Mengamati Struktur Tulang Tujuan Mengetahui kandungan kalsium yang terdapat pada tulang.

Mengetahui efek yang diitmbulkan oleh larutan HCl, NaOH, dan coca cola terhadap kandungan kalsium dalam tulang. Alat dan Bahan 1. Tulang paha ayam segar 2. Larutan asam klorida (HCl) 20% ( ph1), Natrium Hidroksida NaOH (ph14), coca cola (ph3) 3. Gelas beker 4. Pinset, pisau, cawan Petri 5. Kain lap, sarung tangan Langkah Kerja 1. Membersihkan tulang dari sisa-sisa daging yang menempel 2. Menyiapkan masing-masing larutan HCl, NaOH, coca cola di dalam gelas beker. 3. Merendam tulang dalam larutan HCl. Mendiamkannya selama 30 menit. 4. Mengangkat tulang dari gelas beker dan mengamatinya. 5. Memperhatikan struktur tulang tersebut Data Hasil Pengamatan
No . Tulang yang Diamati Sebelum direndam Struktur Tulang (warna, kekerasan, kelenturan) warna : putih keabuabuan kekerasan : keras kelenturan: tidak lentur warna : kuning kekerasan : melunak kelenturan: tidak lentur warna : kuning kekerasan : keras dan berlendir kelenturan: tidak lentur Keadaan Tulang (dapat/ tidak dapat dibengkokkan) tidak dapat dibengkokkan

1

2

Setelah direndam HCl 20%

Tidak dapat dibengkokan

3

Setelah direndam NaOH

Tidak dapat dibengkokan

NaOH. Bagaimana struktur tulang setelah direndam HCl. . Jelaskan pengaruh perendaman HCl terhadap struktur tulang! Menyebabkan zat –zat penyusun dalam tulang hilang.4 Setelah direndam coca cola warna : coklat kehitaman kekerasan : lunak. Mengapa struktur tulang berbeda antara sebelum direndam dan setelah direndam ? Karena zat zat penyusun yang terkandung dalam tulang ayam tersebut ketika bereaksi dengan HCL akan keluar sehingga tulang kehilangan zat zat penyusunnya dan menjadi lunak. 4. Apa fungsi kalsium (zat kapur) bagi tulang? Kalsium (zat kapur) merupakan salah satu komponen mineral yang terdapat dalam matriks tulang. Bagaimana struktur tulang sebelum direndam ? Sebelum direndam tulang memiliki struktur yang keras. dapat dipatahkan kelenturan: lentur Dapat dibengkokan dan dipatahkan Pembahasan Jawaban Pertanyaan 1. 2. Tulang berwarna putih sedikit keabu-abuan. Adanya kalsium membuat tulang menjadi keras. Tulang tidak lentur dan tidak dapat dibengkokkan. coca cola? Dapatkah tulang tersebut dibengkkokan? Tulang yang direndam dalam HCL dan NaOH tidak dapat dibengkokan sementara tulang yang direndam cocacola dapat dibengkokan 3. 5.

berkeringat. nyeri perut. 7.6. namun setelah direndam dalam HCl tulang melunak karena kehilangan zat penyusunnya. tulang masih keras. maupun coca cola. Contoh makanan yang mengandung kalsium seperti sayuran daun hijau. kacang.kram otot.telur. dan minuman bersoda dapat merusak struktur tulang karena zat-zat tersebut bersifat korosif. Tulang menjadi dapat dibengkokkan ketika dimasukkan ke dalam coca cola dan berubah warna menjadi cokelat kehitaman.bijian. . senyawa basa. Analisis Data Hasil Pengamatan Sebelum direndam dalam HCl. gangguan tidur selanjutnya bisa terjadi kejang dan pembentukan tulang tidak optimal yang bisa menyebabkan tulang keropos (osteoporosis) serta proses pembekuan darah terganggu. Hal ini membuktikan bahwa senyawa asam. Gejala awal kekurangan kalsium tubuh menjadi lesu lemah. Ketika tulang direndam dalam NaOH tulang tersebut tetap keras namun berlendir. Apa akibatnya jika tubuh kita kekurangan kalsium? Jika kita kekurangan kalsium maka tubuh kita akan mengalami gangguan. Bagaimana cara kita memperoleh kalsium untuk kebutuhan tubuh kita? Kita dapat memperoleh kalsium dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.biji. 8.dan produkproduk susu.kacangan(dan olahannya).daging. NaOH. Dalam bentuk senyawa apa saja kalsium terdapat dalam tubuh kita? Kalsium dalam tubuh kita dalam bentuk senyawa kalsium fosfat [Ca(PO)4]2 dan kalsium karbonat (CaCO3) yang terdapat dalam matriks tulang.

karena senyawa kalsium pembentuk tulang ayam akan mengalami reaksi dengan senyawa asam.Kesimpulan : Tulang ayam akan menguap. di mana keduanya bukan senyawa pembentuk tulang. Kalsium dalam tulang dan ion H+ dari senyawa asam akan bertukar dan mengakibatkan senyawa kalsium dalam tulang (umumnya kalsium hipofosfit dan kalsium karbonat) akan menjadi asam hipofosfit dan asam krabonat. . Jadi. tulang secara perlahan akan kehilangan zat-zat penyusunnya.