P. 1
Refleks Bayi Baru Lahir

Refleks Bayi Baru Lahir

|Views: 3,479|Likes:
Published by dzonavelly

More info:

Published by: dzonavelly on Apr 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/19/2014

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Bayi memilki reflek saat lahir yang membantunya untuk menyusuaikan diri hidup diluar rahim. Salah satu yang terpenting adlah reflek menghisap. Ketika bibir tersentuh, bayi akan langsung melakukan gerakan menghisap menyentuh mulut-mulut langit bayi. Semakin mengintensifkan reflek hisapan . Jika ibu menyentuh pipi bayi dia akan menghadap ke arah itu dan membuka mulutnya untuk menghisap itu disebut reflek dasar. Reflek menghisap dan dasar bekerja sama menyentuh bayi menyusui pada ibunya sejak lahir. Refleks menarik lain disebut reflek moro atau reflek keju t. Jika bayi tibatiba mendengar suara keras atau dianggkat d engan kasar, dia akan terkejut dan mengayunkan kedua tanganya dengan cepat kemungkinan anda akan melihat reflek menggenggam. Bayi akan langsung menyambar dan menggeng gam dengan erat benda seperti jari atau benda serupa kekuatan genggaman BBL luar biasa kuat .
1.2 Maksud dan tujuan

Untuk mengetahui tentang reflek apa saja yang ada pada Bayi Baru Lahir .
1.3 Rumusan masalah

1. Refleks mengisap (sucking) 2. Refleks mencari/memutar (rooting). 3. Refleks menelan (swallowing) 4. Refleks tonic neck 5. Refleks tonic Labyrinthine / labirin 6. Refleks menggenggam/merenggut (palmar grasping) 7. Refleks kaget (refleks moro) 8. Refleks merangkak (crawling) 9. Refleks berjalan dan melangkah (stepping) 10. Reflex Babinski 11. Refleks blinking. 12. Refleks yawning, 13. Reflek Plantar 14. Reflek Swimming
1

1.4 Metode penulisan Dalam menyusun makalah ini kami menggunakan metode kajian buku dan multimedia dimana dalam metode ini kami memanfaatkan sarana buku/perpustakaan dan internet. 2 .

serta refleks usus besar dan rasa lapar untuk meminta makanan. bahkan mungkin sejak di kandungan. Dra. Refleks mengisap (sucking) Bayi secara otomatis mengisap benda yang diletakkan di mulutnya. merenggut dan berjalan. sedangkan lidahnya dilipat ke dalam ). dan tidak lagi merupakan gerakan refleks. Refleks mengisap yang baik penting untuk mendapatkan makanan pada bulan -bulan pertama dan setelah 6 bulan akan berkurang dan secara berangsur -angsur akan menghilang. 2. Beberapa gerak refleks tersebut antara lain muntah/tersedak dan berkedip. bersembunyi dan hanya akan muncul kembali sebagai perilaku terkendali yang disadari. Gerakan ini disebut refleks 3 . ³gerakan ini idak diajarkan. 1.BAB II PEMBAHASAN 2. Retno Pujianti Azhar) jadi sifatnya bawaan. Refleks mencari/memutar (rooting). sebagian besar tingkah laku bayi mulai dapat dikendalikan. dan mungkin telah berlatih di dalam rahim dengan mengisap ibu jarinya (bibir bayi mengerut. proses otomatis pengosongan kandung kemih. Saat tumbuh dan berkembang. Bidan atau tenaga kesehatan lainnya akan memeriksa keberadaan sebagian gerak refleks bayi sebagai petunjuk adanya sistem saraf yang sehat. ia akan memutar kepala ke arah benda itu dan membuka mulutnya. Banyak gerakan refleks yang penting bagi kehidupan.1 Refleks Bayi Baru Lahir Refleks pada bayi merupakan gerakan primitif yang tak terkontrol atau geakan involuntary. Pada awalnya sebagian besar gerakan bayi dipicu oleh refleks. seperti refleks pernafasan. Fungsinya sebagai pertahanan diri dari sesuatu hal yang bisa membahayakan diri bayi. gerakan naluriah sebagai tanggapan terhadap rangsangan.´(fakultas psikologi UI. Gerak refleks merupakan blok bangunan kecerdasan dan dasar dari koordinasi fisik. sebagai respons otomatis terhadap rangsangan dari luar atau dalam. tapi ada dalam diri bayi secaa biologis. Jika seseorang mengusapkan sesuatu di pipi bayi. Refleks yang dilakukan bayi bersifat spontan.

Hilang pada usia 6 bulan. reflek tonick neck merupakan suatu tanda awal koordinasi mata dan kepala bayi yang akan menyiapkan bayi untuk mencapai gerak sadar. memungkinkan bayi memasukkan makanan. 4 . Refleks tonic Labyrinthine / labirin Pada posisi telentang. lengan pada sisi tersebut akan lu rus dan lengan yang berlawanan akan menekuk (kadang-kadang pergerakan akan sangat halus atau lemah). 3. 4. Ia harus belajar menggenggam dengan sengaja. Saat kepala bayi digerakkan ke samping. Tungkai yang diangkat akan bertahan sesaat.mencari/memutar (rooting refleks). Gerakan refleks ini hilang setelah beberapa bulan. 6. dan membantu bayi menemukan puting susu/makanan. Genggaman tangan ini sangat kuat hingga ia bisa menopang seluruh berat badan jika ibu mengangkatnya dengan satu jari tergenggam dalam setiap tangannya. Refleks tidak akan menghilang. bayi dimungkinkan mengalami gangguan pada neuron motorik atas. muncul pada usia satu bulan dan akan menghilang pada sekitar usia lima bulan. Berdasarkan penelitian. Menurun setelah 10 hari dan biasanya menghilang setelah 1 bulan. 5. reflek in i dapat diamati dengan menggangkat tungkai bayi beberapa saat lalu dilepaskan. Refleks tonic neck Disebut juga posisi menengadah. Untuk gerakan kaki berlanjut hingga 8 bulan. Refleks menelan (swallowing) Muncul ketika benda-benda yang didekatkan ke mulut / langit-langit mulut. Refleks menggenggam/merenggut (palmar grasping) Bayi baru lahir menggenggam/merenggut jari ibu jika ibu menyentuh telapak tangannya. Gerakan refleks ini juga terdapat di telapak kaki yang melengkung saat di sentuh . Jika bayi baru lahir tidak mampu untuk melakukan posisi ini atau jika reflek ini terus menetap hingga lewat usia 6 bulan. kemudian jatuh. Refleks ini terus berlangsung selama bayi menyusu.

Refleks blinking. Hilang di usia 4 bulan. dan mungkin menangis. Refleks berjalan dan melangkah (stepping) Jika ibu atau seseorang menggendong bayi dengan posisi berdiri dan telapak kakinya menyentuh permukaan yang keras. Reflex Babinski Jari-jari mencengkram ketika bagan bawah kaki diusap. gerakan mendadak atau seperti memeluk bila ada rangsangan . yaitu gerakan mengayunkan/merentangkan lengan dan kaki seolah ia akan meraih sesuatu dan menariknya dengan cepat ke arah dada dengan posisi tubuh meringkuk seperti berpegangan dengan erat . 10. Terjadi pada usia 1-2 minggu dan akan menghilang ketika berusia 6 bulan. Jika tulang keringnya menyentuh sesuatu. yang ia kuasai beberapa bulan berikutnya. membuka mata. indikasi syaraf berkembang dengan normal. seluruh tubuhnya bereaksi dengan gerakan kaget atau refleks moro. ibu/orang tersebut akan melihat refleks berjalan. Jika bayi terkena sinar atau hembusan angin. Refleks kaget (refleks moro) Jika bayi dikagetkan oleh suara keras. Refleks berjalan ini akan hilang dan berbeda dengan gerakan berjalan normal. 11. 8.7. ia akan mengangkat kakinya seperti akan melangkahi benda tersebut. mendorong kepala ke belakang. matanya akan menutup atau dia akan mengerjapkan matanya. 9. Refleks merangkak (crawling) Jika ibu atau seseorang menelungkupkan bayi baru lahir. ia membentuk posisi merangkak karena saat di dalam rahim kakinya tertekuk ke arah tubuhnya. cahaya atau posisi secara mendadak. 5 . yaitu gerakan kaki seperti melangkah ke depan. Menurun setelah 1 minggu dan akan lenyap sekitar 2 bulan .

muncul sejak lahir dan berlangsung hingga sekitar satu tahun kelahiran. maka jari -jari kakinya akan melekuk secara erat.12. Yakni refleks seperti menjerit kalau ia merasa lapar. Reflek Swimming Reflek ini ditunjukkan pada saat bayi diletakkan di kolam yang berisii air. 6 . 13. Refleks yawning. 14. biasanya kemudian disertai dengan tangisan. Reflek plantar ini dapat diperiksa dengan menggosokkan sesuatu di telapan kakinya. ia akan mulai mengayuh dan menendang seperti gerakan berenang. Meskipun bayi akan mulai mengayuh dan menendang seperti berenang. Bayi akan menelan banyak air pada saat itu. Reflek ini berfungsi untuk membantu bayi bertahan jika ia tenggelam. Reflek ini akan menghilang pada usia empat sampai enam bulan. Reflek Plantar Reflek ini juga disebut reflek plantar grasp. namun meletakkan bayi di air sangat berisiko.

Gerak refleks merupakan blok bangunan kecerdasan dan dasar dari koordinasi fisik. Banyak gerakan refleks yang penting bagi kehidupan. Saat tumbuh dan berkembang. serta refleks usus besar dan rasa lapar untuk meminta makanan. Reflek Swimming 7 . bersembunyi dan hanya akan muncul kembali sebagai perilaku terkendali yang disadari. 3. 12. Reflek Plantar 14. Reflek BBL diantaranya : 1. gerakan naluriah sebagai tanggapan terhadap rangsangan. Refleks menggenggam/merenggut (palmar grasping) 7. merenggut dan berjalan. Refleks tonic Labyrinthine / labirin 6. dan tidak lagi merupakan gerakan refleks. Beberapa gerak refleks te rsebut antara lain muntah/tersedak dan berkedip. Refleks tonic neck 5. Bidan atau tenaga kesehatan lainnya akan memeriksa keberadaan sebagian gerak refleks bayi sebagai petunjuk adanya sistem saraf yang sehat.1 Kesimpulan Pada awalnya sebagian besar gerakan bayi dipicu oleh refleks. Reflex Babinski 11. sebagian besar tingkah laku bayi mulai dapat dikendalikan. Refleks blinking. Refleks mengisap (sucking) 2. Refleks mencari/memutar (rooting). sebagai respons otomatis terhadap rangsangan dari luar atau dalam. Refleks kaget (refleks moro) 8. proses otomatis pengosongan kandung kemih. Refleks merangkak (crawling) 9. seperti refleks pernafasan. 13. Refleks yang dilakukan bayi bersifat spontan. Refleks berjalan dan melangkah (stepping) 10. Refleks menelan (swallowing) 4.BAB III PENUTUP 3. Refleks yawning.

8 .3.2 Saran Ibu harus bisa mengamati atau memeriksa setiap gerak gerik anak termasuk Reflek pada Bayi Baru Lahir.

html 9 . Fakultas Kedokteran Ui.2008. 1995.Paula.com/2009/01/reflek -primitif.You And Your Baby.Golden Book:Yogyakarta.DAFTAR PUSTAKA  Kelly.blogspot. Jakarta  http://nyzas-world.  Ilmu Kesehatan Anak Jilid 3.

SST. Disusun Oleh : Intan Suryaman Isfi Riskiani Lisma Kania Liza Dwi S Mia Kusmiati Neni Nurjanah Nita Utami Novia Prasanty Nurhalimah Nuranisa Rahmi Dwi Rany Fitriani Reni Puspita Sari Renny Putriany Rina Karina SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BUDI LUHUR CIMAHI PRODI DIII KEBIDANAN 2010 10 .REFLEK PRIMITIF BAYI BARU LAHIR Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah ASNET Dosen : Karwati.

Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu mata kuliah ASNET dengan judul Refleks Primitif Bayi Baru Lahir. November 2010 Penulis 11 . Akhir kata semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah dan manfaat -Nya.KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun khususnya dari dosen mata kuliah ajaran ini maupun dari teman-teman sejawat dalam rangka membantu penyempurnaan makalah penulis berikutnya. yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya sehingga dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini. Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini baik materi ma upun pembahasannya. Namun demikian. aamiin. Cimahi. yang mana tidak dapat saya sebut satu persatu. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini. penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi penulis sendiri.

.............4 Metode Penulisan ......................................................................................1 Reflek Pada Bayi Baru Lahir ................ Daftar Isi ................. .......... ...........................3 Pokok Permasalahan ............................ .......................................2 Saran ........................................ 7 8 Daftar Pustaka 12 .................. ..................................................... ........................... ...DAFTAR ISI Kata Pengantar .. ........................ 1.......... .................... 1....................................2 Maksud dan Tujuan .... ......... .................. 1.... ........................................ Bab I Pendahuluan i ii 1. ........... ...1 Latar Belakang ...1 Kesimpulan . . 1 1 1 2 Bab II Pembahasan 2....... ....................... ...................... ..................... 3. 3 Bab III Penutup 3...................

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->