P. 1
Manajemen Aktiva Dan Pasiva

Manajemen Aktiva Dan Pasiva

|Views: 941|Likes:
Published by adheetteea

More info:

Published by: adheetteea on Apr 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

MANAJEMEN AKTIVA DAN PASIVA

 Strategi dan aktivitas manajemen operasional sebuah bank terlihat dalam neraca dan perubahan neraca Tujuan manajemen perbankan adalah memberikan kredit jangka-pendek atau jangka-panjang. Untuk tujuan itu pasivanya merupakan sebuah alat

Manajemen Aktiva
‡ Manajemen aktiva bank ialah manajemen yang berhubungan dengan alokasi dana ke dalam kemungkinan investasi. Alokasi dana ke dalam investasi perlu direncanakan, diorganisasi, diarahkan, dan diawasi agar tujuannya dapat tercapai

Manajemen Pasiva/ Liability Management
‡ Proses dimana bank berusaha mengembangkan sumber-sumber dana yang non tradisional melalui pinjamann di pasar uang atau dengan menerbitkan instrumen utang untuk digunakan secara menguntungkan terutama untuk memenuhi permintaan kredit. ‡ Pendekatannya: sisi penggunaannya di sisi assets. ‡ Usaha untuk mendapatkan dana dalam memenuhi kebutuhan operasional bank, melalui penghimpunan dana pihak ke 3 (masyarakat), pihak ke 2 (pasar uang/ modal) ataupun dari pihak ke 1 (pemilik melalui pasar modal)

Sasaran Manajemen Pasiva:
‡ Meminimumkan biaya bunga atas dana yang dihimpun ‡ Menjalin hubungan baik dengan kreditur ‡ Pemeliharaan pergerakan sumber dana akibat kondisi ekonomi dan moneter ‡ Menciptakan surat-surat berharga dalam rangka purchased funds, sehingga kebutuhan likuiditas bisa terpenuhi ‡ Meningkatkan hubungan koresponden dengan lembaga keuangan lain supaya money market line bisa dipertahankan

‡ Sisi pasiva menunjukkan strategi dan kegiatan manajemen yang berkaitan dengan sumber pengumpulan dana. ‡ Sisi pengumpulan dana (pasiva) biasanya meliputi pengumpulan dana yang diperoleh dari modal dasar, deposito, giro dan tabungan.

‡ Sisi aktiva menunjukkan strategi dan kegiatan manajemen yang berkaitan dengan penggunaan dana. ‡ Sisi penggunaan dana (aktiva) meliputi kas, rekening pada bank sentral, pinjaman jangka-pendek dan jangka-panjang, dan aktiva tetap.

Pasar Uang antar Bank
‡ Pasar uang antar bank: pinjam meminjam antar bank yang dilakukan oleh bank-bank komersial dalam rangka memenuhi kebutuhan likuiditas atau untuk memanfaatkan dana agar tidak terjadi idle fund. ‡ Instrumennya: promissorry note/ promes, banker¶s acceptance, commercial paper & surat berharga lainnya.

Pasar Modal
‡ Pengertian pasar modal berdasarkan keputusan presiden no. 52 Tahun 1976 tentang Pasar Modal menyebutkan bahwa Pasar Modal adalah Bursa Efek seperti yang dimaksud dalam UU no. 15 Tahun 1952 (Lembaran Negara Tahun 1952 Nomor 67). Menurut UU tersebut, bursa adalah gedung atau ruangan yang ditetapkan sebagai kantor dan tempat kegiatan perdagangan efek, sedangkan surat berharga yang dikategorikan sebagai efek adalah saham, obligasi, serta surat bukti lainnya yang lazim dikenal sebagai efek.

‡ Menurut UU Pasar Modal Indonesia No. 8 Tahun 1995, pengertiannya: kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. ‡ Instrumennya: Saham, Obligasi, Warrant, dan Right.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->