P. 1
Pengertian Humas

Pengertian Humas

|Views: 667|Likes:
Published by Poy Chepoy Cii

More info:

Published by: Poy Chepoy Cii on Apr 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/10/2013

pdf

text

original

Pengertian Humas

Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Prof.Dr. Soleh Sumirat,M.S. dalam bukunya Dasar-Dasar Public Relations menyimpulkan bahwa public relations atau hubungan masyarakat adalah tindakan pencitraan yang dilakukan untuk menarik simpati masyarakat terhadap suatu organisasi atau perusahaan. Humas merupakan jembatan penghubung antara sekelompok manusia di suatu organisasi dengan sekelompok manusia lain. Keberagaman karakter dan sifat manusia lebur menjadi satu dalam memahami organisasi atau perusahaan tertentu karena adanya hubungan masyarakat atau humas yang menerangkan tentang fungsi dari kelembagaan tersebut. Oleh karena itu, humas bisa dikatakan sebagai bagian dari ilmu sosial. Bicara mengenai ilmu sosial, komunikasi menjadi kebutuhan yang mendasar. Humas dianggap bisa menjadi yang paling memegang peranan dalam berhasil tidaknya komunikasi yang terjalin di tengah-tengah masyarakat. Dalam hal ini, humas harus benar-benar memahami budaya, bahasa, norma yang berlaku, pendekatan psikologis, serta bagaimana hubungan sosial yang tercipta di antara individu atau kelompok masyarakat satu dengan individu atau kelompok lainnya. Kriteria Humas Humas dibentuk untuk menunjukkan citra positif suatu organisasi sekaligus mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Target mereka datang dari kalangan internal dan eksternal. Humas menjadi bagian dari suatu manajemen perusahaan yang dapat menghubungkan interaksi sosial yang terjadi di sekitar lingkungan kerja perusahaan. Selain itu juga penting baginya membina hubungan sosial yang baik ke masyarakat luar dalam rangka go public atau kebutuhan promosi lainnya. Di antara kegiatan yang humas sering lakukan adalah memberikan informasi, menerangkan hingga melakukan tindakan persuasif, berpromosi melalui iklan, brosur, press release, buklet, juga mengadakan acara seperti konferensi pers, pameran, dan charity. Untuk bisa melakukan semua tugasnya, seorang humas haruslah memiliki kriteria sebagai berikut:
y y y y y

Communicative, mampu berkomunikasi dengan baik, verbal maupun tulisan. Leadership skill, memiliki kemampuan dalam memimpin. Make friends, fleksibel dalam bergaul. Credibility, mendapatkan kepercayaan dari masyarakat karena kejujurannya dalam menerangkan sesuatu yang positif tentang perusahaan secara netral dan objektif tentunya. Plenty of ideas, seorang humas dituntut untuk menciptakan hal-hal baru yang kreatif dan inovatif dalam mempromosikan perusahaan.

Ruang Lingkup Humas Pada masa lalu, praktisi humas berpandangan bahwa humas hanya sebagai komunikasi satu arah yang bertujuan membujuk pihak lain. Namun dewasa ini pandangan mengenai pengertian humas mulai mengalami perubahan dengan memasukkan aspek komunikasi atau hubungan dua arah (two-way communications). Definisi mengenai humas kemudian memasukkan kata-kata seperti reciprocal (timbal balik), mutual (saling) dan between (antara). Dengan demikian pengertian humas sudah mengandung pengertian aksi timbal balik (interaktif).

Humas dan Teori Komunikasi Kegiatan humas cenderung dipandang sebagai kegiatan praktis belaka yang tidak membutuhkan teori sebagai pendukungnya. Ini adalah pandangan keliru. Humas adalah salah satu cabang ilmu komunikasi yang sangat penting. Pada bagian ini kita akan melihat bahwa humas merupakan salah satu cabang ilmu komunikasi yang paling banyak menggunakan teori komunikasi sebagai dasar berpijaknya. Bahkan kita dapat mengatakan tidak ada teori komunikasi yang tidak dibutuhkan humas. Praktisi humas idealnya harus mempelajari seluruh teori komunikasi karena seorang praktisi humas berkomunikasi dalam segala level, mulai dari komunikasi tatap muka hingga komunikasi massa, dengan menggunakan segala media atau saluran yang ada.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->