P. 1
CARA MENGINSTAL ULANG KOMPUTER DAN MEMFORMAT HARD DISK

CARA MENGINSTAL ULANG KOMPUTER DAN MEMFORMAT HARD DISK

|Views: 114|Likes:
Published by TorichinAbdulRosyid

More info:

Published by: TorichinAbdulRosyid on Apr 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2011

pdf

text

original

CARA MENGINSTAL ULANG KOMPUTER DAN MEMFORMAT HARD DISK stal ulang computer (windows xp) 1.

Langkah pertama adalah memasukan cd ke dalam computer 2.Restartlah computer 3.Cd akan terbaca oleh computer dan masuk ke bios(apabila tidak terbaca berarti computer membaca Hardisk terlebih dahulu SO anda harus mengatur computer agar computer mengutamakan pembacaan cd, dengan cara melakukan pengaturan di bios ) 4.Setelah itu akan muncul tampilan untuk menginstal, akan ada pilihan instal baru atau repair (dalam bahasa inggris) 5.Jika anda ingin menginstal ulang, klik instal baru 6.Setelah itu akan masuk ke pengaturan partisi disk (disini kita bisa mengatur kapasitas dari setiap drive sesuai keinginan anda ´ hal ini juga harus menyesuaikan kapasitas hardis anda´) 7.Setelah partisi selesai kita buat kita lakukan format di drive C (biasanya), sekaligus penginstalan .(jika ingin menghilangkan semua data juga bisa berarti semuanya kita hapus) 8.Lama penginstalan kurang lebih 30-40 menit tergantung jenis computer. 9.Di saat penginstalan ini anda akan dimintai no serial number 10.Dan mengisi beberapa data 11.Setelah selesai computer akan restart 12.Setelah restart tunggu computer jangan diapa-apakan untuk sementara 13.Sampai masuk ke windows 14.Setelah selesai penginstalan, anda dapat segera menginstal program-program yang lain yang diinginkan. Tips melakukan penginstalan ulang: 1.Pindahkan semua data dari my document(karena semua data di my document akan hilang) 2.Install ulang hanya jika computer telah betul-betul rusak/memang ingin ganti SO yang lainnya.(karena sebenarnya kerusakan kalau tidak benar-benar parah di repair aja masih bisa) 3.Usahakan saat pertama kali menginstal ulang bersama orang yang sudah pernah atau cukup berpengalaman 4.Bacalah petunjuk dengan cermat (walupun dalam bahasa inggris tetapi kata-kata nya sangat mudah dimengerti ) 5.Cara diatas hanya sekilas/garis besar saja mungkin ada sedikit perbedaan ketika anda melakukan penginstalan yang sesungguhnya. CARA MEMFORMAT ULANG HARD DISK A. Langkah dan Tahap Format Ulang Hard Disk 1. Back up / bekap file penting anda yang ada pada hardisk karena dengan format akan menghapus semua file yang ada di hard disk anda. Jika anda punya cd-rw drive atau dvd-rw drive anda bisa bourning file anda ke dalam cd atau dvd. Cara lain backup adalah dengan flash disk, disket floppy, disket zip, pindah file ke jaringan network lan atau internet pada komputer atau server lain dan lain-lain.

Istilahnya anda akan menggunakan os microsoft dos yang ada pada disket yang anda buat. Setelah masuk ke command prompt a: ketik format c: lalu tekan enter. Caranya ketika komputer baru dinyalakan anda menekan dan menahan tombol delete sampai bios muncul di layar monitor komputer anda. perintah dir atau dir/w atau dir/p untuk melihat list file yang ada pada folder tersebut. Disesuaikan dengan jumlah partisi anda yang ada. printer.4 MB. Sehabis itu direstart ulang kembali. Kalau sudah ketemu maka jalankan setup. Biasanya anda akan diberi cd driver saat anda membeli komputer atau hardware .. kabel data. scanner. Setiap jenis komputer memiliki driver yang berbeda. Kemudian cari drive cd-rom atau dvd-rom anda dengan mengetik d: atau e: dan lain sebagainya sesuai lokasi drive cd atau dvd rom anda.exe dengan perintah cd nama folder untuk masuk ke dalam folder. Ganti Setting Bios Saat komputer dinyalakan anda harus langsung masuk ke tampilan bios untuk setting pilihan urutan boot. Install Windows 98 / 2000 / ME / XP / Vista / Linux Langkah pertama dalam mengistall ulang operating system pada komputer pc atau laptop anda adalah booting ulang ke disket anda dan pilih support cd-rom device. Langkah dan Tahap Install Ulang OS Windows dan Linux 1. Langkah berikutnya anda tinggal mengikuti perintah yang ada pada installasi cd atau dvd os. Format Hard Disk Setelah bios diganti serta disave anda masukkan disket kemudian restart komputer anda. Jika semua telah selesai dan berjalan lancar maka proses format ulang telah selesai. B. Anda harus mencari dan memiliki sendiri driver tersebut. Setelah ketemu anda kemudian cari file setup. 3. Setting Settingan Boot pada Bios Setelah install ulang windows atau linux selesai. Floppy bisa anda seting menjadi boot kedua dan cd-rom menjadi boot ketiga. Ganti urutan booting dengan urutan pertama floppy disk. Jika anda punya partisi 3 buah maka tambah perintah format d: dan format e:. 3. Nanti komputer anda akan otomatis boot dari disket tersebut dan pilih boot without cd-rom supaya proses booting bisa lebih cepat. Kini harddisk anda menjadi seperti baru kembali.4 anda dan masuk kembali ke menu bios setelah restart ulang. Anda bebas menentukannya sesuai dengan keinginan anda.2. Setelah backup selanjutnya adalah membuat windows boot disk / rescue disk pada disket floppy 1. Setelah keluar command prompt lalu anda masukkan cd instalasi os anda sesuai selera anda. Perintah cd. Disket ini bertujuan untuk booting langsung ke disket tidak melalui harddisk anda. Pilih IDE-0 sebagai first boot. Jika format telah selsesai beri nama drive tersebut sesuai selera anda. Install Driver dan Software Jika sudah berhasil masuk ke tampilan windows atau linux awal. dan sebagainya sesuai hardware yang ada.exe atau install. untuk mundur satu folder level. maka keluarkan disket flopyy 1.exe dengan mengetik nama file tersebut lalu tekan tombol enter satu kali saja. 4. selanjutnya anda nginstall driver untuk sound card. 2.

lainnya. Nama : Torikhin Jurusan : TKJ . Tanpa driver maka peralatan yang terhubung pada komputer laptop atau pc tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->