P. 1
PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL

|Views: 51|Likes:

More info:

Published by: Dhea Rafsaloka Utomo on Apr 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/10/2011

pdf

text

original

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL

By: Laily Komariyah

PENGERTIAN IDEOLOGI
‡ 1. Soerjanto Poespowardojo: Sebagai komplek pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami jagat raya, bumi, dan seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengolahnya.

‡ M.Sastrapratedja: seperangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir dalam suatu sistem yang teratur

‡ A.T. Soegito: Serangkaian pemikiran yang berkaitan dengan tertib sosial politik yang ada, serta berupaya untuk mengubah serta mempertahankan tertib sosial [politik yang bersangkutan

‡ Ramlan Surbakti: sebagai seperangkat gagasan tentang kebaikan bersama yang dirumuskan dalam bentuk tujuan yang hendak dicapai dan cara-cara untuk mencapai tujuan itu.

‡ Frans Magnis Suseno: membagi Ideologi dalam 2 pengertian. ‡ 1. Ideologi dalam penertian luas: Segala kelompok cita-cita luhur, nilai-nilai dasar dan keyakinan-keyakinan yang mau dijunjung tinggi sebagai pedoman normatif.

‡ 2. Ideologi dalam arti sempit: Gagasan atau teori yang menyeluruh tentang makna hidup dan nilai-nilai yang akan menentukan dengan mutlak bagaimana manusia harus hidup dan bertindak.

‡ TUGAS ! JELASKAN PERBEDAAN ANTARA IDEOLOGI TERBUKA DENGAN IDEOLOGI TERTUTUP. ‡ Tugas dikerjakan secara individu ‡ Kerjakan di buku tugas.

TIGA UNSUR YANG DIMILIKI SETIAP IDEOLOGI
‡ 1. Berisi penafsiran atau pemahaman terhadap suatu kenyataan, artinya orang atau masyarakat dapat membuat penafsiran tentang keadaan berdasar Ideologi\nya.

‡ 2. Berisi nilai-nilai yang dianggap baik dan diterima oleh masyarakat sebagai pedoman bertindak, artinya masyarakat dapat berbuat berdasarkan nilai yang dianggap baik.

‡ 3. Memuat suatu orientasi tindakan, artinya ideologi merupakan suatu pedoman kegiatan untuk melaksanakan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

PANCASILA Sebagai Ideologi Bangsa Indonesia
‡ Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta Panca berarti lima, Syila berarti alas,dasar.Secara utuh berarti: peraturan tingkah laku baik yang jumlahnya lima. ‡ Istilah Panca syila dikenal sejak jaman Majapahit abad 14. di dalam buku Negarakertagama karangan Empu Tantular.

RUMUSAN PANCASILA DARI Ir. SOEKARNO
1, Nasionalisme atau kebangsaan Indonesia 2. Internasionalisme atau kemanusiaan 3. Mufakat atau demokrasi 4. Kesejahteraan sosial 5. Ketuhanan Yang Maha Esa

DASAR HK. PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL
‡ TAP MPR No, XVIII/MPR/1998 tentang pencabutan Ketetapan MPR RI No. II/MPR/1978 tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila Eka Prasetya Panca Karsa)

PANCASILA SBG IDEOLOGI BANGSA MEN. NOTONEGORO
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ASAL MULA LANGSUNG. Meliputi: 1. Asal Mula Bahan (Kausa Materialis) 2. Asal Mula Bentuk( Kausa Formalis) 3. Asal Mula Karya ( Kausa Efisien) 4. Asal Mula tujuan ( Kausa Finalis )

‡ ASAL MULA TIDAK LANGSUNG: nilainilai Pancasila yang telah tercermin dan teramalkan dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia sejak dahulu sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

LATAR BELAKANG PANCASILA SBG. IDEOLOGI BANGSA
‡ 1. Proses sejarah bangsa Indonesia ‡ 2. Nilai-nilai Pancasila telah tercermin dan teramalkan dalam kehidupan sehari-hari oleh bangsa Indonesia sejak sebelum Proklamasi Kemerdekaan RI. ‡ 3. Ideologi Pancasila mengemban tugas kemasa depan dalam mewujudkan masyarakat adil makmur berdasarkan Pancasila

5 NILAI YANG DIMILIKI PANCASILA
‡ NILAI KETUHANAN; adanya pengakuan dan keyakinan bangsa terhadap adanya Tuhan sebagai pencipta alam semesta. ‡ NILAI KEMANUSIAAN: adanya kesadaran sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya.

‡ NILAI PERSATUAN: usaha kearah bersatu dalam kebulatan rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam NKRI. ‡ NILAI KERAKYATAN: Nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan mengandung makna suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat dengan cara musyawarah untuk mufakat melalui lembagalembaga perwakilan. Berdasarkan nilai ini, diakui paham dedmokrasi yang lebih mengutamakan pengambilan keputusan melalui musyawarah mufakat.

‡ NILAI KEADILAN: sebagai dasar sekaligus tujuan yaitu mencapai masyarakat Indonesia yang adil dan makmur secara lahiriah maupun batiniah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->