P. 1
LANDASAN SOSIOLOGIS DAN ANTROPOLOGIS PENDIDIKAN

LANDASAN SOSIOLOGIS DAN ANTROPOLOGIS PENDIDIKAN

|Views: 900|Likes:
Published by Dadi Herdiansyah

More info:

Published by: Dadi Herdiansyah on Apr 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2012

pdf

text

original

LANDASAN SOSIOLOGIS PENDIDIKAN

KELOMPOK 7 Anggota: Anggota: y Abdul R y Aziza J y Dadi H y Sony G y Teguh S y Yuda M H 1005292 1000368 1002581 1005268 1005210 1001153 .

memiliki perbedaan dengan yang lainnya sehingga bersifat unik. Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama. MASYARAKAT. DAN KEBUDAYAAN Individu adalah manusia perseorangan sebagai kesatuan yang tak dapatdibagi. (koentjaraningrat.1985) . yang menghasilkan kebudayaan.INDIVIDU. serta bebas mengambil keputusan atau tindakan atas pilihan dan tanggung jawabnya sendiri (otonom). Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan. 1986). tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar. (soerjono soekanto.

1993) Enkulturasi adalah suatu proses dimana individu belajar cara berfikir.PENDIDIKAN : SOSIALISASI DAN ENKULTURASI Sosialisasi adalah suatu proses dimana anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat. .(kamanto sunarto. bertindak. dan merasa yang mencerminkan kebudayaan masyarakatnya.

PENDIDIKAN SEBAGAI PRANATA SOSIAL Pranata sosial adalah suatu sistem peran dan norma sosial yang saling berhubungan dan terorganisasi disekitar pemunuhan kebutuhan atau fungsi sosial yang penting. .

PENDIDIKAN INFORMAL. FORMAL. pendidikan tinggi. (Pasal 1 ayat 11 UU RI no 20 th 2003) non formal adalah jalur pendidikan-pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. pendidikan menengah. Pendidikan Formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar. NONFORMAL Pendidikan Informal adalah pendidikan yang berlangsung/terselenggara secara wajar atau secara ilmiah didalam lingkungan hidup sehari-hari. ( Pasal 1 ayat 12 UU RI no 20 th 2003) .

DAN KEBUDAYAAN. MASYARAKAT. dalam hubugan dengan keadaan serta harapan masyarakat dan kebudayaannya pranata pendidikan memiliki dua fungsi utama : y Fungsi Konservasi y Fungsi Inovasi/Kreasi/Transformasi .PENDIDIKAN.

POLA POLA KEGIATAN SOSIAL PENDIDIKAN .

1988 Pola Pertama y Pola Kedua y Pola Ketiga y .POLA SIKAP GURU KEPADA SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP FUNGSI DAN TIPE GURU menurut Sudarja Adiwikara.

Pendidikan merupakan aspek kehidupan. .SIMPULAN Dengan demikian pengaruh sosial terhadap pendidikan adalah bentuk pendidikan yang besamaan dalam kehidupan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->