1. Sebutkan alasan mengapa Bahasa Melayu dijadikan sumber dari Bahasa Indonesia ?

Jawab : Bahasa Melayu dijadikan sumber dari Bahasa Indonesia karena bahasa Melayu paling banyak digunakan dalam aktivitas keseharian mereka yang dahulu umumnya berdagang. Mereka menggunakan bahasa Melayu untuk sarana komunikasi. Sehingga bahasa Melayu sudah dikenal dalam keseharian mereka. Dan mereka sudah terbiasa memakai bahasa Melayu untuk berkomunikasi baik dengan orang lokal maupun orang asing. Selain itu bahasa Melayu mudah diterima masyarakat multikultural mengingat Indonesia adalah Negara yang terdiri atas berbagai suku, dan bahasa. Hal ini karena bahasa Melayu tidak mengenal strata sosial ( tingkatan dalam berbahasa) apalagi strata social ketat atau egaliter. Hal ini bertolak belakang dengan bahasa Jawa yang menggunakan tingkatan – tingkatan kelas sosial tertentu dlam pilihan istilah, frasa maupun tata cara pengucapannya. Dalam bahasa Jawa terdapat ngoko, ngoko alus, karma, karma inggil, dan lain - lain. Selain itu masih ada bahasa Jawa untuk keraton , orang biasa, dan lain - lain. Oleh sebab itu meskipun penduduk Indonesia mayoritas orang Jawa mereka tidak menggunakan bahasa Jawa sebagai sumber bahasa Indonesia. Alasan lainnya karena selain bahasa dari suku lain lebih sulit sedangkan bahasa Melayu lebih mudah. Misalnya ada beberapa suku didaerah Papua yang memiliki bahasa yang khusus dan rumit. Bahasa yang biasa mereka gunakan hanya dapat dimengerti oleh anggota suku tersebut, sehingga banyak terjadi perselisihan dan perang antardaerah dikarenakan salah komunikasi. Bisa saja terjadi kata yang sama memiliki arti yang berbeda pada bahasa lainnya. 2. Sebukan fungsi dan kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kesatuan dan bahasa negara ? Jawab : Bahasa Indonesia memiliki dua kedudukan yaitu sebagai bahasa Nasional dan sebagai bahasa Negara. Dalam UUD 1945 kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional sudah dimiliki Indonesia sejak dicetuskannya Sumpah Pemuda.

1

Jika terjadi kesulitan dalam berkomunikasi maka dapat terjadi perselisihan dan salah mengerti maksud dari pembicaraan itu. bentuk. 3. bahasa Indonesia memiliki cirri khas tersendiri. Begitu pula dengan bahasa. Lambang identitas nasional Sebagai lambang identitas nasional bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sejajar dengan bendera Negara. Hal ini terlihat dari banyaknya suku bangsa di Indonesia ini dari Sabang sampai Merauke yang mampu disatukan dengan menggunakan bahasa Indonesia. pengucapan maupun kosa kata yang berbeda dari bahasa lain. Dengan demikian bahasa Indonesia haruslah memiliki identitas sendiri yaitu sebagai bahasa ang bersih dari unsur – unsure bahasa lain yang tidak benar-benar diperlukan. Walaupun melewati batas antar pulau namun bahasa Indonesia dapat disebarluaskan hingga pelosok negeri. Bendera Negara menunjukkan bahwa Indonesia memiliki cirri khas yang terlihat dari struktur. Hal ini menunjukkan lambang kebanggaan tersendiri bagi Negara Indonesia. dilihat dari gaya bahasa. 2.Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai 1. 4. Lambang kebanggaan kebangsaan Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan bahasa Indonesia merupakan cerminan dari nilai-nilai sosial budaya bangsa Indonesia. Oleh sebab itu kita sebagai bangsa Indinesia bangga akan adnya bahasa Indonesia yang menjadi bahasa Nasional yang hanya ada satu bahasa Indonesia didunia. politik.baik alam hal niaga. dan warna benderanya. ekonomi maupun hal. 2 . Banyak Negara lain diluar sana yang tidak memiliki bahasa sendiri namun hanya memakai bahasa yang sama dengan Negara lain sebagai bahasa nasionalnya. Alat pemersatu berbagai suku bangsa Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu berbagai suku bangsa sudah terbukti Keunggulan bahasa Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Tanpa adanya bahasa Indonesia mereka mengalami kesuliatan dalam hal komunikasi. suku kata. Dan akhirnya mereka tidak mampu melakukan kerjasama.hal lainnya. Alat perhubungan antardaerah dan antarbudaya Indonesia yang dikenal sebagai Negara kepulauan ternyata mampu disatukan dengan satu bahasa yaitu bahasa Indonesia.

seminar maupun acara penting yang biasa dilakukan oleh Warga Negara Indonesia. Bahasa pengantar dalam dunia pendidikan Dunia pendidikan yang muridnya berasal dari berbagai wilayah memungkinkan adanya bahasa daerah yang mereka gunakan. 3. kita mengenal mesin cuci tetapi untuk menggunakan mesin tersebut kita karus membaa panduannya. ketiga hal tersebut dapat dikembangkan bila ada alat komunikasi nasional.Dalam kedudukannya sebagai bahasa negara bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai 1. Oleh sebab itu dalam lingkup Negara dibuthkan alat penghubung yang dipahami oleh semua komponen warganya yaitu bahasa Indonesia. maupun pelaksanaan upacara kenegaraan. 2. Hal itu dapat menjembatani adanya perbedaan bahasa masing-masing peserta yang tidak sama bahasa daerahnya. 4. Bahasa resmi kenegaraan Bahasa Indonesia dipakai sebagai bahasa resmi yang digunakan untukurusan kenegaraan. pidato resmi. Dengan demikian bahasa Indonesia wajib dipakai untuk acara formal. Alat pengembangan kebudayaan. ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan hal yang berkesinambungan.selain itu penyampaian materi dari guru ataupun pendidik harus bahasa Indonesia yang dapat diterima oleh semua kalangan. Buku ajarpun harus memakai bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan kebutuhan . Misalnya pada teknologi. Alat perhubunagan di tingkat nasional Setiap warga masyarakat membutuhkan adanya alat transportasi yang bisa dipakai untuk bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain. Dengan demikian bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dapat membantu mempermudah 3 . dengan demikian ilmu yang diserap dapat diterima dengan baik dan memberi hasil yang optimal. ilmu pengetahuan dan teknologi Kebudayaan. Kita tidk bisa memastikan apakah orang yang akan kita temui nanti adalah orang yangmemlki bahasa daerah yang sama dengan kita. Oleh sebab itu mak perlu adanya bahasa yang sama. diskusi ilmiah. Sebagai bahasa resmi bahasa Indonesia juga dipakai untuk acara rapatrapat dalam suatu forum. dokumen resmi Negara. Begitu pula bahasapun juga diperlukan untuk komunikasi dalam setiap tempat di setiap waktu.

Charles Van Ophuijsen orang Belanda. Ejaan ini anyak menggunakan huruf “oe” dalam katanya.melauasnya teknologi. Ejaan ini digunakan untuk menuliskan kata – kata Melayu menurut model yang demengeri oleh orang – orang Belanda. yaitu menggunakan huruf Latin dan bunyi mirip sengan tuturan Belanda. pajah. Oleh karena itu diuatlah ejaan Soewandi yang berasal dari pemikiran orang Indonesia. Ejaan ini menggantikan sistem Ejaan Van Ophuijsen pada 19 Maret 1947 dan berlaku selama 25 tahun. Ejaan tersebut adalah 1. Tanda diakritikseperti koma ain dan tanda trema untuk menuliskan katakata ma’moer. ‘akal. Ejaan ini digunakan untuk menuliskan kata – kata Melayu menurut model yang dimengerti Belanda. oemoer. 2. Ejaan Yang Disempurnakan 4 . pa’. atau pengaruh dari Belanda. Ejaan ini di bakukan tahun 1901 oleh Prof. Ejaan Soewandi diuat agar Indonesia terlepas dari pengaruh kebarat-baratan. Huruf hidup yang diberi titik dua diatasnya menandai bahwa huruf tersebut dibaca dalam satu suku kata. itoe. Sehingga saat menjajah dahulu bangsa Belanda dapat mengerti bahasa kita. ta’. Ejaan Soewandi Sistem ejaan Soewandi atau yang lebih dikenal sebagai system ejaan Republik Indonesia. 3. Diharapkan ejaan ini dapat memberi dampak positif bagi perkembangan bahasa Indonesia. Begitu halnya dengan kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang juga membutuh publikasi. sajang. Ada beberapa macam ejaan yang dikenal atau yang digunakan dalam bahasa Indonesia ? Jelaskan beserta alasannya? Jawab: Ada 3 ejaan yang digunakan dalam bahasa Indonesia. Ejaan Van Ophuijsen Ejaan Van Ophuijsen adalah ejaan yang pernah digunakan dalam bahasa Indonesia. • • • Huruf oe untuk menuliskan goeror. Antara lain huruf i untuk menuliskan jang. 3.

Pedagang Indonesia biasanya mengunakan bahasa Melayu untuk komunikasi jual beli. dimana di daerah itu berdatangan pedagang dari berbagai penjuru dunia. 4. kain. Bahasa Melayu dahulu digunakan sebagai pemersatu ragam bahsa yang berada disuatu wilayah tertentu. Apa yang dimaksud Bahasa Melayu sebagai lingua franca ? Jawab : Bahasa Melayu sebagai lingua franca karena digunakan sebagai bahasa penghubungan antardaerah. Bahasa Melayu digunakan sudah berabad – abad terlebih di bidang perdagangan Seperti yang kita ketahui Negara Indonesia adalah Negara maritim. Hal yang diganti adalah • • • • • • tj menjadi c dj menjadi j j menjadi y sj menjadi sy ch menjadi kh awalan di dan kata depan di dibedakan penulisannya. Pedagang asingpun memgikuti aturan tersebut. Sehingga sector menonjol yang ada saat itu adalah berasal dari daerah pesisir. penutur bahasa Melayu diperkirakan mencapai 250 juta jiwa yang merupakan bahasas keempat dalam urutan jumlah penutur bagi bahasa-bahasa di dunia. Walaupun mereka ingin sekedar melakukan perdagangan atu bahkan ada yang berniat buruk untuk 5 .dan kebutuhan sehari – hari). Menurut statistik penggunaan bahasa didunia. Kemudian pemerintah memberikan buku – buku pedoman untuk masyarakat secara luas untuk mensosialisasikannya. Baik untuk menjual barangnya (rempah – rempah.Ejaan ini berlaku sejk tahun 1972 berdasatrkn Kepres No. Catatan tertulis bahasa Melayu berasal dari abad ke-7 Masehi tercantum pada beberapa prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya di bagian selatan Sumatara dan wangsa Sailendra. Pemerintah mengganti Ejaan Soewandi dengan ejaan ini karena seiring perubahan jaman diperlukan perubahan ejaan yang lebih sempurna. Bahasa Melayu termasuk dalam rumpun bahasa Austronesia. yang mengandalkan laut sebagai mata pencahariannya. Bahasa Melayu merupakan bahasa resmi perniagaan.57 Tahun 1972. Mereka ikut menggunakan bahasa Melayu sebagai bahasa untuk perdagangan. Oleh karena itu terbentuklah Ejaan Yang Disempurnakan.

Padhal hal tersebut tidak diperluakan. Kecuali jika kita 6 .orang yang berlebihan (allay) dalam berbahasa. Begitu pula dengan bahasa tulisan. Hal ini menimbulkan anggapan bahwa mereka lebih menyukai bahasa asing daripada bahasa sendiri. Dengan bahasa Indonesia bukankah seharusnya memudahkan komunikasi tanpa perlu penambahan bahasa asing. Mereka membutuhkan bahasa yang dapat dimengerti oleh seluruh umat manusia yaitu salah satunya dengan bahasa Inggris.menguasai Indonesia. bahasa dalam tulisan seharusnya juga menggunakan bahasa yang bisa dimengaerti oleh ornag yang membacanya. Misalnya ada beberapa orang mahasiswa jurusan Sastra Inggris atau jurusan bahasa lainnya yang memasukkan bahasa asing dalm bahasa kesehariannya untuk menambah kemampuan dan meningkatkan kompetensi dirinya di ranah internasional. Bagaimana mengantisipasi masalah tersebut ? Jawab : Fenomena kekurang banggaan remaja kita terhadap Bahasa Indonesia terlihat dari banyaknya remaja yang menggunakan bahasa asing sebagai tambahan atau selingan dalam kesehariannya. bisa mereka melakukan hal itu untuk kepentingan pribadinya. 5. Bahkan hal – hal tersebut dapat membuat kerancuan dalam berkomunikasi. Padahal belum tentu mereka semua lebih menyukai bahasa asing daripada bahasa sendiri. Mereka menggunakan bahasa Inggris.Karena itu secara de facto bahasa Melayu telah menjadi lingua franca di wilayah nusantara. adapula yang memakai bahasa Korea ataupun Jepang. Dan bisa jadi orng yang kjita ajak bicara tidak mengarti dengan apa yang kiita ucapkan. Dengan bahasa Inggris dapat memudahkan orang – orang yang bekrja diluar negeri atau dalam perantauan untuk berkomunikasi. Mengingat bahasa diperlukan untuk mempermudah bekomunikasi maka jika yang kita ajak bicara mengerti dengan apa yang kita ucapkan maka tidak perlu memakai bahasa secara berlabihan. Bagaimana tanggapan tentang adanya fenomena kekurang banggaan remaja kita terhadap Bahasa Indonesia. mereka memakai variasi dari bahasa Indonesia dan menyisipkan bahasa Inggris dalam kehiupan sehari – hari agar terlihat kern atau lebih pintar dari orang lain.bukankah bahasa Inggris Merupakan bahasa internasional yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang dalam hubungannya dengan dunia internasional. Jika yang dimaksud adalah bahasa Inggris. Namun lain halnya dengan orang .

Mengajarkan pada yang lebih muda untuk berbicara dalam bahasa Indonesia dan menghormati yang lebih tua dengan menggunakan bahasa Indonesia pula. Dlam mengatasi permasalahan tersebut. yang didalamnya terdapat pengakuan bahwa mereka mengakui bahasa Indonesia sebagai bahasa kesatuan. Coba bayangkan tanpa bahasa Indonesia kita tidak akan apat memproklamirkan kemerdekaan ke pelosok nogeri. yaitu dengan mengenalkan keunggulan bahasa Indonesia pada mereka. Saat kiat mengetahui sesuatu maka kita baru akan tahu baik buruknya dan baru akan dapat mencintainya. bahasa yang menjadi tombak perjuangan bangsa Indonesia. Kita sebagai bangsa Indonesia seharusnya memiliki kecintaan terhadap bangsanya. memakai disetiap forum resmi maupun sehari –hari. Tanamkan pada diri jiwa muda mereka bahwa kesadaran untuk berbahasa Indonesia sangat diperlukan. Remaja Indnesia harus mengetahui betapa berharganya bahasa Indonesia bagi negeri ini. pemuda terdahulu menyatakan sumpah pemuda. hal ini bisa diwujudkan dengan memakai bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Untuk membuat para remaja mencintai bahasa Indonesia. Sebagai seorang remaja kita harus saling mengingatkan untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.sedang berbicara dngan orang asing atau dalam konteks yang membutuhkan bahasa asing. satu hal yang menjadi kunci utama yaitu “Cintailah Indonesia”. Seperti kata pepatah “tak kenal maka tak sayang” maka kita harus membuat mereka menganal baru kemudian membuat mereka menyayangi dan mencintai bahasa Indonesia. Dengan perjuangan yang tidak mudah. Apa kita rela bahasa kita sendiri lebih dikuasai oleh bangsa asing? Tentu jawabannya tidak. Mana mungkin mereka bisa tahu negaranya merdeka jika mereka tidak mengerti bahasa Indonesia. bahasa Indonesia diperlukan dalam pengembangan pendidikan dan hal lainnya. Sekarang ini banyak orang –orang asing yang sedang dan telah mempelajari bahasa Jawa maupun bahasa Indonesia. 7 . Kita sebagai pemilik bahasa harus lebih menghargai bahasa kita sendiri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful