Visi (Vision) Menurut Wibisono (2006, p.

43), visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan seperti yang diungkapkan oleh Kotler yang dikutip oleh Nawawi (2000:122), Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan. Jadi dapat disimpulakan bahwa visi adalah cita - cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang. Misi (Mission) Misi (mission) adalah apa sebabnya kita ada (why we exist / what we believe we can do). Menurut Prasetyo dan Benedicta (2004:8), Di dalam misi produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, pasar yang dilayani dan teknologi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pasar tersebut. Pernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang dipuasi oleh perusahaan, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut, dimana mereka berada dan bagaimana pemuasan tersebut dilakukan. Menurut Drucker (2000:87), Pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya (Prasetyo dan Benedicta, 2004:8) Menurut Wheelen sebagaimana dikutip oleh Wibisono (2006, p. 46-47) Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau

alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa. Jadi dapat disimpulkan bahwa Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi. Dalam operasionalnya orang berpedoman pada pernyataan misi yang merupakan hasil kompromi intepretasi Visi. Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian Visi. Contoh visi misi calon ketua OSIS SMP Visi membawa pengurus-pengurus OSIS SMP Sekar Pertiwi menjadi lebih baik dengan dilandaskan Iptek, Imtak, serta berwawasan yang luas yang dapat membuat OSIS SMP Sekar Pertiwi ini menjadi lebih maju Misi : 1. melaksanakan kegiatan yang bersifat keorganisasian ini dengan baik dan dengan serius 2. meningkatkan Iptek dan Imtak pada pengurus OSIS 3. melakukan Kegiatan yang dapat membangun OSIS SMP Sekar Pertiwi 4. mewujudkan impian pengurus OSIS terdahulu yang belum tercapai Visi : 1. menjadikan osis sebagai suatu wadah kegiatan para siswa dan seluruh warga sekolah demi membantu tercapainya visi sekolah, dengan dasar “kami Percaya Bahwa Kami Bisa” serta amanah dalam pengabdiannya. 2. meningkatkan kenerja Osis SMP Sekar Pertiwi mejadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya demi tercapainya kinerja yang maksimal, dengan dasar “Belajarlah Dari Sesuatu yang Kotor “ serta pelajaran yang terkandung di dalamnya. 3. memperkuat nilai-nilai keagamaan Osis SMP Sekar Pertiwi, para siswa/i dan seluruh warga sekolah, dengan dasar “ketuhanan yang Maha Esa” serta IMTAK yang Kuat.

dan disiplin. 2. bakti sosial dan kebersihan lingkungan. Peringatan hari-hari besar agama dan hari nasional. mewujudkan OSIS SMP Sekar Pertiwi organisasi yang jujur adil amanah dan disiplin juga organisasi yang SMART (Sigap. mewujudkan OSIS SMP Sekar Pertiwi sebagai OSIS Yang dapat menampung aspirasi siswa. mewujudkan program-program yang baru dan fresh di SMP SEKAR PERTIWI. Visi menjadikan OSIS SMP Sekar Pertiwisebagai wadah dalam menampung kreativitas. berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kerohanian dan sosial seperti pengajian sekolah. menyalurkan minat dan bakat siswa untuk membangun dan memajukan sekolah seperti melalui kegiatan olahraga dan seni. Misi : 1. adil. kreatif. dan Teliti) Visi : menjadi osis sebagai mitra kerja sekolah untuk mewujudkan siswa-siswi yang berprestasi dan berbudi luhur. memberikan kesempatan kepada warga sekolah untuk berpartisipasi di kegiatan OSIS dalam bentuk kritik atau saran 2. menumbuhkan kesadaran siswa/i SMP Sekar Pertiwi akan pentingnya teknologi. 4. EFOC. mandiri. imtaq dan akhlak seluruh warga SMP Sekar Pertiwiyang berlandaskan 4 dasar yaitu jujur. juga bisa meningkatkan Iptek. 2. meningkatkan acara-acara kesenian yang “wah” sehingga memiliki siswa-siswi yang kreatif dalam sehala bidang. 2. 4. menampung seluruh kritik dan saran dari seluruh warga sekolah demi tercapainya sekolah yang terbuka. KIR. meningkatkan ketaqwaaan kepada tuhan YME 3. Rajin. inovatif. menciptakan siswa/i SMPN$ bogor berakhlak. Menarik. 3. meningkatkan kegiatan-kegiatan cinta tanah air dan berbangsa demi tercapainya cita2 sekolah di bidang kenegaraan degan memiliki siswa-siswi yang cinta tanah air. karena sangat dibutuhkan sesuai dengan perkembangan zaman. realistis pada setiap program yang direncanakan agar tidak merugikan siswa dan pihak sekolah 4. Misi : 1. menciptakan osis SMP Sekar Pertiwi menjadi osis yang berimtaq didukung dengan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan asas kekeluargaan. dan penuh loyalitas guna menciptakan siswa yang menguasai iptek dan imtaq 4. BKC dan lain-lain. 3. merangsang daya kreatif dari semua siswa SMP Sekar Pertiwiagar dapat memberikan ide-ide kreatifnya baik kepada sekolah atau kepada OSIS itu sendiri. baik kepada sekolah atau kepada OSIS itu sendiri melalui diskusi dan debat terbuka. 4. PMR. amanah. inspirasi dan aspirasi.Misi : 1. Antusias. memotivasi siwa-siswi untuk lebih berprestasi melalui kegiatankegiatan ekstrakulikuler seperti. . Misi : 1. 5. 3. Visi mewujudkan siswa/i SMP Sekar Pertiwi menjadikan siswa/i yang berimtaq. pramuka. berpartisipasi sekolah seperti MOS. 2. 3. meningkatkan kegiatan-kegiatan keagamaan demi tercapainya cita2 sekolah di bidang agama serta memiliki siwa-siswi yang soleh dan solehah. 6. beripteq dan berakhlak serta dilandaskan dengan asas kekeluargaan. Misi : 1. realistis. Visi menjadikan siswa-siswi SMP Sekar Pertiwi yang aspiratif.

5. mewajibkan setiap siswa/i memiliki ekstrakulikuler min. Misi : 1. Meningkatkan kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah guna menciptakan siswa/i yang berakhlak baik Visi mengembangkan kreativitas siswa dan partisipasi siswa dalam kehidupan bernegara. memotivasi siswa-siswi agar taat pada peraturan yang berlaku terutama pada perlengkapan dan kerapihan upacara agar siswasiswi yang melanggar dapat menyadari kesalahan dan tidak mengulangi lagi dan upacara pun dapat berjalan dengan baik 5. 2. 2. Menciptakan suasana belajar yang baik (kondusif) 7. menertibkan siswa/i yang tidak berpakaian rapih dan bagi perempuan diwajibkan mengenakan kerudung saat bertadarus. menyelenggarakan pekan kreativitas siswa secara rutin agar dapat melahirkan bakat-bakat siswa-siswi SMP Sekar Pertiwi. 3. mencegah dan menertibkan apabila ada siswa/i yang tidak mengikuti pelajaran pada pelajaran tertentu. 4. merayakan hari-hari raya nasional dengan hal-hal yang positif agar siswa dapat selalu mengigat jasa dan kerja keras para pahlawan 3. Menumbuhkan rasa kekerabatan antara siswa/i SMP Sekar Periwi sehingga tidak membedakan satu sama lain 6. Misi : 1. memperkenalkan wawasan mengenai perngertian organisasi dan pentingnya sebuah musyawarah pada siswa-siswi. mengadakan razia terhadap barang2 yang tidak seharusnya dibawa ke sekolah dan pornografi. membantu dan melaksanakan bakti sosial apabila ada musibah atau bencana yang terjadi di sekitar lingkungan SMP Sekar Pertiwi. 4.5. Visi mewujudkan anggota OSIS SMP Sekar Pertiwi menjadi lebih baik secara kualitas dan tetap mengutamakan imam dan taqwa.1 setiap orangnya. menyelenggarakan kegiatan keagamaan pada hari-hari besar secara rutin yang bertujuan untuk menambahkan kesadaran siswa dalam beragama. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful