KONFLIK BATIN SEORANG GURU DALAM NOVEL SANG GURU KARYA MOCHTAR LUBIS

A. Pendahuluan

Jalan Tak Ada Ujung, sebuah novel karya Mochtar tahun 1952 terbitan Yayasan Obor Indonesia. Novel ini mengangkat masalah ketakutan batin seorang guru pada masa revolusi kemerdekaan. Pada pembuka sebelum masuk pada halaman penceritaan novel, tercantum sebuah pertanyaan ³ Apakah yang harus kita punyai, agar kita bebas dari ketakutan? (Jules Romains). Novel dengan tebal 167 halaman tersebut, terdiri atas 10 bagian alur cerita yang menceritakan kehidupan seorang guru yang bernama Isa. Isa adalah tokoh utama dalam novel ini. Dia berprofesi sebagai guru. Istrinya bernama Fatimah. Mereka tinggal bertiga dengan anak angkatnya yang bernama Salim. Profesi guru tidak membawanya dalam kehidupan yang serba kecukupan. Keluarga Guru Isa hidup dengan kondisi ekonomi yang serba kekurangan. Bahkan untuk makan sehari-hari saja, Istrinya bersusah-payah mencari hutang untuk membeli makan. Hal tersebut yang menyebabkan kurang harmonisnya kehidupan keluarga guru Isa. Ditambah lagi, penyakit impoten Guru Isa yang tidak mampu memberikan kepuasan kebutuhan seksual kepada Fatimah. Keadaan tersebut seiring berjalannya waktu tak menyurutkan kebersamaan hidup mereka walaupun timbul ketidakharmonisan kehidupan mereka. Menjalani hidup yang kian hari kian berganti kisah dan cerita, kehidupan Guru Isa selalu diusik sebuah ketakutan yang ada dalam dirinya. Ketakutannya itu tampak setiap saat dia mendengar tembakan pasukan serdadu Inggris menyerbu rakyat pribumi yang tak berdosa. Pada saat suasana sunyi, Guru Isa berjalan kaki hendak ke sekolahnya, tiba-tiba terdengar suara tembakan di gang Jaksa dan itu adalah pertama kalinya terdengar oleh Guru Isa yang selanjutnya mengakibatkan hidup terkurung dalam sebuah ketakutan. Guru Isa memiliki sahabat yang sangat baik dan mahir memainkan biola. Dia bernama Hazil. Melihat kondisi buruk akibat penyerangan serdadu Inggris, hazil mengajak Guru Isa untuk ikut

pada dirinya sendiri dia tidak hendak mengakui bahwa dia takut. rekannya itu bersembunyi. kondisi tersebut bukanlah sesuatu yang mengenakan. Persiapan langkah awal rencana pemberontakan terhadap serdadu-serdadu tersebut. Atas ajakannya tersebut. Selama melakukan tugas tersebut. Puncak pemberontakan mereka terjadi ketika guru Isa. ia mengakui apa yang telah ia perbuat dan menyebutkan siapa saja yang terlibat dalam kasus itu. Hazil kemudian dapat ditangkap oleh polisi militer. Tak heran karena mereka bergabung dalam organisasi pemberontakan yang sama dan memaksa mereka untuk sering bertatap muka untuk membahas rencana mereka. bahkan setiap hari. merencanakan untuk menyerang serdadu Belanda disebuah bioskop. Hazil. Guru Isa tahu akan hal itu. Serdadu Inggris kemudian meninggalkan Indonesia setelah adanya perjanjian Linggar Jati. Setelah itu mereka bertiga pulang ke tempat masing-masing dan tidak saling member kabar untuk selang waktu yang lama. tetapi ia lebih memilih untuk diam. tak menyurutkan perasaan saling mencintai antara Karena merasa tidak bisa dipuaskan secara batin oleh guru Isa.bergabung dalam sebuah organisasi pemberontakan. sahabat Guru Isa sering berkunjung ke rumahnya. serdadu Belanda kemudian datang kembali ke Indonesia. Guru Isa terus bergelut dengan ketakutan dalam dirinya. Beberapa saat setelah kepergian serdadu Inggris. Aksi mereka tersebut berjalan lancar dan terkendali. Guru Isa menetujui walaupun dengan keadaan terpaksa. Akan tetapi. Hazil. lalu disembunyikan ke Karawang. Akan tetapi. dengan segala ketakutan yang menyelinutinya tersebut tidak mempengaruhu aksi penyelundupan organisasi pemberontakan mereka. dan Rakhmat. semakin sering Hazil berkunjung ke rumahnya. istrinya kemudian berselingkuh dengan teman guru Isa sendiri. Mereka berdua disiksa karena mereka tetap tidak mau mengaku di mana Rakhmat. temannya. Akan tetapi. bioskop Rex namanya. Begitu gambaran novel jalan Tak Ada Ujung tentang kisah Guru Isa yang selalu merasa terluka hatinya jika dikatakan padanya bahwa yang dirasakan tak lain adalah rasa takut. Hazil. Beberapa serdadu Belanda terluka akibat ledakan bom tersebut. Mereka melemparkan bom tanggan di depan pintu masuk bioskop tersebut. Tanpa disadari. rasa takutnya itu ia melakukan perbuatan yang berani dan bersifat kepahlawanan. Tak lama kemudian guru Isa menyusul Hazil ditangkap polisi. Gru Isa dan Hazil mendapat tugas mengambil senjata serta bom tangan yang berada di Asam reges yang kemudian disimpan di daerah manggarai. .

Mochtar Lubis dalam novelnya tersebut menganut teori psikoanalisis yang menceritakan konflik batin seseorang. sebagai biasa juga pada waktu-waktu seperti ini. Guru Isa menutup mukanya dengan kedua tangannya dan mengerang perlahan-lahan. pendekatan psikologi sangat tepat digunakan untuk mengkaji seperti apa konflik batin yang dialami tokoh utama. Dia hanya bisa menahan luapan rasa yang sungguh tak bisa ditunjukkan kepada keadaan disekelilingnya. Sebenarnya . Oleh karena itu. istrinya.19). konflik. Pendekatan psiklogi sastra sendiri merupakan metode penganalisisan sastra berdasarkan sudut pandang psikologi serta berolak dari asumsi bahwa karya sastra selalu membahas mengenai kejadian.B. Guru Isa berkeinginan hendak memeluk istrinya. yakni Guru Isa dalam novel Jalan Tak Ada Ujung. Dia amat benci dan sedih melihat sinar mata Fatimah yang tiada mengandung kasih dan cinta´. 32) Kutipan tersebut menyiratkan bagaimana suasana batin yang kemelut dirasakan dalam diri Guru Isa. serta peristiwa yang terjadi dan bagaimana manusia mennyikapinya. (hal. (hal. Pembahasan Teori Novel Jalan Tak Ada Ujung ini sangat relevan jika dikaji lebih detail dengan pendekatan psikologi sastra. Kemudian kutipan selanjutnya´Amat berat terasa bagi guru Isa untuk merenggut matanya dari Fatimah. Dalam hatinya. Tapi apa yang dirasakannya sekarang ialah reaksi yang lambat yang sekarang timul dari perasaannya yang tertekan tadi. Dia tidak tahu. karena hingga akhirnya dia masih berharap juga. Dia tidak bereaksi dan hanya bisa terdiam menahan konflik batin dengan terpaksa. Secara detail diungkap dalam kutipan tersebut bahwa begitu pahit derita batin yang dialami Guru Isa yang secara psikis terhadap ketakutan yang dirasakannya tak menutup pula rasa ketakutan lain akan kehilangan rasa cinta yang diberikan oleh Fatimah. Berikut kutipan yang menyangkut tokoh Guru Isa dalam kemelut batin jiwanya. Di tempat lain ia ingin mengadakan konfrontasi mengenai cinta dengan istrinya tetapi ia tekan juga perasaannya. tetapi keinginan itu ia tekan.

Habis satu muncul yang lain. engkau. ia terpaksa melakukannya. terus. Novel yang secara implisit mengurai konflik batin dan jiwa tokoh ³Guru Isa´ yang hidupnya tak lepas dari ketakutan dan ketakutan yang tak pernah surut. . C. Manusia tak dapat menghentikannya karena jalan yang ditempuh tersebut sebenanya mereka sendiri yang memilihnya. Berikut kutipannya.begitu dalam hasrat dan besar cinta yang diberikan kepada istrinya itu walau terkadang sulit dipahami oleh keduanya dan hanya menyiksa batin Guru Isa. Sekali kita memilih jalan perjuangan. semuanya telah memilih jalan perjuangan. tidak ada ujungnya. Ini musik hidupku. Masih ada kehidupan yang mereka tempuh. Ini revolusi yang kita mulai. Perjuangan ini. Banyak sekali terungkap pada bacaan novel ini tentang alasan pemiihan judul. (hal 46) Saya sudah tahu-semenjak mula. Dia tidak akan ada habis-habisnya kita tempuh. Mulai dari sini. Revolusi hanya alat mencapai kemerdekaan. sebuah penceritaan yang tak lepas dari kehidupan bahwa manusia hidup berdekatan dengan sebuah problema yang cukup rumit tergantung bagaimana manusia itu menyikapinya dan mencari jalan keluar.(hal 49) Kedua kutipan di atas cukup jelas bahwa dalam kehidupan manusia tak akan berhenti dalam suatu titik. Mencoba mengelakkan tetapi tidak mampu dengan kondisi yang tak mendukungnya. Ini perjuanganku. Jalan Tak Ada Ujung. terus. Dan individu tidak boleh diletakkan di bawah negara. Di mana ada ujung jalan perjuangan dan perburuan manusia mencari bahagia? Dalam hidup manusia selalu setiap wakyu ada musuh dan rintangan-rintangan yang harus dilawan dan dikalahkan. Dan kemerdekaan juga alat memperkaya kebahagiaan dan kemuliaan penghidupan manusia-manusia. Kebahagiaan manusia adalah dalam perkembangan seorang-seorang yang sempurna dan harmonis dengan manusia lain. dia hanya bisa pasrah mengikuti alur kehidupan yang didekatnya meskipun dalam hati. terus. Dan kita. Ini jalan tak ada ujung yang ku tempuh. Negara hanya alat. Analisis Jalan Tak Ada ujung menarik sekali jika digali lebih dalam mengenai segi judul yang diangkat oleh pengarangnya. maka itu jalan tak ada ujungnya.bahwa jalan yang kutempuh ini adalah tidak ada ujung. belum juga sampai ke ujungnya. meskipun kita sudah merdeka. Begitu pula dengan novel Jalan Tak Ada Ujung. demikian seterusnya.

E. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. mereka berjuang bersama untuk memberontak terhadap serdadu-serdadu bangsa lain. Bagian yang paling menarik menurut saya adalah keterikatan antara konflik yang satu dengan yang lainnya. http://ciew. Yogyakarta . Settingnya dibuat sedetil mungkin sangat jelas menggambarkan bagaimana keadaan paska kemerdekaan.com/2008/12/analisis-novel-jalan-tak-ada-ujung. penggambaran tokoh tidak secara langsung tapi sangat jelas perbedaan antara tokoh satu dengan tokoh lain. Mochtar. Tak mengherankan jika dengan novel Jalan Tak Ada Ujung mendapat hadiah sastra dari BMKN. Juga terdapat pesan kesabaran guru Isa dalam menjalani kehidupan yang berat baginya. Pustaka Nurgiantoro. sehingga tidak membuat cerita itu kabur. 2009. 1995. Banyak terdapat konflik-konflik kecil akan tetapi semua konflik itu tetap merujuk pada tema novel tersebut. Sarat makna dan berestetis sekali dalam penceritaan tiap alur dalam novel ini.blogspot. inti dari konflik hingga akibat dari konflik itu sendiri. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia Wiyatmi. Jalan Tak ada Ujung. Daftar Pustaka Lubis.D. Kesimpulan Novel Jalan Tak Ada Ujung jalan ceritanya seperti benar-benar realis.html . Bahasa yang digunakan sederhana sehingga mudah dicerna oleh pembaca. Pengantar Kajian Sastra. Banyak pesan yang disampaikan melalui novel tersebut. salah satunya yaitu sebuah pesan tentang kesetiakawanan yang terjalin antara guru Isa dengan Hazil. Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Setiap konflik digambarkan dengan tererinci mulai dari penyebab konflik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful