Oleh: D.

Kaniawati Reni Arifiani

«Berikanlah kepada mereka harta dari Allah yang telah Dia berikan kepada kalian«. (QS an-Nur: 33) .

Nafkahkanlah harta apa saja yang telah Allah kuasakan kepemilikannya atas kalian«. (QS al-Hadid: 7) .«.

Makanlah di antara rezeki yang baik yang telah Kami berikan kepada kalian«.Dialah yang menciptakan untuk kalian semua yang ada di bumi. (QS al-Baqarah:29) «. (QS Thaha: 81) .

«. Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu«. (QS Al Maidah: 87) .

juga agar kalian mengambil kebaikannya. (QS al-Jatsiyah:1213) . «. agar bisa berjalan di atasnya dengan kehendak-Nya. Allahlah yang telah menundukkan untuk kalian lautan. (Dialah) Yang menundukkan untuk kalian apa saja yang ada di langit dan di bumi«..

. . . . . .. . . .

kebunkebun yang lebat. lalu Kami menumbuhkan biji-bijian di bumi itu. zaitun dan pohon kurma. anggur dan sayursayuran. kemudian Kami membelah bumi dengan sebaik-baiknya. untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternak kalian. Sesungguhnya Kami benarbenar telah mencurahkan air (dari langit).Hendaknya manusia itu memperhatikan makanannya. dan buah-buahan serta rumput-rumputan. (QS Abasa: 24-32) .

€ . (QS al-Lail: 11) . (QS an-Nisa·: 6) € Harta miliknya tidak bermanfaat baginya jika ia telah binasa. berikanlah kepada mereka harta-harta milik mereka«.« « «Karena itu.

€ KEPEMILIKAN PRIBADI Imam Abu Daud dari Sumarah. Nabi saw bersabda : ´Dan siapa saja yang memagari sebidang tanah. . maka tanah tersebut adalah menjadi haknyaµ.

: . ( ): ? . . ? . ? . : : . . : ? : .

Beliau bersabda: "Apa hubungannya denganmu? Ia mempunyai kantong air dan sepatu. Beliau menjawab: "Ia milikmu. atau milik serigala." Muttafaq Alaihi." Ia bertanya lagi: Bagaimana dengan unta yang tersesat?. hingga pemiliknya menemukannya." Ia bertanya: Bagaimana dengan kambing yang tersesat?. Jika pemiliknya datang. berikanlah dan jika tidak. maka terserah engkau. ia bisa datang ke tempat air dan memakan tetumbuhan. . lalu umumkan selama setahun. atau milik saudaramu.Beliau bersabda: "Perhatikan tempat dan pengikatnya.Zaid Ibnu Khalid al-Juhany tentang barang temuan.

€ Cara menyerahkan tanah kharajiyah sebagai milik negara. € . € Cara mensuplai orang yang memiliki keterbatasan faktor produksi sehingga bisa memenuhi kebutuhannya sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada. € Cara menjadikan hak milik individu sebagai milik umum secara paksa dalam kondisi-kondisi tertentu. € Cara menentukan mekanisme mengelolanya. bukan sebagai hak milik individu.Dengan cara membatasi kepemilikan dari segi cara-cara memperoleh kepemilikan dan pengembangan hak milik bukan dengan cara merampas kekayaan menjadi hak milik.

Nabi saw bersabda:µ Kaum muslimin berserikat dalam tiga hal. Abu Daud) € Ibnu Majah juga meriwayatkan dari Abu Hurairah. padang rumput dan apiµ. padang rumput dan apiµ. yaitu air.(HR.€ Dari Ibnu Abbas. Nabi saw bersabda:µTiga hal yang tidak akan pernah dilarang (untuk dimiliki siapapun) yaitu air. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful