P. 1
Pengertian SO

Pengertian SO

|Views: 106|Likes:
Published by mprincecharming

More info:

Published by: mprincecharming on Apr 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/10/2011

pdf

text

original

Multiuser Satu komputer digunakan untuk banyak orang pada saat bersamaan.

Sistem ini biasanya digunakan dalam komputer mainframe yang dalam sistem ini juga disebut host (komputer induk), yang bekerja sebagai pusatpemrosesan. Workstation hanya berfungsi sebagai terminal bodoh (dumb terminal) saja sehingga beban kerja bertumpu pada komputer induk. Multiprogramming Melayani banyak program yang tidak ada hubungannya satu sama lain dan dijalankan sekaligus dalam satukomputer yang sama. Pelaksanaan instruksi yang diterapkan adalah: - program dimuat ke dalam memori, - program dijalankan sampai mengakses perangkat I/O, - berpindah (switch) ke pekerjaan lain, - langkah tersebut berulang terus menerus, - untuk proses perpindahan (switching), dilaksanakan oleh software.

device independence Karakteristik program interface atau protokol yang mendukung operasi software yang memberikan hasil yang serupa pada berbagai jenis hardware.

Time Sharing Adalah inovasi yang memungkinkan komputer komputer besar memproses banyak tugas secara simultan, dengan memberikan potongan waktu pada masing-masing tugas, dan beralih dari satu tugas ke tugas lainnya dengan cepat.

Spooling Membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus, dapat diakses secara simultan, yaitu dengan cara menyediakan beberapa partisi memori. Saat terdapat permintaan layanan peripheral, langsung diterima dan data disimpan dulu di memori yang disediakan (berupa antrian), kemudian dijadwalkan agar secara nyata dilayani oleh peripheral.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->