PROPOSAL BANTUAN SUBSIDI USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) SMK NEGERI 1 SAMARINDA

PEMERINTAH KOTA SAMARINDA DINAS PENDIDIKAN

SMK NEGERI SAMARINDA
HomePage : www.smkn1samarinda.com
1. Akuntansi 2. Sekretaris 3. Penjualan 4. Usaha Jasa Pariwisata 5. Multimedia 6. Teknik Komputer & Jaringan

Jalan Pahlawan No. 4 Telp/Fax. (0541) 741995 Samarinda 75123 E-mail : smkn1samarinda@plasa.com

2006

Provinsi f. Desa/Kelurahan c. Kode Pos h.com : Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK ii .com/guruvalah IDENTITAS SEKOLAH SMK NEGERI 1 SAMARINDA 1.geocities. Nama Sekolah 2.com : smkn1samarinda@plasa. Website h. Nama Ketua Komite Sekolah 7. Kabupaten/Kota e. N I P 5. g. No. No. Dan tanggal SK Kep. E-mail i. Telepon/Fax. Sekolah Pejabat yang mengangkat 6. HP Kepala Sekolah : SMK Negeri 1 Samarinda : Negeri : : : : Walikota Samarinda : : : Sidodadi : Samarinda Ulu : Samarinda : Kalimantan Timur : (0541) 741995 : 75123 : www. Nama Kepala Sekolah 4.© http://www.smkn1samarinda. Jalan b. Status 3. Kecamatan d. No. Alamat Sekolah a.

geocities. _________________ NIP.© http://www.com/guruvalah LEMBAR PENGESAHAN PROPOSAL BANTUAN SUBSIDI USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) SMK SMK NEGERI 1 SAMARINDA Samarinda. 11 September 2006 Ketua Komite Sekolah SMK Negeri 1 Samarinda. Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK iii . Kepala Sekolah _________________ ____________ NIP. Mengetahui dan Menyetujui: Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Kami dapat menyelesaikan Proposal Subsidi UKS SMK. Kepada seluruh civitas academic SMK Negeri 1 Samarinda kami mengucapkan terima kasih atas segala bantuannya hingga terselesaikan proposal ini. 11 September 2006 Kepala Sekolah. Samarinda. _______________ NIP. dalam upaya peningkatan pemahaman pentingnya kesehatan pada peserta didik dalam rangka menuju 2010 Indonesia Sehat adalah program bantuan subsidi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun anggaran 2006. Demikian proposal ini kami buat atas perhatian dan terkabulnya pencairan bantuan subsidi ini kami sampaikan terima kasih.com/guruvalah KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Sehubungan hal tersebut di atas kami ingin menindaklanjuti program tersebut dengan harapan kualitas pendidikan pada SMK Negeri 1 Samarinda dapat ditingkatkan melalui pengembangan UKS SMK yaitu disamping kita berfokus pada mutu pendidikan juga berfokus pada kesehatan peserta didik. Salah satu kepedulian dan pembinaan pemerintah dalam hal ini Subdit Kegiatan Kesiswaaan .© http://www.geocities. Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK iv .

Strategi Pelaksanaan Pengembangan UKS ................................................................................. C.......................... B........................... B............................ Sasaran ................ Surat Permohonan Bantuan Subsidi UKS SMK 2.......................................... BAB III PENDANAAN A................ Latar Belakang ............. BAB I PENDAHULUAN A.......... Dukungan Dan Dari Pemerintah dan Masyarakat ....... BAB IV PENUTUP ......... DAFTAR ISI ............................................................................ HALAMAN IDENTITAS SEKOLAH ................................................ Potensi SMK Untuk Program Pengembangan UKS ......................................................................... LEMBAR PENGESAHAN ............. BAB II PROGRAM PENGEMBANGAN UKS SMK A...........................com/guruvalah DAFTAR ISI SAMPUL (COVER) ................ LAMPIRAN – LAMPIRAN 1................................... C.................................. B.................................................................................................... Tujuan ........................................... KATA PENGANTAR .............. Fotocopy Rekening Bank atas nama SMK Negeri 1 Samarinda i ii iii iv v 1 2 3 5 6 6 9 10 12 Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK v .. Rencana Pengembangan UKS ..........geocities..........................© http://www... Rencana Penggunaan dana Bantuan Subsidi UKS ................

berkaitan dan saling bergantung yakni pendidikan dan kesehatan. Kehamilan yang tak diingini.com/guruvalah BAB I PENDAHULUAN A.geocities. Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya). Siti Fadilah Supari. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mencanangkan konsep sekolah sehat atau Health Promoting School ( Sekolah yang mempromosikan kesehatan ). menjadi sangat penting dan strategis untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya”.. Lebih lanjut Menkes menegaskan. Oleh karena itu Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dengan titik berat pada upaya promotif dan preventif didukung oleh upaya kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas. Dr. UKS bukan hanya dilaksanakan di Indonesia. Kesehatan merupakan prasyarat utama agar upaya pendidikan berhasil.© http://www. Latar Belakang Menkes DR. Sementara itu permasalahan di SMK/SMU (remaja) yang menyangkut masalah kesehatan yang dihadapi biasanya berkaitan dengan perilaku berisiko seperti penyalahgunaan NAPZA (Narkotika. abortus yang tidak aman. ketika membuka Rapat Kerja Nasional Usaha Kesehatan Sekolah (Rakernas UKS) ke-7 di Solo tanggal 3 Desember 2004. Sp. sebaliknya pendidikan yang diperoleh akan sangat mendukung tercapainya peningkatan status kesehatan seseorang. Karena itu.JP. Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK 1 . menyatakan : “Kualitas sumber daya manusia (SDM) antara lain ditentukan dua faktor yang satu sama lain saling berhubungan. tetapi dilaksanakan di seluruh dunia.

pengobatan. Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat.geocities. kesehatan reproduksi remaja. Kita menyadari bahwa pendidikan dan kesehatan sama-sama hak anak dan sama-sama diperlukan dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dalam era global oleh karena itu keberadaan UKS di SMK Negeri 1 Samarinda akan selalu ditingkatkan dan dikembangkan. Upaya UKS dilakukan lewat Tri Program UKS.Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK 2 . dan berbagai upaya kesehatan lain.© http://www. Tujuan Berdasarkan latar belakang tersebut maka proposal ini dibuat adalah dapat memberikan gambaran umum dari usaha yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Samarinda dalam mengembangkan UKS khususnya bagi Subdit Kegiatan Kesiswaan . promosi kesehatan. B. yaitu Pendidikan Kesehatan. Disamping itu UKS juga berfungsi sebagai perpanjangan tangan program-program Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). UKS di SMK Negeri 1 Samarinda dapat menjadi sarana untuk menumbuhkan kesadaran hidup sehat dan meningkatkan derajat kesehatan peserta didik dalam rangka meningkat kan prestasi belajar serta menuju 2010 Indonesia Sehat. Sehubungan dengan hal tersebut SMK Negeri 1 berupaya proaktif mendukung upaya pemerintah dalam menggalakkan hidup sehat melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). kecelakaan dan trauma lainnya.com/guruvalah infeksi menular seksual termasuk HIV/AIDS. gizi. Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP dan PL).

Bagi sekolah SMK Negeri 1 Samarinda yang menyelenggarakan UKS dapat menggunakan dana subsidi untuk melengkapi fasilitas UKS. BKKBN (Badan Keluarga Berencana Nasional) untuk mensosialisasikan program dan penyuluhan dengan kesehatan. pengobatan yang sifatnya ringan dan memperoleh informasi kesehatan. serta masyarakat sekitar dapat menggunakan bantuan UKS sebagai sarana PPPK. Badan Narkotika Propinsi/Kota.geocities. Menyiapkan SMK Negeri 1 Samarinda sebagai UKS yang berpotensi berstandar nasional/internasional 3. yang berkaitan Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK 3 . Adapun tujuan dari proposal bantuan subsidi pengembangan UKS SMK di SMK Negeri 1 Samarinda adalah: 1. pegawai. C.© http://www. Menggunakan UKS SMK Negeri 1 Samarinda sebagai mitra pihak terkait seperti Dinas Kesehatan. Sasaran Penggunaan dana bantuan subsidi dari proposal pengembangan UKS SMK yang diajukan oleh SMK Negeri 1 Samarinda adalah : 1. Puskesmas. UKS SMK Negeri 1 Samarinda sebagai UKS percontohan di wilayah Kaltim dengan melalui Tri Program UKS.com/guruvalah Kejuruan ataupun Instansi terkait yang bersedia mensubsidi pengembangan UKS SMK Negeri 1 Samarinda. sosialisasi hidup sehat dan program lain yang dibuat 2. Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat 4. Dalam rangka meningkatkan hidup sehat dilingkungan SMK Negeri 1 Samarinda dengan pemberian pelayanan jasa UKS secara masimal kepada warga sekolah (guru. yaitu Pendidikan Kesehatan. Bagi peserta didik SMK Negeri 1 Samarinda akan mendapat pelayanan kesehatan dan informasi kesehatan yang telah diprogramkan oleh UKS 3. 2. pegawai dan peserta didik). Bagi guru.

com/guruvalah 4. Bagi stakeholder yang berkaitan dengan kesehatan dapat ikut berperan serta dalam membantu menggunakan jasa UKS serta ikut memberi subsidi pengembangan UKS SMK Negeri 1 Samarinda Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK 4 .geocities.© http://www.

guru bantu 5.geocities.© http://www. 1 bilik sebagai tempat administrasi dan pemeriksaan. Jumlah warga SMK Negeri 1 Samarinda untuk Tahun Pelajaran 2006/2007 dengan jumlah guru tetap 60.375. Telah mempunyai ruang UKS yang representative dibagi dua bilik yang terdiri 1 bilik sebagi tempat istirahat pasien. Potensi SMK Negeri 1 Samarinda Untuk Pengembangan UKS SMK Potensi yang dimiliki oleh SMK Negeri 1 samarinda yang dapat mendukung pelaksananaan pengembangan UKS SMK adalah : 1.com/guruvalah BAB II PROGRAM PENGEMBANGAN UKS SMK SMK NEGERI 1 SAMARINDA A. Kain Lap Jumlah 1 2 1 1 1 set 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK 5 . Adapun inventaris ruangan saat ini adalah : No. 2. Kemucing. guru tidak tetap (honor) 15. dan Peserta didik sejumlah 1500 dibagi peserta didik laki-laki 125 dan peserta didik perempuan sejumlah 1. Wakil Relief Lambang Negara Plank nama UKS Termomoter Suhu Badan Termomoter Suhu Ruangan Sapu. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 Barang Tempat Tidur Pasien Meja untuk Administrasi Kursi Kotak PPPK Obat-obatan Timbangan Badan Poster Bahaya Merokok Poster Bahaya AIDS Mesin Tik Buku Tamu Buku Pasien Buku Data Kesehatan Gambar Presiden. Pegawai Tata Usaha 15.

000 1. Pembentukan tim UKS SMK Negeri 1 Samarinda yang anggotanya adalah dari unsur guru.000. B.500.000 Rp 500.000 1. Rencana Pengembangan UKS Rencana pengembangan UKS SMK di SMK Negeri 1 Samarinda untuk Tahun Pelajaran 2006/2007 adalah sebagai berikut : No.000 1.000 C. I 1 II 1 2 3 4 5 6 7 8 9 III 1 2 Kegiatan PERTEMUAN Membuat Program Pengembangan UKS SMK PELAKSANAAN Sosialisasi hidup sehat Pengadaan alat dan bahan Pengembangan UKS SMK Pelatihan Dokter Kecil dan PPPK Pelatihan/Penataran Guru UKS Pelayanan UKS dan pengadaan obat Penyuluhan penyalahgunaan NARKOBA Penyuluhan Sex dan Reproduksi Pemeriksaan Kesehatan Periodik Mengikuti Lomba Sekolah Sehat EVALUASI dan PELAPORAN Studi banding ke UKS sekolah lain Mengevaluasi Kinerja UKS dan Laporan JUMLAH Pelaksanaan Agustus 2006 Biaya - September 2006 Oktober 2006 Nopember 2006 Disesuaikan Hari Efektif Desember 2006 Desember 2006 Disesuaikan Disesuaikan Januari 2007 Juni 2007 Rp 4.000 Rp16.500.000.800. Tersedia Lahan di SMK Negeri 1 Samarinda yang masih kosong sehingga dapat digunakan sebagai tempat pelatihan UKS dan penanaman tumbuh-tumbuhan obat (apotik hidup). 4.geocities. pegawai dan peserta didik SMK Negeri 1 Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK 6 .000 Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp 1.000 Rp 5. Sedang peserta didik sebagai dokter kecil dan perawat sebagian besar adalah peserta didik yang tergabung dalam PMR yang sering memperoleh pelatihan PMR dan PPPK.000 500.885.© http://www.000 400.115. Strategi Pelaksanaan Pengembangan UKS Strategi yang dipakai dalam melaksanakan pengembangan UKS SMK di SMK Negeri 1 Samarinda adalah : 1.000 400. SDM pengurus UKS SMK Negeri 1 Samarinda terdiri atas unsur guru.com/guruvalah 3. pegawai dan peserta didik.

BKKBN. Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK 7 . Serta pelatihan guru sebagai pembina UKS SMK Negeri 1 Samarinda. Rini Handayani 10. Ayu Nur Wandira 9. Puskesmas. Jumarni 4. Tim UKS bertanggug jawab terhadap perkembangan UKS SMK Negeri 1 Samarinda yang telah ada. Ifatul Bariroh 12. PMR dalam pelatihan menjadi dokter kecil atau petugas PPPK yang berasal dari peserta didik. Poltabes Kota Samarinda.geocities. Rumah Sakit. 1 2 3 4 5 Jabatan Penanggung Jawab Ketua Sekretaris Bendahara Anggota Nama 6 Dokter Kecil & Perawat 1. Mariana 6. Rizky Arinda 8. Rani Hadijah 2. Adapun nama-nama tim UKS adalah sebagai berikut : Tim Pengurus UKS SMK Negeri 1 Samarinda Tahun Pelajaran 2006/2007 No.© http://www. Ria Hernita 7. Wahyuni 11. Kerjasama dengan Departemen Kesehatan. Bekerjasama dengan Badan/Instansi terkait dalam pelaksanaan penyuluhan hidup sehat seperti Badan Narkotika Propinsi/Kota. 13. Novita Elysa 3. Hefni Ramdhani 5.com/guruvalah Samarinda.

© http://www.com/guruvalah 14.geocities. Pemberian tindakan PPPK b. Memberi rujukan kepada Puskesmas jika tindakan PPPK tidak berhasil c. Melakukan penyuluhan kesehatan dan d. plang. poster dan selebaran Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK 8 . Pelaksanaan jasa UKS dibagi dalam : a. Melakukan sosialisasi hidup sehat melalui spanduk.

000 Rp Rp Rp.000 500. spalak.000 100.© http://www.050.000 Rp Rp 100.050.000 Rp 5.050.000 115.000 Rp 1.000 Rp 100. Rencana Penggunaan dan bantuan Subsidi UKS Rencana penggunaan dan bantuan Subsidi UKS SMK di SMK Negeri 1 Samarinda adalah untuk pengadaan bahan dan alat pengembangan UKS dan untuk sosialisasi hidup sehat di lingkungan SMK Negeri 1 Samarinda : 1.000 325. Tidur Periksa Tiang infus Lampu Sorot Minor Surgery Set Sterilisator elektrik SMIC Kecil (27cm) Almari Tool Box PPPK Tandu.000 20.geocities.000 Rp 1.000 230. Item 1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 2 3 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 Nama Bahan/Alat Tensimeter Tensimeter Termometer suhu tubuh Timbangan Badan Meja Periksa/ T.000 475.050.000 400.000 475.com/guruvalah BAB III PENDANAAN A.000 Rp 1.000 325.000 Rp Rp Rp Rp 250.000 500.000 60.000 Rp 1.000 400.000 Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK 9 . Pengadaan Bahan dan Alat Untuk Pengembangan UKS SMK No. Mittela Stetoscop Jumlah 18 items Merk Citizen ALPK2 Safety Soehnle Model CH 607. Automatic Aneroid Air Raksa Scale Rp Rp Rp Rp @ 595.000 750.000 Rp Rp Rp Rp Jumlah 595.885. 100.000 750.000 Rp Rp Rp Rp 250.

Sosialisasi Hidup Sehat di Lingkungan SMK Negeri 1 Samarinda No.750.000 150.-.000 90.000 Rp 150.000.000 Rp Rp Rp Rp Rp 150. Dukungan Dana dari Pemerintah dan Masyarakat Dukungan dana dari pemerintah dalam kegiatan ini akan diusahakan oleh tim UKS SMK Negeri 1 Samarinda dengan mengajukan proposal bantuan subsidi UKS kepada : Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK 10 . Sarapan Dulu Sebelum Sekolah Spanduk Anti Narkoba Spanduk Anti Aids Sedunia Spanduk Bahaya Merokok Model Plat Besi 50 X 100 cm Kayu 25 X 100 cm Kayu 25 X 100 cm @ Rp1. Buang sampah pada tempat.000. Jumlah Rp 4.000 3 1 1 1 Kain 100 X 600 cm Kain 100 X 600 cm Kain 100 X 600 cm Rp 150. pembayaran karena perkembangan harga.000 Rp Rp 90. Biasakan hidup sehat. Item 1 1 2 4 4 Nama Bahan Membuat Plang UKS baru Plank Kawasan Bebas Merokok Plank Jagalah Kebersihan. adanya pajak yang ditimbulkan dari pengadaan dan kegiatan sosialisasi UKS diambil/sharing dari dana Komite Sekolah.© http://www.000 4 5 1 1 Pelatihan menulis Ilmiah berkaitan dengan UKS dan hidup sehat Bagi siswa SMK Negeri 1 Samarinda Hadiah lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja SMP/SMU/SMK Se Samarinda dengan tema "Peranan UKS dalam meningkat kan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin dalam rangka meingkatkan hasil belajar dan dan menuju tahun 2010 Indonesia Sehat".000 150.com/guruvalah 2.000 Rp Rp 360.000 500.geocities.000 Jumlah Rp 1.115.000 Jumlah dana yang diperlukan untuk point 1 (pengadaan bahan dan alat untuk pengembangan UKS SMK ) dan point 2 (sosialisasi hidup sehat di lingkungan SMK Jika Negeri terjadi 1 Samarinda) kekurangan adalah sebesar Rp 10. B.000 360.000 695.000 Rp 150.750.

Disamping itu tim UKS SMK Negeri 1 Samarinda akan meminta dukungan bukan dana namun bisa berupa Narasumber dan kerjasama yang sering dilakukan adalah : 1. Kantor Bina Sosial kota Samarinda untuk mensubsidi kegiatan gerakan Anti Aids di SMK Negeri 1 Samarinda serta gerakan Anti Merokok. Badan Narkotika Propinsi Kalimantan Timur maupun Badan Narkotika Kota Samarinda dalam mensubsidi kegiatan gerakan Anti narkotika/madat di SMK Negeri 1 Samarinda. Kerjasama dengan Pukesmas Segiri Samarinda dalam melakukan program kegiatan dari Departemen Kesehatan seperti pemberian vaksin. tes narkoba dan penyuluhan kesehatan 2. Kerjasama dengan kantor BKKBN sebagai nara sumber dalam penyuluhan informasi sex. 3.com/guruvalah 1. Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK 11 . Kanwil Kesehatan Propinsi Kaltim maupun Dinas kesehatan kota Samarinda dalam mensubsidi kegiatan penyuluhan sex dan reproduksi bagi remaja 3.geocities. 2.© http://www. reproduksi dan Aids. Kerjasama dengan Poltabes kota Samarinda dalam penyuluhan Narkoba dan efek-efek hukumnya.

Diharapkan Subdit Kegiatan Kesiswaan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan untuk memberikan bantuan dana subsidi serta bimbingan teknis dalam pengembangan UKS SMK.© http://www. Subdit Kegiatan Kesisiwaan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.com/guruvalah BAB IV PENUTUP Keberhasilan program pengembangan UKS SMK di SMK Negeri 1 Samarinda sangat tergantung pada komitmen seluruh pihak yang terkait baik sekolah. Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK 12 . Komitmen tersebut termasuk penyediaan dana yang memadai untuk pelaksanaan rencana aksi. Untuk itu. Dalam era desentralisasi maka peran pemerintah kota/kabupaten menjadi sangat penting.geocities. Departemen Kesehatan serta Badan atau Lembaga/instansi yang terkait dengan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). strategi dan rencana aksi pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SMK di SMK Negeri 1 Samarinda agar dapat direspon secara langsung dan ditindak lanjuti oleh Pemerintah Kota Samarinda. Proposal ini diusulkan untuk mengajukan bantuan subsidi dalam pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SMK di SMK Negeri 1 Samarinda.

5/416/DP-SMK 1/09/2006 Lamp : 1 (Satu Bendel) H a l : Permohonan Bantuan Pengembangan UKS SMK Kepada Yth : Subdit Pembinaan Kesiswaan Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Gedung E Lt.geocities.000. Sekretaris Jalan Pahlawan No. Bersama ini kami sampaikan permohonan proposal bantuan modal sebesar Rp. 13. Teknik Komputer & Jaringan 1. Kesehatan yang terjamin dan penanaman hidup sehat sejak sekolah akan menjadikan bekal hidup siswa dalam terjun ke masyarakat. Untuk itu SMK Negeri 1 Samarinda berencana mengembangkan program keahlian multimedia dengan melengkapi prasarana penunjang berupa laboratorium multimedia. Besar harapan kami permohonan ini dapat terealisir sesuai dengan kebutuhan yang tertera pada proposal. ______________ NIP. 4 Telp/Fax. Komplek Depdiknas Senayan. [Kembali] Proposal Bantuan Subsidi Pengembangan UKS SMK 13 .smkn1samarinda. (0541) 741995 Samarinda 75123 E-mail : smkn1samarinda@plasa. Atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih.com/guruvalah SMK Lambang Sekolah PEMERINTAH KOTA SAMARINDA DINAS PENDIDIKAN SMK NEGERI 1 SAMARINDA HomePage : www. Jakarta 10270 Telepon 5725477 Fax 5725471 11 September 2006 Pengembangan pendidikan di SMK Negeri 1 Samarinda tidak terbatas pada pengembangan mutu pendidikan namun juga pengembangan kesehatan bagi para siswanya.Lampiran 1 : Surat Permohonan Bantuan Subsidi UKS © http://www. Akutansi 2. Usaha Jasa Pariwisata 5. 10.com No.00 (sepuluh juta rupiah) untuk pengembangan UKS SMK Negeri 1 Samarinda dengan proposal terlampir. Multimedia 6. : 423. Hormat kami Kepala Sekolah.000. Penjualan 4.com 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful