P. 1
1-Definisi Manajemen Pembangunan

1-Definisi Manajemen Pembangunan

3.0

|Views: 1,935|Likes:

More info:

Published by: Martina Cecilia Adriana on Apr 09, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/10/2013

pdf

text

original

Manajemen Pembangunan

Manajemen Pembangunan: mengapa diperlukan untuk perencanaan?      Perencanaan merumuskan rencana Rencana adalah suatu hasil pemikiran mendalam dan interaksi antar aktor yang kemudian disahkan menjadi komitmen untuk diikuti sebagai kesepakatan bersama Sekolah perencanaan mengajarkan (terutama) bagaimana merumuskan rencana yang rasional dan komprehensif. tetapi juga akseptabel (unsur partisipasi) sebagai sebuah komitmen dan kesepakatan Pertanyaannya: apakah rencana dan komitmen itu cukup untuk memuat rencana bermanfaat untuk memperbaiki realita atau untuk menuju cita-cita bersama? Setelah menjadi komitmen apa yang harus ada atau diperbuat agar komitmen itu ditepati oleh semua yang terlibat? .

Siklus yang tidak tertutup Kondisi kini dan kecenderungan masa depan MANFAAT?? PERUBAHAN. PERBAIKAN? KESEJAHTERAAN? Kondisi yang diinginkan (tujuan) Cara mencapai kondisi yang diinginkan Kesepakatan antar para pelaku (pengesahan rencana) .

pengorganisasian.Manajemen: definisi generik       Kekuatan yang menjalankan sebuah perusahaan. . yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia serta sumber-sumber lain. yang terdiri dari tindakan-tindakan: perencanaan. perekonomian dan masyarakat Tindakan merencanakan dan mengimplementasikan rencana Sebuah proses yang khas. organizing. dan yang bertanggung jawab atas sukses atau kegagalannya Tindakan memikirkan dan mencapai hasil yang diinginkan melalui usaha kelompok yang terdiri dari tindakan mendayagunakan bakat manusia dan sumber daya Usaha melaksanakan hal-hal tertentu melalui manusia Pemuasan kebutuhan ekonomi dan sosial karena bersifat produktif bagi manusia. controlling). penggerakan dan pengawasan (POAC=planning. actuating.

Manajemen: definisi substantif SEKTOR SWASTA  Manajemen perusahaan    Manajemen operasional Manajemen keuangan Manajemen produksi SEKTOR PUBLIK  Manajemen pemerintahan  Manajemen pembangunan  Manajemen perkotaan  Manajemen pertanahan .

.Pembangunan: definisi generik  Perubahan dari suatu kondisi ke kondisi yang lebih bermanfaat     Pembangunan gedung Pembangunan infrastruktur Pembangunan sosial Pembangunan ekonomi  Proses perubahan di masyarakat yang terencana dan terkendali untuk mencapai tujuan-tujuan dan sasaran kolektif demi kesejahteraan masyarakat.

Perencanaan Pembangunan   Upaya untuk menentukan strategi dan langkah-langkah yang akan dilakukan di masa depan agar kondisi masyarakat banyak yang diinginkan dapat dicapai Perencanaan pembangunan merupakan kesepakatan publik yang berciri     Rasionalitas Akseptabilitas Afordabilitas Manageable/implementable .

implementing/organizing Manajemen Pembangunan planning  Sebuah proses interaksi publik yang terkendali dan teratur antara stakeholder pembangunan untuk menentukan. melaksanakan. mengendalikan. yaitu kesejahteraan bagi semua controlling evaluating . strategi dan langkahlangkah yang diperlukan untuk membawa masyarakat kearah pencapaian tujuan-tujuan pembangunan. dan mengevaluasi arah.

Perencanaan-implementasi Sebagai Siklus Manajemen Pembangunan (Pembangunan Berencana) Kondisi kini dan kecenderungan masa depan Pemantauan dan evaluasi Kondisi yang diinginkan (tujuan) Pelaksanaan rencana Cara mencapai kondisi yang diinginkan Kesepakatan antar para pelaku (pengesahan rencana) .

MANAJEMEN PEMBANGUNAN: Upaya untuk merencanakan apa yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan dan mewujudkan apa yang direncanakan menjadi kenyataan .

Topik-topik (konsep-konsep kunci perencanaan dalam konteks manajemen pembangunan)          Perencanaan dalam kenyataan Perencanaan dan nilai-nilai Perencanaan Pembangunan vs Perencanaan Tata Ruang Sistem Perencanaan dalam kehidupan masyarakat Perencanaan dalam konteks publik Pemerintahan dan perencanaan Perencanaan dan hukum Peran-peran dalam perencanaan Perencanaan dan manajemen .

Tugas kecil      Kelompok diskusi 3-4 orang Cari artikel koran. Tulis ulasan 2-3 halaman. majalah. Kumpulkan tengah Oktober . jurnal dengan topik/kasus yang berkaitan dengan keberhasilan atau kegagalan perencanaan untuk mempengaruhi kejadian empirik Diskusikan dalam kelompok: faktor-faktor yang berperan dalam kasus tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->