P. 1
perkembangan-peserta-didik

perkembangan-peserta-didik

|Views: 184|Likes:
Published by Raey_me

More info:

Published by: Raey_me on Apr 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/03/2014

pdf

text

original

Pertumbuhan dan Perkembangan

Perkembangan Adalah : - Santrock ussen (1992) : Perkembangan merupakan pola perkembangan individu yang berawal pada masa konsepsi dan berlanjut sepanjang hayat dan bersifat involusi. - E. B. Hurlock : Perkembangan merupakan serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman, dan terdiri atas serangkaian perubahan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. - Drs. H. M. Arifin, M. Ed : Perkembanagn merupakan perubahan-perubahan dalam bentuk bagian tubuh dan integrasi dan hanya dapat dilihat gejala-gejalanya. - Gut Windarsih dan Rohana Kusumawati : Perkembangan merupakan proses menuju keadaan yang lebih dewasa bersifat kualitatif. - Werner (1957) :Perkembangan sejalan dengan prinsip orthogenetis, bahwa perkembangan berlangsung dari keadaan global dan kurang berdiferensiasi sampai ke keadaan diman diferensiasi, artikulasi, dan integrasi meningkat secara bertahap. - Nagel (1957) : Perkembangan merupakan pengertian dimana stuktur yang terorganisasi dan mempunyai fungsi-fungsi tertentu, oleh karena itu bilamana terjadi perubahan stuktur baik dalam organisasi maupun dalam bentuk, akan mengakibatkan perubahan fungsi. - Schneirla (1957) : Perkembangan adalah perubahan-perubahan progresif dalam organisasi organisme, dan organisme ini dilihat sebagai sistem adaptif sepanjang hidupnya. - Spiker (1966) : Perkembangan berhubungan dengan dua hal yaitu:

M. Tujuan perkembangan adalah realisasi diri atau pencapaian kemampuan bawaan. yakni perkembangan asal-usul manusia sampai sekarang ini. . . 2) Filogenetik. Bahwa perkembangan melibatkan perubahan. Arifin. Prinsip-Prinsip Perkembangan 1. H. dan bagaimanan kelompok sosial bereaksi terhadap anak ketika perubahan ini terjadi.Werner : Pertumbuhan merupakan perubahan secara fisiologis sebagai hasil proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat pada waktu yang noemal.1990:31) : Perkembangan adalah proses perubahan dalam pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksi lingkungan. dan bagaimana mereka mempengaruhi penampilan anak.massa.Gut Windarsih dan Rohana Kusumawati : Pertumbuhan merupakan bertambahnya ukuran(volume. bagaimanan mereka mempengaruhi penampilan anak.kemetangan dan belajar. . . Pertumbuhan Adalah : . Sikap anak terhadap perubahan dipengaruhi oleh kesadaran akan perubahan tersebut. bagaimana pengaruhnya terhadap perilaku anak. dan tinggi) pada makhluk hidup yang beresifat kuantitatif dan irreversible. dan Strauss (Singgih. M.Libert. yang berhubungan dengan perkembangan sejak terbentuknya individu yang baru dan seterusnya sampai dewasa.Monks(1984) : Perkembangan dapat dilukiskan sebagai suatu proses yang kekal dan tetap menuju ke arah suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi.1) Ortogenetik.Drs. sikap social terhadap perubahan ini. berat atau ukuran dimensif tubuh serta bagian-bagiannya. berdasarkan proses pertumbuhan. . Paulus. Ed : Pertumbuhan merupakan suatu penambahan dalam ukuran bentuk.

Bahwa perkembangan awal lebih penting dari pada perkembangan selanjutnya. dan terdapat korelasi dalam perkembangan. ia dapat diubah sebelumnya menjadi pola kebiasaan. Periode pola perkembangan. serta pola perilaku yang normal dan yang terbawa dari periode sebelumnya biasanya disebut perilaku “bermasalah”. akhir masa kanak-kanak. . Perkembangan menekankan kenyataan bahwa perkembangan timbul dari interaksi kematangan dan belajar dengan kematangan yang menetapkan batas dari perkembangan. Kepentingan untuk mengetahui bahwa terdapat perbedaan individu dalam perkembangan adalah bahwa ia mennekankan pentingnya melatih anak sesuai dengan kebutuhannya dan tidak mengharapkan perilaku yang sama pada semua anak. Pola perkembangan dapat diramalkan. Yang penting diantaranya adalah persamaan pola perkembangan bagi semua anak. 5. masa bati. 7. Pada setiap periode perkembangan terdapat harapan sosial. 8. masa kanak-kanak. 4. Pola perkembangan mempunyai karakteristik yang dapat diramalkan. Terdapat perbedaan individu dalam berkembang. Bahwa terdapat perbedaan individu dalam perkembangan yang sebagian karena pengaruh bawaan dan sebagian karena kondisi lingkungan. Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar. dan masa puber. perkembangan terjadi secara berkesinambungan. berbagai bidang perkembangan dengan kecepatan yang berbeda. masa neonatus. Dalam semua periode ini terdapat saat-saat keseimbangan dan ketidakseimbangan. 6. perkembangan berlangsung dari tanggapan umum ke tanggapan spesifik. Perkembangan awal lebih kritis dari pada perkembangan selanjutnya. Harapan sosial ini terbentuk tugas perkembangan yang menungkinkan para orang tua dan guru mengetahui pada usia berapa anakanak mampu menguasaiberbagai pola perilaku yang diperlukan bagi penyesuaian yang baik.2. Walaupun pola yang dapat diramalakan ini dapat diperlambat dan dipercepat oleh kondisi lingkungan di masa pra lahir dan pasca lahir. Ini berlaku baik dalam perkembangan fisik maupun psikologis. Apabila perkembangan membahayakan penyesuaian pribadi dan sosial anak. Periode perkembangan biasanya diebut periode pralahir. karena dasar awal sangat dipengaruhi oleh proses belajar dan pengalaman. 3.

Fase Bayi Adalah saat perkembangan yang berlangsung sejak lahir sampai 18 atau24 bulan. Fase Kanak-kanak Awal( masa pra sekolah) Adalah fase perkembangan yang berlangsung sejak akhir masa bayi sampai 5 atau 6 tahun. berbicara. 3. Tahun pertama kehidupan biasanya paling bahagia dan masa puber biasanya yang paling tidak bahagia. hubungan emosional dengan orang tua.6 tahun Belajar : berjalan. Santrock dan Yussen membagi atas lima fase yaitu: 1. yang dimulai kira-kisa umur 10 sampai 12 tahun dan beakhir kira-kira umur 18 sampai 22 tahun. 4.9. Setiap bidang perkembangan mengandung bahaya dan potensial. kestabilan jasmani . Tugas perkembangan pada usia bayi dan kanak-kanak 0. Fase Perkembangan Perkembangan dibagi berdasarkan waktu yang dilalui manusia dengan sebutan fase. Bahaya tersebut terjadi baik fisik maupun psikologis yang dapat mengubah pola perkembangan. Fase Remaja Adalah masa perkembengan yang merupakan transisi dari masa anak-anak ke masa dewasa awal. Fase Kanak-kanak tengah dan akhir ( masa usia sekolah dasar) Adalah fase perkembangan yang berlangsung sejak kira-kiora umur 6 sampai 11 tahun 5. masa ini adalah masa yang sangat bergantung pada orang tua. makan. Kebahagiaan bervariasi pada berbagai periode perkembangan. Fase pra natal (saat dalam kandungan) Adalah waktu terletak antara masa pembuahan dan masa kelahiran 2. TUGAS-TUGAS PERKEMBAGAN 1. mengenal perbedaan pria wanita. 10. Tugas perkembangan pada masa sekolah 6 – 12 tahun .memebentuk konsep. mengadakan hubungan baik dan buruk 2.

Rmansipasi dari kontrol keluarga .Memiliki filsafat hidup .Menerima keadaan dirinya dan percaya diri .Menerima fisiknya sendiri berikut keragaman kualitasnya .Menerima keadaan fisik dan menggunkan secara efektif . Tugas perkembangan masa remaja Menurut Wiliam Kay .Identifikasi diri Menurut Havigrus .Belajar: ketrampilan fisik.Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya .Belajar bergaul secara individula dan kelompok (komunikasi minterpersonal) . bergaul. mengembangkan kata hati.Mencapai kemandirian emosional .berhitung.Pemantapan minat heteroseksual .Mengembangkan ketrampilan intelektual .Mencapai peran sosial wanita atau pria .Mampu meninggalkan sifat kekanak-kanakan Menurut Luella Cole .Menemukan idola . membaca.Kematangan emosional . mengembangkan konsep sehari-hari.Memilih dan mempersiapkan karir . sikap sehat.Mencapai jaminan kemandirian ekonomi .Memilih pekerjaan/karir .Menggunakan waktu senggang secara tepat .Mencapai hubungan lebih matang dengan teman sebaya . menulis. mengembangkan sikap positif terhadp kelompok sosisal 3.Kematangan sosial .Mencapai tingkah laku yang bertangung jawab secara sosial .Memperkuat pengendalian diri . memperoleh kebebasan pribadi.Mempersipakan pernikahan dan hidup keluarga . eksistensi diri.

Pengembangan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME ASPEK-ASPEK PERKEMBANGAN 1. Pencapaian tugas perkembangan melalui kelompok teman sebaya 2. Otot. Struktur fisik ) 2. Perkembangan Kepribadian 7. Perkembangan Emosi 4. Perkembangan Fisik (Syaraf.. Perkembangan Moral 8. Perkembangan Kesadaran beragama . Mencapai perkembangan kemandirian pribadi 3. Perkembangan Bahasa 5. Perkembangan Intelegensi 3.Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME PERAN SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN TUGAS PERKEMBANGAN 1.Memperoleh seperangkat nilai dan norma dalam bertingkah laku . Perkembangan Sosial 6. Kelenjar Endokrin.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->