P. 1
PAMERAN

PAMERAN

3.0

|Views: 1,635|Likes:

More info:

Published by: Ainul Syahirah Yusop on Apr 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2013

pdf

text

original

OLEH

:
‡ ‡

‡

‡

SITI ZULAIHA BT AZMI NORFARADHIANA BT HASSAN KHATIJAH BT ABDULLAH SITI RAIHANA BT ZAINAL

PENGERTIAN
- kegiatan seseorang atau kelompok dalam upaya mempertunjukan suatu hasil karya atau produknya kepada orang lain secara terorganisir.

FUNGSI/MANFAAT
-Pameran

merupakan tolok ukur terhadap kemampuan seniman dalam berkreasi, berproduksi, dan berinovasi dalam mewujudkan karya-karyanya.

JENIS-JENIS PAMERAN
Pameran tetap

Jenis-jenis pameran

Pameran temporer

Pameran pekeliling Pameran tunggal / pameran bersama Pameran kerjasama

Pameran khusus

TUJUAN UMUM PAMERAN ANTARA LAIN :
‡Apresiasi iaitu adanya suatu kesedaran diri terhadap nilai-nilai karya seni berdasarkan pengertian tentang kedalaman suatu bentuk dan isinya.

‡Komunikasi iaitu adanya pengiriman atau penerimaan pesananan antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud sampai kepada orang lain (seniman melalui karyanya).

‡Rekreasi juga suatu arena rekreasi adalah upaya membantu mengadakan dan menyelenggarakan sarana hiburan bagi masyarakat melaui karya seni

‡Pendidikan

Kegiatan

pameran

dapat

memandu

dalam

menumbuhkan kesedaran akan nilai-nilai keindahan dan kesadaran akan kemampuan kreatifnya sehingga orang lain terpacu untuk berbuat.

‡Prestasi iaitu suatu hasil yang dicapai setelah mengerjakan suatu pekerjaan.

‡Pameran di sekolah memiliki tujuan yang lebih khusus terutama dengan tujuan pendidikan itu sendiri. Pelaksanaan pameran lebih tertumpu pada apresiasi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru dan orang tua siswa, dan terutama siswa mampu meningkatkan kesedaran menghargai suatu karya.

Langkah-langkah Kegiatan Pameran di sekolah
TAHAP PERSIAPAN

‡ Menubuhkan panitia di kelas bagi kegiatan pameran. ‡ Membuat kertas kerja berkenaan dengan pameran. ‡ Membahagikan tugas masing-masing dalam persiapan untuk melakukan pameran. ‡ Menyiapkan atau membuat karya untuk pameran ‡ Membuat penataan ruangan, gambar, teknik pemasangan, pembukaan dan penutupan.

Menyelenggarakan pameran Tempat ‡ untuk meletakkan karya haruslah sesuai seperti : Galeri : gedung atau ruangan tempat menyimpan dan memamerkan benda atau karya seni. Museum: tempat menyimpan hasil kebudayaan sejak zaman dahulu. Hotel: tempat kegiatan umum yang memiliki kemudahan tertentu, termasuk ruangan khusus yang dapat dimanfaatkan untuk pameran. Gedung kesenian : tempat khusus untuk kegiatankegiatan kesenian.

WAKTU ‡ menentukan waktu yang sesuai sama ada ketika waktu cuti sekolah ataupun pada cuti am. PESERTA ‡ Faktor seniman dapat memberikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat terutama kalangan masyarakat yang menggemari karya-karya yang dibuat oleh seniman tertentu PANITIA ‡ Suatu kegiatan akan lebih mudah apabila diselenggarakan oleh sesebuah organisasi atau pertubuhan.

Alat-alat Dalam Melaksanakan Pameran.
‡ Panel - papan peraga berbentuk persegi panjang diperbuat

daripada lembaran papan, logam, atau bahan lain digunakan untuk menampal foto, gambar, dan teks.

‡ Standar display ± tempat untuk menyimpan karya tiga dimensi yang berbentuk kotak atau kubus, diperbuat daripada papan atau lembaran lain.

‡ Katalog - buku yang terdapat nama pelukis dan lukisan serta informasi yang ingin disampaikan secara teratur dan berurutan.

‡ Alat-alat lain - lampu, undangan,

CONTOH-CONTOH PAMERAN

Kegiatan Pameran Seni Rupa di Halaman

Pameran Temporer

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->