P. 1
BAHAYA ROKOK BAGI KESEHATAN

BAHAYA ROKOK BAGI KESEHATAN

|Views: 49|Likes:
Published by Husen Shahab

More info:

Published by: Husen Shahab on Apr 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2011

pdf

text

original

BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN

Oleh : Drs. MASRUL, Apt. Instalasi Farmasi Dinkes Kota Pekalongan ===================================================================================

Merokok bagi masarakat sudah merupakan sesuatu kebiasaan yang lumrah yang terlihat dimana-mana . Umumnya mereka merokok karena berbagai alasan, mulai dari yang iseng saja, agar lebih kosentrasi, untuk melawan rasa dingin sampai yang hanya untuk gagah-gagahan atau agar dianggap sudah mulai dewasa bagi para remaja. Sehingga dengan alasan itulah banyak orang terutama lelaki mulai kenal rokok ataupun mulai merokok kebanyakan sejak lepas remaja. Kebanyakan dari para perokok tahu bahwa merokok itu tidak baik bagi kesehatan, apalagi disetiap bungkus rokok atau ditayangan iklan rokok di TV selalu ada tulisan ³ Merokok dapat menyebabkan kanker , serangan Jantung«..dst.´ Namun agaknya peringatan ini kurang atau bahkan tidak efektif membuat orang berhenti merokok. Mungkin bahasa yang dipakai ³ «.dapat menyebabkan« ³ dianggap tidak terlalu serius, menurut mereka, dapat menyebabkan« dan dapat juga tidak«, toh pada kenyataan orang merokok tidak secara langsung menderita kanker atau serangan jantung, sehingga dia merasa aman-aman saja dan marasa tidak apa-apa. Hal ini memang karena efek fatal dari merokok baru mulai dirasakan setelah hitungan tahun. Untuk itu meningkatkan pengetahuan masarakat tentang bahaya rokok dirasa sangat perlu untuk disebar luaskan agar kesadaran masyarakat meninggalkan rokok dan hidup secara sehat makin meningkat pula. KANDUNGAN ASAP ROKOK DAN EFEKNYA Dalam asap rokok yang dihisap ke paru-paru bisa mengandung sampai 4000 macam zat kimia yang merugikan tubuh kita, dan sekitar 200 macamnya sangat berbaya bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan kimia berbahaya terpenting adalah ; a. Nikotin : adalah merupakan zat yang bersifat addiktif / menyebabkan ketergantungan. b. Karbon monoksida : adalah gas beracun yang dapat menurunkan kadar Oxigen dalam darah. c. T a r : adalah subtansi kompleks yang terdiri dari berbagai zat-zat kimia beracun dan diketahui sebagai penyebab kanker. d. Senyawa-2 Radioaktif : walau berjumlah sangat kecil zat ini penyebab berbagai kanker. e. Hidrogen Cyanida : adalan zat yang sangat merusak bulu-bulu halus ( Cilia ) di saluran pernafasan, padahal cilia ini sangat penting agar paru-paru tetap bersih.

kandung kemih dan rahim. ‡ Karbonmonoksida ( CO ) meninggalkan sistim peredaran darah dan sistim pernafasan. kecelakaan lalu lintas. Perokok pasif adalah mereka yang tidak merokok tapi terkena paparan asap rokok dari perokok aktif sehingga bersama-sama ikut menghisap asap rokok. alkohol. Minnesota AS. Oleh karena itu berhentilah merokok sebelum terlambat. Setiap tahun rokok membunuh 438. kanker paru. BERHENTILAH MEROKOK SEBELUM NYAWA ANDA DIHENTIKAN ROKOK Coba kita simak data dibawah ini . jantung coroner. ‡ Rata-rata hidup perokok 14 tahun lebih pendek. Keuntungan berhenti merokok yang dapat segera dirasakan adalah : ‡ 6 jam sesudah berhenti total. . denyut nadi dan tekanan darah dapat kembali normal. ‡ 5-15 tahun Setelah berhenti . ‡ Rokok adalah penyebab utama penyakit paru dan obstruktif kronis. Resiko serangan jantung menurun sampai setengah dibanding perokok 5 ± 15 tahun. Ibu atau anak bukan perokok juga akan kena dampak yang setara jika mereka terpaksa jadi perokok pasif.ginjal. Dan satu hal yang perlu kita ingat bahwa rokok merupakan pintu gerbang untuk penyalahgunaan narkoba.Jadi merokok dapat menurunkan derajat kesehatan manusia baik yang ber efek secara langsung seperti batuk. Perokok usia antara 35 ± 70 tahun memiliki tingkat kematian tiga kali lebih tinggi dibandingkan bukan perokok di usia yang sama. faring. resiko stroke menurun sampai tingkat bukan perokok. pancreas. kannker tenggorokan. ‡ Data dari Mayo Clinic. emfisema dan bronchitis kronis. bunuh diri dan pembunuhan. tekanan darah lebih rendah dan kegiatan jantung lebih kuat.000 orang mati setiap tahun karena penyakit pembuluh darah. Kebanyakan diantaranya serangan jantung karena merokok. kanker mulut. laring. narkoba. mulut. ‡ Rokok bertanggung jawab terhadap satu dari lima kematian di AS. pusing-pusing maupun yang berefek jangka panjang seperti Stroke. kerongkongan. Sekitar 180. Rochter.000 orang AS. impotensi dan gangguan kehamilan dan janin dapat terjadi pada ibu perokok. stroke dan jantung. ‡ Rokok adalah penyebab utama penyakit pembuluh darah dan stroke. menunjukan bahwa setiap tahun lebih banyak orang AS mati karena penyakit akibat merokok dibandingkan dengan karena gabungan AIDS. Rokok adalah factor resiko utama kanker paru. ‡ 24 jam setelah berhenti. ‡ Rokok bertanggungjawab paling tidak sebesar 30 % dalam semua kematian karena kanker. perut/usus. sesak nafas.

Olah raga dengan teratur. 4. alihkan dengan menyunyah/mengimut permen. 1. ‡ Setelah berhenti 15 tahun. 3.( makan. Jika muncul keinginan. resiko serangan jantung menurun sampai tingkat bukan perokok jika berhenti sebelum timbul penyakit. TIP BERHENTI MEROKOK Perokok harus sadar betul lebih dahulu tentang dampak rokok jangka panjang terhadap kesehatan. acuhkan perasaan-2 kurang nyaman.‡ Setelah berhenti 10 tahun. Ingat merokok ini adalah perbuatan yang hampir tidak pernah orang melakukanya dengan Basmalah seperti perbuatan lain. resiko kanker paru menurun sampai setengah kali dibandingkan perokok aktif. bekerja dll) 2. makanan kecil atau buah-2an. TINDAKAN SEMENTARA . untuk memperkuat daya tahan tubuh. Hindari sebisa mungkin bergabung dengan orang-orang sedang merokok. 5. minum. sadari bahwa merokok bukan perbuatan baik . Niatkan dengan kuat karena Allah Swt untuk berhenti merokok. anggap anda sedang puasa merokok. Berhentilah dengan tanpa beban dan perasaan optimis / senang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->