Centrifuge

Pengertian Alat untuk memuar sampel pada kecepatan tinggi, memaksa partikel yang lebih berat terkumpul ke dasar tabung centrifuge. Pemakaian paling sering untuk pemisahan komponen sel darah dan pemrosesan sampel urine. Ada beberapa klasifikasi centrifuge menurut jenisnya, antara lain : - General Purpose Centrifuge Model biasanya adalah tabletop (bisa diletakkan di atas meja) yang dirancang untuk pemisahan sampel urine, serum atau cairan lain dari bahan padat yang tidak larut. Centrifuge ini biasanya berkecepatan 0-3000 rpm, dan bisa menampung sampel dari 5-100 ml. - Micro Centrifuge Atau disebut juga microfuges, memutar microtubes khusus pada kecepatan tinggi. Volume micotubes berkisar 0.5-2.0 ml. - Speciality Centrifuge Yaitu centrifuge yang dipakai untuk keperluan yang lebih spesifik. Seperti microhematocrit centrifuges dan blood bank centrifuges, yang dirancang untuk pemakaian spesifik di laboratorium klinik. Microhematocrit centrifuge adalah merupakan variasi dari microcentrifuge yang dapat menampung sampel kapiler untuk pengukuran volume hematocrit pack cell, sedangkan Blood Bank Centrifuge adalah centrifuge yang dipakai di bank darah dan serologi yang dirancang untuk memisahkan sampel serologis dalam tabung. Jenis lain adalah centrifuge berkecepatan tinggi, yaitu ultracentrifuges dan refrigerated centrifuges. Centrifuge berkecepatan tinggi berputar pada kecepatan 0-20.000 rpm dan ultracentrifuge berputar pada kecepatan di atas 50.000 rpm. Kebanyakan centrifuge ini dilengkapi dengan sistem pendinginan untuk menjaga sampel tetap dingin selama sentrifugasi. Centrifuge ini lazim dipakai di laboratorium penelitian.

Kerugian 3.Kerugian Terbatas pada micro-volume tube Tidak dapat menghasilkan tenaga yang sama dengan angle rotor . Winshield Rotor .Keuntungan Menghasilkan butiran endapan yang terdistribusi merata Dapat disesuaikan dengan berbagai tabung Bisa untuk volume tunggal yang besar 2.panas. tube tanpa tutup tidak bisa diisi penuh.Keuntungan Menghasilkan butiran endapan yang terdistribusi merata Memiliki kapasitas besar 4. Drum Rotor .Jenis-jenis rotor pada centrifuge : 1. Swing Out / Horizontal Rotor .Kerugian Kecepatannya terbatas Menimbulkan gesekan yang tinggi (bunyi.Kerugian Meningkatkan cost rotor Meningkatkan berat rotor Memerlukan tempat yang lebih besar untuk menampung winshield Pemakaian centrifuge OPERATION : . Fixed Angle Rotor -Keuntungan Bisa berkecepatan tinggi Memberikan jalur pemisahan yang lebih pendek Memberikan dukungan tube yang lebih maksimum Menghasilkan gesekan dan panas yang lebih sedikit .Keuntungan Mengurangi tingkat gesekan dan panas Meningkatkan kecepatan potensial dari swing-out rotor . kecepatannya lambat) Ada bagian bergerak yang lebih banyak Menghasilkan butiran endapan yang tidak rata Memiliki kapasitas yang lebih terbatas Membuat tube menerima tekanan yang tinggi Tips tube. .

Gunakan shield dan tube yang benar. untuk menghindari sengatan listrik ).Jangan letakkan alat terlalu dekat dengan tembok dibelakangnya . karena ada ventilasi aliran udara. .• Untuk mengoperasikan colokkan alat pada tegangan PLN 220 V ( hati-hati ! pastikan tangan / badan dalam keadaan kering. . kecepatan 4. timer akan berhenti dengan sendirinya sesuai dgn capaian waktunya.Sebelum memulai centrifuge. • Siapkan sample yang akan diputar dan letakkan pada tempatnya secara simetris dan seimbang • Jika persiapan sample telah selesai tekan tombol POWER pada posisi ON.Selama sample diputar tutup harus selalu dalam keadaan tertutup rapat. kecepatan 1300 rpm 1800 rpm 3.Periksa kebersihan ruang centrifuge.Gunakan hanya tube yang diperuntukkan untuk centrifuge tersebut . maka alat akan langsung menyala.Amati dan lakukan tindakan yang sesuai jika ada bunyi atau getaran yang tidak lazim selama pemakaian .10% ) • Alat akan langsung berputar ditandai dengan lampu operation menyala. • Pilih kecepatan dengan memutar SPEED LEVEL 1. . kecepatan 2. Untuk membuka tunggu sampai alat benar-benar berhenti. . • Kemudian set TIMER pada waktu yang dikehendaki dengan memutar knob.SELALU Melakukan Tindakan Pengamanan Universal (Biohazard) . • • Jika selesai digunakan kembalikan tombol SPEED pada posisi “ 0 “ Untuk mematikan tekan POWER pada posisi OFF Perhatian / Pemeliharaan Sentrifuge : . kecepatan 2300 rpm 3000 rpm ( deviasi +/.Penempatan sample harus dalam keadaan seimbang dan simetris ( balance ) hal ini untuk menjaga agar putaran tidak bergetar dan alat akan berumur lama. . pastikan bahwa tutupnya terpasang dan terkunci. . segera bersihkan semua tumpahan.

. . dimasukkan ke dalam tabung yang sudah diberi anticoagulant. . setelah itu disentrifugasi dengan kecepatan 1500 rpm.Untuk perawatan. Prinsip kerja Sentrifuge Medan gaya dikenakan ke cairan multi-komponen. Centrifuge adalah suatu alat yang dirancang untuk membangkitkan gaya sentrifugal yang jauh lebih tinggi dari gaya gravitasi . dimasukkan ke dalam tabung sentrifuge • Darah dibekukan pada suhu kamar selama 15-30 menit. • Serum dipisahkan dan dipindahkan dengan menggunakan pipet pasteur ke dalam tabung lain kemudian diberi tutup dan label. Pembuatan Plasma : • Disiapkan alat dan bahan yang diperlukan • Dilakukan pungsi vena sebanyak 3 ml. bersihkan alat hanya dengan lap bersih atau lap yang dibasahi air kemudian lap dengan kain kering setiap selesai kerja. Gaya tersebut memberikan efek yang sama pada partikel dalam suspensi cairan.. selama 5-10 menit (hingga terbentuk cairan serum yang terpisah dari sel-sel darah). karena tenaga yang tinggi akan mempercepat proses pemisahan dan mengakibatkan pemisahan yang tidak akan terjadi pada kondisi biasa Pengolahan Spesimen Darah ( Serum & Plasma) Pembuatan Serum : • Disiapkan alat dan bahan yang diperlukan • Dilakukan pungsi vena sebanyak 3 ml.Gantilah tempat tabung setiap 20 bulan. komponen dari cairan tersebut akan memisah berdasarkan kepadatan relatifnya.Lumasi bagaian engsel tutup dengan pelumas setiap bulan sekali.

• Plasma dipisahkan dan dipindahkan dengan menggunakan pipet pasteur ke dalam tabung lain kemudian diberi tutup dan label. Transportasi . selama 5-10 menit (hingga terbentuk cairan plasma yang terpisah dari sel-sel darah). Pembekuan fibrin terjadi dalam 20-30 menit pada tabung plain. misalnya menyimpan sampel di dekat radiator atau terpapar sinar matahari. Tangani semua sampel sebagai bahan infeksius. Note : Penundaan spesimen serum : .• Darah disentrifugasi dengan kecepatan 1500 rpm. wadah ini harus dilengkapi dengan termometer. Cegah paparan berlebihan terhadap pana.Glukosa pada BBL penurunannya lebih cepat karena terjadi peningkatan aktifitas metabolik eritrosit .Kadar glukosa turun 10 mg/dL/jam pada suhu kamar 25oC . . misalnya menyebabkan penyumbatan pada probe.Disediakan wadah yang dapat diisi es kering untuk sampel yang harus disimpan dalam suasana dingin (seperti untuk pemeriksaan renin). gunakan pelindung diri sesuai dengan Universal Precautions dari The centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan Occupational safety and Health Administration (OSHA). .Leukomia aktifitas metaboliknya meningkat karena terjadi peningkatan jumlah leukosit Jika sampel terlalu cepat disentrifuge maka benang fibrin masih terus terbentuk yang akan mengganggu pemeriksaan.Sampel dimasukan di dalam plastik yang tidak mudah bocor dan terkunci didalam wadah yang bertanda biohazard di bagian luar. hal ini akan menyebabkan denaturasi protein yang akan mengakibatkan terbentuknya mikropartikel sehingga terjadi kesalahan pembacaan.

Untuk pemeriksaan bilirubin.. Gunakan tabung dengan separator jika memerlukan waktu lebih dari 2 jam. . Untuk pemeriksaan kortisol. glukosa dan kalium harus segera diproses sebelum 2 jam. . hindarkan tabung dari cahaya. caranya dengan membungkus tabung memakai kertas aau menempatkan tabung pada wadah transport yang ditutup secara sempurna. .Sampel harus disentrifuge dan dipisahkan 15 meni kemudian.Sampel harus sampai di laboratorium dalam waktu 45 menit sejak sampel diambil.Menurut panduan dari NCCLS batas waktu pemisahan serum atau plasma adalah 2 jam sejak sampel diambil. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful