dengan gambar. 1. Menyebutkan isi dongeng. 1. Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng. Menceritakan kembali isi dongeng. 2.1. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran.3. Inquiri 4. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari meteri pembelajaran. 2. 1. Contoh 3.2. Menyebutkan isi dongeng. : 8 JP (4 X Pertemuan) A. Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng.1. perasaan. Pelaksanaan Pembelajaran Pertemuan 25 dan 26 1. Melaksanakan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai. dengan memberikan: a. Latihan dan penugasan D. : : : : Bahasa Indonesia SD 1/2 Alokasi Waktu Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng. Tanya jawab 2. Menyebutkan isi dongeng. Mengerjakan soal latihan berdasarkan percakapan. 2. Mengungkapkan pikiran. b. Cerita atau dongeng 2. Mengerjakan soal latihan berdasarkan percakapan. : 1.1. dan dongeng. Metode Pembelajaran 1. 2. Melakukan percakapan dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai. : Mampu 1.2. 2. Apersepsi Guru membuka ingatan siswa tentang dongeng yang pernah didengar pada pembelajaran sebelumnya. 2.

c. Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng. Kegiatan Inti a. b. E. Buku Gemilang Bahasa Indonesia hal . pada tengah semester dan akhir semester.Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest. Melakukan percakapan dengan menggunakan kalimat dan kosakata yang sudah dikuasai. tertulis. Kegiatan Inti a. Bentuk tes: lisan. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. Siswa melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan ekspresi yang sesuai. . c. Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman siswa mendengarkan cerita. . 3. Apersepsi Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. . Siswa membuat kalimat berdasarkan isi percakapan. Penilaian Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. 5. Aspek penilaian: 1. Kegiatan Penutup a. b. 3. Siswa menceritakan kembali isi dongeng dengan menggunakan bahasa sendiri. Pertemuan 27 dan 28 1. Pertanyaan tentang isi dongeng 4. 2. Siswa mengerjakan soal yang berkaitan dengan isi percakapan. Dongeng atau cerita 3. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi percakapan. 2. Kegiatan Penutup a. b. Siswa mendengarkan dongeng yang dibaca guru. Siswa menjawab soal yang berkaitan dengan isi dongeng. b. dan unjuk kerja. 3. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran 15 . Mengerjakan soal latihan berdasarkan percakapan. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. Menyebutkan isi dongeng. c. Percakapan F. Alat dan Bahan Pembelajaran 1. dengan memberikan: a. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. Menceritakan kembali isi dongeng. c. Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest. 2. b. 2. 4.

3.2. Pelaksanaan Pembelajaran Pertemuan 29 dan 30 1. 2. 2. Inquiri 4.2. 2. Membaca puisi anak dengan menggunakan lafal dan intonsi yang tepat. Bahan Pembelajaran 1. Metode Pembelajaran 1.2. : 1. Membuat kalimat. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung.3.1.3. 2.3. Membuat kalimat. Latihan dan penugasan D. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari meteri pembelajaran. 1.1. Apersepsi Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. 2. Membaca lancar bacaan dengan bacaan yang tepat. Puisi C. 1. Membaca lancar bacaan dengan bacaan yang tepat. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung. Alokasi Waktu Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. 2. siswa diharapkan mampu: 1. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. Teks/bacaan 2. Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin.2.1. 1. 2. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung. Menjawab soal yang berkaitan dengan isi bacaan. B. 16 . 2. : 8 JP (4 X Pertemuan) A. Membaca puisi anak dengan menggunakan lafal dan intonsi yang tepat._________________ NIP _________________ NIP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) No Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester : : : : Bahasa Indonesia SD 1/2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : 1. Tanya jawab 2. Menjawab soal yang berkaitan dengan isi bacaan. Mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan isi puisi. 1. : Mampu 1. Mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan isi puisi. Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri dari 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. dengan memberikan: a.1. Contoh 3.

Buku Gemilang Bahasa Indonesia hal . Siswa membaca bacaan dengan lancar di depan kelas. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. c. 3. Puisi F. 3. 2. E. b. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. b.Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest. Bacaan atau teks 3. Siswa membuat kalimat. Menjawab soal yang berkaitan dengan isi bacaan. Alat dan Bahan Pembelajaran 1. Kegiatan Inti a. 2. Kegiatan Penutup a. Siswa membaca puisi dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat. pada tengah semester dan akhir semester. Membuat kalimat. Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan. c. Kegiatan Penutup a. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. Mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan isi puisi. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran 17 . Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. b. Kegiatan Inti a. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. 6. Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest. Membaca lancar bacaan dengan bacaan yang tepat. Penilaian Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. b. b. 2. . 4. Aspek penilaian: 1. c. Membaca puisi anak dengan menggunakan lafal dan intonsi yang tepat. . dengan memberikan: a. Guru dan siswa bertanya jawab tentang bacaan yang pernah dibaca. 3. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. Bentuk tes: lisan dan tertulis. Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi puisi. Siswa menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung. 5. Apersepsi Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. Pertemuan 31 dan 32 1. c. b. 2. . Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman menulis dengan huruf tegak bersambung.

1. Kegiatan Inti 18 . b. Mengulang deskripsi tentang benda-benda dengan menggunakan bahasa sendiri. percakapan sederhana.2. siswa diharapkan mampu: 1. Contoh 3. Mengungkapkan rasa suka atau tidak suka terhadap suatu kegiatan dengan alasan sederhana. dan dongeng. : : : : Bahasa Indonesia SD 1/2 Alokasi Waktu Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng. : Mampu 1. Guru dan siswa bertanya jawab tentang ciri-ciri dan kegunaan benda. Mengungkapkan rasa suka atau tidak suka terhadap suatu kegiatan dengan alasan sederhana. 2. Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alasan sederhana. dan informasi secara lisan dengan gambar. Latihan 4. 1.2.1. : 1. 2. 2. Tanya jawab 2. Pelaksanaan Pembelajaran Pertemuan 33 dan 34 1.1. Apersepsi Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah pembelajaran usai. Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar. Mengulang deskripsi tentang benda-benda dengan menggunakan bahasa sendiri. 1. Penugasan D. Kalimat C. : 8 JP (4 X Pertemuan) A. Mendengarkan penjelasan guru tentang deskripsi benda-benda. Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest. Bahan Pembelajaran 1. perasaan. Mendengarkan penjelasan guru tentang deskripsi benda-benda. Gambar benda 2. 2. Mengungkapkan pikiran. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. B.1._________________ NIP _________________ NIP Bab V Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) No Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : 1. Metode Pembelajaran 1. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari meteri pembelajaran. 2. dengan memberikan: a.

Alat dan Bahan Pembelajaran 1. b. Aspek penilaian: 1. Mencari gambar benda di koran atau majalah. Siswa membuat kalimat yang mengungkapkan rasa suka atau tidak suka tentang sesuatu hal. Nama-nama dan kegunaan benda 4. 3. 3. Buku Gemilang Bahasa Indonesia hal . 4. 2. Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest: Guru dan siswa bertanya jawab tentang ungkapan rasa suka dan tidak suka terhadap sesuatu hal dengan alasan sederhana. 3. Kalimat F. Kegiatan Inti a. Menentukan nama benda yang dideskripsikan. Siswa mengerjakan soal-soal latihan. b. Kegiatan Penutup a. 2. Penilaian Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. a. c. Membuat kalimat yang mengungkapkan rasa suka atau tidak suka terhadap suatu hal. dengan memberikan: a. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. Menjawab pertanyaan. Pertemuan 35 dan 36 1. c. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu kegiatan pada gambar. Siswa menyampaikan rasa suka atau tidak suka berdasarkan gambar disertai alasan sederhana. 6. . c. b. Bentuk tes: lisan dan tertulis. Siswa mencari gambar benda yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh di koran atau majalah. b. Apersepsi Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. 2. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. . Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. b.Siswa mengulang deskripsi tentang benda yang telah dijelaskan oleh guru. c. 5. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. Gambar benda 3. E. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran _________________ NIP _________________ NIP 19 . Menyebutkan ciri-ciri benda. Siswa mengerjakan soal latihan. . pada tengah semester dan akhir semester. Kegiatan Penutup a.

Alokasi Waktu Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. b. 2.1. Latihan dan penugasan D. Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan. Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri dari 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. Bahan Pembelajaran 1. 2. Pelaksanaan Pembelajaran Pertemuan 37 dan 38 1. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung. Inquiri 4. Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan.2. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari meteri pembelajaran. : 1. 20 . B. 1. 2.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) No Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas/Semester : : : : Bahasa Indonesia SD 1/2 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : 1. siswa diharapkan mampu: 1. Metode Pembelajaran 1. Membaca lancar bacaan dengan intonasi yang tepat. dengan memberikan: a. Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung. Contoh 3. Tanya jawab 2. : Mampu 1. Membaca lancar bacaan dengan intonasi yang tepat. 2.1. Apersepsi Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung. Puisi C. 3. Bacaan atau teks 2. Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin. : 8 JP (4 X Pertemuan) A.

Siswa membaca puisi. 3. 2. Apersepsi Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dan manfaatnya jika siswa menguasainya. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. Siswa mencari puisi anak di majalah. Kegiatan Inti a. 3. Penilaian Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung. atau buku. Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi bacaan. b. pada tengah semester dan akhir semester. Siswa membaca bacaan dengan intonasi yang tepat.. b. Menjawab pertanyaan tentang isi bacaan. Membaca lancar bacaan dengan intonasi yang tepat. Kegiatan Penutup a.. Puisi F. b. Guru dan siswa bertanya jawab tentang cara menulis huruf tegak bersambung... 2. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung. c. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan. Buku Gemilang Bahasa Indonesia hal. Bentuk tes: lisan dan tertulis.. c. Kegiatan Pendahuluan Guru membuka pelajaran dan mengondisikan siswa agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran. Teks atau bacaan 3. koran. Guru memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari. c. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.2. 3.. dengan memberikan: a. Alat dan Bahan Pembelajaran 1. Guru menutup pelajaran dengan mencuplik materi selanjutnya. Aspek penilaian: 1. Pertemuan 39 dan 40 1... Motivasi Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengajukan pertanyaan sekaligus menjadi postest. E. b. 2. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran _________________ NIP _________________ NIP 21 . b. Kegiatan Inti a. Siswa menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung di buku tulis halus. Kegiatan Penutup a.