Asam karboksilat

Asam organik yang paling penting adalah asam-asam karboksilat. Gugus fungsinya adalah gugus karboksil, kependekan dari dua bagian yaitu gugus karbonil dan hidroksil. Rumus asam karboksilat dapat dipanjang dan atau dipendekkan seperti :

zat warna. merusak kulit. larut dalam H2O dengan sempurna. ester. berbau tajam. dan fungisida. TD 118oC. industri tekstil. larut dalam H2O dengan sempurna Penggunaan : sintesis anhidrat asam asetat. tak berwarna. serat buatan. plastik. Contoh lain :asam asetat = CH3-COOH Sifat : cair. alkohol. Contoh : asam format = HCOOH Sifat fisika : cairan. Penggunaan : untuk koagulasi lateks. penyamakkan kulit. bahan farmasi. TL 17oC. zat wangi. garam.Ciri-ciri asam karboksilat Mengandung gugus COOH yang terikat pada gugus alkil (R-COOH) maupun gugus aril (ArCOOH) Kelarutan sama dengan alkohol Asam dengan jumlah C 1 4 : larut dalam air Asam dengan jumlah C = 5 : sukar larut dalam air Asam dengan jumlah C > 6 : tidak larut dalam air Larut dalam pelarut organik seperti eter. selulosa dan sebagai penambah makanan. . dan benzen TD asam karboksilat > TD alkohol dengan jumlah C sama.

Pembuatan asam karboksilat Oksidasi alkohol primer  Oksidasi alkil benzen  Carbonasi Reagen Grignard  Hidrolisin nitril  .

penamaan yang didasarkan dari sumber penghasilnya. . ‡ 2) Menurut Trivial.Tatanama Asam karboksilat ‡ Penamaan senyawa-senyawa asam alkanoat atau asam karboksilat juga ada dua cara yaitu : ‡ 1) Menurut IUPAC : mengikuti nama alkananya dengan menambahkan nama asam didepannya dan mengganti akhiran ana pada alkana dengan akiran anoat pada asam Alkanoat.

‡ 2) Penomoran atom C dimulai dari atom C gugus fungsi.Contoh : ‡ a) CH3 CH2 CH (CH3) COOH Asam 2. sedang aturan selanjutnya sama dengan yang berlaku pada senyawa-senyawa hidrokarbon. metil Butanoat . kemudian diberi nama seperti pada tabel di atas.‡ Untuk senyawa-senyawa asam alkanoat yang mempunyai rumus struktur bercabang aturan penamaan IUPAC adalah sebagai berikut : ‡ 1) Tentukan rantai utama dengan memilih deretan C paling panjang dan mengandung gugus fungsi COOH.

Jika nama umum yang digunakan lokasi substituen dilambangkan dengan huruf latin.asam-asam bersubstitusi diberi nama menurut dua cara. Dalam sisitem IUPAC. . nomor rantai dimulai dari asam karbon pembawa gugus karboksil dan substituen diberi nomor lokasi. dimulai dengan atom karbon .