Paper Ekosistem Lingkungan Pesisir

KARAKTERISTIK, KEUNIKAN DAN MANFAAT KUDA LAUT (Hyppocampus Spp) Oleh : I Putu Prana Wiraatmaja

I.

Pendahuluan

1.1. Latar Belakang Sumber daya kelautan berperan penting dalam mendukung pembangunan ekonomi daerah dan nasional untuk meningkatkan penerimaan devisa, lapangan kerja, dan pendapatan penduduk. Sumber daya kelautan tersebut mempunyai keunggulan komparatif karena tersedia dalam jumlah yang besar dan beraneka ragam serta dapat dimanfaatkan dengan biaya eksploitasi yang relatif murah sehingga mampu menciptakan kapasitas penawaran yang kompetitif. Di sisi lain, kebutuhan pasar sangat besar karena kecenderungan permintaan pasar global yang terus meningkat. Untuk memenuhi hal tersebut maka akselerasi pembangunan kelautan merupakan sebuah jawaban yang tepat. Indonesia menyimpan potensi sumber daya kelautan, baik hayati ataupun non-hayati yang cukup menjanjikan untuk di kelola. Potensi ini bukan hanya menjadi aset lokal namun juga dapat dirasakan manfaatnya secara nasional jika dikelola dan dimanfaatkan dengan arif dan bijaksana. Salah satu sumber daya laut yang banyak dieksploitasi akhir-akhir ini adalah kuda laut (Hyppocampus spp). Kuda laut diperdagangkan sebagai ikan hias dan juga sebagai bahan obat. Konsumsi kuda laut di Asia mencapai 45 ton per tahun (+ 16 juta ekor), dimana konsumen utamanya adalah China +20 ton, Taiwan +11,2 ton dan Hongkong +10 ton. Data tahun 1997 menunjukkan bahwa harga impor kuda laut di Cina mencapai US$ 1200 per kg. Beberapa sifat (karakteristik) kuda laut yang menjadikan hewan ini rentan terhadap eksploitasi yang berlebih antara lain adalah penyebarannya sedikit, jarak habitat sempit, fekunditas rendah, dan kesetiaan pada pasangan. Penyebaran yang sempit ini juga terjadi di Indonesia, seperti di Sulawesi Selatan hewan ini hanya ditemukan banyak pada daerah tertentu seperti di Pulau Tana Keke, Kabupaten Takalar (Syafiuddin, 2004). Kuda laut juga dikenal dengan nama tangkur kuda yang secara genetis merupakan kerabat dekat dengan tangkur buaya (ikan pipa). Ikan ini sangat unik, karena mempunyai morfologi yang berbeda dibanding ikan-ikan yang lain. Selain bentuk kepalanya yang menyerupai kepala kuda, ikan jantan mempunyai kantung pengeraman telur yang tidak dijumpai pada jenis ikan yang lain. Kantung pengeraman berfungsi untuk melindungi dan mengerami telur yang sudah dibuahi sampai menentas menjadi larva, serta terus melindunginya di dalam kantung hingga siap dilahirkan menjadi juwana kuda laut ke alam.

1 Magister Ilmu Lingkungan

Pada kenyataannya populasi kuda laut di Indonesia juga terancam punah karena habitat kuda laut yang berupa karang-karang laut rusak akibat ulah manusia. 1. diantaranya belum sepenuhnya induk kuda laut berhasil mencapai fase pemijahan karena tingkat perkembangan gonad dan pematangan telur maka induk kuda laut perlu dipelihara pada lingkungan yang optimal. Kuda 2 Magister Ilmu Lingkungan . Tinjauan Pustaka Kuda laut adalah hewan yang telah mengalami evolusi sejak 40 juta tahun lalu (Fritzhe. Baju zirah ini begitu kuat sehingga tidak mungkin menghancurkan kuda laut yang sudah mati dan mengering dengan hanya menggunakan tangan. di antara ganggang laut dan tumbuhan lainnya. Untuk menunjang kegiatan tersebut maka perlu disediakan benih secara massal dan tidak bergantung pada musim. manfaat penting lainnya adalah khasiat kuda laut untuk obat – obatan dan kesehatan. hal itu berakibat pada semakin sedikitnya jumlah kuda laut karena ditangkap secara berlebihan. Namun penyediaan benih untuk budidaya masih menemukan banyak kendala. Kenyataankenyataan tersebut diatas menyebabkan kuda laut mempunyai nilai ekonomi yang tinggi di pasaran. Semacam baju zirah dari tulang melindungi mereka dari segala jenis bahaya. 1997). Benih yang memenuhi kriteria ini hanya yang dapat diperoleh dari kegiatan pembenihan. Keunikan kuda laut membuat banyak orang ingin menjadikannya koleksi. (hippos = kepala kuda . Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian kuda laut tersebut adalah dengan melakukan pengembangan kearah budidaya.8 inci) dan mereka biasanya tinggal sepanjang pantai. Diistilahkan ke dalam genus Hippocampus berasal dari bahasa Yunani yang berarti binatang laut berbentuk kepala kuda. dan Asia. Ukuran mereka bervariasi dari sekitar 4 sampai 30 sentimeter (1. sehingga kuda laut perlu di budidayakan agar tidak terancam kepunahannya. Amerika. maka saat ini kuda laut menjadi salah satu komuditas yang terancam kelestariannya dan disinyalir telah mendekati kepunahan. Dengan semakin meningkatnya eksploitasi terhadap kuda laut. campus = binatang laut). Penangkapan tidak terkendali tentu saja dapat mengakibatkan menurunnya populasi dan akibat lebih jauh dapat menyebabkan kepunahan. II. Selain itu. dan bernafas dengan insang. Kondisi lingkungan sangat berperan dalam masa pertumbuhan reproduktif kuda laut selain agar sesuai dengan kebutuhan induk kuda laut juga untuk perkembangan gonad dan pematangan telur. sehingga mendorong terjadinya penangkapan yang cukup intensif di alam.6 sampai 11. Kuda laut termasuk dalam jenis ikan.2. keunikan dan manfaat dari kuda laut.Paper Ekosistem Lingkungan Pesisir Permintaan ekspor kuda laut untuk ikan hias di akuarium cukup tinggi yaitu dari negara – negara Eropa. Tujuan Tujuan dari penyusunan paper ini adalah untuk mengetahui karakteristik.

