Magic Puzzle dan Magic Sirkuit: Alat Peraga Memahami Konsep Luas dan Keliling Bangun Datar

Apa itu Magic Puzzle dan Magic Sirkuit? Tidak istimewa memang, tapi itu adalah nama dua alat peraga pembelajaran matematika yang saya buat bersama dengan teman-teman ketika mengikuti mata kuliah Workshop. Alat pembelajaran yang kami buat ini untuk memudahkan siswa kelas IV SD memahami materi konsep keliling dan luas bangun datar. Pengin tahu lebih detail? Yups berikut rinciannya: PETUNJUK PENGGUNAAN MAGIC PUZZLE Petunjuk Umum

y

Siswa memasang puzzle ke dalam kotak yang telah tersedia, membentuk bangun datar sesuai dengan yang dikehedaki.

y y

Siswa menghitung banyaknya kotak yang memuat bangun datar tersebut. Siswa membentuk bangun datar lain dari bangun datar yang telah dibuatnya tadi, dengan membongkar pasang susunan puzzle.

y

Siswa kembali menghitung banyaknya kotak yang memuat bangun datar yang telah dibuatnya tadi. Petunjuk Khusus

1.

1. Konsep Luas Jajar genjang Siswa memasang puzzle ke dalam kotak yang telah tersedia, membentuk bangun jajar genjang. Siswa menghitung banyaknya kotak yang memuat bangun jajar genjang tersebut. Siswa membentuk bangun persegi panjang dari bangun jajargenjang yang telah dibuatnya tadi, dengan membongkar pasang susunan puzzle.

y y y

y
1.

Siswa menghitung banyaknya kotak yang memuat bangun persegi panjang tersebut. 2. Konsep Luas Segitiga Siswa memasang puzzle ke dalam kotak yang telah tersedia, membentuk bangun persegi panjang.

y

y y

Siswa menghitung banyaknya kotak yang memuat bangun persegi panjang tersebut. Siswa membentuk bangun segitiga dari bangun persegi panjang yang telah dibuatnya tadi, dengan membongkar pasang susunan puzzle.

y

Siswa menghitung banyaknya kotak yang memuat bangun segitiga tersebut. Cara Membuat Magic Puzzle

Menempelkan kertas karton yang telah digambari kotak ± kotak persegi panjang di atas papan dengan lakban PETUNJUK PENGGUNAAN MAGIC CIRCUIT y y Siswa menjalankan mobil mainan mengelilingi bangun jajar genjang Siswa menghitung banyaknya kotak yang dilalui oleh mobil mainan tersebut Cara Membuat Magic Circuit Alat y y Bahan y y Scrool ( Gergaji mesin kecil ) Srekeel ( gergaji mesin besar ) Triplek 1 buah Kayu sengon . dengan triplek yang masih utuh agar keduanya melekat. Membuat gambar jajar genjang dengan pensil di tengah ± tengah salah satu triplek / papan. Meratakan papan tersebut dengan handplas siku. y y y y y Mengepres triplek / papan yang berlubang tadi. Membuat potongan puzzle Memotong papan / triplek kecil ± kecil berbentuk segi tiga siku ± siku. 2.Alat y y y y y y y y y y y Bahan y y y y y y Scrool ( Gergaji mesin kecil ) Srekeel ( gergaji mesin besar ) Handslap Amplas Meteran Siku Penggaris Pensil Kuas Bor Snowman Cara Membuat Triplek 3 buah Cat Plamir Lem Kertas karton Lakban 1. Mengamplas papan tersebut agar halus Mewarnai papan tersebut dengan warna yang kita inginkan. Membuat papan puzzle y y y y y Menyediakan triplek / papan sebanyak dua buah masing ± masing berukuran 40 x 66 cm² Mewarnai Masing ± masing triplek / papan dengan cat dasar / plamir . lalu memotong gambar tersebut sehingga terbentuk triplek / papan yang memiliki lubang berbentuk jajar genjang di tengah. Mewarnai potongan ± potongan segi tiga siku ± siku tesebut sesuai dengan warna yang kita inginkan.

y y y y y y y y y y Handslap Amplas Palu Meteran Siku Penggaris Pensil Kuas Bor Snowman y y y y y Cat Plamir Lem Paku Mobil mainan Cara Membuat y y y y Memotong triplek / papan berukuran 79 x 50 cm² untuk bagian atas meja. y y Membuat bendera dari papan kecil . Menyediakan kayu sebanyak 5 buah. Pada jajar genjang. y y Menghaluskan permukaan meja dengan amplas. y y Memasang kaki meja yang menggunakan kayu dengan paku di setiap sudut bawah papan. jalan setapak dan segitiga dengan warna yang berbeda dengan menggunakan cat. bagian tengahnya juga dibuat jajar genjang kecil. yang nanti akan digunakan sebagai tempat lintasan mobil. Memotong triplek / papan dengan lebar 6 mm untuk pembatas jalan pada sirkuit. Melekatkan bendera pada pada tiap sudut sirkuit. tiga buah kayu berukuran 48 cm dan dua buahnya berukuran 79 cm sebagai penyangga bagian bawah papan / triplek. y Melekatkan kayu penyangga pada papan dengan mengguakan lem dengan posisi. . kayu yang memiliki panjang 79 cm dilekatkan pada bagian papan yang juga memiliki panjang 79 cm. tegak lurus dengan posisi kayu yang panjangnya 79 cm yang telah dilekatkan tadi. lalu kayu yang memiliki panjang 48 cm dilekatkan pada bagian tepi papan dan tengah papan. Menyediakan kayu sebanyak empat buah dengan panjang 20 cm untuk kaki meja. sehingga antara sisi jajar genjang yang kecil dan jajar genjang yang besar terbentuk sebuah persegi empat yang lebih mirip jalan setapak. Menggambar bentuk jajar genjang dan segitiga dengan pensil. Mewarnai meja dan gambar jajar genjang. yang kami sebut sirkuit. y Melekatkan papan dengan lebar 6 mm dan panjang yang telah disesuaikan dengan panjang dan lebar jajar genjang untuk dilekatkan pada bagian tepi bangun jajar genjang besar dan jajar genjang kecil.

pengaturan pola makan yang ditujukan untuk menghilangkan lemak. Contoh pola makan Sarapan     2 potong roti gandum (optional) 3 sendok oatmeal (optional) 1 butir Daily Complete Formula 1 scoop Prostar Whey / Iso Cool / Iso Sensa 93 Snack Pagi 1 buah apel/ jeruk/ pir (optional) 2 potong roti gandum (optional) 3 sendok makan oatmeal (optional)                    2 butir Ultra Ripped Fast Acting Formula Makan Siang 100 gram dada ayam / ikan / sapi 50 gram beras merah (posisi belum masak) 200 gram sayuran 1 butir Daily Complete Formula Snack Siang 2 potong roti gandum (optional) 3 sendok makan oatmeal (optional) Sebelum Latihan 2 butir Ultra Ripped Fast Acting Formula + L-Carnitine 2 butir Kre-Alkalyn / 4 butir Beta K 1 buah pisang (optional) 3 sendok makan oatmeal (optional) Sesudah Latihan 1 scoop Prostar Whey / Iso Cool / Iso Sensa 93 2 sendok makan nasi putih (optional) 5 buah anggur (optional) Makan Malam 100 gram dada ayam / ikan / sapi 200 gram sayuran .

Duduk santai dengan mata terbuka. Gerakan mata melihat ke atas dan ke bawah sebanyak 10 kali dalam kondisi mata tertutup. Duduk tegak dengan pandangan lurus kedepan. Kemudian lihat kiri dan kanan tanpa menggerakkan kepala atau tubuh. Berbaring di tempat tidur dengan pandangan kearah langit-langit. kemudian angkat alis. Berikut panduan latihannya: Latihan Anti Penuaan Pada Mata      Tekan setiap sisi kepala Anda dengan dua jari sambil membuka dan menutup mata sebanyak 5-6 kali dengan cepat untuk mengencangkan otot mata.mencapai hasil optimal selama 10 menit setiap harinya agar kulit disekitar mata lebih kencang. Duduk santai. Ulangi latihan sebanyak lima set. Selamat mencoba! . Dekatkan kedua alis mata Anda dan pasang wajah merengut. Naikkan alis dengan mata terbuka lebar. Ulangi 10 set. tapi juga menjaga vitalitas fisik dan mental. Anda kan merasa lebih percaya diri daripada sebelumnya. Duduk santai dan tutup kedua mata Anda. Ulangi latihan sebanyak 5 set. lalu lihat ke atas dan ke bawah sebanyak 10 kali. regangkan kelopak mata hingga turun dan tahan posisi selama lima detik. Buka mata lebar. Ulangi sebanyak 10 set. Latihan Anti Penuaan Pada Dahi   Kerutkan muka (merengut). Secara emosional. Latihan anti penuaan bukan saja akan membuat Anda awet muda. Angkat alis dan buka mata selebar mungkin. Tutup kelopak mata Anda setengah jalan. kemudian angkat alis Anda dengan mata masih tertutup. posisi kepala menggantung di tepi dipan.

sampai tubuh membentuk lengkungan dengan perut di lantai. Gerakan-gerakan dalam latihan yoga berikut dapat membantu para wanita untuk menyingkirkan timbunan lemak perut. mengurangi lemak pada perut. Angkat kepala hingga hidung menyentuh lutut. Posisi kepala berada diantara lengan dan menyentuh . Tahan posisi ini selama ½ menit. Dhanurasan Di sini Anda akan berbaring telungkup. Pashchimottanasan Mulai gerakan dengan posisi berbaring dengan lalu duduk dengan posisi tangan di atas kepala. Manfaat: Mengurangi timbunan gas dari perut. Manfaat: Mengurangi lemak perut. Padahal. Tahan nafas kemudian kembali ke posisi semula dan buang napas. Anda mulai dengan berbaring. Bahkan ketika Anda stres. Pavan-Muktasan Dalam latihan ini. mengecilkan perut yang buncit dengan tumpukan lemak berlebih adalah hal yang sangat penting. Dan yoga adalag salah satu bentuk latihan yang baik untuk membantu Anda mengecilkan perut buncit. Posisi punggung lurus. Angkat tubuh bagian atas Anda dengan kekuatan otot punggung hingga kepala terangkat ke atas tetapi tangan tetap menempel di lantai. Bhujangasan Mulai dengan berbaring dengan perut dan dahi menempel di lantai. kemudian lipat kaki kiri dari lutut. kemudian bungkukkan tubuh ke depan untuk menahan jari-jari kaki. Tarik tangan Anda dan dorong dengan kaki. Untuk itulah. memadatkan dan meningkatkan fleksibilitas tulang belakang serta meningkatkan vitalitas. Mengatur pola makan yang baik dan berolahraga teratur adalah kunci penting untuk mengecilkan perut dengan mengurangi timbunan lemak perut kita. lemak yang paling berbahaya adalah lemak yang tersembunyi di balik perut. Tahan posisi ini selama ½ menit. Manfaat: Membantu menjaga tulang belakang tetap elastis dan kuat.Lemak di perut berbeda dengan lemak di bagian tubuh lainnya. jumlah hormonkortisol akan meningkat yang mengakibatkan lebih banyak lemak disimpan di daerah perut. dan meningkatkan fleksibilitas dari lutut hingga pinggul. kemudian tekuk lutut dan tahan pergelangan kaki. posisi kedua lutut rapat. Pegang dan rapatkan jari kedua tangan. Meredakan sakit punggung dan mengurangi lemak perut. kemudian bawa kaki yang dilipat hingga menyentuh ke arah perut. Lakukan latihan ini selama ½ menit pada setiap kaki.

sebenarnya masih banyak gerakan yoga lainnya yang sangat baik untuk membantu mengurangi timbunan lemak perut dan mengecilkan perut Anda. Lakukan latihan yoga ini untuk menyingkirkan lemak pada perut Anda sekaligus untuk fleksibilitas tubuh.lutut. . khususnya punggung. Manfaat: Mengurangi lemak perut dan menjaga nafsu makan. Yoga juga berguna untuk memperkuat mental dan jiwa Anda. Selain beberapa gerakan yoga di atas.

Memiliki perut yang indah adalah impian setiap orang. Tekuk lutut dan tempatkan kaki di lantai.      . Tempatkan tangan di lantai. antara lain: Reguler Crunch Cara melakukannya:        Berbaring dengan punggung di lantai. berikut ini adalah langkah-langkah melakukan beberapa jenis crunch dengan benar. Kembali ke posisi awal perlahan dan ulangi latihan. Tekuk lutut dan tempatkan kaki di lantai. tetapi pastikan punggung tidak menyentuh lantai. Jari-jari di kedua tangan saling merengkuh. Oblique Crunch Cara melakukannya: Berbaring dengan punggung di lantai. Tips: jangan mendorong leher menuju lutut karena ini latihan untuk otot perut bukan otot leher. kemudian tempatkan di belakang kepala sebagai sandaran leher. Crunch memiliki jenis variasi latihan yang berbeda dan menarik untuk dilakukan. Banyak orang yang melakukan crunch tetapi masih belum mendapatkan hasil yang optimal. Jari-jari di kedua tangan saling merengkuh. dengan kaki diletakkan di lantai. Nah.      Perlahan kembali ke posisi awal dan lakukan hal yang sama di sisi lain. Angkat bahu dari lantai. Perlahan kontraksikan otot perut Anda dan angkat pinggul dari lantai dan arahkan kaki ke langit-langit. Buang napas saat mengangkat bahu dari lantai. kemudian tempatkan di belakang kepala sebagai sandaran leher. Salah satu latihan perut yang paling sering dilakukan adalah crunch. Hal ini bisa diakibatkan oleh teknik latihan yang keliru. buat gerakan memutar ke kanan dan coba untuk menyentuh lutut kanan dengan siku kiri. Angkat kaki dari lantai dan tekuk lutut ke arah dada Anda sampai sudut 90 derajat. Tahan posisi selama beberapa detik Kembali ke posisi awal. Reverse Crunch Cara melakukannya: Berbaring di lantai.

Jika Anda ingin menambahkan intensitas untuk latihan crunch. Pada posisi akhir. Lakukan crunch dan dapatkan bentuk perut yang Anda inginkan. kemudian tempatkan di belakang kepala sebagai sandaran leher. pastikan kaki direntangkan dan tidak bergerak. sebelum melepaskan posisi. Jari-jari di kedua tangan saling merengkuh. Kontraksikan otot perut dan angkat bahu dari lantai.Full Vertical Crunch Cara melakukannya:       Berbaring dengan punggung di lantai dan kaki terangkat ke atas. Anda akan membentuk posisi µU¶ dengan tubuh Anda. Ketika Anda mengangkat badan. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah latihan. Tahan posisi selama beberapa detik. Selamat berlatih! . gunakanlah bola stabilitas.

9). Tinggal dihitung satu persatu seperti integral Jadi.Soal 1. garis lurus dari (1. 5. . . . . maka diperoleh 3. Karena pangkal dan ujung lintasan sama seperti pada bagian (a). sukus pertama. sehingga analitik. sehingga merupakan lintasan tertutup. Gunakan Rumus integral Cauchy y y y Karena terletak di dalam maka . maka hasilnya juga sama. Fungsi analitik karena merupakan perkalian fungsi polinom dan eksponensial yang keduanya merupakan fungsi-fungsi analitik. Lintasannya adalah persegi sehingga merupakan lintasan tertutup. Suku ketiga. Lintasannya adalah lingkaran berpusat di 0 dan berjarijari 2. Selanjutnya kita hitung suku-suku ruas kanan satu persatu. Menggunakan teorema Cauchy-Goursat. Menggunakan teorema Cauchy-Goursat. (b) Perhatikan bahwa analitik (buktikan!). . Hitunglah integral kompleks sudut 5.9) dilanjutkan dengan garis lurus dari (1. (b). Hitunglah integral kompleks jika adalah: a) kurva dari (1. pada kalkulus 2.1) sampai (3. maka diperoleh . dan hasilnya Perhatikan bahwa adalah . 2. . (a) . maka nilai integral tidak bergantung pada lintasan. . maka akan didapatkan .9) sampai (3.1) sampai (1. Hitunglah: (a) sudut persamaan Jawaban 1. kedua Suku keempat. Lintasannya yang dapat diubah menjadi (lihat gambar di bawah!) . suku . (b) jika adalah persegi dengan titik-titik jika jika adalah persegi panjang dengan titik-titik adalah kurva dengan . Pernah dibahas.9) 2. Perhatikan bahwa . Tuliskan teorema Green di bidang kompleks 4. dan (c). yaitu . . Hitunglah integral kompleks 3. Baca saja di buku! 4. Menurut akibat teorema CauchyGoursat.

sedangkan terletak di luar lintasan tertutup.Titik Jadi. . . terletak di dalam.