Bakso Besar ala Bakso Wonogiri

Bahan Bakso Besar ala Bakso Wonogiri :
• • • • • • • • •

Daging sapi, 1 kg Tepung sagu, 250 gr Telur, 1 butir Garam, secukupnya Lada, secukupnya Bawang merah, 3 siung Bawang putih, 3 siung Air es, secukupnya Penyedap rasa sasa, 2 sendok teh

Kuah Bakso Besar ala Bakso Wonogiri :
• • • • • • •

Air, 3 liter Tulang sapi, 1 buah, potong kecil dan rekatkan Lada, secukupnya Kemiri, 2 butir Bawang merah, 6 siung Bawang putih, 4 siung Kaldu sachet, 2 bungkus

Pelengkap :
• • • • • • • •

Mie kuning yang telah direbus, 150 gram Bihun yang telah direbus, 100 gram Tauge, 100 gram Sawi hijau yang telah direbus, 10 batang Bawang goreng, secukupnya Garam, secukupnya Penyedap rasa, secukupnya Seledri, 4 batang, iris tipis

• •

Tips Membuat Bakso Yang Enak
Daging Sapi : Pilih daging sapi yang masih segar dan berwarna merah tua segar. Daging yang bagus untuk membuat bakso yaitu yang bebas dari urat ataupun dari lemak. Bagian sapi yang cocok digunakan yaitu daging sapi bagian paha depan. Jika membuat bakso urat, pilih urat sapi yang tidak membengkak ataupun mengembang. Bagian yang cocok untuk membuat bakso urat adalah daging bagian sengkel. Jika hendak membuat bakso ikan ( fish meatball ), pilih jenis ikan yang berdaging putih, mengkilap dengan tekstur kenyal dan tidak berserat. Seperti tenggiri, kakap ataupun ikan gabus. Jika hendak membuat bakso udang ( shrimp meatball ) segar, pilih udang yang masih segar, buang sungutnya yang panjang, kepala dan kulit. Jika hendak membuat bakso dari daging ayam, gunakan daging ayam tanpa tulang atau bagian dada. Pilih ayam yang sehat, segar dan tidak terlalu tua. Pergunakan air es ketika menghaluskan adonan agar suhu adonan rendah dan adonan tidak matang ketika digiling. Pergunakan telur ayam sebagai perekat adonan. Setelah bakso dibentuk, sebaiknya bakso didinginkan dahulu baru dikemas dan disimpan dalam freezer dengan suhu -10 derajat celcius

• •

• • • • • • • •

Thursday, February 16
Resep Masakan - Sup Bakso Cumi
BAHAN BAKSO: 500 gram cumi, cuci bersih 5 sdm air kapur sirih 100 gram tepung sagu 1 putih telur 1 sdt garam SUP: 1 sdm minyak goreng 3 siung bawang putih, cincang 3 buah udang sedang 2 liter air 3 cm jahe, memarkan 2 batang serai, memarkan 2 sdt garam, 1 sdt merica bubuk 1 ikat sawi hijau, potong-potong 50 gram soun, rendam air hingga lunak, tiriskan Taburan: irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng CARA MEMBUAT: 1. Bakso cumi: lumuri cumi dengan air kapur sirih, remas-remas, cuci bersih kembali, tiriskan. 2. Haluskan cumi, campur dengan tepung sagu, putih telur, dan garam, aduk rata hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk.

3. Didihkan air, bentuk adonan cumi bulat-bulat, masak hingga mengapung, angkat. Masukkan dalam air es sebentar, angkat, tiriskan. 4. Sup: panaskan minyak, tumis bawang putih dan udang hingga harum, angkat. Didihkan air, masukkan tumisan udang, jahe, serai, garam, dan merica bubuk. 5. Setelah mendidih, masukkan bakso dan sawi hijau, masak sebentar, angkat. 6. Siapkan mangkuk, isi dengan soun, bakso, dan kuahnya, taburi daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Sajikan hangat. Untuk: 6 orang

Hmmh, bakso bulat satu ini emang jajanan yummy kalo dicocol bareng saus atau saus sambal. Tapi, ujan gini ga’ mungkin dunk musti bela-belain cari abang tukang penthol. So, kita bikin aja sendiri dari Resep Bakso Kojek plus sambalnya. Enak tuw kalo dihidangin hangat-hangat Bahan-bahan : 100 gr tepung sagu 40 ml air 50 gr daging ikan tengiri, haluskan 1 btg daun seledri, cincang halus 1/2 sdt garam Bahan Sambel : 100 gr kacang tanah goreng 2 bh cabai merah 2 bh cabai rawit 5 butir bawang merah 1 sdt gula 1/2 sdt garam Cara Membuat : Bakso *. Aduk tepung sagu, air, daging ikan, daun seledri, dan garam hingga kalis. *. Bulatkan sebesar kelereng lalu rebus dalam air mendidih hingga terapung. Angkat, tiriskan. Sambal *. Goreng cabai merah, cabai rawit, dan bawang merah sampai layu lalu haluskan bersama kacang tanah, garam, dan gula pasir

*. Rebus bahan sambal dalam air *. Angkat. Sajikan dengan bakso kojek hangat. Sedikit catatan, bisa juga lho bikin variasi dengan nyajiin bakso kojek yang udah ditusukkan di tusuk sate. Seru ga’ tuw? Apalagi cuman butuh waktu 1 jam an. Selamat mencoba.

Resep Bakso: cara membuat bakso
Resep Masakan Indonesia – Resep Bakso
A. Pilihan bahan resep bakso - bahan utama untuk membuat bakso 1. Bakso daging sapi Resep masakan Indonesia >> Untuk bakso sapi pilih daging sapi yang masih segar, bahkan yang masih berdarah. Daging sapi yang bebas urat dan sedikit lemak seperti daging lemusir dan gandik akan menghasilkan bakso yang terbaik mutunya. Bisa juga dipakai daging penutup, paha depan, atau daging iga. Untuk bakso urat, pilih daging sengkel. Makin segar makin baik, karena daging sapi yang segar akan meghasilkan bakso yang kualitasnya terjamin 2. Bakso ikan Resep masakan Indonesia >> Untuk bakso ikan pilih jenis ikan yang berdaging putih seperti tenggiri, kakap, kerapu, belida, atau ikan gabus. Selain hasilnya tampak bersih (tidak gelap), tekstur baksonya pun lebih kenyal. Sebab ikan berdaging putih umumnya memiliki kandungan protein aktin dan myosin cukup tinggi yang membuat daging ikan lebih padat, kompak dan mudah dibentuk (tidak buyar). Bakso ikan yang bermutu baik berwarna putih, mengkilap dengan tekstur kenyal, halus dan tidak berserat 3. Bakso udang Resep masakan Indonesia >> Untuk bakso udang pilih udang yang segar, buang sungutnya yang panjang, kepala dan kulitnya, remas-remas udang secara hati-hati dengan garam, lalu cuci bersih, baru cincang halus 4. Bakso ayam Resep masakan Indonesia >> Untuk bakso daging ayam tidak sekenyal daging sapi, tetapi kini banyak yang memanfaatkannya untuk bakso. Yang digunakan adalah daging ayam tanpa tulang. Pilih ayam yang sehat, segar dan tidak terlalu tua b. Teknik resep membuat bakso 1. Membuat adonan bakso Resep masakan Indonesia >> untuk membuat adonan bakso, potong-potong kecil daging, kemudian cincang halus dengan menggunakan pisau tajam atau food processor atau blender. Setelah itu, haluskan daging, uleni dengan es batu atau air es (10-15% berat daging) dan garam

(dan bumbu lain) sampai menjadi adonan yang kalis dan plastis sehingga mudah dibentuk. Adonan yang sudah dibentuk sebaiknya langsung direbus atau masukkan ke dalam air mendidih hingga matang. Adonan yang keluar dari antara ibu jari dan telunjuk akan membentuk bulatan. Beberapa tips yang dapat disampaikan di sini adalah sbb: 1. Perebusan bakso biasanya berlangsung 10-15 menit. Misalnya. tepung panir. agar cita rasa daging tetap menonjol. oleskan sedikit minyak goreng pada telapak tangan anda. Setelah diangkat. bawang bombay. tambahkan 1 sdm minyak masak (cooking oil) pada setiap batch (kalau food processornya kecil. Untuk yang senang bakso urat. Kalau di milis kita ini ada resep andalan dari mbak minda. Resep masakan Indonesia >> Dari pengamatan saya. insya allah ditemukan di berbagai website. mbak naih dan mungkin masih banyak sister lain yang punya resep andalan tapi masih malu-malu berbagi. Kalau rasa sih rata-2 tidak mengalami masalah. dinginkan pada suhu ruang Tips dalam membuat bakso Resep masakan Indonesia >> banyak diantara kita yang mengemari makanan yang satu ini. tahu. remas dan tekan kearah ibu jari. mungkin kita harus menggiling daging beberapa batches) sebagai pengganti daging sapi (kalau yang takut mad cow. campur daging ayam dengan udang atau jamur cincang. Membentuk resep adonan bakso Resep masakan Indonesia >> setelah mendapatkan adonan yang dikehendaki. Agar cita rasa bahan utama tetap menonjol. anda bisa langsung membentuk bakso dengan menggunakan 2 sendok. Anda bias berkreasi dengan mencampur atau menambahkan bahan lain ke dalam adonan bakso untuk mendapatkan tekstur atau cita rasa yang lain. Resep membuat bakso juga dapat dengan mudah. 2. . lalu bentuk bulat dengan bantuan sendok satu lagi. Giling/cincang daging sehalus mungkin sampai menyerupai pasta (paste) 2. Bahan lain yang bias dipadu dengan daging. Bagi mereka yang mahir bisa menggunakan tangan. Paha atas pada ayam dapat digolongkan sebagai red meat yang dapat digunakan sebagai substitusi daging sapi. Ambil adonan dengan sendok. pada pembuatan bakso sapi dapat dicampur ground beef dengan ground chuck. soun. Ambil segenggam adonan. Untuk pembuatan bakso ayam. antara lain putih telur. Penambahan tepung kanji cukup 15-20% dari berat daging. tiriskan. 3. dsb) dapat menggunakan daging ayam bagian paha atas. biscuit keju atau biscuit asin lainnya. dll. Sedikit-sedikit tambahkan tepung kanji agar adonan lebih mengikat. campur paha atas (tigh) dengan drum stick . Untuk mendapatkan gilingan yg halus. Agar adonan tidak lengket. daun bawang. para pencoba resep-resep ini punya keluhan yang sama yaitu soal tekstur. tambahkan bahan lain sedikit saja. Tandanya : bola-bola bakso akan mengapung di permukaan air.

tahan disimpan selama 1 bulan atau lebih. Yield untuk 21/2 cup daging giling halus adalah kira-2 30 butir bakso ukuran sedang. Jika disimpan dalam freezer. CARA MEMBUAT BAKSO KOMPLIT Resep bakso komplit Bahan-bahan : 1 kg daging sapi 1/4 kg tepung sagu 1 sdt baking soda 3 butir telur es batu bahan yang dihaluskan: 4 siung bawang merah 4 siung bawang putih . Tempatkan adonan ke dalam baking dish. Untuk mendapatkan bakso yg keras. Lebih baik lagi jika bakso ditaruh dalam wadah kedap udara. Gunakan baking soda secukupnya (kira-2 1/4 sdt untuk 21/2 cup daging giling halus). Bila ingin menyimpan bakso. perhatikan beberapa hal berikut : jika disimpan dalam lemari es (chiller). taruh dalam kotak plastik atau kantong plastik tebal dan tutup rapat. tambahkan tepung sedikit demi sedikit sampai tingkat kekerasan yg diinginkan. bagi rata sesuai keinginan (dipetak-petak di baking dish) baru kemudian dibuat bulatan-2 seperti bola. Cara menyimpan bakso Resep masakan Indonesia >> walaupun tanpa pengawet. Bisa digunakan trial and right (bukan error) dengan cara merebus sedikit adonan di air mendidih untuk mengetahui apakah adonan sudah mencapai tingkat kekerasan yg diinginkan. sebaiknya taruh bakso dalam wadah tertutup atau kantong plastik. Buat bakso sekaligus dalam jumlah yang banyak dan simpan di lemari es. Kalau masih keempukan.4. Lebih baik menambah tepung dari pada terlalu banyak . Untuk mendapatkan bakso yang kenyal. Bakso tahan disimpan 5 hari. gunakan tepung tapioka (tapioca starch). 5. Penggunaan baking soda yg terlalu banyak akan membuat rasa bakso getir (agak pahit). dapat digunakan baking dish. Sebelum diolah menjadi hidangan. cuci lebih dulu bakso dalam air hangat. dapat digunakan baking soda. Untuk mendapatkan ukuran bakso yang kira-2 sama besar. 6. bakso dapat bertahan kurang lebih 1 bulan.

Masak air didalam panci lalu masak hingga mendidih.sagu dan baking soda. Setelah itu siapkan mangkuk serta mie kuning. kemudian adonan bakso tadi dilinting bulat (dibuat bulatan besarnya sesuai selera) lalu masukkan kedalam air yang mendidih tadi.kecap dan sambal. Bahan-bahan untuk kuah bakso: air secukupnya (air kaldu dari rebusan tulang sapi) 1 sdm ebi (udang kering) 1 sdt lada 2 siung bawang putih bumbu penyedap secukupnya garam secukupnya.resep bakso + kuah bakso Bahan-bahan : 1 kg daging sapi 1/4 kg tepung sagu 1 sdt baking soda .tunggu hingga mengapung dan angkat kemudian didinginkan. RESEP BAKSO DAN KUAH BAKSO Resep masakan Indonesia .kemudian giling hingga halus sambil menggiling masukkan es batu sedikit demi sedikit setelah halus lalu angkat. Cara membuat sambal bakso: cabai merah giling minyak goreng (minyak kelapa) garam secukupnya bumbu penyedap semua bumbu dihaluskan dan ditumis hingga harum. Cara membuat kuah bakso : semua bahan dihaluskan kemudian ditumis dengan sedikit minyak hingga harum lalu masukkan kedalam air atau kaldu sapi yang sudah mendidih tadi dan masukkan bakso. telur serta bumbu yang sudah dihaluskan. jangan lupa tambahkan saos.soun atau bihun. sawi hijau dan masukkan kuah beserta baksonya.garam secukupnya bumbu penyedap secukupnya lada secukupnya cara membuat: campur daging sapi.

soun atau bihun. jangan lupa tambahkan saos. 2009 by admin Apa Komentar Anda untuk Resep Ini?. Resep Bakso Sapi Isi Keju December 9th. sawi hijau dan masukkan kuah beserta baksonya.kecap dan sambal. Cara membuat sambal bakso: cabai merah giling minyak goreng (minyak kelapa) garam secukupnya bumbu penyedap semua bumbu dihaluskan dan ditumis hingga harum.3 butir telur es batu bahan yang dihaluskan: 4 siung bawang merah 4 siung bawang putih garam secukupnya bumbu penyedap secukupnya lada secukupnya cara membuat: campur daging sapi..sagu dan baking soda. Bahan-bahan untuk kuah bakso: air secukupnya (air kaldu dari rebusan tulang sapi) 1 sdm ebi (udang kering) 1 sdt lada 2 siung bawang putih bumbu penyedap secukupnya garam secukupnya. kemudian adonan bakso tadi dilinting bulat (dibuat bulatan besarnya sesuai selera) lalu masukkan kedalam air yang mendidih tadi. Cara membuat kuah bakso : semua bahan dihaluskan kemudian ditumis dengan sedikit minyak hingga harum lalu masukkan kedalam air atau kaldu sapi yang sudah mendidih tadi dan masukkan bakso.tunggu hingga mengapung dan angkat kemudian didinginkan. Masak air didalam panci lalu masak hingga mendidih.kemudian giling hingga halus sambil menggiling masukkan es batu sedikit demi sedikit setelah halus lalu angkat. » . Setelah itu siapkan mangkuk serta mie kuning. telur serta bumbu yang sudah dihaluskan.

Sajikan hangat.com . aduk rata. 2. 3.3 g Lemak: 7. bawang putih. Untuk 6 porsi Nilai gizi per porsi: Energi: 175 Kkal Protein: 10. uleni sambil ditambah air sedikit-sedikit sampai adonan licin. lalu masukkan bakso.6 g Karbohidrat: 15.Bahan Bakso: • • • • • • • 250 g daging sapi. rebus kira-kira 10 menit. isi dengan keju. Kepal adonan. Membuat bakso: Campur daging sapi giling dengan tepung kanji. Angkat dengan sendok dan masukkan ke dalam air mendidih. taburi dengan daun bawang. Jaga jangan sampai air bergolak agar bakso tidak pecah. didihkan kembali. dan merica bubuk. haluskan 1/4 sdt merica bubuk 100 g keju. angkat dari api. iris tipis Cara Membuat: 1. potong dadu Kuah • • • • 750 ml kaldu sapi 1/2 sdt merica bubuk 1 sdt garam (secukupnya) 1 btg daun bawang. giling sampai halus sekali 125 g tepung kanji 25 ml air es 1/2 sdm garam 2 siung bawang putih.6 g Sumber : Tabloid-nakita. garam. tekan hingga keluar dari genggaman. Membuat kuah ayam: Didihkan kaldu ayam. masukkan merica bubuk dan garam.

merica. dan garam. iris 3 sdt garam PELENGKAP: 10 lembar kulit pangsit. 2. Taburi daun bawang. Untuk: 6 orang. Khas Daerah. Tuangi dengan kuahnya. dan bawang goreng. satu besar dan satu kecil. dan air es. Celupkan dalam rebusan air. goreng 150 gr mi kuning basah 10 tahu goreng. Didihkan air. Ambil 1/3 adonan untuk isian tahu. Giling daging hingga halus. Aduk rata sambil dibanting-banting. 2007 pukul 6:13 am · Disimpan dalam Bakso. bumbu halus. merica. taburi daun bawang. serong.BAKSO MALANG 20 April. 1/3 adonan bakso masukkan dalam tahu. Campur dengan tepung sagu. angkat. dan tahu. Lakukan sampai habis. bakso. 3. Siapkan mangkuk. CARA MEMBUAT BAKSO PENTOL UBAYA BAHAN: 300 GR DAGING SAPI ATAU AYAM CINCANG . Buat kuah: haluskan bawang putih. tata mi. Buat bakso: haluskan bawang putih. bum bu. telur. Buat bulatan bakso dua macam. Didihkan air. toreh sedikit Bawang goreng secukupnya Sambal rebus CARA MEMBUAT: 1. dan tulang. Kukus sebentar. masak hingga mendidih. Sapi BAHAN BAKSO: 350 gr daging sapi yang segar 50 gr tepung sagu 100 cc air es 1 butir telur 4 siung bawang putih 1/2 sdt merica 3 sdt garam KUAH: 2 liter air 600 gr lutut sapi/tulang sapi 6 siung bawang putih 1/2 sdt merica 2 batang daun bawang. lalu matikan apinya. Masak kembali hingga baksonya mengapung. angkat. 6. 4. Sajikan dengan pangsit goreng dan sambal rebus. saring. 5. dan garam. tiriskan.