Bisanya kuda laut hanya berenang perlahan-lahan dalam posisi berdiri. Kepala mempunyai mahkota dan moncong dengan mata kecil yang sama lebar. a. di Indonesia dikenal dengan nama tangkur kuda. hijau. Pada kuda laut jantan mempunyai kantung pengeraman yang terletak dibawah perut. Ekor prehensil (dapat memegang) lebih panjang dari kepala dan tubuh. kuning. merupakan satusatunya ikan yang mampu ditangkap langsung dengan tangan. Pembahasan Karakteristik dan Morfologi Kuda Laut Karakteristik Kuda Laut Kuda laut mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : tubuh agak pipih. sirip perut dan sirip ekor tidak ada. Beberapa spesies kuda laut berwarna transparan sebagian. yang berarti kuda yang bergerigi dan sesuai dengan bentuk morfologinya yang unik dan aneh. dan hitam) namun bisa berubah sesuai dengan banyak sedikitnya sinar matahari yang menyinari tubuhnya.Paper Ekosistem Lingkungan Pesisir laut tidak pernah berenang jauh-jauh dari karang. atau tergantung dengan keadaan tubuhnya sendiri. sirip punggung cukup besar dan sirip ekor tidak ada. sehingga tidak mudah terlihat. Metodologi Metodologi yang digunakan dalam pembuatan paper ini adalah dengan mengolah dan mengkaji data sekunder yang diperoleh dari jurnal online atau dari situs-situs online yang memuat tentang kuda laut. ukuran tubuh kuda laut relatif kecil dan komposisi badannya unik membuat mereka hampir tidak mampu berenang. Ekornya 3 Magister Ilmu Lingkungan . Sirip dorsal pada kuda laut terletak pada bagian bawah sedangkan sirip pektoralnya terletak pada bagian kepala. Makanan kesukaan kuda laut adalah udangudang kecil. di dekat insang. dimana masing-masing mata kuda laut bisa melihat dua buah benda yang berbeda pada waktu yang bersamaan. Tubuhnya indah berwarna-warni (merah. Kuda laut memiliki mata yang unik. Sirip dada pendek dan lebar. permukaan kasar. Kuda laut sering berdiam diri dan menambatkan ekornya pada karang-karang atau celah bebatuan. IV. III. seluruh tubuh terbungkus dengan semacam baju baja yang terdiri atas lempengan-lempengan tulang atau cincin. 1. melengkung. Tubuh bersegmen dan mempunyai satu sirip punggung. karena untuk menghindarkan diri dari bahaya. Menurut Dames (2000). Kuda laut dikenal dengan nama Hyppocampus. insang membuka sangat kecil yang dilengkapi sepasang dada (pectoralfin). satu sirip dubur (analfin) yang sangat kecil.

Selanjutnya Al Qadri dkk (1998) menyatakan bahwa perbedaan warna pada kuda laut bukan berarti berbeda jenis. Kuda laut jantan dilengkapi dengan kantong pengeraman (brood pouch) pada bagian bawah ekor. dengan bentuk kepala seperti kepala seekor kuda yang tegak lurus pada tubuhnya. kadang – kadang punya bintik – bintik atau garis terang atau gelap. Perbedaan jenis – jenis kuda laut yang paling menonjol adalah terdapatnya duri – duri atau tulang yang muncul pada setiap cincin (ring) di tubuh dan mahkotanya. perbedaan lainnya adalah bentuk badannya ada yang langsing dan lebih panjang dan ada juga yang besar dan lebar.Paper Ekosistem Lingkungan Pesisir dapat mencekam dan digunakan untuk memegang pada suatu objek. Perubahan tersebut secara perlahan – lahan dari ujung ke ujung tergantung pada intensitas cahaya. ternyata kuda laut dapat berubah warna seperti halnya bunglon selama mendekati dan meminang pasangannya. dan juga untuk bersembunyi dari pemangsa. tidak akan membengkok apabila dikeringkan. Taksonomi kuda laut menurut Burton dan Maurice (1983) adalah sebagai berikut : Gambar Karakteristik Kuda Laut 4 Magister Ilmu Lingkungan . warna campuran abu-abu dan coklat atau bahkan warna hitam agar sesuai dengan lingkungannya. 1998). Ikan hias kecil ini mempunyai kerangka luar yang kokoh. kuda laut termasuk salah satu hewan yang sering dan sangat mudah berganti warna. Menurut Simon and Schuster (1997). Walaupun sebagian besar kuda laut mempunyai warna kecoklat-coklatan alami. Ada juga beberapa jenis yang dapat membuat diri mereka menjadi oranye berpendar hingga ungu pekat (Hidayat dan Silfester. warna dasar kuda laut berubah – ubah dari dominan putih menjadi kuning tanah.

2000. Apabila harus bergerak. Jangka hidup yang dikenali untuk kuda laut sekitar satu tahun untuk jenis yang lebih kecil. walaupun 5 Magister Ilmu Lingkungan . Sebagian besar jenis kuda laut adalah monogami dengan cara membentuk ikatan pasangan yang berakhir pada musim perkembangbiakan (dan bahkan ada yang berakhir setelah beberapa musim perkembangbiakan). sampai rata-rata tiga hingga lima tahun untuk jenis yang lebih besar (Dames. dalam ). Kuda laut jarang berpindah tempat. Kuda laut terkenal dengan kemampuan kamuflasenya yang sangat hebat. 2009). 2000). mereka lebih suka berdiam diri dengan posisi vertikal dengan cara meliliti benda-benda di sekitarnya. Kuda laut memiliki kehidupan sosial yang sangat baik. Cara bergerak kuda laut pun jauh berbeda dari kebanyakan ikan. misalnya karena menghindari predator. Kuda laut mempunyai pandangan ganda (binocular vision) yang berhubungan (Asmanelli dan Ikhsan. kuda laut akan mendorong tubuhnya ke depan dengan bantuan tenaga dari getaran sirip mungil di punggungnya yang mampu bergetar hingga 35 kali per detik (Adip. dan selama aktivitas percumbuan. mengelabui mangsa. Kuda laut melakukan kamuflase dalam rangka menghindari predator. mereka akan saling memberikan salam satu sama lain ketika bertemu pada pagi hari dan ketika akan berpisah pada sore hari dengan cara mengubah warna tubuhnya sesaat ketika berpasangan atau dengan mengeluarkan suara-suara ‘klik-klik’ yang dihasilkan oleh rahangnya (Adip. Jangka hidup alami untuk kuda laut belum diketahui secara pasti. Kebanyakan perkiraan berasal dari pengamatan di akuarium atau di laboratorium. 2009). Satu mata dapat melihat pada satu arah dan mata yang satu lagi bergerak ke semua arah.Paper Ekosistem Lingkungan Pesisir         Phylum Sub phylum Kelas Sub klas Ordo Famili Genus Species : Chordata : Vertebrata : Pisces : Teleostomi : Gasterosteiformes : Syngnathidae : Hyppocampus : Hyppocampus Spp Kuda laut menggunakan gerakan matanya secara bebas untuk melihat. yaitu dengan cara mengubah corak tubuhnya sesuai dengan lingkungan sekitarnya atau menumbuhkan filamenfilamen di sekujur tubuhnya sehingga tampak menyerupai tumbuhan laut.

Wilayah persebaran hewan ini ke barat hingga Selat Inggris. Hippocampus kuda adalah jenis yang memiliki distribusi paling luas. possidonia. danhalopilla) atau padang lamun. H. tetapi juga anak-anak ikan dan invertebrata lainnya (Anonim. mulai dari kawasan beriklim tropis hingga beriklim sedang. teluk-teluk yang dangkal. H.H. dijumpai pula diantara karang di daerah tropis (H. hutan bakau. Habitat kuda laut terutama di sepanjang pesisir pantai. Kuda laut tidak mempunyai gigi dan mangsa ditelan langsung ke dalam sistem pencernaan (Elfahry. Kuda laut akan mencernakan apapun yang kecil hingga cukup muat dengan mulutnya. tepian laut. Habitat dan Penyebarannya Kuda laut dapat dijumpai hampir di seluruh perairan dunia. Kuda laut umumnya hidup diperairan dangkal hingga kedalaman 20 meter. Kuda laut juga hidup di dasar laut yang ditumbuhi bungan karang lunak (H. Kuda laut adalah pemangsa pasif yaitu menunggu makanan lewat dan menyerang mangsanya dengan cara menghisap ke moncongnya yang agak panjang. 2009). beberapa spesies ditemukan pada kedalaman lebih dari 150 meter (Lourie. comes). kebanyakan crustacea kecil seperti amphipods. Kuda laut termasuk hewan karnivor. Kuda laut menggunakan matanya untuk mencari mangsanya. et al. c. erectus. dan padang lamun. guttulatus. dan H. 1999. subelong). karena kuda laut mempunyai pandangan ganda (binocular vision) yang berhubungan dengan retina mata. b. maka kuda laut akan menggunakan senjata rahasianya untuk 6 Magister Ilmu Lingkungan . terutama di sepanjang perairan tropis Indo-Pasifik. 2000). ke utara hingga Laut Jepang.whitei. borbouniensis. memakan segala jenis hewan kecil mulai dari kelompok crustasea hingga larva ikan. mendiami tempattempat yang banyak terdapat terumbu karang. ke timur hingga Kepulauan Hawaii. sedangkan disebelah barat Atlantik dan karibia ditemukan 3 spesies yang hidup disebelah selatan laut Amerika. H. Dari sejumlah species anggota kuda laut. Populasi kuda laut terbesar terdapat diperairan Indo-pasifik. Jepang ditemukan 7 spesies dan disebelah Barat Laut Amerika (Pasifik Selatan) 1 spesies. Kuda laut ditemukan di Australia sebanyak 10 spesies. 2009). 1993). zosterae hidup di perairan hangat dan daerah tropis diantara hamparan rumput laut (zosterae. Pakan dan Kebiasaan Makan Berdasarkan perilaku makannya. Dames. dan ke selatan hingga Pantai Australia (Adip. Asia Tenggara ditemukan 7 spesies.Paper Ekosistem Lingkungan Pesisir beberapa jenis tidak mungkin membentuk pasangan yang terikat (Lourie et al. Atlantik Selatan juga mempunyai beberapa spesies dimana tiga spesies terdapat di Afrika barat. kuda laut adalah pemangsa yang pasif yaitu menunggu makanan yang lewat dan menyerang mangsanya dengan cara menghisap sampai masuk ke moncongnya. 2002). Kamuflase lingkungan yang baik akan mengelabui mangsanya. Jika kuda laut tidak mampu berpindah dengan cepat untuk memburu mangsanya.

Ciri-ciri induk yang matang kelamin dan siap memijah adalah sebagai berikut : 7 Magister Ilmu Lingkungan . Anakan kuda laut (panjang 6-12 mm) setelah dirasakan kuat selanjutnya dilepas ke perairan sebagai juwana dengan bentuk seperti kuda laut dewasa. Kuda laut jantan maupun betina menggunakan ekornya untuk menggapai pasangannya dalan pemijahan. e. Selanjutnya sel telur kuda laut betina disemprotkan kedalam kantong telur untuk selanjutnya dibuahi oleh kuda laut jantan. Kemampuan daya cerna kuda laut sangat cepat. Setelah berumur kurang lebih 30 hari akan berkembang menjadi benih kuda laut dan ekornya mulai dapat dililitkan.Paper Ekosistem Lingkungan Pesisir menangkap. Senjata rahasia ini terdiri dari sebuah alat penghisap yang sangat halus (Asmanelli dan Ikhsan. 2000). 2000). Induk jantan yang matang kelamin aktif mencari induk betina. meskipun kuda laut mempunyai saluran pencernaan yang bergulung-gulung. Sebagian besar kuda laut menghasilkan telur sekitar 100-120 butir bahkan ada yang mencapai 1. 2009). Proses pemijahan diawali dengan masuknya sirip dubur kuda laut betina ke dalam kantong kuda laut jantan. Bila saatnya telur-telur itu menetas. 2009). maka larva dan anaknya diasuh dalam kantong induk jantannya sampai dianggap kuat dan keluar dari kantong (Anonim. d. kuda laut jantan dengan kantong telur yang kosong siap melakukan pemijahan. Kuda laut yang berumur satu tahun dapat memakan 23 individu copepoda dan mencernanya selama 5-6 jam (Asmanelli dan Ikhsan.000 butir. Anak kuda laut dapat memakan lebih dari 3600 nauplius artemia selama waktu tertentu. Kuda laut jantan mengerami telur selama 10-14 hari dalam kantong pengeraman yang dilengkapi semacam placenta untuk suplai oksigen. anakan demikian mudah dimangsa oleh bebagai predator. Reproduksi Pada musim reproduksi. begitu pula sebaliknya apabila ikan betina siap memijah akan berusaha menemukan pasangan yang cocok. Pengeraman dan perawatan larva sepenuhnya dilakukan oleh kuda laut jantan (Anonim. Pemijahan  Proses pemijahan Untuk melakukan pemijahan masing-masing kuda laut mencari pasangannya. selanjutnya pada umur 90 hari organ reproduksinya mulai berkembang dan kuda laut sudah memasuki fase dewasa.

5 – 6 detik telur betina dikeluarkan dalam bentuk gumpalan berwarna kemerah-merahan dan segera dimasukan ke kantung pengeraman.Bagian perut membesar. moncong saling menekan.Warna tubuh berubah menjadi cerah  Betina : . urogenital berwarna kemerah-merahan . Induk betina yang siap memijah akan memberikan respon pemijahan terhadap jantan yang mendekat dengan cumbuan yang menarik. Kemudian. dengan cara yang unik induk betina melepaskan diri dari induk jantan dan induk induk jantan terus berusaha menyerap seluruh telur ke dalam kantung sambil menggoyanggoyang badannya untuk mengatur posisi telur di dalam kantung pengeraman. Setelah telur keluar seluruhnya. Pada puncak pemijahan ekor jantan dan betina pada posisi lurus. pembuluh darah dalam jaringan tersebut membesar dan mengubah kantung tersebut menjadi seperti ovarium pada mamalia yang bentuknya menyerupai sepon. bagian dalam perut berwarna kemerah-merahan sehingga warna tubuh berubah menjadi cerah .Mengejar betina sambil menekuk ekor dan menggembungkan kantung pengeraman. berhadapan dan berenang bersama-sama. secara berpasangan berenang menuju ke permukaan dengan posisi lubang kelamin betina diarahkan ke broodpouch (lubang kantung pengeraman) jantan. Induk jantan dan betina saling mengait satu sama lain.Paper Ekosistem Lingkungan Pesisir  Jantan : .Bila dililit oleh ekor kuda laut jantan tidak berusaha melepaskan diri.  Pengeraman Pengeraman dilakukan oleh kuda laut jantan di dalam kantung penetasan. . 8 Magister Ilmu Lingkungan . Gerakan percumbuan dapat terjadi berkali-kali sampai akhirnya induk betina benar-benar siap memijah. Kantung ini dilapisi jaringan yang lembut dengan lekuk-lekuk kecil dimana telur diletakkan.Apabila disorot cahaya.

disertai kontraksi kantung pengeraman maka juwana disemprotkan keluar dari kantung. 1870 Hippocampus barbouri§ Jordan & Richardson. Setelah melahirkan. 1869 (south and east Australia) Hippocampus camelopardalis Bianconi. induk jantan diam dan beristirahat untuk beberapa jam. sering terjadi sebagian telur tidak masuk ke dalam kantung jantan dan berhamburan di dasar bak.Paper Ekosistem Lingkungan Pesisir Induk betina dewasa dengan panjang tubuh antara 10 – 14 cm dapat memproduksi telur 300 – 600 butir. kemudian juwana akan dilepaskan/dilahirkan ke dalam air media pemeliharaan. Kep. adapun beberapa dari jenis-jenis tersebut adalah sebagai berikut :           Hippocampus abdominalis Lesson.) Hippocampus biocellatus Kuiter. yaitu sekitar 10 hari. Indonesia. Jika ukuran jantan dan betina seimbang. pada proses pemasukan telur ke dalam kantong pengeraman. Jenis Kuda Laut Diketahui lebih dari 50 jenis kuda laut yang ada di dunia. Dengan cara menekuk tubuh dan membuka lubang kantungnya. 1870 Hippocampus breviceps Peters. Proses kelahiran juwana dilakukan secara bertahap. sedangkan telur-telur yang berhasil dimasukan akan menetas menjadi larva pada hari ke lima. 2001 Hippocampus algiricus Kaup.  Kelahiran Kelahiran atau proses pengeluaran juwana merupakan proses yang sangat meletihkan bagi kuda laut jantan. 1908 Hippocampus bargibanti§ Whitley. Namun demikian apabila ukuran si jantan lebih kecil dari pada induk betina. Papua Nugini. Induk jantan berpegang kuat-kuat atau berenang mondar-mandir dan menggosok-gosokan kantungnya pada dasar bak. Larva akan berada dalam kantung pengeraman hingga berubah menjadi juwana. telur dapat masuk seluruhnya. 2001 Hippocampus borboniensis Duméril. f. 1827 (Selandia Baru dan selatan dan timur Australia) Hippocampus alatus Kuiter. Telur yang tidak berhasil masuk ke dalam kantung akan mati. 1856 Hippocampus angustus Günther. Filipina. 1970 (kuda laut kerdil. 1854 9 Magister Ilmu Lingkungan . dll. Solomon.

1856 (Samudra Hindia. 2001 Hippocampus multispinus Kuiter. dari Nova Scotia hingga Uruguay) Hippocampus fisheri Jordan & Evermann. 1997 Hippocampus mohnikei Bleeker. 1873 Hippocampus trimaculatus§ Leach. 1855 (Australia timur) Hippocampus zebra Whitley. 2010) 10 Magister Ilmu Lingkungan . 2001 Hippocampus kelloggi§ Jordan & Snyder. 1838 (Indian Ocean) Hippocampus grandiceps Kuiter. dan Amerika Selatan) Hippocampus jayakari Boulenger. 2008 (tambahan. 1882 (Teluk Meksiko dan Karibia) (Wikipedia. Teluk Persia. 1964 Hippocampus zosterae Jordan & Gilbert. 2008 Hippocampus procerus Kuiter. 1900 Hippocampus colemani Kuiter. 1858 (pesisir Pasifik dari Amerika Utara. 1903 Hippocampus fuscus Rüppell. baru dipublikasi 2009 dari perairan Kepulauan Derawan) Hippocampus semispinosus Kuiter. 1810 (pantai timur Amerika. 2008 Hippocampus sindonis Jordan & Snyder. 2001 Hippocampus pontohi§ Lourie and Kuiter. 2001 Hippocampus guttulatus Cuvier. 1852 Hippocampus lichtensteinii Kaup. 1933 (Caribbean coral reefs) Hippocampus satomiae§ Lourie dan Kuiter. 1850 Hippocampus coronatus Temminck & Schlegel. 1758) (Laut Mediterania dan Samudra Atlantik) Hippocampus histrix§ Kaup. Laut Merah. 1913 Hippocampus subelongatus Castelnau.Paper Ekosistem Lingkungan Pesisir                                      Hippocampus capensis Boulenger. 1901 Hippocampus spinosissimus§ Weber. 2003 Hippocampus comes§ Cantor. 1814 Hippocampus whitei Bleeker. 1854 Hippocampus montebelloensis Kuiter. 1901 Hippocampus kuda§ Bleeker. 2001 Hippocampus hippocampus (Linnaeus. 2003 Hippocampus erectus Perry. dan Timur Jauh) Hippocampus ingens Girard. 2001 Hippocampus queenslandicus Horne. Amerika Tengah. 1829 Hippocampus hendriki Kuiter. 1856 Hippocampus minotaur Gomon. 2001 Hippocampus severnsi Lourie and Kuiter. 1900 Hippocampus jugumus Kuiter. 1850 Hippocampus denise Lourie & Randall. 2001 Hippocampus reidi Ginsburg.

Sebagai Obat Selama berabad-abad orang China mempercayai khasiat kuda laut sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. antara lain penyakit kulit. gangguan hati dan ginjal. Kuda laut dipercaya berkhasiat untuk memperkuat yang. penurunan sistem imun. 1997). hingga yang sulit disembuhkan. dan vitalitas tubuh. Untuk masa sekarang ini pengobatan timur telah mengeringkan dan menggiling kuda laut 11 Magister Ilmu Lingkungan . bisa penyakit luar maupun penyakit dalam. peradangan. Di jepang kuda laut digunakan sebagai jimat bagi ibu – ibu hamil dengan harapan dapat melahirkan bayi dengan lancar dan selamat (Okamura and Amaoka. gangguan pencernaan. Keunikan ini dilihat dari warna. Pada berbagai zaman di seluruh sejarah medis barat. Hal ini kemungkinan hanya menjadi mitos saja. menyembuhkan kebotakan. Eropa dan Asia banyak permintaan ekspor kuda laut. Sayangnya hingga saat ini belum banyak dilakukan penelitian. yang dapat menyediakan bukti ilmiah mengenai khasiat kuda laut tersebut. Beberapa penyakit yang konon dapat disembuhkan oleh kuda laut. 1998). 1. cara berenang dan proses pemijahannya. kuda laut digunakan untuk membantu produksi air susu ibu. Manfaat Kuda Laut Ikan Hias Di Negara-negara benua Amerika. penyakit syaraf dan gangguan fungsi otak. gangguan jantung dan sistem peredaran darah. lepra dan penyakit anjing gila. Ini diperkuat dari sumber kitab pengobatan masa Dinasti Ming (1368-1644) dahulu. dan akan menyebabkan kematian jika dicampur dengan anggur (Whitley.Paper Ekosistem Lingkungan Pesisir 2. Salah satu guna kuda laut yang paling terkenal dan diminati merupakan fungsi afrodisiak. gangguan pernafasan. menjaga stamina. ini dikarenakan keunikannya kuda laut sering digunakan sebagai ikan hias dalam akuarium. Fungsi tersebut dikenal dapat meningkatkan gairah dan kemampuan seksual baik pada pria maupun wanita. Pengobatan ala satwa bernama latin Hippocampus sp ini didasari oleh keseimbangan antara yin dan yang. Kadang kuda laut juga dikonsumsi masyarakat sebagai tonik untuk memulihkan kesehatan. bahkan menyembuhkan berbagai penyakit ringan. dan sebagainya. 2. rabies.

kemudian dikonsumsi oleh pria dapat meningkatkan vitalitas. sekitar 100 di antaranya berhasil membuahi sel telur dan menjadi keturunan. jarang mengambil oksigen. Penyakit yang Dapat Menyerang Kuda Laut Penyakit yang mungkin dapat timbul pada kuda laut dapat disebabkan oleh adanya bakteri pathogen. mengguncangkan tubuh secara tiba-tiba dan tidak ada nafsu makan. menyendiri. usus berwarna kuning sampai kuning pekat dan saling menempel. hati merah pucat atau merah kehitaman. jantung. bermanfaat bagi dunia pengobatan juga untuk dunia ilmu pengetahuan. sakit asma. Analisis tersebut di buat oleh Profesor Bill Holt dan para koleganya dari Zoological Society of London (ZSL). Itu karena yang hamil justru pejantannya. ginjal memerah dan rongga pencernaan 12 Magister Ilmu Lingkungan . Selain itu. Di lain sisi permintaan dunia akan kuda laut ini tetap terpenuhi. kulit dan gondok (Lourie et al.Paper Ekosistem Lingkungan Pesisir yang digunakan sebagai obat gejala-gejala penyakit mulai dari impotensi. sirip punggung patah. 3. setelah sel telur dipindahkan dalam 10 detik. Sebab. 1999). Peningkat Vitalitas pada Pria Banyak orang yang percaya kalau kuda laut yang dikeringkan. Gejala eksternal yang terjadi adalah penutup insang sampai perut dan penutup insang berwarna pu tih. Kesimpulan tersebut di kemukakan setelah mengamati video rekaman pertama yang menayangkan protes perkawinan kuda laut kuning (Hippocampus kuda) secara terperinci. Saat ini para peneliti belum dapat menjelaskan bagaimana sperma-sperma kuda laut jantan bisa menemukan sel telur begitu cepat. Hal ini kemungkinan dari cara kawinnya yang bisa dibilang agak menyimpang. anus membengkak berwarna putih atau kuning. Berbagai kelebihan yang dimiliki kuda laut ini memang mengagumkan. Dan dari beberapa ratus sperma yang dihasilkan tiap kali kawin. kuda laut jantan juga temyata memiliki spermasperma super yang mampu membuahi banyak set telur dalam waktu singkat. ulser pada bagian ekor. Selain keindahan tubuhnya. Gejala internal yang terjadi adalah insang berwarna merah atau merah kehitaman. kantung set telur di tubuh kuda laut jantan akan tertutup rapat sampai saatnya telur menetas. gerakan lemah. 3. Oleh karenanya untuk mencegah kepunahan satwa ini budidaya merupakan jalan satu-satunya agar keberadaan kuda laut tetap eksis. ginjal.

anus berwarna putih. perut membesar berwarna kuning atau putih. V. kuda laut digunakan untuk souvenir juga dapat dijadikan sebagai bahan baku obat-obatan tradisional. penutup insang berwarna kuning atau putih. Bakteri patogen tersebut mempunyai gejala eksternal dan internal bagian kepala atau penutup insang sampai perut berwarna putih. Agar kelestarian dan populasi kuda laut dapat berlanjut maka langkah yang dapat diambil adalah melakukan kegiatan penangkaran dan restocking kembali di alam. ginjal berwarna merah atau merah kehitaman dan hati berwarna merah tua atau merah kehitaman. Sedangkan gejala eksternal yang spesifik untuk V. perut berwarna kuning atau putih. alginulyiicus bagian disekitar mata berwarna putih. hollisae gerakan berenang dipermukaan air terus menerus. 13 Magister Ilmu Lingkungan . Kesimpulan Kuda laut merupakan salah satu jenis ikan hias air laut yang sangat unik karena mempunyai morfologi yang berbeda dibanding ikan-ikan lain. Selain sebagai ikan hias akuarium. Untuk melakukan kegiatan tersebut maka benih harus diperoleh melalui kegiatan pembenihan di dalam sistem budidaya. Di samping morfologinya yang khas yaitu bentuk kepalanya menyerupai kepala kuda. V. Daya tarik yang lain adalah posisi badannya yang tegak saat berenang serta kemampuan untuk menyesuaikan warna tubuhnya dengan lingkungan. ulser pada bagian ekor dan gerakan berputar-putar dipermukaan dan V. Sehingga hasil pengujian Postulat Koch menunjukkan bahwa ketige isolat bakteri tersebut merupakan bakteri patogen pada kuda laut.Paper Ekosistem Lingkungan Pesisir terdapat cairan kuning dan berbau. Kenyataan tersebut menyebabkan kuda laut mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi di pasaran. insang berwarna merah tua atau menghitam. Isolasi dan permurnian dari kuda laut sampel diperoleh 6 isolat bakteri. usus berwarna kuning atau kuning pekat dan saling menempel. MB 4 dan MB 5) yang menunjukkan gejala penyakit seperti pada sampel awal. Pengamatan morfologi koloni. Hasil identifikasi bakteri menurut Bergeys Manual Determinative Bacreryology diketahui bahwa bakteri patogen pada kuda laut di Balai Budidaya Laut adalah Vibrio fluvialis dan Vibrio hollisae. fluvialis adalah sirip punggung dan kulit punggung mengelupas. ikan jantan mempunyai kantung pengeraman telur yang tidak dijumpai pada jenis ikan yang lain. Saat pengujian Postulat Koch ditemukan 3 isolat bakten (MB 2. sehingga mendorong terjadinya penangkapan yang cukup intensif di alam. sehingga makin lama cenderung kelestariannya terancam dan berkurang jumlahnya. jenis Gram dan bentuk bakteri menunjukkan hasil yang sama seperti pengambilan sampel awal. Resisolasi dilakukan untuk mengetahui apakah bakteri yang sama yang menyebabkan penyakit seperti pengambilan sampel awal. membuat penampilannya semakin menarik sebagai ikan pajangan di akuarium.

Daftar Pustaka 1. PS. diakses tanggal 26 September 2010 Anonim.id/2009/07/06/identifikasi-bakteri-patogen-padakuda-laut-hippocampus-kuda-di-balai-budidaya-laut-propinsi-lampung/ [online].id/index.matabumi. Kuda Laut. Kuda Laut Tingkatkan Hormon Seksual. 2007.wordpress. http://esmartschool. diakses tanggal 26 September 2010 Anonim. 2007. 2010. Keunikan Kuda Laut.harunyahya.html [online].scribd. Warta Pasar Ikan. 13. Kuda Laut (Hippocampus Spp).com/indo/buku/pesona03.htm [online]. Keunikan Kuda Laut.htm [online].ac. 2.php?option=com_content&task=view&id=157&Item id=43 [online]. 2010. 8. Biobatik1.com/doc/20635055/MAKALAH-Teknologi-PemijahanKuda-Laut [online]. http://id.Paper Ekosistem Lingkungan Pesisir VI. diakses tanggal 26 September 2010 Anonim.co. dan Jetun Tampubolon. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin Makasar. Kuda Laut Si Jantan yang Melahirkan. 3. 2010. 4.id/berita/0606/23/ipt04.wikipedia. diakses tanggal 26 September 2010 Muhammad Hendri. 9.com/2010/10/06/kuda-laut-si-jantan-yangmelahirkan/ [online]. 10. http://www.sinarharapan.ac.com/art%20kuda%20laut.co. 2010. diakses tanggal 26 September 2010. Teknologi Pemijahan Kuda Laut. 7. Gusti Diansyah. Konsentrasi Letal (LC50-48 jam) Logam Tembaga (Cu) dan Logam Kadmium (Cd) Terhadap (Hippocampus spp). IndonesiaTingkat Mortalitas Juwana Kuda Laut Syafiuddin. Pembenihan dan Penangkaran Sebagai Alternatif PelestarianPopulasi Kuda Laut (Hyppocampus Spp) di Alam. Syafiuddin. Program Pasca Sarjana S2 Institut Pertanian Bogor. 2008. Identifikasi Bakteri Patogen Pada Kuda Laut (Hippocampus Kuda) Di Balai Budidaya Laut Propinsi Lampung http://pustakailmiah. BDP Pertanian.unpad. http://saltwateraquarium. Anonim. http://blogs. 12.110mb. 2010. diakses tanggal 26 September 2010 Anonim. 2009. http://www.org/wiki/Kuda_laut [online]. Pengaruh Suhu Terhadap Perkembangan Ovari Kuda Laut (Hyppocampus Barboury Dalam Wadah Budidaya. 11.id/vikkyarindi/2010/06/02/budidaya-kuda-laut/ Anonim. Universitas Sriwijaya. 2010. 2004. diakses tanggal 26 september 2010. 2010. 5.com/berita/keunikan-kuda-laut [online]. http://www. diakses tanggal 26 September 2010 Biroeabiz. Ilmu Kelautan FMIPA. http://www. 2010. Pesona Alam Raya. 6. 14 Magister Ilmu Lingkungan . Sumatera Selatan.unila. diakses tanggal 26 September 2010. Budidaya Kuda Laut. http://biologibatik1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful