PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA MODERN(PEMBAHARUAN) I.

PENDAHULUAN Pembaruan dalam Islam yang timbul pada periode sejarah Islam mempunyai tujuan, yakni membawa umat Islam pada kemajuan, baik dalam ilmu pengetahuan maupun kebudayaan. Perkembangan Islam dalam sejarahnya mengalami kemajuan dan juga kemunduran. Bab ini akan menguraikan perkembangan Islam pada masa pembaruan. Pada masa itu, Islam mampu menjadi pemimpin peradaban. Mungkinkah Islam mampu kembali menjadi pemimpin peradaban? Dalam bahasa Indonesia, untuk merujuk suatu kemajuan selalu dipakai kata modern, modernisasi, atau modernisme. Masyarakat barat menggunakan istilah modernisme tersebut untuk sesuatu yang mengandung arti pikiran, aliran atau paradigma baru. Istilah ini disesuaikan untuk suasana baru yang ditimbulkan oleh kemajuan, baik oleh ilmu pengetahuan maupun tekhnologi. II. LATAR BELAKANG MASALAH 1. Kemunduran Umat Islam 2. Penjajahan Dunia Batar Atas Bangsa Islam 3. Penjajahan Barat Ketimur Tengah 4. tokoh tokoh pemimpin perkembangan Islam pada masa modern III. PEMBAHASAN Kemunduran Umat Islam Sebenarnya pembaruan dan perkembangan ilmu pengetahuan telah dimulai sjak periode pertengahan, terutama pada masa kerajaan usmani. Pada abad ke-17, mulai terjadi kemunduran khusunya ditandai oleh kekalahan-kekalahan yang dialami melalui peperangan melawan negara-negara Eropa. Peristiwa tersebut diawali dengan terpukul mundurnya tentara usmani ketika dikirm untuk menguasai wina pada tahun 1683. kerajaan usmani menyerahkan Hungaria kepada Austria, daerah Podolia kepada Polandia, dan Azov kepada Rusia dengan perjanjian Carlowiz yang ditandatangani tahun 1699. Selain itu, Kekuatan Islam mengalami kemunduran secara dratis dari runtuhnya Dinasti Abasiyah di Bahgdad, akibat serangan Negara Mongol. Beberapa negara Negara Islam yang dijajah Negara Negara Barat yaitu : Kerajaan Islam Malaka, Mesir,Oman,Qatar,Uzbekistan,Tunesia, libya, Kuwait, Irak, Libanon dan juga termasuk Indonesia… Penjajahan Dunia Batar Atas Bangsa Islam Ketika berada dibawah kerajaan Islam Mughal, India merupakan negeri yang cukup kaya hasil pertaniannya. Kekayaan inilah yang menyebabkan para pedagang Eropa datang. Kedatangan mereka bukan hanya untuk berdagang, tetapi juga untuk memonopoli perdagangan dan menguasai negeri. Pada awal abad ke-17 M, Inggris dan Belanda mulai

yaitu Mesir harus berada di wilayah kekuasaanya. dan pada tahun 1617 M. (Badri Yatim. (Murodi. Inggris mulai mendominasi perdagangan dan politik. 2008: 177-179 Penjajahan Barat Ketimur Tengah Penetrasi bangsa Barat atas dunia Islam di Timur Tengah. jatuhnya wilayah Islam ketangan Bangsa Barat menandai kemunduran umat Islam.memasuki wilayah India. Mesir ditaklukan Perancis pada 1798 M. Belanda mendapatkan ijin yang sama. pertama kali dilakukan oleh Inggris dan Perancis. 2004 : 169-170) Selain itu. hususnya di semenanjung Malasyia. masarakat muslim melakukan perlawanan dan pemberontakan terhadap penjajahan yang dilakukan bangsa Barat. Jamaludin Al afgani (Iran. Penyebaran agama Kristen II. Sejak datang kewilayah Asia Tenggara. Penjajah bangsa-bangsa Barat ini baru berakhir pada abad ke-20 M setelah masing-masing wilayah melakukan pemberontakan dan memerdekakan diri. Tapi mereka tidak mampu mengalahkan kekuatan pasukan Inggris. (Murodi. Delhi. Inggris mendapat ijin menanamkan modal. kejayaan dan penyebaran). Bangsa ini memiliki agenda untuk menyebarkan misi Kristen di Negara jajahanya Kedua Negara ini masih menyisakan pengalaman sejarah pahit selama beberapa abad ketika berada dibawah kekuasaan Islam. Inggris pertama kali menguasai India karena pesaing itu Perancis berusaha memutus komunikasi antara Iggris dibarat dan India Timur. Negara-negara yang ikut menjajah wilayah Timur Tengah adalah Spanyol dan Portugis. dua Negara Eropa Barat yang tengah bersing. 1838-turki. Kemudian pada tahun 1803 M. 1897) . Pesaing terbesar pedagang Islam adalah Inggris. Adapun Beberapa faktor yang dilakukan oleh bangsa Barat dalam menjajah Timur Tengah adalah : I. Ketiga misi inilah yang diteriakan dalam menaklukan Negara-negara itu. Ada tahun 1611 M. Pada tahun 1761 M para penguasa di wilayah tersebut berusaha melakukan penawanan untuk mempertahankan wilayah kekuasaanya. Persaingan itu terlihat dari usaha masing-masing yang ingin merebut hasil rempah-rempah. Sejak saat itu. pusat kerajaan Islam Mughal. Untuk maksud tersebut. 2008 : 179-182) Tokoh tokoh pemimpin perkembangan Islam pada masa modern dan pemikirannya 1. Inggris menggunakan kekuatan Sikh Hindu untuk melawan kekuatan Mughal Dengan bantuan kekuasaan tersebut. Misalnya Portugis yang membawa tiga misi Gold Glory dan Gospel (kekayaan. ahkirnya Inggris dengan leluasa mengembangkan sayap kekuasaanya di anak benua India dan sekitarnya. Ahkirnya daerah Quth Bengal dan Orissa jatuh ketangan Inggris. Oleh karena itu pintu gerbang ke India. bereda dibawah bayang-bayang Inggris.

mempelajari sejarah dan filsafat ilmu pengetahuan. Pendanganya dianggap sekularis karena mengunggulkan ilmu pengetahuan. Iran. 5. Mesir dan India. Bid’ah itulah yang menjauhkan masarakat Islam dari jalan yang sebenarnya. Jika modernisasi yag dimaksud bukan berarti upaya pembaratan dan memiliki batasan pada pemanfaatan ilmu pengetahuan modern serta penerapan teknologiny. 2. Secara umum dunia Islam relative terbuka untuk menerima ilmu pengetahuan dan teknologi sejauh memperhitungkan manfaat praktisnya. 3. Namun. Pengadopsian terhadap ilmu pengetahuan modern tidak hanya penting dari sudut nilai praktis (kegunaan) nya saja. gagasan seperti ini tidak cukup memuaskan mereka. Muhamd Abduh sebagaimana Muhamad Abdul Wahab dan Jamaluddin Al Afgani. Gagasanya mengilhami kaum muslim di Turki. Ia tidak melihat adanya kontradiksi antara Islam dan ilmu pengetahuan. Pada ahkirnya ia diusir dari Negara tersebut. 4. Muhamada Abduh (Mesir 1849-1905) dan Muhamad Rasyid Rida (Suriah 18651935) Guru dan murid tresebut mengunjungi beberapa negara Eropa dan amat terkesan dengan pengalaman mereka disana. Pandangan ini kelak terbukti dan tetap bertahan hingga kini dikalangan muslim.Salah satu sumbangan terpenting di dunia Islam diberikan oleh Sayyid Jamalidin Al Afgani. gagasan untuk mendirikan sebuah Universitas yang husus mengajarkan ilmu pengetahuan yang modern di Turki mengahdapai tantangan yang kuat dari para ulama’. ia mengagungkan pencapaian ilmu pengetahuan Barat. Akan tetapi. Toha Husain (Mesir selatan 1889-1973) Adalah seorang sejarawan dan filusuf yang sangat mendukung gagasan Muhamad Ali Pasya. Sirsayid Ahmad Khan (India 18817-1898) . Islam tidak menolaknya bahkan mendukungnya. tetapi juga sebagai perwujudan suatu kebudayaan yang amat tinggi. Meskipun sangat anti imperialisme Eropa. tidak sulit bagi Rida untuk bergabung dengan gerakan pembaruan Al Afgani dan Muhamad Abduh dan diantaranya melalui penerbitan jurnal Al Urwah Al Wustha yang diterbitkan diparis dan disebarkan dimesir. Ia merupakan pendukungg modernism yang gigih. Sayyid Qutub (Mesir 1906-1966) dan Yusuf Al qardawi Al Qardawi menekankan perbedaan modernisasi dan pembaratan. berpendapat bahwa masuknya bermacam bid’ah kedalam ajran Islam membuat umat Islam lupa akan ajran-ajaran Islam yang sebenarnya. Oleh karena itu. Pandangan al Qardawi ini cukup mewakili pandangan mayoritas kaum muslmin. Rasyid Rida mendapat pendidikan Islam tradisisonal dan menguasai bahasa asing ( prancis dan turki) yang menjadi jalan masuknya untuk mempelajari ilmu pengetahuan secara umum. dikalangan pemikir yang .

. Muhammad Abdul Wahab merupakan pemimpin yang aktif berusaha mewujudkan pemikirannya. Generasi awal ke-20 adalah Sir Muhamdad Iqbal marupakan seorang muslim pertama di anak benua India yang sempat mendalami pemikiran barat modern dan memilki latar belakang yang bercorak tradisisonal islam. 7) Tidak mempercayai kepada Qada’ dan Qadar juga mmerupakan kekufuran. Kedua hal ini muncul dari karya utama di tahun 1930 yang berjudul the reconstruction of religious thought in islam (pembangunan kembali pemikiran keagamaan dalam Islam) 7. 8) Menafsirkan Al-qur’an dengan Ta’wil atau interpretasi bebas juga termasuk kekufuran. berbeda dengna al Afgani ia melihat adanya kekuatan yang membebaskan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi modern. melainkan kepada Syeh. 6. Wali atau kekuatan gaib. Kini dengan semangat yang sama Ahmad Khan merasa wajib membeabaskan kaum muslim dengan melenyapkan unsur yang tidak ilmiah dari pemahaman terhadap Al qur’an. Ia mendapat dukungan dari Muhammad Ibn Su’ud dan putranya Abdul Aziz di Nejed. Sir Muhamad Iqbal (Punjab 1873-1938) a. Hadis dan Qiyas merupakan kekufuran. 6) pengetahuan selain dari Al-qur’an.Adalah pemikir yang menyerukan saintifikasi masyarakat muslim. Kekuatan pembebas itu antara lain. 5) Bernazar kepada selain Allah juga syirik. Di barat nilainilai ini telah membebaskan orang dari tahayul dan cengkraman kekuasaan gereja. Seperti Al afgani. Paham-paham Muhammad Abdul Wahab tersebar luas dan pengikutnya bertambah banyak sehingga di tahun 1773 M mereka dapat menjadi mayoritas di Ryadh. antara lain: menciptakan sendiri metode baru penafsiran Al qur’an. Syeh atau malaikat sebagai pengantar dalam doa juga dikatakan syirik 4) Meminta syafaat selain kepada Allah juga syirik. 3) Menyebut nama Nabi. Akan tetapi. beliau meninggal dunia tetapi ajaran-ajarannya tetap hidup dan mengambil bentuk aliran yang dikenal dengan nama Wahabiyah Adapun pokok-pokok pemikiranya adalah: 1) Yang harus disembah hanyalah Allah dan orang-orang yang menyembah selain Allah dinyatakan Musyrik. Hasilnya adalah teologi yang memilki karakter atau sifat ilmiah dalam tafsir Al qur’an. ia menyerukan kaum muslim untuk meraih ilmu pengetahuan modern. penjelasan mengenai suatu peeristiwa dengan sebab-sebab yang bersifat fisik materiil. Ia amat serius dengan upaya ini. Orang Islam yang berprilaku demikian juga dikatakan musyrik. 2) Kebanyakan orang islam bukan lagi penganut paham Tauhid yang sebenarnya karena mereka meminta pertolongan kepada selain Allah. Di tahun 1787.

Pemikiran Muhammad Abdul Wahab yang mempunyai pengaruh pada perkembangan pemikiran pembaharuan di abad ke-19 adalah: a. Orang yang tidak mau mengambil hikmah dari sejarah mendapat kecaman karena mereka tidak mendapat pelajaran apapun dari kisah dalam Al Qur’an. orang tersebut akan mendapat keselamatan 3. Pintu ijtihad senantiasa terbuka dan tidak tertutup IV. Sejarah dikemukakan dalam Al Qur’an sebagai kisah atau peristiwa yang dialami umat manusia di masa lalu. tetapi persoalan duniawi sehingga hal tersebut diserhakan kepada manusia untuk menentukannya. pembaruan mempunyai pengaruh besar pada setiap pemerintahan. oleh karena itu. Perilaku Cerminan Penghayatan terhadap Sejarah Islam pada Masa Pembaruan . keberuntungan dan lain-lain yang membawa kepada paham syirik. Sebagai contoh. pembaruan akan memberi manfaat berupa inspirasi unutk mengadakan perubahanperubahan sehingga suatu pekerjaan akan menajdi lebih efektif dan efisien 4. corak atau bentuk negara dianggap kalangan tertentu bukan persoalan agama. MANFAAT . pada zaman Sultan Mahmud II sadar bahwa pendidikan madrasah tradisional tidak sesuai lagi dengan tuntutan zaman abad ke-19. Hanya alquran dan hadis yang merupakan sumber asli ajaran-ajaran Islam. Semua itu agar menjadi perhatian dan menjadi pelajaran ketika menghadapi permasalahan yang mungkin akan terjadi 5. kita dapat mencari upaya antisipasi agar kekeliruan yang mengakibatkan kegagalan di masa lalu tidak terulang di masa yang akan datang.1. dalam sejarah. Melalui sejarah. 6. dikemukakan pula masalah sosial dan politik yang terdapat di kalangan bangsa-bangsa terdahulu. makam-makam yang banyak dikunjungi dengan tujuan mencari syafaat. mereka berusaha menghapuskan paham ini. Hal seperti ini dilakukan oleh Mustafa Kemal Pasya dalam menghapus sistem kekhilafan dari kerajaan Usmani.Untuk mnegembalikan kemurnian Tauhid tersebut. Pelajaran yang dapat diambil dari sejarah dapat menjadi pilihan ketika mengambil sikap. Taklid kepada ulama tidak dibenarkan c. dibuatlah pembaruanpembaruan di bidang pendidikan yang memasukkan unsur ilmu pengetahuan umum ke dalam sistem pendidikan negara tersebut. Bagi orang yang mengambil jalan sesuai dengan ajaran dan petunjuk Nya. 2. Pendapat ulama bukanlah sumber b.

Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut. 4. Membangun masa depan berdasarkan pijakan-pijakan yang telah ada di masa lalu sehingga dapat membangun negara senantiasa menjadi baldatun tayyibatun wa rabbun gafur atau negara yang baik dan mendapat ampunan dari Allah SWT 5. 2. Memotivasi diri terhadap masa depan agar memperoleh kemajuan serta mengupayakan agar sejarah yang mengandung nilai negatif atau kurang baik tidak akan terualng kembali. NILAI PEMBARUAN. NILAI POSITIF GERAKAN MODERNISASI ISLAM 1. mengandung nilai kemerdekaan terutamakemerdekaan berpikir. NILAI KEMERDEKAAN. 3. 4. NILAI JIHAD. mempunyai nilai dasar untuk menjalinpersatuan dan kesatuan umat Islam yang selama ini terpecah karenaperbedaan paham dan aliran. dan aspek politik. pendidikan . mengandung nilai ukhuwah Islamiyah yaitupersaudaraan berdasarkan rasa senasib seperjuangan untuk membelaIslam dalam suka dan duka. . Problemaproblema masa lalu dapat menjadi pelajaran dalam bidang yang sama pada masa yang selanjutnya.Ada beberapa perlaku yang dapat dijadikan cerminan terhadap penghayatan akan sejarah perkembangan Islam pada masa pembaruan ini. khurafat. Sejarah dapat dijadikan sumber inspirasi untuk membuat langkah-langakah inovatif agar kehidupan menusia dapat damai dan sejahtera baik di dunia maupun di akhirat. 1. NILAI SOLIDARITAS. aspek ekonomi. mengandung nilai perjuangan kerena ingin menemukankembali ajaran Islam yg penuh dgn dinamika perjuangan. Pembaharuan dapat dilakukan dalam berbagai bidang baik ekonomi. NILAI PERSATUAN. 5. 3. bidah. Ilmu pengetahuan dan tekhnologi di masa pembaruan cukup canggih dan menakjubkan sehingga melalui proses belajar akan dapat diperoleh kemajuan yang lebih baik bagi gemerasi-generasi muslim di masa depan. Menyikapi kejadian masa lalu dengan sikap sabar dan menanamkan jihad yang sesuai dengan ajaran Al Qur’an dan hadis 2. nilai-nilai tajdid yang meliputi aspek agamayang bebas dari takhayul. Hikmah Mempelajari Sejarah Perkembangan Islam Pada Abad Modern Hikmah mempelajari sejarah perkembangan Islam pada abad modern dapat disikapi dengan sejarah tersebut dapat memberikan ide dan kreatifitas tinggi untuk mengadakan perubahan-perubahan supaya lebih maju dengan cara yang efektif dan efisien.politik dan lain sebagainya.

. bidah. PENGARUH GERAKAN MODERNISASI PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA I S L A M TERHADAP 1. tetapi seiring dengan kondisi masyarakat pada saat itu kemudian menjelma menjadi kegiatan politik yang menuntut kemerdekaan Indonesia dan hal tersebut dirasakan mendapat pengaruh yang signifikan dari pemikir-pemikir para pembaru Islam. KESIMPULAN Bahwa gerakan pembaruan yang menyebabkan lahirnya organisasi keagamaan pada mulanya bersifat keagamaan. Bidang Akidah : gerakan ini berusaha melakuakan pembaruan karenabanyak paham yg tidak sesuai dgn ajaran Islam. 3. B i d a n g P o l i t i k : m e l a k u k a n p e m b a r u a n d g n t u j u a n m e m b e b a s k a n wilayah INA dari cengkraman penjajahan Belanda. baik di tingkat nasional maupun internasional. takhayul. Bidang Pendidikan : melakukan pembaruan dgn cara melakukanperubahan kurikulum pendidikan dan memadukan pendidikan modern . anatara lain pahamfatalisme. Bidang Ekonomi : melakukan pembaruan dengan tujuan untuk menyaingi perdagangan orang-orang nonpribumi yang menguasaiekonomi INA pada masa V.2 .D. dan khurafat kedalam ajaran Islam .4. masuknya budaya syirik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful