PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING (HUANG-HO), CINA

Dimas Ivaldi XF ² SMA Labschool Kebayoran

Sungai Hwang Ho disebut sebagai Sungai Kuning karena membawa lumpur kuning sepanjang alirannya. Pada daerah lembah sungai yang subur inilah kebudayaan bangsa Cina berawal. Sungai ini bersumber dari Pegunungan Kwen-Lun di Tibet dan mengalir melalui daerah Pegunungan Cina Utara hingga membentuk dataran rendah dan bermuara di Teluk Tsii-Li.Peradaban Lembai Sungai Kuning Peradaban Lembah Sungai Kuning adalah peradaban bangsa Cina yang muncul di lembah Sungai Kuning (Hwang Ho atau yang sekarang disebut Huang He). Dalam sejarah. Laut Kuning. . Berbagai kesulitan dan tantangan tersebut mendorong bangsa Cina untuk berpikir dan mengatasinya dengan pembangunan tanggul raksasa di sepanjang sungai tersebut. daerah tersebut menyulitkan masyarakat Cina kuno untuk melaksanakan aktivitas hidupnya karena terjadinya pembekuan es di musim dingin dan ketika es mulai mencair akan terjadi banjir serta air bah.

Sedang di dataran tinggi sebelah selatan mengalir Sungai Yang Tse Kiang yang berhulu di Pegunungan Kwen-Lun (Tibet) dan bermuara di Laut Cina Timur.Letak Geografis Sungai Kuning atau Hwang-Ho bersumber di daerah pegunungan Kwen-Lun di Tibet. . Setelah melalui daerah pengunungan Cina Utara. sungai panjang yang membawa lumpur kuning itu membentuk dataran rendah Cina dan bermuara di Teluk Tsii-Li di Laut Kuning.

jagung dan kedelai. Irigasi sudah tertata dengan baik. Kemudian pada masa pemerintahan Dinasti Chin (221206 SM) terjadi kemajuan yang mencolok dalam sistem pertanian. yakni sekitar tahun 5000 SM. Pada masa ini lahan gandum sudah diusahakan secara luas. teh. Pupuk sudah dikenal untuk menyuburkan tanah. Kemudian penggarapan lahan dilakukan secara teratur agar kesuburan tanah dapat bertahan. .Pertanian Pada daerah yang subur itu masyarakat Cina hidup bercocok tanam seperti menanam gandum. Pertanian Cina kuno sudah dikenal sejak zaman Neolitikum. Pada masa ini pertanian sudah diusahakan secara intensif. padi.

Berkembangan ilmu astronomi merupakan dasar dari berbagai aktivitas kehidupan bangsa Cina karena sistem pertanian. dan usaha lainnya memerlukan informasi tentang pergantian dan perputaran musim. dan tembaga. pelayaran. senjata. .Teknologi Masyarakat Cina kuno memiliki banyak ahli astronomi (ilmu perbintangan) yang dapat membantu masyarakat dalam pembuatan sistem penanggalan. besi. emas. perhiasan. Perkembangan teknologi masyarakat Cina kuno terlihat dari pembuatan barang-barang perdagangan seperti barang tambang dan hasil olahannya berupa perabot rumah tangga. timah. Cina kaya akan barang tambang seperti batu bara. dan alat pertanian. wolfram.

Menurut ajaran Kong Fu Tse. (2)Ajaran Kong Fu Tse berdasarkan Tao juga.Filsafat Filsafat Cina berkembang pada masa pemerintahan Dinasti Chou. (1)Ajaran Lao Tse tercantum dalam bukunya yang berjudul Tao Te Cing. Lao Tse percaya bahawa ada semangat keadilan dan kesejahteraan yang kekal dan abadi. Pada masa itu lahir tiga ahli filsafat Cina. Tao adalah sesuatu kekuatan yang mengatur segala-galanya dalam alam semesta ini. yakni Lao Tse. (3)Meng Tse (372-280 SM) adalah seorang murid Kong Fu Tse yang melanjutkan ajaran gurunya. sehingga tercapai keselarasan. yaitu bernama Tao. dan Meng Tse. . Ajaran Lao Tse bernama Taoisme. Kong Fu Tse.

Perkembangan seni lukis terlihat dari banyaknya lukisan hasil karya tokoh ternama yang menghiasi istana dan kuil. Kaisar Qin Shi Huang menghubungkan dindingd-dinding pertahanan yang telah dibangun tersebut menjadi tembok raksasa dengan sepanjang 7000 km. Keramik Cina merupakan hasil kebudayaan rakyat yang bernilai sangat tinggi dan menjadi salah satu komoditi perdagangan saat itu. kuil. keramik. dan Meng Zi banyak dibukukan baik oleh filsuf itu sendiri maupun para pengikutnya. Pada masa pemerintahan Dinasti Tang. Pada masa pemerintahan Dinasti Han. Selain berupa sastra. Rakyar Cina menganggap bahwa kaisar atau raja merupakan penjelmaan dewa sehingga istana untuk sang raja dibangun dengan indah dan megah. Kong Fu Zi. dan istana. lukisan dewa-dewa.Kebudayaan Masyarakat Cina kuno telah mengenal tulisan sejak 1500 SM yang ditulis pada kulit penyu atau bambu. dan lukisan raja yang pernah memerintah. . Ajaran Lao Zi. yaitu satu lambang untuk satu pengertian. kebudayaan Cina yang muncul dan berkembang di lembah Sungai Kuning adalah seni lukis. yaitu Li Tai Po dan Tu Fu. Lukisan yang dipajang umumnya berupa lukisan alam semesta. seni sastra Cina kuno berkembang pesat seiring dengan ditemukannya kertas. Pada awalnya huruf Cina yang dibuat sangat sederhana. hidup dua orang pujangga terkemuka yang banyak menulis puisi kuno. Hasil kebudayaan Cina yang sangat terkenal hingga saat ini adalah Tembok Besar Cina yang dibangun pada masa Dinasti Qin untuk menangkal serangan dari musuh di bagian utara Cina.

Pemerintahan Dalam perjalan sejarahnya. Kaisar dihormati sebagai utusan atau bahkan anak dewa langit. ‡Sistem Pemerintahan Unitaris. ada dua macam sistem pemerintahan yang pernah dianut dalam kehidupan kenegaraan Cina kuno. dalam masa pemerintahan ini. Kondisi ini berlatar belakang bahwa kedudukan kaisar bersifat sakral. yaitu: ‡Sistem Pemerintahan Feodal. sehingga kaisar campur tangan dalam segala urusan politik praktis. kaisar tidak menangani langsung urusan kenegaraan. . Kekuasaan negara berpusat di tangan kaisar. kaisar berkuasa mutlak dalam memerintah. sehingga tidak layak mengurusi politik praktis.

Dinasti ini didirikan oleh raja Cheng yang bergelar Shih Huang Ti. pada zaman dinasti Syang telah berkembang sistim kepercayaan memuja para dewa. seperti Lao Tse dan Kong Fu Tse. Pada zaman kekuasaan dinasti Chou ini muncul tokohtokoh filsafat yang memiliki peranan penting dalam perkembangan kehidupan rakyat Cina hingga kini. Dinasti Syang berakhir sekitar tahun 1766 SM dan digantikan oleh dinasti Yin (1700-1027 SM). Dewa tertinggi yang bernama Dewa Shang-Ti. . Berdasarkan cerita rakyat Cina.Dinasti Yang Berkuasa Dinasti pertama yang berkuasa di Cina adalah dinasti Syang (Hsia). Dinasti Chou adalah dinasti ketiga yang berkuasa di Cina.

. Wb.TERIMA KASIH Wassalamualaikum Wr.