KALAU MALAS SEPERTI SAYA. TARUH SEKEPALAN ADONAN DITELAPAK TANGAN. JIKA TERLALU SULIT DIBLEND. ADA CARA YANG LEBIH PRAKTIS. PENTOL) DENGAN MENGGUNAKAN 2 BUAH SENDOK KECIL. BERI SEDIKIT AIR ES. SETELAH HALUS DAN MERATA. GENGGAM SEPERTI MENGEPALKAN TANGAN DAN TEKAN SUPAYA MEMADAT. BENTUK MENJADI BULATAN2 BAKSO (AKA. KELUARKAN ADONAN DARI UJUNG KEPALAN (DIANTARA IBU JARI DAN TELUNJUK). DIHALUSKAN / 2 SDT GARLIC POWDER 1 BUTIR TELUR. '06 2:00 AM for everyone . POTONG MEMBULAT DENGAN SENDOK KECIL. TAPI PROSES PEMBULATAN PENTOL JAUUUUH LEBIH CEPAT BASO GORENG Posted by ine on Jul 31. PUTIHNYA SAJA 1 SDT BAKING POWDER SUPAYA BAKSONYA MENGEMBANG BAGUS 1 SDT GARAM HALUS 1 BUAH MAGGI BLOK MERICA BUBUK SECUKUPNYA PALA BUBUK SECUKUPNYA AIR SECUKUPNYA UTK MEREBUS SI PENTOL ^_^ PEMBUATAN: ADUK SEMUA BAHAN DIATAS DENGAN BLENDER SAMPAI TERCAMPUR RATA DAN LEMBUT. HASILNYA TIDAK SEBULAT BAKSO YANG DIBULATKAN SATU PERSATU-SATU. ULANGI BERKALI-KALI SAMPAI HALUS DAN LEMBUT.3 SDM TEPUNG KANJI (TAPIOCA FLOUR) 3 BUAH BAWANG PUTIH.

Campur semua bahan jadi satu. si baso padat tengahnya. dan rada sepo.Description: Baso goreng ini ditularkan resepnya oleh mama mertua.Letakkan adonan pada telapak tangan. dan tidak terlalu liat) . meski 'pemakan segala' :-)). Baso goreng yang di jual. biasanya pakai lemak babi bagian leher. dan bagian tengahnya nggak padat. . Ini salah satu makanan favorit KJ. Ini juga yang diajarkan oleh mama mertua. garam sedikit gula pasir (1/4 st saja. Tapi emang beda hasilnya. kalau terlalu lembek. kalau pakai daging ayam. tambahkan tepung sagunya. sudah tidak pletat pletot lagi. Aku sendiri. sampai adonan cukup padat untuk dibentuk baso (kalau di bentuk dengan satu tangan. agar hasilnya renyah nggak alot. pengganti vetsin) Directions: .sendok baso dengan sendok yang dibasahi air. Ingredients: 100 gram daging ayam giling 100 gram udang di cincang halus 2 butir telur ayam 6 sendok makan tepung sagu (lebih kurang) 3 siung bawang putih di haluskan 1/2 sendok makan kecap asin 1/2 sendok makan kecap ikan 1 sendok makan minyak wijen merica. genggam telapak tangan. karena menghindari lemaknya dan agar ke dua mbak-ku yang Muslim bisa ikutan makan. agar adonan baso nongol di antara jadi telunjuk dan ibu jari. kalau bikin jarang pakai daging babi. yang ikut dicincang bersama bahan lainnya.

di bekukan. Tips .Kalau baso tersisa. Goreng selama lebih kurang 15 menit dengan api sedang. baso cepat gosong dan mungkin meletus. Bisa nambah terus heuheuhue. . dijadikan cap jay. 2007 Baso ala Abang-abang Kangen baso ala abang-abang?? Berikut cara buat basonya. (resep cuma segini mah... paling enak kalo makan indomie or bihun kuah dan disajikan dengan baso ini.Kalau api terlalu besar.. Bisa untuk isi pangsit juga. atau mie goreng atau buat ifu mie atau di kuah dengan sawi dan wortel.Kalau di goreng kurang kering.Baso jadi alot. Saya bikin langsung banyak untuk cadangan di freezer. ..Cemplungkan pada minyak panas. .butuh waktu 15 menit untuk satu angkatan gorengan. murah meriah dan banyak. baso bakal keriput saat dingin. bisa di simpan.Adonan baso mentah. nggak enak dimakan keesokan harinya.. kalau terlalu banyak tepung dan dicampuri air lagi. dan kapan2 di goreng lagi. May 12... Saya dapat resepnya dari Teh Ida.langsung abis. . sekali coba succes dan keterusan..) Saturday. paling tidak. Bahan : • • • • 2 kg daging sapi tanpa lemak (pilih yg agak muda) 3/4 kg tepung kanji 2 butir telur 2 bks bubuk kaldu rasa sapi (optional) .. saya daur ulang.

aduk hingga adonan rata dan kekentalan cukup Masukkan adonan tadi ke dalam food prosessor/blender sedikit demi sedikit (jangan terlalu banyak untuk menghindari macetnya mesin blender) makin lama proses giling makin membuat adonan halus dan mendapatkan hasil akhir yang halus pula. goreng sebentar 100 gr garam 2 sdt merica bubuk 1 sdt baking powder 2 sdt bawang goreng 2 sdm minyak wijen Cara Membuat : Adonan baso: • • • Giling daging dalam food prosessor hingga halus. masukkan es batunya sedikit2. bumbu2. telur dan es batu. baso siap dikonsumsi NOTE : kalau bikin 1/2 resep. berikut resepnya : Bahan yang diperlukan : • 1/2 kg daging sapi/ayam/ikan . tumbuk kasar. masukkan daging yang udah digiling. biarkan hingga air mendidih dan baso cukup matang Tiriskan dalam tampah yg telah dialasi kain bersih.• 1 mangkok es batu. tambahkan sedikit2 hingga diperoleh kekentalan yang pas. Jangan terlalu encer karena akan susah dibuat bulatan2 basonya dan hasilnya juga akan lembek Butiran Baso : • • • • Panas air 1/2 panci besar Buat bulatan baso menggunakan tangan. Campur tepung kanji. Akan terlihat beberapa butir mengapung Aduk bentar untuk menghindari adonan yang paling bawah lengket di panci. masukkan ke dalam air panas hingga adonan habis. hancurkan (bisa diganti dengan air es kira2 2 gelas) Bumbu : • • • • • • 10 siung bawang putih.

Resep Bakso Rumahan Plux | May 24. 2009 | Comments 12 Kali ini resep pilihan datang dari seorang teman yang berdomisili di Nagoya – Jepang..membuat bakso sendiri.ayo perang gerilya ke dapur.. salah satunya adalah Bakso yang diberi nama Bakso Oshin ini.dijamin halah plus aman jauh dari bahan pengawet (formalin) Secara suamiku dan si putri salju itu juga suka banget sama bakso.repot dikit gak papa tapi ati puaaaaas. Walaupun berada di negeri nun jauh disana. hancurkan. aku biasa memanggil dengan sebutan Mama Suika. masakan Indonesia tetap melekat di hatinya. haluskan goreng sebentar hingga 1/2 kering 1 sdm bawang goreng 1 sdt minyak wijen 1/4 sdt merica bubuk 1 sdt garam halus 1/2 gelas es batu. terutama masakan dari Belut).. atau bisa diganti dengan air es saja 1/4 sdt baking powder (optional) 1/2 bks bubuk kaldu rasa sapi (optional) Bakso Oshin. jadi kalau baksonya dah mateng jangan tanya dech pasti suami habis dua mangkuk hehehhe(ups bagi teman teman yg dijapan jangan salah arti loh yah mangkuk disini hehehhe ini mangkuk tempat bakso) jadi suami selalu habis dua porsi hahhahaha perut kareet … . Regards. Selain jago memasak Mama Suika juga gemar makan (hahaha… yang ini pasti. Thanks Mama Suika ya. Plux Anda-anda penggemar bakso??? Kalau saya sudah sedari kecil seneeeeeng banget sama bakso….• • • • • • • • • • 3 sdm tepung kanji 1 butir telur 3 siung bawang putih.. Berikut hasil olahan Mama Suika.

.adonan akan keluar bulat .kuning telur..lha dari situ keluarlah kaldunya… Untuk bumbu kuahnya simple cukup 4 sing bawang putih mrica serta garam dihaluskan trs perlu dicoba untuk rasa yg lebih nendang yaitu bumbu tadi di tumis dulu pakai olive oil ..jadi biarpun tangan capek ya ditahan doeloe kan biar hasilnya nanti memuaskan hehehhee Kalau sudah masukkan tepung tapioka dan air teruuuuus diuleni teruuuuus diamkan sejenak… Siapkan panci diatas kompor kasih air kalau sudah mendidih kecilkan api… Bentuk bakso dengan meletakkan adonan ditangan kanan /kiri pilih yg nama terserah anda hehhehee tekan jari telunjuk dan jempol .kalau saya kemarin iseng aja tak kasih telur ayam didalamnya hehehhe lha kok nikmat juga tho baksonya jantenan hehhee Kuah • • Untuk kuahnya saya tetep mengandalkan tetelan daging sapi digodog sampai lunak .. dan bumbu halus uleni teruuuus sampai kalis sampai benar benar tidak lengket ditangan.. . jadi tidak langsung saya masukkan ke dalam kuah melainkan ditumis dulu kalau baunya sudah harum baru dicampurkan kekuah.. Tangkep dengan sendok kecil bulat masukkan ke dalam air mendidih .Bahan-bahan • • • • • 1 kg daging sapi giling 4 kuning telur 100gr tepung tapioka 100ml air Haluskan 6 biji bawang putih dan mrica serta garam (mrica dan garam secukupnya )..lakukan beberapa kali sampai adonan kliatan cantik dan bulat... Cara membuat • • • • • • Campur daging sapi .. Rebus bakso sampai mengapung(matang).

Sekarang tinggal menata ke dalam mangkuk = bihun yang sudah di rendam air panas siap ditaruh dimangkuk letakkan bakso tuang kuahnya taburi brambang goreng bila perlu taburi juga pakai seledri .abang tukang bakso cepatlah kemari sudah tak tahan lagi….fantastis hehehhee.. Salam dari Suika – Nagoya Tuesday. Bahan-bahan: . Banyak yang menyukainya.2 sendok makan tepung kanji .3 liter kaldu sapi . lalu cincang halus . 16 February 2010 22:04 RESEP: Bakso urat sapi Kuliner Ragam WASPADA ONLINE Bakso urat sapi.300 gr daging sengkel ..bakso bulat seperti bola pingpong.kalau bohong digigit kambing ompong. Rasanya lezat dan semakin terasa nikmat saat dimakannya dalam sajian kuah hangatnya.abis makan bakso terus gembrobyos tenan … Siapa yang ga inget lagunya Melisa …abang tukang bakso mari2 sini aku mau beli..2 putih telur Kuah: .rasanya makyos tenan...kalau lewat membikin perut kosong…jadi anak jangan kau suka bohong.satu mangkuk saja dua ratus perak yg bnyk baksonya…tidak pakai saus tidak pakai sambel juga tidak pakai kol….1 siung bawang putih...1 sendok teh merica bubuk .1 sendok teh garam .

2 siung bawang putih .garam secukupnya . masukkan bakso rebus Sambel rawit hijau: . Kuah: .cuka secukupnya . garam dan merica. potong halus ..Irisan daun bawang . tiriskan. 2007 · Filed under dim sum.Setelah matang.taburi di menu bakso Anda Siomay June 5. masukkan tepung kanji. uleni sambil masukkan putih telur hingga adonan kalis atau halus (proses 30 menit) . garam.Didihkan kaldu sapi .Kemudian bubuhi.1 buah bawang bombay. blender sampai halus . aduk rata. garam.Kemudian masukkan daun bawang.lalu cicipi rasanya Pelengkap: .Beef stock secukupnya .Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum lalu masukkan bahan tumisan ke dalam kuah .Haluskan sengkel dengan cara dicincang halus atau digiling . dan beef stock . masakan serba kukus .Rebus cabe rawit hijau bersama bawang putih . merica. Aduk rata. Rebus dalam air mendidih hingga bola-bola bakso mengapung. iris halus . angkat.Bentuk adonan menggunakan dua sendok menjadi bola-bola bakso.4 batang daun bawang.Segenggam cabe rawit hijau . memarkan .Garam secukupnya .air secukupnya Cara membuat: .Merica bubuk secukupnya Sambel rawit hijau: .Setelah tercampur rata. cuka dan air secukupnya .6 siung bawang putih.Bawang goreng secukupnya .Tambahkan bawang putih.

balutkan pada tahu dan telur rebus sisanya bulatkan sesuai selera. Kukus 30 menit.Versi I Sumber: Fatmah Bahalwan Bahan: 500 gr daging ikan tengiri. lipat ketas. parut kasar. . aduk rata. kukus 20 menit. . rapikan bentuk wiron. tempeli dengan adonan ikan. Kukus. kupas kulitnya.Ambil satu lembar kulit siomay. Cara Membuat: Campur semua bahan. beri adonan ikan. isi dengan adonan ikan. isi dengan adonan ikan. haluskan 2 sdm bawang merah halus 1 sdm bawang putih halus 2 sdt lada halus 1 sdt chicken powder 3 sdm gula pasir 3 sdt garam 1 sdm minyak wijen 3 btr telur 400 gr labu siam. . Kerat-kerat bagian yg rata. Taruh diatas loyang yg sudah dipoles minyak. . tempelkan adonan ikan. Versi II Sumber: Inong Haris Bahan: 500 gr Daging ikan tengiri dihaluskan 100 gr Tepung sagu 1 sdt Air jahe 1/2 sdt Lada bubuk 1/2 sdt Gula halus 1 sdt Minyak wijen jika suka 1 sdm Ebi direndam (agar mudah lunak) Garam secukupnya. buang bijinya. . sisihkan. aduk rata lagi. belah dua. goreng sebentar. tuang telur.Tambahkan labu siam.Rebus kentang ½ matang. lalu tuangkan tepung sagu. .Potong pare. Kukus . kerat-kerat dengan gapru salah satu sisinya.aduk daging ikan halus dengan bumbu-bumbu halus.Potong kotak tahu. aduk rata. Kukus 30 menit. aduk hingga rata dan kalis. tiriskan 450 gr sagu tani Cara membuatnya : .Telur rebus belas dua.

Ambil 1 lembar kol. 5. potong segitiga menjadi empat bagian 3 buah pare.Siapkan pare. potong bulat. udang. kupas. 3. sisihkan. Ambil 1 buah tahu. sisihkan. biarkan bagian atasnya terbuka. Hidangkan siomay dengan saus kacang. rajang halus 6 buah kentang ukuran sedang. beri kecap manis dan air jeruk limo (kulit jeruk dapat dimasukkan ke dalam siomay. 6 lembar kol.Kukus siomay di dalam kukusan hingga matang. kukus semua siomay. pare hingga matang 4. tahu. bumbu halus. Siomay pun siap dihidangkan.Siapkan panci pengukus. isi dengan adonan. lipat kemudian gulung. kukus hingga matang dan bagi 4 bagian. aduk hingga rata. putih telur. kukus hingga matang 1 batang daun seledri. tepung kanji. ***** Versi III Sumber: Sedap Sekejap Bahan : 10 lembar kulit pangsit 350 gram ikan tenggiri cincang 30 gram tepung kanji 1 butir putih telur 100 gram udang cincang 1 buah tahu cina. 2. Bumbu halus : 5 siung bawang putih 1 1/2 sdt merica 1/2 sdt gula pasir 2 1/2 sdt garam Cara membuat : 1.Buat adonan siomay : campur ikan tenggiri. agar aroma lebih harum). ambil 1 lembar kulit pangsit isi dengan 1/2 sdm adonan siomay masukkan dalam cetakan kue mangkuk. ***** Versi IV . sisihkan. buang isinya. potong sesui selera. Siram siomai dengan sambal kacang. jika suka tambahkan kol yang digulung dan pare(dapat diisi dengan siomay) Cara menghidangkan: Ambil siomai yang telah matang dari dalam kukusan (kondisi masih panas). lubangi tengahnya lalu isi dengan adonan.

harus langsung dibentuk. malah bertektur unik dan lebih bergizi. lalu diulet pake tangan. disesuaikan. . . ya gak dilarang:-) Kalau mau gaya lokal. kalau mau gaya chinese. hohoho… ini justru membuat siomay tidak terlalu kenyal. hasilnya enak. Bahan : 200 gr daging ayam giling .Semua daging dan bumbu diuleg/blender/mixer. Bumbu halus : 4 bawang putih 4 bawang merah 1 sdt merica 1/2 sampai 1 sdtbumbu masak/vetsin/royco 1 sdt gula 1 sdt garam 5 sdm kecap ikan Cara Membuat: . pokoknya tidak terlalu cair. pakai sambal botolan.Setelah itu. buat di makan gitu saja laksana dim sum.Kalo pake tahu jangan lupa tahunya rendam pake air garam dulu . juga tidak terlalu keras. siomay di sajikan dengan bumbu kacang.Sumber: Agnes Tri Harjaningrum Bahan: 2 ons daging ayam dicincang 1 ons udang dicincang 2 ons ikan tuna/tenggiri dihaluskan 1 ons tepung tapioka/aci 2 sendok makan ebi digoreng dan diuleg lemes. .Setelah semua tercampur. Buat lauk di sajikan bersama lauk lain. udah di coba saat liburan kemarin.Hidangkan dengan sambalnya ***** Versi V SIOMAY plus SABU Original Recipe : Ine <inedw@…> Ini siomay hasil adaptasi dari sana sini.Tambahkan air biasa 150 cc boleh ditambah lagi max 50 cc. Jangan dipikir karena di ganjal SaBu (SAwi putih dan laBU) maka akan mengurangi cita rasa. kukuslah kurang lebih setengah jam… . oke juga.

haluskan 50 gr daging tengiri. haluskan 30 gr sagu tani (lebih kurang ya. kalau berasa terlalu lembek. tambahkan sedikit sedikit lagi. hasilnya siomay akan cantik putih kayak pakai sabun Dove ) 3. kecuali wortel serut dan kulit pangsit. Tata di kukusan. 2. Trick ini agar siomay lembab dan kulit nggak kuning kusam. aduk rata. tapi SARE 2 sdm minyak wijen 1 sdm kecap asin 1 sdm kecap ikan 1 sdm angciu (optional) 2 sdm air jahe (dari 2 cm jahe di haluskan. jangan takut2 membasahi kulit siomay ya. Kukus selama 30 menit. ***** Versi VI Siomay ikan wortel Sumber : Koran Kompas Bahan-Bahan : 200 gr daging ikan kakap 1 sdm tepung sagu 1/2 buah bawang bombay iris halus 75 gr wortel iris halus 2 buah cabai merah besar. tambah 1 sdm air. Semprot dengan air sampai kulit siomay basah kuyup. buang bijinya. Sajikan hangat. iris halus 2 sdm minyak makan daun bawang secukupnya . bisa di ganti rebung – eh… ntar bukan sabu lagi namanya. Campur semua bahan..enakan telur kepiting ya!) lebih kurang 30 lembar kulit pangsit Cara Membuat : 1. lalu di saring/peras) 1/4 sdt merica 1/2 sdt garam 1/2 sdt gula pasir 1 buah wortel serut halus dengan parutan keju (kalau ada telur kepiting sih…. iris halus 1/4 buah labu siam. potong dadu halus 2X2 mm – kalau suka.. isikan pada kulit pangsit. beri jarak sekedarnya agar tidak saling lengket. bentuk menjadi siomay. tergantung suasana bahan ) masukkan yang terakhir saja.. 30 cc telur putih 3 lembar sawi putih. Atasnya di kasi sedikit wortel serut/telur kepiting.50 gr udang kupas.

potong diagonal Minyak untuk menggoreng Adonan isi 75 gr daging ikan tenggiri. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan. lalu isikan kembali ke dalam tahu. goreng tahu isi hingga kuning kecoklatan. masukkan kulit pangsit.garam dan lada secukupnya kulit pangsit sebagai bungkus Cara Mengolah : 1. 2. Adonan isi : Campur ikan. bawang putih. sisihkan 3. angkat. 3. udang. garam dan lada. kocok 3 sdm tepung kanji 1-2 batang daun bawang. angkat. garam dan merica. jeruk limau CARA MEMBUAT 1. minyak. sisihkan remahannya. Langsung masukkan ke dalam minyak panas. Kukus hingga matang. angkat. Tambahkan daung bawang. saus cabai. tepung sagu. Versi II Sumber: Primarasa BAHAN 6 buah tahu putih ukuran 4 x 4 x 2 cm. Blender daging ikan. goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. cincang 1 siung bawang putih. iris tipis 2 batang seledri. wortel. Lubangi potongan tahu putih. haluskan 75 gr udang kupas. cincang halus 1 butir telur. Campur ½ bagian adonan isi dengan remahan tahu. seledri. Aduk-aduk sampai adonan rata. sisihkan ***** Versi III . 4. telur dan tepung kanji. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Lakukan hingga semua tahu terisi. Hidangkan dengan saus tomat. isi dengan adonan ikan. cincang ½ sdt garam ¼ sdt merica Pelengkap: Sambal kacang. bentuk dengan 2 sendok menjadi bulatan-bulatan bakso. aduk hingga tercampur rata. Satu bagian untuk isi tahu dan satu bagian untuk bakso 2. aduk rata. Ambil ½ bagian adonan isi sisanya. campur dengan telur. bumbu-bumbu. kecap manis. Ambil cetakan mangkuk kecil.

tepung terigu dan tepung beras hingga rata. tepung sagu. daun bawang dan garam hingga rata sisihkan. 4. haluskan 1 btg daun bawang. jeruk limau dan kecap. udang. cincang 175 gr ikan tenggiri. goreng hingga kuning kecokelatan. tiriskan. haluskan 1 buah kentang atau ubi 4 bh bawang putih . 2007 · Filed under dressing.Sumber: Tabloid Nova Bahan: 2 buah tahu putih air. ikan tenggiri. garam. Sajikan batagor dilengkapi sambal kacang. Sambal Kacang Siomay/Batagor June 5. beri adonan udang atasnya. saus. haluskan 1 ons cabe. 3. angkat. Ambil potongan tahu. belah 8 125 gr udang kupas. 2. Celupkan tahu dalam adonan tepung. telur. bumbu. Buat adonan tepung: Aduk telur. dan sambal Versi I Sumber: Ema Isti Bahan : ½ kg kacang tanah goreng. ratakan. Aduk tahu. bawang putih. iris halus 1 sdt garam Adonan tepung: 150 gr tepung terigu 50 gr tepung beras 1 btr telur 350 ml air 1/2 sdt garam halus Pelengkap: Sambal kacang Jeruk limau Kecap manis Cara membuat: 1. cincang 1 btr telur 50 gr tepung sagu 2 siung bawang putih. tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

Haluskan cabe merah dan bawang putih. saus kacang siap digunakan.¼ kg gula merah 100 ml saus tomat garam secukupnya cuka secukupnya 1500 ml air Cara Membuat : 1. giling halus. Biarkan hingga mendidih. . 4. 500 gr ubi merah. Siap disajikan.blender ubi merah dan air hingga halus. cuka dan gula. kecilkan api. masukkan kacang tanah halus dan ubi halus. . tumis cabe dan bawang putih halus. biarkan hingga wangi. goreng. masak dengan air hingga mendidih. 5. . ***** Versi II Sumber: Fatmah Bahalwan Bahan: 500 gr kacang tanah. aduk rata.5 ltr air matang Cara membuatnya: . Campur kacang tanah. ***** Versi III . 200 gr cabe merah 3 bh bawang putih 2 sdm cuka 2 sdm garam 8 sdm gula pasir minyak sayur secukupnya. matang 1. atau garam jika kurang. Lakukan tes cicip. Tambahkan cuka. sisihkan. 3. 2.Panaskan minyak sayur. cabe dan bw putih yg telah dihaluskan. bila sudah pas. tambahkan garam. Angkat.Matikan api. Tambahkan gula merah dan ubi rebus yang telah dihaluskan. tambahkan garam dan saus tomat. Masak terus hingga kental dan keluar minyaknya.

gula merah. ***** Versi V Sumber: Primarasa Bahan: 100 gr kacang tanah. haluskan 1 sdt garam 2 sdm gula pasir 2 – 3 sdm air 2 sdm saus cabai .Sumber: Inong Haris Bahan: 250 gr Kacang tanah digoreng 3 siung Bawang putih digoreng 4 buah Cabe merah dibuang bijinya digoreng 1 sdm Gula pasir 1/2 sdt Garam 400 ml Air matang Kecap manis dan jeruk limo secukupnya. sisihkan. masak hingga air berkurang dan sedikit berminyak. garam. ***** Versi IV Sumber: Sedap Sekejap Bahan: 300 gram kacang tanah. saus tomat. kupas. dan air. Campur dengan air jeruk. kacang tanah. Cara Membuat: Haluskan semua bahan dengan diulek atau dibleder hingga halus kecuali kecap manis dan jeruk limo. kecap manis. gorenghingga kuning kecokelatan 1 sdt air jeruk limau 3 buah cabai merah 2 sdm saus tomat 1/2 sdm kecap manis 350 cc air 2 sdm gula merah 2 sdt garam Cara Membuat: Haluskan cabai merah. sangria.

cabai merah. masak sambil diaduk hingga matang. haluskan 6 buah cabai merah. ***** Versi VI Sumber: Tabloid Nova Bahan: 250 gr kacang tanah.2 sdm nanas parut ½ sdt cuka (bila perlu) Cara Membuat: Campur kacang halus. Semua diuleg lemes/blender lalu digoreng sampai matang.Nama Bayi . air jeruk limau.5 sdt garam + 1/2 atau 1 sdt vetcin/bumbu masak + gula 4 sdm. haluskan 1/2 sdt garam 2 sdm gula pasir 3 sdm air jeruk limau 450 ml air Cara Membuat: Satukan kacang tanah. saus cabai dan nanas parut.English Resep Masakan Praktis TEKWAN . baru masukan kacang suuk 250 gr yang telah digoreng ditumbuk. setelah agak asat angkat.Berita Terkini . Bila mau dimakan tambahkan kecap dan jeruk limo… Jerawat . garam. cairkan dengan air. aduk rata.Artikel . Kkemudian beri air 450 cc. garam dan gula pasir. Angkat. ***** Versi VII Sumber: Agnes Tri Harjaningrum 100 gr cabe rawit/merah + 1. gula pasir. Tambahkan airs. Bila perlu tambahkan cuka.

iris tipis 1500 cc air bekas rebusan udang. merica. campur dgn bumbu dan air. Angkat dan hidangkan. beri bumbu penyedap bila suka.1 ons es serut . seledri. bakso urat. Selamat mencoba yah… semoga berhasil :) Bahan Bakso : . Masukkan daun bawang. kupas. masak sampai matang. Tapi bagaimana jika Anda sendiri yang memasak bakso tersebut.com 17 May 2008 6:13 pm Resep Masakan Bakso Hmmm… sore-sore makan bakso duh… lezat banget. Tuangkan ke dalam kanji sedikit2 sambil diuleni sampai licin.1 kg daging sapi (bagian paha belakang) . berikut ini ada beberapa resep bakso yang bisa Anda coba di dapur. sisihkan. didihkan bawang goreng utk taburan Cara mengolah baso haluskan daging ikan. iris 1/2x1/2x3cm 2 btg daun bawang.1 butir putih telur . Panaskan minyak. lalu bulatkan sebesar kelereng. angkat. Masak sampai udang berubah warna. garam. Masukkan ke dalam air mendidih. • Resep Masakan Indonesia http://id–webhost. dan air mendidih. Yup. masak sampai baso mengapung. Beberapa diantaranya adalah resep bakso standar. cincang 1 sdt merica bubuk garam secukupnya 350 gr bengkuang. Masak sampai semua bahan matang kemudian masukkan bakso ikan dan bawang goreng.haluskan 250 gr udang. Masukkan bengkuang. tumis bawang putih sampai wangi lalu masukkan udang. direndam air panas 15 menit 5 sdm minyak utk menumis 5 siung bawang putih. Kuah cuci bersih jamur kuping.Sumber: ibu ibu DI Bahan Baso Ikan 500 gr daging ikan tenggiri/gabus/belida. diambil dagingnya 200 cc air 1/2 sdt merica 500 gr tepung kanji 1 sdt garam Bahan untuk kuah 50 gr jamur kuping. Pasti merupakan pengalaman baru dan dijamin seru. bakso tahu.

Wah susah juga memberikan gambaran aslinya kalau nggak ikutan megang adonannya. # Bahan B . Tambahkan sedikit demi sedikit tapioka dan aduk terus.Campur jadi satu es dengan putih telur.Daging cincang 1 Kg . angkat dan tiriskan. bawang putih halus dan penza. . Ambil dengan sendok kecil bulatan yang sudah terbentuk di gumpalan jemari tersebut dan rebus di dalan rebusan air mendidh yang telah dibubuhi garam secukupnya. Bahan Bakso Urat : . ambil dengan sendok.Putih telur dari 4 telur atau air ½ gelas (kita menggunakan putih telur) Cara Membuat Bakso Urat : . campur rata.Ambil segenggam adonan. garam.Campur daging + kaldu + bawang putih + merica sampai rata.1 1/2 sdt garam .1 ons daging ayam giling Keduanya dicampur.100 gr tepung sagu .2 ons (tergantung mau kenyal baksonya kayak apa) .2 bh maggie blok kecil (maggie bruhe) .8 buah bawang putih dihaluskan .lada. Hehehehe… :) . masukkan ke dalam rebusan air.Campur kedalam daging aduk-aduk sambil ditambahkan tepung sagu. lakukan hingga daging benar-benar kalis. tambahkan garam sesuka selera.Tapioka 1 . Jika kurang garam.Merica bubuk 1 sdt . masak hingga bakso matang.1 sdt lada bubuk . Sebaiknya pengadukan adonan ini agak lama (+/..10-15 mnt) sampai terasa adonan agak kenyal dan mudah di bentuk/tidak lembek dan tidak terlalu keras.Accord 2 sdt (datar) . buat gumpalan dan remas dengan lembut sampai bulatan dagingnya tersembul di lingkaran telunjuk. . lakukan hingga selesai.1/2 kg daging ikan giling . Tambahkan putih telur dan kemudian accord. Bahan Bakso Tahu # Bahan A .175 ml air es . Sisa rebusan daging ini bisa digunakan untuk merebus mi telur dengan diberi tambahan 1 bks kaldu lagi dan bersama daging bakso siap di santap.Garam secukupnya .5 siung (giling halus) .Bawang putih 4 . Tunggu sampai bakso matang (mengapung di permukaan air).1/2 sdt Penza (membuat kenyal) Cara Membuat Bakso : .Kaldu (gemuse/ayam/daging) 2 bks kecil (dilarutkan dgn sedikit air panas) .Bulatkan daging dengan cara : ambil daging dan letakkan dalam genggaman tangan kemudian tekan genggaman tangan hingga keluar daging dari sela ibu jari.

. .175 ml air biasa . dimasukkan ke dalam tahu dan kol. wirausaha bakso malang.1 sdm gula pasir . resep bakso solo. Bahan bakso siap dibungkus dengan kulit pangsit (wonton pastry).. Lipat kedua sisi daun ke arah tengah. kalo perlu gunakan mixer.Tumis dulu cabe giling dalam minyak goreng.5 sdm minyak goreng Kacang giling bisa diganti dengan Pinda Kaas. bagian pangkal daun yang agak tebal diiris/dibuang.1/2 sdm vetsin sasa . gambar bakso. dan tusuk-tusuk gulungan dengan garpu. .3 batang bawang daun dirajang halus # Bahan C . digiling . download resep masakan jawa timur. Cara membuatnya : . bakso kota cak man malang.1 sdt poly powder (di Asia shop merknya ACCORD) . kemudian direndam dalam air panas yang telah diberi garam selama sekitar 1-2 jam. Tahu siap diisi dengan bahan bakso. telur dan kentang sampai matang.1/2 sdm garam halus .1 sdt minyak wijen (sesame oil) Cara Membuat Bakso Tahu : . Kemudian diambil lembar demi lembar daunnya. Angkat dan tiriskan.1 sdm minyak ayam .Tahu dipotong-potong bentuk segitiga setebal 1-2 cm.60 gr gula merah .200 gr kacang giling . kemudian masukkan bahan-bahan yang lain.1/2 sdt merica .Kol utuh dimasukkan dalam panci berisi air mendidih sampai agak layu.200 gr cabe merah. tahu dan kol yang telah diisi bahan bakso.2 lt air biasa .Kukus bakso yang telah dibungkus kulit pangsit. . rebus sampai keluar minyak. iris bagian tengah sisi miringnya.1 sdm tepung terigu .100 ml putih telur (dari 2 butir telur) .10 gr garam . Kol siap diisi dengan bahan bakso.Bahan A+B+C diuleni satu arah sampai benar-benar rata. Bumbu Kacang .1 sdm vetsin sasa . tetapi kalau memakai bahan ini tidak perlu lagi ditambahkan gula merah karena Pinda Kaas sudah manis. # Sebagian pengunjung datang ke halaman blog ini melalui kata kunci : resep bakso malang. kemudian gulung. cara membuat bakso malang. bisnis waralaba bakso.1 ons tepung aci .

rebus dengan api kecil hingga kaldu beraroma harum. Mie Ayam (Jamur) May 4. 2007 · Filed under mie Versi I Sumber: Sedap Sekejap Bahan : 300 gram mie pangsit siap beli. Kaldu: air direbus hingga mendidih. Tambahkan lada bubuk dan garam. masukkan tulang ayam. masukkan ayam.Bahan: 1/2 kg mie ayam (siap dibeli di pasar) 100 ml Minyak ayam 100 ml Kecap asin 300 gr Daging ayam direbus dan dipotong kotak 3 sdm Kecap manis 2 sdm Kecap Ingris 2 batang Daun bawang dirajang Caisin. sisihkan. 2. tiriskan. rebus. Bumbu yang dihaluskan: 3 siung Bawang putih 5 buah Bawang merah 1 sdt Ketumbar 3 cm Kunyit 3 cm Jahe 4 butir Kemiri Bahan Kaldu: 2 liter Air 1/2 kg Tulang ayam 1 sdt Garam 1/2 sdt Lada bubuk Cara membuat : 1. tumis hingga bumbu menyerap ke dalam ayam. penyedap dan bawang goreng secukupnya. tumis sebentar. angkat. .tambahkan penyedap. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang.

masukkan ayam. Penyajian : letakkan mie dalam mangkuk. Lipat kulit pangsit menjadi dua. tekuk dan satukan ujungnya. rebus sebentar. sekantong isi 5 gulung) 5 sendok makan minyak ayam/minyak wijen/minyak bawang 5 sendok makan kecap asin 100 gram caisim/sawi hijau potong2 5 cm. 2. untuk mie ayam. Masak hingga air sedikit berkurang. angkat dan tiriskan. Buat semur ayam : panaskan 1 sdm minyak goreng. 4. tumis bumbu halus hingga harum. goreng hingga kuning. kecap manis. Hidangkan mie ayam dengan pangsit goreng. 3. beri sawi dan daun bawang. Rendam sawi caisim dalam air mendidih selama 5 menit. . Untuk 2 orang ***** Versi II Mie ayam jamur by: Ine bahan: 1 kantong mie basah mentah (Siap beli.10 buah kulit pangsit 50 gram sawi caisim 1 batang daun bawang rajang halus minyak untuk menggoreng Semur ayam : 250 gram fillet daging ayam potong dadu 1 1/2 sdm kecap manis 1 sdt kecap asin 150 cc air Bumbu halus : 4 siung bawang putih 1/2 sdt lada butir 1 1/4 sdt garam 1/2 sdt gula pasir Kuah : 750 cc kaldu ayam 1 sdt garam 1/2 sdt kaldu bubuk rasa ayam Cara membuat : 1. siram atasnya dengan kuah sesaat sebelum dihidangkan. beri atasnya dengan semur ayam. kecap asin dan air. 5.

potong kecil2 (1X1X2 cm) 100 gram jamur merang. .sajikan bersama kaldu yang di taburi tongjay. kecap asin dan manis. . sampai mie 3/4 matang. tambahkan 1 sdm tepung sagu. garam. merica. tambahkan garam dan merica. sisihkan.aduk mie dan bumbu sampai rata. penyelesaian: .Tumis bawang putih dan jahe sampai bawang wangi. kaldu: 1 liter kaldu ayam bening 2 siung bawang putih 1 potong jahe di geprek garam dan merica Cara: tumis bawang putih dan jahe dengan sedikit minyak sampai bawang kuning dan wangi.Tambahkan daging ayam ke atas mie.daging ayam beri 1 sdm kecap asin dan merica. masukkan jamur. aduk rata.Taburan: 1 lb daun bawang iris halus 2 sendok makan tongjay ayam: 250 gram dada ayam tanpa tulang. didihkan. . . taruh mie dalam mangkuk yang sudah di beri 1 sm minyak ayam/minyak wijen/minyak bawang+ 1 sm kecap asin + 1 sm kuah dari daging ayam jamur. masukkan daging ayam. mercia. masak sampai bumbu meresap dan ayam matang. sisihkan.rebus mie dalam sepanci air. masukkan dalam kaldu. di potong jadi 4 3 siung bawang putih 1 potong jahe di geprek 2 sendok makan kecap asin 1 sendok makan kecap manis garam. taburan. sawi rebus. ada sedikit kuahnya bisa untuk campuran mie. tambahkan air/kaldu. aduk2 agar aroma tumisan bawang dan jahe menempel ke daging ayam. aduk rata. gula (pengganti vetsin) 1 sendok makan tepung sagu 300 cc air/kaldu Cara: . tambahan lauk jika suka: pangsit rebus/goreng baso sapi/ikan ***** .

Masukkan ayam. masukkan ayam 2 sdm 6. 4. sisihkan. tumis hingga bumbu menyerap ke dalam ayam. tambah penyedap 5. tambahkan 2 siung bawang putih digeprek 4. Kaldu: air direbus hingga mendidih. rebus dengan api kecil hingga kaldu beraroma harumtambahkan lada bubuk dan garam 2. letakkan di dalam mangkok yang telah terisi bumbu. panaskan hingga seluruh minyak keluar dari kulit dan lemak ayam 5. Masukkan 2 sdm minyak ayam ke dalam mangkok. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang 3.Versi III Sumber: Rudy Choirudin Bahan: 1/2 kg mie ayam 100 ml minyak ayam 100 ml kecap asin 300 gr daging ayam rebus potong kotak 3 sdm kecap manis 2 sdm kecap inggris 2 btg daun bawang. ambil kulit ayam dan lemaknya 2. masukkan tulang ayam. panaskan dengan api kecil di atas penggorengan 3. rajang caisin dan bawang goreng Bumbu halus: 3 bh bawang putih 5 bh bawang merah 1 sdt ketumbar 3 cm kunyit 3 cm jahe 4 btr kemiri Bahan kaldu: 2 ltr air 1/kg tulang ayam 1 sdt garam 1/2 sdt lada bubuk cara Membuat: 1. TUmis sebentar. angkat. angkat. Rebus mie dan caisin yang telah dirajang hingga matang. Tambahkan bawang goreng dan daun bawang rajang Cara membuat minyak ayam: 1. minyak siap digunakan .

Didihkan air secukupnya. Tambahkan jamur dan bahan lainya. masukkan daging ayam. aduk hingga kuah habis dan ayam lunak. tiriskan 2. Campur kecap dan minyak sayur. dan jahe hingga harum. masukkan mi. cincang 1 ltr kaldu ayam 2 sdm daun bawang iris halus 1/2 sdt lada 1 sdt garam Pelengkap: 3 sdm bawang merah goreng 2 sdm daun bawang iris halus 100 gr sawi hijau. . seduh mi dengan air mendidih hingga tepungnya larut dan mi lunak. potong 4 cm 75 gr taoge seduh air panas 18 bh pangsit goreng Cara membuat: 1. 3.***** Versi IV Sumber: Tabloid Nova Bahan: 300 gr mi keriting segar 1 sdm minyak ayam 1 sdm kecap asin Taburan: 2 sdm minyak sayur 1 sdt minyak wijen 4 siung bawang putih cincang kasar 250 gr daging ayam. Kuah: rebus semua bahan menjadi satu hingga mendidih. potong kecil-kecil 100 gr jamur merang potong dadu 1 sdm saus tiram 1 sdm kecap asin 100 ml air 1/2 sdt lada halus 2 sdm kecap manis 1/2 sdt garam Kuah: 2 siung bawang putih. 4. aduk hingga kaku. aduk rata dan sisihkan. Taburan: panaskan minyak yang sudah dicampur minyak wijen. tumis bawang putih.

Cincau hitam dipotong kecil-kecil = 25 gram 7. lechi. 2. sambal. Penyajian: taruh mi dalam mangkuk. lauk-pauk. Aduk hingga rata dan sajikan dalam keadaan dingin segar. sari kelapa. taoge. selasih.5. Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Es Campur Yakni : 1. cincau.Dapur Minuman Rahasia Tradisional Kuliner Nusantara Fri.Org ini secara gratis cuma-cuma hanya untuk anda. dll. Es batu atau serutan es balok = secukupnya 4. tape. Dapatkan banyak resep masakan rahasia lainnya di situs Organisasi. Beri serutan es atau potongan es dengan air putih dingin. cemilan. Anda juga dapat . Tape / peyeum = 1 sendok makan Catatan : bahan es campur bisa dikurangi atau ditambah sesuai selera anda. nikmat. Untuk 6 porsi Resep Es Campur Masakan Khas Indonesia . bahan taburan. cendol). Sirup cocopandan / kokopandan = 3 sendok makan 5. 3. Buah alpukat matang = 1 buah 6. Gunakan fitur pencarian yang ada di situs ini untuk mencari resep lainnya seperti aneka sajian hidangan sayur. Susu kental manis putih = secukupnya sesuai selera 2. tambahkan sawi hijau. bawang merah goreng.9:59pm — godam64 Resep makanan membuat minuman es campur yang merupakan minuman pelepas haus dahaga halal. sedap. kelapa muda. minuman. Sajikan selagi hangat. kue basah. Semua bahan di masukkan jadi satu ke dalam gelas atau mangkuk (alpukat. daun bawang. Leci / Lychee = 3 buah 8. pangsit goreng beserta kuahnya. Masukkan susu dan sirup secukupnya sesuai selera anda lalu aduk-aduk. Cendol = 2 sendok makan 9. Air putih = secukupnya 3. lezat dan bergizi : A. Nata de coco / sari kelapa = 2 sedok makan 12. Panduan Cara Menyiapkan minuman Es Campur Secara Bertahap Yaitu : 1. B. 05/09/2008 . kerokan kelapa muda = 3 sdm 11. ----Tambahan : Resep es campur dan semua resep dapur lainnya adalah halal. 4. Selasih = 2 sendok makan 10. kue kering. enak.

3 siung bawang putih 1 sdm merica halus ½ sdt pala halus ¼ sdt kaldu padat rasa sapi garam secukupnya Olesan. makan dan menikmati es campur. aduk rata: 5 sdm kecap manis 5 sdm mentega cair . dan layaknya anda mencobanya Food . '08 8:16 AM for everyone Category: Other Resep Bakso Bakar Bukan sekedar bakso biasa. Resep Bakso Bakar Dec 2. Selamat masak. Note : Indonesian food recipes for public non commercial.Tabloid Wanita Indonesia/Resep/AMO Bahan : 600 gr daging sapi cincang 100 gr tepung sagu 1 butir telur tusukan sate secukupnya 1 liter air. untuk merebus Haluskan.berpartisipasi mengirimkan resep anda ke situs ini.

iris melintang tipis Sambal kacang.Lakukan pengolahan antara daging sapi giling.ambil putihnya lalu campurkan kedalam olahan daging sapi giling tersebut.Daging sapi yang di giling disimpan ditempat yang luas supaya ketika proses pengolahan mudah 2. aduk rata.hasil tumbukan bawang putih dan . bersama bumbu halus. kecuali air. Untuk: 4 porsi Resep Bikin Bakso Cinta ala Deni Bahan-bahan : 1 Kg Daging Sapi giling 8 buah telor ayam (ambil putihnya) 15 Siung Bawang Putih (yang besar) Penyedap rasa secukupnya Merica secukupnya Garam secukupnya Gula secukupnya 1 bungkus backing powder 200 gram tepung yang terbuat dari jagung Bahan untuk Kuah : bawang seledri diiris bawang merah goreng garam dan penyedap rasa secukupnya kaki sapi atau kaki (ceker) ayam (sesuai selera) air secukupnya Cara Pembuatan bakso : 1. Masukkan baso. Didihkan air. tiriskan.Pelengkap: 4 buah lontong. masak sampai matang dan mengapung. siap saji Acar timun secukupnya Cara Membuat : Baso: Campur semua bahan baso. angkat. 4.Bawang putih di kupas.kemudian di goreng setengah matang lalu ditumbuk. bakar sambil terus dioles diatas bara apim hingga kecokelatan.Telor ayam di pecah. 3. Tusuk dengan tusukan sate. Sajikan bersama pelengkap. Angkat.

Bakso siap untuk disantap bersama-sama.setelah sedikit mendidih anda bersiap untuk mencetak bakso bulat-bulat. 5. anda tinggal cetak saja adonan bakso didalam tangan anda terus simpan telor tersebut kedalam cetakan dan bentuk seperti layaknya bola....masukan bakso kedalam kuah tersebut dan rebus bakso sampai mendidih..Siapkan air diwajan yang lain untuk membuat kuah.Setelah satu jam anda melakukan pengolahan simpan beberapa 10 menit dikulkas.. '09 9:56 AM for everyone Mumpung lagi punya ayam cincang banyak. Selamat mencoba.Bakso yang sudah matang simpan ditempat khusus.. bikin baso goreng aja deh .Sediakan air seperempat wajan atau lebih.! More Than Words Baso Goreng Mekar Apr 5. lagian untuk konsumsi pribadi kan.Pola pengolahan ini memang terkesan susah akan tetapi setelah anda mencoba terus akan terasa mudah..he.... perasaan dulu bagus gitu hasilnya .Pola pengolahan selama 45 menit-1 jam ini dimaksudkan agar daging yang akan dijadikan olahan bakso tersebut mudah untuk dicetak bundar-bundar.telur putih selama kurang lebih satu jam (paling cepat 45 menit).semoga bermanfaat ! NB : apabila anda ingin membuat bakso isi telor atau daging cingang. 7. resep nya dapet dari kursus dulu di Nila Sari .gula. Kali karena tadi gak pake udang cincang en dibanyakin ayam nya juga gak pake air kapur sirih ya . 2.he..Setelah rebusan kaki sapi atau kaki ayam matang... hmm ntar kalo bikin lagi mesti cari udang dulu deh nih ..try and eror biasa.Apabila gagal itu wajar namanya juga lagi belajar kan.Insya Allah mudah ko tinggal dicoba aza. 6. Cara Pembuatan Kuah : 1.merica serta penyedap rasa kedalam pengolahan daging tadi..Setelah air agak mendidih masukan ceker ayam atau kaki sapi kedalam wajan. 2.. sekarang sih mekar bagus tapi harus langsung dimakan supaya masih garing en gak kempes .lalu di sela-sela pengolahan tersebut masukkan garam. disini gak ada udang mentah sih . 3. mekar en kopong . .

(gorengnya harus lama biar kulitnya kering) Sajikan segera sebelum kempes hehe. Goreng di dalam minyak dingin (api nya mati saat adonan dicemplungin) Lalu goreng dengan api kecil hingga matang dan kecoklatan.JPG IMG_1921. cincang 50 cc air kapur sirih Cara membuat: Blender semua bahan jadi satu hingga halus dan tercampur rata. sambil selalu dibalik balik.Bahan: 250 gr Ayam Cincang 125 gr Udang Cincang 125 gr Ikan Cincang 250 gr Sagu 1 sdt Soda kue 2 butir Telur 1 sdt Garam 1 sdm Kecap Ikan 1 sdt Merica bubuk 1 sdt Kaldu Ayam bubuk 2 sdm Bawang merah. IMG_1920.JPG . cincang 1 sdm Bawang putih.

JPG IMG_1925.JPG 2 Comments IMG_1926.JPG IMG_1923.JPG IMG_1924.IMG_1922.JPG .

IMG_1927.JPG .JPG 4 Comments IMG_1928.JPG IMG_1930.JPG IMG_1929.

IMG_1931.JPG IMG_1932.JPG 5 Comments IMG_1933.JPG 8 Comments Prev: Sop Bola . 2007 pukul 6:21 am · Disimpan dalam Bakso Bahan : Bakso : 1 kaleng kornet (170 gr) 1 butir telur 2 sdm tepung terigu .Bola Ayam BAKSO CORNET MASAK KECAP 26 September.JPG IMG_1934.

5. potong 1/2 cm 6 sdm kecap manis Cara olah : 1.Saus : 1 sdm minyak goreng 1/2 butir bawang bombay. Sajikan. 2. 100 gr touge 200 gr daging sukiyaki 4 buah baso sapi. 3. Angkat. Sisihkan. Campur daging sukiyaki dengan kecap inggris selama 1 jam. Aduk rata. garam dan gula pasir. Sapi BAHAN: 300 gr brokoli. jangan terlalu besar. 3. kira kira sesuai selera. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. 7. Aduk rata. 6. pulungi bulat2. Komentar (20) TUMIS BROKOLI BASO SAPI 16 September. aduk rata. iris tipis memanjang 1 sdm saus tiram ½ sdm kecap inggris 1 sdm soy sauce ½ sdt garam 1 sdm gula pasir 2 sdm minyak untuk menumis 25 ml air matang CARANYA: 1. masukkan bakso. aduk-aduk dan masak hingga setengah matang. soy sauce. touge dan paprika. 2007 pukul 6:04 am · Disimpan dalam Bakso. Komentar (4) Bakso Kepiting . Goreng bakso hingga matang kecoklatan. Tumis bawang bombay sampai layu. masak hingga semua bahan matang. iris tipis 2 siung bawang putih. iris tipis 75 gr paprika merah. 4. Campur bahan bakso hingga rata. Masukkan daging sukiyaki dan irisan baso. tambahkan kecap manis. kemudian saus tiram. 2. Masukkan brokoli. sajikan. sisihkan. panaskan minyak. iris tipis 4 butir bawang merah. Tambahkan air.

cincang halus 1 butir putih telur ½ sdt garam 1 sdm gula pasir ½ sdt merica 2 sdt minyak wijen ½ sdm kecap asin 4 sdm tepung maizena (jagung) 2 lembar kulit tahu minyak secukupnya untuk menggoreng Cara Membuat: Campur semua bahan kecuali kulit tahu menjadi satu. Untuk 15-20 bakso. Angkat dan sisihkan.15 September. buang kulit. ambil isinya 1 buah wortel. Panaskan minyak banyak di dalam wajan dengan api besar. Goreng kukusan bakso hingga berwarna kekuningan. rebus ± 15 menit. 2007 pukul 8:00 am · Disimpan dalam Bakso. Kukus bakso selama 15 menit. Komentar (5) . iris halus 2 siung bawang putih. Uleni hingga merata. cincang halus 5 ekor kepiting. Kemudian bungkus bulatan bakso dengan kulit tahu. Kepiting Bahan: ½ kg udang. Angkat dan siap dihidangkan. cincang halus 1 ikat daun bawang. Bentuk adonan bakso bulat-bulat dengan diameter 2-3 cm.

1/3 adonan bakso masukkan dalam tahu. angkat. iris 3 sdt garam PELENGKAP: 10 lembar kulit pangsit. Celupkan dalam rebusan air. 4. tata mi. 2. Buat kuah: haluskan bawang putih. Giling daging hingga halus. Khas Daerah. Campur dengan tepung sagu. merica. Masak kembali hingga baksonya mengapung. Aduk rata sambil dibanting-banting. Tuangi dengan kuahnya. angkat. 3.BAKSO MALANG 20 April. tiriskan. masak hingga mendidih. toreh sedikit Bawang goreng secukupnya Sambal rebus CARA MEMBUAT: 1. dan garam. satu besar dan satu kecil. dan air es. Lakukan sampai habis. taburi daun bawang. 5. Buat bulatan bakso dua macam. Ambil 1/3 adonan untuk isian tahu. saring. bumbu halus. Didihkan air. 2007 pukul 6:13 am · Disimpan dalam Bakso. Buat bakso: haluskan bawang putih. Sajikan dengan pangsit goreng dan sambal rebus. dan tulang. Untuk: 6 orang. dan bawang goreng. Kukus sebentar. 6. lalu matikan apinya. bum bu. merica. dan garam. Sapi BAHAN BAKSO: 350 gr daging sapi yang segar 50 gr tepung sagu 100 cc air es 1 butir telur 4 siung bawang putih 1/2 sdt merica 3 sdt garam KUAH: 2 liter air 600 gr lutut sapi/tulang sapi 6 siung bawang putih 1/2 sdt merica 2 batang daun bawang. telur. Didihkan air. Siapkan mangkuk. Komentar (53) Older entries » . Taburi daun bawang. dan tahu. bakso. goreng 150 gr mi kuning basah 10 tahu goreng. serong.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful