P. 1
Islam di Sicilia 2

Islam di Sicilia 2

|Views: 347|Likes:
Published by Wahyu Nur

More info:

Published by: Wahyu Nur on Apr 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/18/2014

pdf

text

original

ISLAM DI SICILIA (Asal-usul, Kemajuan, Kemunduran dan Kehancuran

)

I. A. Latar Belakang

PENDAHULUAN

Serangkaian penaklukan bangsa Arab secara populer dipahami sebagai tindakan yang dimotivasi oleh hasrat terhadap harta rampasan perang atau semangat keagamaan untuk menaklukkan dan menjadikan dunia memeluk dan mengakui Islam. Adapun motivasi yang turut terlibat di dalamnya, penaklukan tersebut sebagian merupakan program kebijakan pemerintah yang terencana,1orang-orang muslim yang turut dalam penaklukan itu pada siang hari adalah pahlawan-pahlawan yang gagah berani dan pada malam hari adalah ahli-hali ibadah yang tekun. Penaklukan muslim-Arab terhadap Sicilia, pada mulanya hanyalah merupakan rangkaian penyerangan terhadap Bizantium. Tapi lama kelamaan perhatian pada penguasa muslim pada Sicilia semakin besar. Hal tersebut bermula pada masa Bani Umaiyyah,2

Ira M. Lapidus, A. History of Islam Societies, diterjemahkan oleh Gufran A. Mas’adi dengan judul Sejarah Sosial Umat Islam, Jilid I (Cet. II; Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2000), h. 56.
1

Dinasti Umaiyyah didirikan oleh Muawiyah ibn Abi Sofyan pada tahun 41 H. kekuasaannya berlangsung kurang lebih 90 tahun dan dipimpin oleh 12 khalifah secara turun-temurun. Lihat Mahmud Syakir, al-Tarikh al-Islamiy, Jilid IV (Cet. VI; Beirut: al-Maktabah al-Islamiy, 1991), h. 61-62.
2

1

III. kekuasaannya berlangsung dalam rentang waktu yang panjang dari tahun 132 H/750 M. sampai dengan 656 H/1258 M. Sejarah dan Kebudayaan Islam (Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI. 12. 1994). Lihat pula Tem Penyusun Teks Book. h.2 dan berlanjut pada masa dinasti Abbasiyah3hingga pada masa pemerintahan dinasti Fatimiyah. Unity dan Variety in Muslim Civilation. h. Jakarta: PT. yaitu Fatimah al-Zahrah. Rumusan Masalah Dinasti Abbasiyah merupakan dinasti imperium kedua yang menggantikan Umaiyyah 132 H/750 M.4 Di Sicilia. Jakarta: Karya Uni Press. h. Sejarah dan Kebudayaan Islam . 4 Lihat Gustave E. Sicilia Islam di bawah pemerintahan Dinasti Aglabi yang berpusat di Tunisia. Ensilopedi.. 3 Dinasti Fatimiyah ini diambil dari nama putri Rasulullah saw. 1993). I. 5 . Van Grunembaun. Ichtiar Baru Van Hoeve. di mana pada abad ke sembilan masehi ia menjadi wilayah kekuasaan Islam yang sebelumnya di bawah pemerintahan orang-orang non Islam. 122. Jakarta: Pustakan al-Husna. Jilid I (Cet. selama kurang lebih 262 tahun. diterjemahkan oleh Effendi Yahya dengan judul Islam Kesatuan dan Keragaman (Cet. Islam tampaknya mempunyai sejarah yang hampir sama dengan Spanyol. Jilid I (Ujungpandang: IAIN Alauddin.5 B. h. jilid III (Cet. dan mencapai puncak kejayaanya pada masa Dinasti Fatimiyah. Lihat Ahmad Syalaby. 1983). 1-2. dan pada masa itu juga Sicilia kembali menjadi wilayah Kristen. Sejarah dan Kebudayaan Islam . Mausuah al-Tarikh al-Islamiyah diterjemahkan oleh Muhammad Labib Ahmad dengan judul. 1982). 4. Lihat Dewan Redaksi. I. berkuasa di Afrika Utara dan Mesir (297 H/909 M sampai dengan 567 M/1171 M).

32. h. kemajuan dan dikuasai raja-raja Yunani. yang hanya dibatasi oleh selat sempit dengan pulau Sicilia. Sebelum orang Islam menaklukkan kekuasaan di Sicilia. yang pada waktu itu berada di bawah kekuasaan Bizantium. pasukan terlebih dahulu harus menduduki selat tersebut. 1977). untuk menaklukkan kota Chartago. sebenarnya dimulai pada masa dinasti Umaiyyah di bawah pemerintahan Muawiyah I. maka dalam makalah yang sederhana ini. dan pada tahun 671 M. Yoesoef Sou’yb. akan di bahas Islam kehancurannya. pulau tersebut telah di Sicilia. Jakarta: Bulan Bintang. yang meliputi asal-usul. awal tahun 669 M. Asal Usul Islam Di Sicilia Sicilia adalah sebuah pulau di Ujung selatan Italia. I.711 Km2. pasukan Islam telah menguasai kota Chartago6 Letak geografis Chartago yang hanya dibatasi oleh selat sempit dengan Sicilia membuat armada Islam tertarik untuk melakukan ekspansi ke Sicilia juga.3 Berdasarkan paparan sejarah di atas. khalifah memerintahkan pasukannya untuk menyerang kota Chartago. Upaya islamisasi (ekspansi) ke Sicilia. terbagi menjadi tiga wilayah: val di Mazara.. 6 . BAB II PEMBAHASAN A. Romawi dan Bizantium secara bergantian. Sejarah Daulat Umaiyyah I di Damaskus (Cet. Val di Noto dan Val Demone. luasnya mencapai 25.

tawaran itu diterima oleh Ziyadatullah. Ibrahim diberi propinsi Ifriqiyah (Tunisia modern) oleh Harun al-Rasyid sebagai imbalan atas pajak tahunan yang besarnya 40. ketika salah seorang khalifah Dinasti Aglab7yakni Ziyadatullah I8 memulai proyek besar mencari kawasan baru untuk dijadikan tujuan ekspansi. Pada tahun 184 H. mampu menguasai dua kota Mazara di Barat dan Mineo di Timur.9 Pada tahun 827 (212 H). Palermopun dapat dikuasai. pertempuran tidak terelakkan. 1981). 584. h. 7 Ziyadatullah I (201 M/817 H) adalah salah seorang khalifah Aglabiyah yang sangat cakap dengan energik.000 dinar.4 Islam eksis di Sicilia pada tahun 827 M.. A Shot History of The Saraccan (New Delhi: Kitab Bharar. Pemberian ini meliputi hak-hakotomo yang besar. terutama bagian Barat (Val di Masara). Euphemius meminta bantuan kepada Ziyadatullah dan menawarkan kekuasaan atas Sicilia. tetapi ibu kotanya Dinasti Aglab (800-909) adalah dinasti yang didirikan oleh Ibrahim I ibn Aglab. seorang komandan tentara Bizantium di Sicilia. Perintah penangkapan tersebut disambut oleh pasukan Euphemius. terutama perluasan daerah Sicilia. membuatnya lebih bebas menentukan nasib pemerintahnya. Kaisar Romawi memerintahkan gubernur Sicilia. Ziyadatullah memerintahkan orang kepercayaannya Asad bin al-Furat untuk melaksanakan penyerbuan. Pada tahun 831 (216 H). sehingga pasukan Aglabi terus dapat mengokohkan kedudukannya di Sicilia. Penaklukan atas Sicilia. Costantin untuk menangkap Euphemius. sebenarnya dilatar belakangi oleh adanya konflik intern penguasa Romawi. 8 Lihat Syed Ameer Ali. Ketika terdesak. Ekspedisi yang berlangsung selama dua tahun dan memakan korban dua komandan tersebut. 9 .

Gubernur-gubernur Fatimiyah sendiri.10 Selanjutnya Sicilia berada di bawah pemerintahan muslim dengan Palermo sebagai Ibu kotanya. 10 11 Indonesia Hassan Ibrahim Hassan. Kegembiraan pasukan Aglab ini. sangat tertarik khususnya untuk menguasai Sicilia. supaya bisa menangkis seranganserangan dari Bizantium di pantai-pantai Afrika dan berhasil mewujudkan ambisimabisi mereka di Afrika Utara dan Mesir. 448. 232. Islamic History and Culture.11 Tem penulis IAIN Syarif Hidayatullah. Mereka ingin mendirikan negara besar laut Tengah dan merencanakan untuk membuat Sicilia sebagai pangkalan angkatan bersenjata (laut). 861 M. juga ditandai dengan pengiriman rampasan perang kepada khalifah di Bagdad. tiga perempat abad setelah ekspansi pertama mereka. I. Yogyakarta: Kota Kembang. pulau Sicilia berhasil secara penuh dikuasai. 1989). Castrogiovanni (dulunya Syracuse) baru dapat diduduki pada tahun 859 M (245 H). h. . mereka berpendapat bahwa Sicilia adalah merupakan daerah produktif yang akan memakmurkan mereka. Dari sudut pandang ekonomi. Ensiklopedi Islam (Jakarta: Djambatan. karena alasan-alasan politik dan ekonomi./247 H). diterjemahkan oleh Jahdan Human dengan judul Sejarah dan Kebudayaan Islam (Cet. 1992). al-Mutawakkil (w. Sicilia berada di bawah kekuasaan Islam oleh pemerintahan Aglabiyah dan kemudian di bawah gubernur-gubernur Fatimiyah sampai penaklukan oleh orang-orang Norman pada abad kesebelas. Pada tahun 902 M (289 H).5 sendiri. h.

13Karyakarya Islam termasuk terjemahannya menjalin Eropa melalui pintu gerbang Sicilia. 74. telah memungkinkan para ulama dan cendikiawan Sicilia menyalurkan hal-hal baru kepada kolega mereka dari daratan Eropa.6 Selama berada di bawah pemerintahan Islam. E.12 B. 46. 12 Team Penulis IAIN Syarif Hidayatullah. Di samping Andalus (Spanyol) Sicilia juga berfungsi memperkenalkan berbagai aspek budaya dan kehidupan spritual Islam kepada Eropa. cit. h. 13 .Press.. Jakarta: UI. Sicilia berperan sebagai tempat penting dalam menghubungkan Eropa dengan dunia Islam. I. Bandingkan dengan Harun Nasution. h. Penerjemahan karya-karya penting baik filsafat. Bosworth. kedokteran. diterjemahkan oleh Ilyas Hasan dengan judul Dinasti-dinasti Islam (Cet. Islam mencapai beberapa kemajuan antara lain. di situlah Sicilia mencapai beberapa kemajuan dan menjadi pusat penting bagi penyebaran kultur Islam ke Eropah Kristen. op. Sebuah Universitas telah didirikan di Palermo yang menjadi pusat ilmu pengetahuan dan kebudayaan Islam. 1993). The Islamic Dynasties. V. 1985). kemajuan dalam bidang sains. Lihat G. Kemajuan Islam di Sicilia Selama berkuasa di Sicilia. matematika. sufisme. 499. Bandung: Mizan. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya (Cet. h. sehingga islamisasi sains yang ditaklukkan telah memberikan warna terhadap kultur masyarakat Sicilia dan sekitarnya. optik atau astronomi ke dalam bahasa-bahasa Eropa banyak dilakukan lewat Sicilia. Walau Sicilia sendiri tidak menghasilkan pemikir dan lembaga yang spektakuler tetapi keberadaan literatur dan tradisi keilmuan yang dibawa dari dunia Islam lainnya.

karena dalam waktu yang relatif singkat di beberapa tempat di Eropa. Pemikiran-pemikiran tokoh ulama Islam terdahulu utamanya Ibn Rusyd. 126. Filsafat Islam (Cet. I: Jakarta: Gaya Media Pertama. merupakan kontribusi Islam terhadap kebangkitan Eropa. Ali. karena itu. h. 2000). h. Buku-buku Ibn Rusyd yang berbahasa Arab diangkut ke Universitas Toledo dan Palermo yang pada waktu itu menjadi pusat penerjemahan. penulis menilai bahwa transfer khasanah intelektual Islam ini merupakan penopang utama lahirnya renaissance di Italia dan Eropa. diterjemahkan oleh Ghufron A. 15 . bahasa dan perang. Di antara nama-nama yang terkenal pada masa itu adalah Asad ibn Furat yang dikenal sebagai ahli di bidang fikhi. Grafindo Persada. Muhammad ibn Khurasan yang dikenal seagai ahli K. Pulau Sicilia yang merupakan tempat terjemahan telah memberikan sumbangsih yang cukup penting dalam kebangkitan tersebut. tidaklah mengherankan pada waktu pembakaran buku-buku Ibn Rusyd. A Studi of Islamic History. jauhar al-Siqili yang dikenal sebagai ahli perang. Jakarta: PT.15 Jika dicermati lebih jauh.14 Bahkan terjemahannya itu dilakukan terhadap karya-karya ibn Rusyd ke dalam bahasa latin dan bahasa Nebraw (Yahudi). 1999). 14 Lihat Hasyim Syah Nasution.7 Karya-karya tersebut sudah barang tentu berguna bagi sejarah perkembangan peradaban ummat manusia. Mas’adi. yang musnah adalah dalam bahasa aslinya (Bahasa Arab). 296. dengan judul Sejarah Islam dari Awal Hingga Runtuhnya Dinasti Usmani (Tarikh Pramodern) (Cet. III. muncul karya-karya ibn Rusyd dalam bahasa latin (Yahudi).

. buah badam dan lain-lain mencapai hasil yang maksimal. perak. pajak terhadap hewan sangat tinggi.19 16 K.18 Selain itu Islam di Sicilia juga telah berhasil membuat mata uang sendiri.16 Dalam bidang terjemah muncul nama Rahib Jiral Salfaster yang menerjemah dari bahasa Arab ke bahasa latin.. timah hitam-air raksa dan sebagainya yang melimpah-limpah dikelola dengan sangat baik oleh penguasa Fatimiyah. h 127. buah apel. h. op. Yacob Abnawi. op. 18 19 Hassan Ibrahim Hassan. buah beragan. tebu. Musa ibn Mimuna (1191 M) seroang reformis Yahudi. yakni ketika di bahwa kekuasaan Kristen Byzantium. 329. emas. nuts. dengan mencantumkan nama gubernur Sicilia dan Amir bani Aglab. 164. Penerjemah lainnya adalah Michead Cot (1230 M).. Hasyimsyah Nasution. 232. penguasa Islam di Sicilia telah berhasil menghapus secara total. h. cit. Ali.. 17 Lihat Mahyuddin H. cit. Dewan Bahasa dan Pustaka Kementrian Pendidikan Malaysia. sebelum Islam berkuasa di Sicilia. Di bidang petanian. telah dibangun irigasi yang bermanfaat bagi peningkatan hasil pertanian. Herman (1256 M). 1990).17 Selain kemajuan dalam bidang sains.. Di bidang pertambangan. h.8 bahasa. seorang Yahudi (1232 M). pajak hewan yang digunakan untuk mengangkut barang atau membajak sawah. op. Islam di Spanyol dan Sicilia (Kuala Lumpur. sehingga hasil pertanian seperti kapas. Yahya. cit.

..9 Dengan memperhatikan sederet kemajuan yang dicapai. Kemunduran dan Kehancuran Islam di Sicilia Seperti halnya manusia. (297 H). kekuatan Fatimiyah yang berjaya menguasai keadaan. Hasan bin Ali al-Kalbi pada tahun 977 M (335 H) ke Sicilia. Akhirnya. merupakan faktor utama yang sangat membantu gubernur-gubernur Islam yang pernah berkuasa di sana. kekuasaan juga mempunyai batas akhir. 449. baik dari segi intelektualitas maupun dari segi peradaban. Letak Geografisnya yang sangat stragegis dan sumber alam yang diperbaharui. Kekuasaan Bani Aglabi di Sicilia tidak bertahan lama. Gejala terpenting dalam perkembangan ini adalah 20 Team penulis IAIN Syarif Hidayatullah. Kekuasaan Fatimiyah di Sicilia bermula dengan munculnya gerakan lokal yang mengatasnamakan khalifah Fatimiyah. terjadi perebutan kekuasaan antara pendukung al-Mahdi dan kekuatan lokal lainnya yang pro-Abbasi. penulis dapat mengatakan bahwa siapapun tidak dapat menafikan peranan pulau yang kecil ini. Kendati masih sering terjadi pemberontakan tetapi kekuasaan Fatimiyah tetap kokoh sampai dikirmkannya seorang gubernur. op. selama dasawarsa kedua abad ke-10. cit. Selama ini ekspedisi-ekspedisi juga dilancarkan ke berbagai kota pantai di Italia. Kemudian berulah khalifah menunjuk wakilnya sendiri pada tahun 910 M. dalam mengkostribusikan kehidupan Eropa. Diangkatnya al-Mahdi pada tahun 909 M (296 H) berakibat negatif langsung terhadap kekuasaan Bani Aglab termasuk Sicilia.20 Kegubernuran Hasan di Sicilia akhirnya membidani munculnya kekuasaan dinasti Kalbi yang otonom. h. dan hal ini berlaku pula pada dinasti Aglabi. C. untuk memajukan Islam.

di antaranya menjadi anggota tentara. Sebagai imbalan para penguasa Kalbi memperoleh berbagai gelar kehormatan dari khalifah seperti Tqat al-Daulah dan Ta‘yid administrasi-Daulah.1086/479 H). Di bawah penguasa Normal awal. Penaklukan Sicilia oleh Norman memakan waktu tidak kurang dari tiga dekade. Sejak 1060 (453 H) mulailah serangan-serangan Norman mempunyai rencana tertentu. Dalam upaya memastikan kemenangan buat dirinya. apalagi pada 1062 (455 H) Ibnu al-Summah terbunuh. ibnu as-Sunnah meminta bantuan kelompok Norman yang sedang meluaskan kekuasaan di Italia Selatan. Selama berkuasa di Sicilia. al-Khal mendapatkan gelar kehormatan magistros dari emperor Bizantium (Michael IV). Bagaimanapun sejak 1040 (432 H) para penguasa Kalbi gagal menekan pemberontakan lokal. orang Islam di Sicilia tetap bertahan dan sebagian beradaptasi dengan sistem pemerintahan Norman. sedangkan dinasti Aglabi sendiri telah tersingkir. Tetapi kematian 21 Ibid. 1063/456 H).21 Selama dasawarsa 1050-an perebutan kekuasaan di Sicilia berpuncak dengan permusuhan antara Ibnu Hawwas dan Ibnu al-Summah. dinasti Kabli aktif mengadakan ekspedisi ke wilayah-wilayah kekuasaan Bizantium dan lainnya di Italia. Bahkan pada 1034 (426 H) seorang penguasa Kalbi. Perlawanan-perlawanan gigih diorganisir oleh para pahlawan muslim seperti Ibn Hawas (w. Ayyub dan Benavert (w. . Selanjutnya dinasti Kalbi memerintahkan loyalitas terhadap khalifah Fatimi.10 perpindahannya pusat pemerintahan dan okupasi Fatimi ke Kairo pada 972 (361 H). sehingga muncul sejumlah penguasa muslim yang saling bermusuhan.

Raja Frenderick II mengherankan seluruh kekuatan untuk menumpas pemberontakan tersebut. . Kendati dapat dipadamkan pemberontakan orang-orang Islam terus bermunculan di berbagai tempat di kawasan Val di Mazara sehingga 1224 (621 H). pada 1300 (699 H) pemukiman mereka diLucera telah dihancurkan oleh Charles II dari Anjou. Orang Islam bisa dikatakan habis setelah pengasingan Lucera pada 1243 (641 H).22 22 Ibid. Mereka yang hidup diperiksa memeluk Kristen. 450. Pergantian kepemimpinan di Sicilia pada 1194 (590 H) ke tangan penguasa Jerman tak banyak menolong nasib orang Islam. Tancred de Lecce. akhirnya ia memutuskan untuk mengasingkan orang Islam yang tertangkap ke Lucera di Italia. yang sedang menghadapi krisis internal telah mengakhiri prospek orang Islam untuk bertahan di Sicilia..11 William II pada 1189 (585 H) telah menghapuskan berbagai kesempatan dan hak yang memiliki komunitas muslim di Sicila. Apalagi sikap kejam penguasa baru. h. Juga. Tak mengherankan kalau pada 1219 (616 H) timbul pemberontakan besar yang dimpimpin Ibn Abbad.

pulau ini merupakan sarana yang penting dalam mentransfer khasanah ilmu pengetahuan dan kehidupan spritual ummat Islam. pertanian. pertambangan turut mengalami kemajuan di bawah pemerintahan Islam. Kemajuan dunia Barat (Eropa) tidak terlepas dari paranan pulau Sicilia. 2. Kemunduran dan kehancuran di Sicilia disebabkan antara lain adanya sikap ketidak puasan orang-orang Sicilia terhadap gubernur yang dikirim oleh penguasa Fatimiyah ke Sicilia. Islam di Sicilia itu dikembangkan oleh Dinasti Aglabi atas nama khalifah Abbasiyah. Kemudian dilanjutkan oleh para gubernur Dinasti Fatimiyah. Sebagai Reaksi ketidak puasan ini. mengakibatkan ummat Islam di Sicilia tidak solid dan loyal pada pemerintah. Selain dalam bidang sains. . 3.12 BAB III PENUTUP Dari beberapa urian di atas. dapat disimpulkan bahwa: 1.

Harun. Gustave E. Jakarta: PT.Press. Syakir. V. Cet. Bosworth. Lapidus. I. 1994 Grunembaun. diterjemahkan oleh Gufran A. Grafindo Persada. Ahmad. Jilid I. Beirut: al-Maktabah alIslamiy. Ali. VI. I. Cet.. al-Tarikh al-Islamiy. Dewan Redaksi. Jakarta: PT.. 1989. The Islamic Dynasties. Cet. New Delhi: Kitab Bharar. Unity dan Variety in Muslim Civilation. A Studi of Islamic History. Cet. Jilid IV. Nasution. Sejarah Daulat Umaiyyah I di Damaskus. Mahmud. K. Hassan Ibrahim Hassan. Mas’adi. diterjemahkan oleh Ilyas Hasan dengan judul Dinasti-dinasti Islam. III. . Jilid I. Hasyim Syah. Jakarta: PT. 1993. E. Islamic History and Culture. jilid III. 2000.13 DAFTAR PUSTAKA Ali. Grafindo Persada. Yogyakarta: Kota Kembang. I. Cet. Cet. Mas’adi dengan judul Sejarah Sosial Umat Islam. Bandung: Mizan. Sou’yb. Jakarta: Pustakan al-Husna. 1977. Filsafat Islam. G. Van. 1985. Cet. diterjemahkan oleh Ghufron A. 1991. 1999. 2000. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. A Shot History of The Saraccan. A. Nasution. Cet. diterjemahkan oleh Effendi Yahya dengan judul Islam Kesatuan dan Keragaman. III.. Ira M. 1981. II. Cet. 1993. Sejarah dan Kebudayaan Islam . dengan judul Sejarah Islam dari Awal Hingga Runtuhnya Dinasti Usmani (Tarikh Pramodern) (Cet. Jakarta: UI. Syed Ameer. I. Jakarta: Bulan Bintang. Mausuah al-Tarikh al-Islamiyah diterjemahkan oleh Muhammad Labib Ahmad dengan judul. Syalaby. Cet. I: Jakarta: Gaya Media Pertama. Yoesoef. Jakarta: Karya Uni Press. History of Islam Societies. diterjemahkan oleh Jahdan Human dengan judul Sejarah dan Kebudayaan Islam. 1983. Ensilopedi. I. Ichtiar Baru Van Hoeve.

Sejarah dan Kebudayaan Islam. Indonesia. 1982. Jilid I (Ujungpandang: IAIN Alauddin.14 Tem penulis IAIN Syarif Hidayatullah. Yahya. Dewan Bahasa dan Pustaka Kementrian Pendidikan Malaysia. Jakarta: Tem Penyusun Teks Book. Ensiklopedi Islam Djambatan. Mahyuddin H.. Kuala Lumpur. Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI. Islam di Spanyol dan Sicilia. 1992. 1990. . Sejarah dan Kebudayaan Islam.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->