P. 1
BUNGA MAWAR

BUNGA MAWAR

2.5

|Views: 10,068|Likes:
Published by Dewiosa Cell

More info:

Published by: Dewiosa Cell on Apr 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/21/2013

pdf

text

original

1.

BUNGA MAWAR

Ciri-ciri : Mawar adalah tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter. Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun. Bunga terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa

sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Warna bunga biasanya putih dan merah jambu atau kuning dan merah pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.

Namun demikian. Bunga tersusun majemuk. Bunga matahari juga memiliki perilaku khas. Batang biasanya ditumbuhi rambut kasar. tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer. Tumbuhan mendapat keuntungan 10% lebihfotosintesis karena pergerakan ini. Tumbuhan terna semusim yang berasal dari Amerika Tropik bagian utara (Meksiko). BUNGA MATAHARI Ciri-ciri : Bunga matahari (Helianthus annuus L. yaitu bunganya selalu menghadap ke arah matahari atau heliotropisme. Pada hari yang cerah. Penyerbukan terbuka (silang) dan dibantu oleh serangga. dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30cm). tandan bunga majemuk mengikuti pergerakan harian matahari (asal nama tumbuhan ini). dan bunga tabung yang fertil dan menghasilkan biji. Bunga tabung ini jumlahnya bisa mencapai 2000 kuntum dalam satu tandan bunga. sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil. . Orang Perancis menyebutnya tournesol atau "pengelana matahari". tegak. Daun tunggal lebar. jarang bercabang. tinggi 3m sampai 5m tergantung varietasnya.2. Terdapat dua tipe bunga: bunga tepi atau bunga lidah yang membawa satu kelopak besar berwarna kuning cerah dan steril. Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk. yang gejalanya disebut heliotropisme. biasanya berwarna kuning terang. baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasilminyak.

BUNGA SEPATU Ciri-ciri : Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L. . Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sariberbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Pada umumnya tinggi tanaman sekitar 2 sampai 5 meter.3. Bunga berbentuk terompet dengan diameter bunga sekitar 5 cm. berwarna merah dan tidak berbau. oranye hingga merah tua atau merah jambu. Bunga dari berbagai kultivar danhibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning. ke bawah. hingga 20 cm. Pada umumnya. tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Daun berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing. Bunga bisa mekar menghadap ke atas. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima.) adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dansubtropis. Bunga besar. atau menghadap ke samping. Bunga terdiri dari 5 helai daun kelopak yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx) sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga.

yang dimaksudkan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalatpenyerbuk bagi bunganya. Berbeda dengan rafflesia.Amorphophallus titanum Becc. Bunga bangkai ini termasuk tumbuhan dari suku talas-talasan (araceae). bunga bangkai dapat di budi daya. Berbeda dengan rafflesia yang tidak dapat tumbuh di daerah lain. Bunga bangkai juga sering digunakan sebagai julukan bagi patma raksasaRafflesia arnoldi. .. bunga bangkai titan arum ini berwarna krem pada bagian luar dan pada bagian yang menjulang. yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia. Sedangkan mahkotanya berwarna merah ke-ungu-an. Merupakan tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar di dunia. Sekilas bentuknya saat mekar terlihat seperti bunga terompet.5 m. gigas (juga endemik dari Sumatera) dapat menghasilkan bunga setinggi 5m. Namanya berasal dari bunganya yang mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk. BUNGA BANGKAI Ciri-ciri : Bunga bangkai atau suweg raksasa atau batang krebuit (nama lokal untuk fase vegetatif). meskipun catatan menyebutkan bahwa kerabatnya. Indonesia. Ketinggian bunga bangkai jenis amorphophallus titanium ini bisa mencapai sekitar 4 m dengan diameter sekitar 1. bunga bangkai tumbuh di atas umbi sendiri. Bila rafflesia hanya melebar. merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dariSumatera.4. bunga bangkai tumbuh menjulang tinggi. bila rafflesia parasit pada tumbuhan rambat. A.

Batang pohon kenanga lurus. tetapi tidak setinggi pohon kenanga biasa. . tetapi jarang). yang juga disebut ylang-ylang. dan lebih menyukai tanah yang memiliki kandungan asam di dalam habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan. BUNGA KENANGA CIri-ciri : Kenanga (Cananga odorata) adalah nama bunga dari pohon yang memiliki nama yang sama. dan mengandung minyak biang. Kemudian Cananga odorata forma genuina atau kenanga filipina. Daunnya panjang. Pohon kenanga Cananga odorata forma macrophylla tumbuh dengan cepat hingga lebih dari 5 meter per tahun dan mampu mencapai tinggi rata-rata 12 meter. hanya bisa tumbuh paling tinggi 3 meter. Memerlukan sinar matahari penuh atau sebagian.5. yang banyak ditanam sebagai hiasan di halaman rumah. Bunganya hijau kekuningan (ada juga yang bersemu dadu. halus dan berkilau. Pohon kenanga ylang-ylang juga berupa pohon. yang dikenal sebagai kenanga biasa. menggelung seperti bentuk bintang laut. dengan kayu keras dan cocok untuk bahan peredam suara (akustik). Kenanga perdu yang biasa ditanam di halaman rumah. Selain itu masih dikenal kenanga perdu (Cananga odorata varietas fruticosa). Ada dua forma kenanga. yakni Cananga odorata forma macrophylla. cananga oil yang wangi.

helaian daun berbentuk jorongsampai bundar telur. Melur (Gayo dan Batak Karo). tangkai daun pendek sekitar5 mm. officinale). Di Indonesia.pangkal membulat. tepi rata. ujungnya runcing. Jenis lain yang juga populer adalah gambir (J. 7. Kalau tidak dipangkastanaman melati yang sudah besar akanmemanjat pada batang tanaman lain. serta Malete (Madura). tulangdaun menyirip menonjol padapermukaan bawah. Menyuru (Banda).6. BUNGA KAMBOJA . BUNGA bMELATI Ciri-ciri : Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Nama-nama daerah untuk melati adalah Menuh (Bali). salah satu jenis melati dijadikan sebagai simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac) karena bunganya dikaitkan dengan berbagai tradisi dar banyak suku di negara ini. Manduru (Menado). panjang 5 – 10cm. Melati dapat berbunga sepanjangtahun dan dapat tumbuh subur padatanah yang gembur pada ketinggian600 – 800 m di atas permukaan lautbahkan sampai 1800 m di ataspermukaan laut asalkan mendapatcukup sinar matahari Tanaman melati berdauntunggal. berwarna hijau sampai hijaukelabu. lebar 4 – 6 cm. permukaan daunmengkilap. tersusun berhadapan. Melati merupakan sejenis perdumemanjat atau menggantung dengantinggi rata-rata 0. Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora (Timor).3 – 3 m.Tanaman melati banyak ditanam orangdi halaman rumah sebagai tanamanhias. pada kebun-kebun penghasil bunga potong rata-ratatingginya 1 m. Meulu cut atau Meulu Cina (Aceh). Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara.

halaman kantor. Ditemukan oleh Charles Plumier (1646-1706). Bunga kamboja begitu eksotik dan menarik. pada kondisi dan bulan-bulan tertentu bunganya akan mekar lebih banyak. 8.Ciri-ciri : Bunga kamboja memiliki bentuk dan warna menarik yang bisa memanjakan mata. atau bahkan penyejuk halaman rumah Anda. Secara keseluruhan. area berkumpulnya masyarakat. dimana termasuk famili sekulen yang seringkali kekurangan air. kamboja memiliki bentuk batang yang sangat artistik dan dekoratif dengan paduan bunga yang tak kalah menawan. Daunnya memiliki warna hijau dan uratnya yang keluar terlihat. Makanya. namun bukan berarti berasal dari negara Kamboja. tidak salah jika kamboja memiliki nama latin seperti nama belakang si penemu. Malah. Meski namanya “kamboja”. Bisa dikatakan.Tumbuhan kamboja bisa hidup sampai usia puluhan tahun dengan tinggi menjulang hingga 7-10 meter. “Plumier”. seorang botanis dariPrancis. Sesungguhnya tumbuhan ini berasal dari Amerika Tengah. BUNGA TERATAI . bunga kamboja mekar sepanjag tahun. wajar apabila tumbuhan ini banyak digunakan sebagai hiasan taman.Pohon kamboja hampir sama dengan kaktus.

Pada zaman dulu. Bunga teratai juga terdapat di permukaan air. Tangkai teratai terdapat di tengah-tengah daun. Daun berbentuk bundar atau bentuk oval yang lebar yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air.Bunga teratai tumbuh pada tangkai yang merupakan 9. teratai juga digunakan untuk menyebut tanaman dari genus Nelumbo (lotus). kelopak bersemu merah (teratai berwarna putih hingga kuning). Pada Nelumbo. daun berbentuk lingkaran penuh dan rimpangnya biasa dikonsumsi.Ciri-ciri : Teratai (Nymphaea) adalah nama genus untuk tanaman air dari suku Nymphaeaceae. BUNGA TULIP . Tanaman teratai tumbuh di permukaan air yang tenang. bunga dan daun teratai keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai waterlily atau waterlily. sungai atau rawa. orang memang sering mencampuradukkan antara tanaman genus Nelumbo seperti serojadengan genus Nymphaea (teratai). bunga terdapat di atas permukaan air (tidak mengapung). Tanaman teratai memiliki daun yang tumbuh mengambang di permukaan air. Di Indonesia.

. Karenanya sampai sekarang kita temui lukisan Tulip baik yang abstrak maupun tidak dalam ornamen keagamaan. Tulip hasil persilangan menghasilkan bunga berwarna tunggal. bahkan menjadi bunga utama pada zaman kesultanan Ottoman. menyerupai tulisan Allah. hijau. Lâle. Ia memperoleh Tulip dari Augier Ghislain de Busbecq. yang namanya diambil dari bahasa Turki untuk Tulban karena bentuknya menyerupai Tulban. Tulip merupakan tumbuhan tahunan berumbi yang tingginya antara 10-70 cm. berbentuk sempit memanjang berwarna hijau nuansa kebirubiruan. hal ini karena nama setempat Tulip. biru.Ciri-ciri : Aslinya Tulip merupakan bunga liar dari kawasan Asia Tengah. misalnya di mesjid. Bunga ini pertama kali dibawa masuk ke Belanda sekitar tahun 1590-an oleh Carolus Clusius. Biologis dari Wina yang menjadi direkturHortus Botanicus di Leiden. Tulip juga memiliki arti religius. bila ditulis dengan aksara Arab. temannya yang menjabat sebagai duta Austria diConstantinopel. merah. Tulip menghasilkan biji-biji berbentuk bundar pipih yang dibungkus kapsul kering. kuning. ungu. atau berbagai macam kombinasi dan gradasi warna. Sejak itu mulailah orang berlomba-lomba memiliki Tulip.oranye. Setelah Turki menguasai daerah inilah mulai bunga Tulip dibudidayakan sejak sekitar tahun 1000. daunnya berlilin. dan bunganya berukuran besar terdiri 6 helai daun mahkota.

yaitu sepal (kelopak bunga).10.Pada saat masih kuncup. petal (mahkota bunga). muncul dari tangkai bunga yang memanjang. Bunganya simetri bilateral. bunga dilindungi oleh 3 (tiga) sepal. benang sari. putik. yang berwarna warni. Satu helai mahkota bunga termodifikasi membentuk semacam "lidah" yang melindungi suatu struktur aksesoris yang membawa benang sari dan putik. Kepala putik berada di bawah cap polinia dan menghadap ke labelum. . muncul dari ketiak daun. Benang sari memiliki tangkai sangat pendek dengan dua kepala sari berbentuk cakram kecil (disebut "pollinia") dan terlindung oleh struktur kecil yang harus dibuka oleh serangga penyerbuk (atau manusia untuk vanili) dan membawa serbuk sari ke mulut putik. BUNGA ANGGREK Ciri-ciri : Bunga anggrek terdiri dari 5 (lima) bagian utama.Bunga-bunga anggrek tersusun majemuk. Bunga anggrek berbentuk khas . Anggrek juga mempunyai benang sari. 2 (dua) helai berada di atas. Sedangkan ovary berada di bawah struktur mahkota. dan ovary (bakal buah). Helaian Kelopak bunga (sepal) biasanya berwarna mirip dengan mahkota bunga (sehingga disebut tepal). anggrek dengan 1 (satu) benang sari biasa disebut dengan monandrae. sedangkan yang mempunyai 2 (dua) benang sari disebut diandrae. Petal pada bunga anggrek juga berjumlah 3 (tiga) helai. dan 1 (satu) helai di bawah yang biasa disebut dengan labelum.

Muhammad Fajar S 9. Angga Pebriyan KELAS VIII G SMP NEGERI 1 SAMBIREJO . Delfi Dumalanju 6. Ayu Novita Sari 4.N 8. Dwi Indah Ermawati 7. Mifta Khuljanah 5.MACAM-MACAM BUNGA DAN CIRI-CIRINYA Disusun Oleh : 1. Vivi Lindawati 3. Biony Akbar T. Rahma Septiana 2. Hariyanto 10.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->