Oleh: D.

Kaniawati Reni Arifiani

«Berikanlah kepada mereka harta dari Allah yang telah Dia berikan kepada kalian«. (QS an-Nur: 33) .

(QS al-Hadid: 7) .«. Nafkahkanlah harta apa saja yang telah Allah kuasakan kepemilikannya atas kalian«.

Dialah yang menciptakan untuk kalian semua yang ada di bumi. (QS Thaha: 81) . (QS al-Baqarah:29) «. Makanlah di antara rezeki yang baik yang telah Kami berikan kepada kalian«.

(QS Al Maidah: 87) . Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu«.«.

(Dialah) Yang menundukkan untuk kalian apa saja yang ada di langit dan di bumi«.. agar bisa berjalan di atasnya dengan kehendak-Nya. juga agar kalian mengambil kebaikannya. «. Allahlah yang telah menundukkan untuk kalian lautan. (QS al-Jatsiyah:1213) .

. . . . .. . . . .

zaitun dan pohon kurma. lalu Kami menumbuhkan biji-bijian di bumi itu.Hendaknya manusia itu memperhatikan makanannya. dan buah-buahan serta rumput-rumputan. Sesungguhnya Kami benarbenar telah mencurahkan air (dari langit). kebunkebun yang lebat. (QS Abasa: 24-32) . kemudian Kami membelah bumi dengan sebaik-baiknya. untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternak kalian. anggur dan sayursayuran.

€ . berikanlah kepada mereka harta-harta milik mereka«. (QS al-Lail: 11) .« « «Karena itu. (QS an-Nisa·: 6) € Harta miliknya tidak bermanfaat baginya jika ia telah binasa.

€ KEPEMILIKAN PRIBADI Imam Abu Daud dari Sumarah. . Nabi saw bersabda : ´Dan siapa saja yang memagari sebidang tanah. maka tanah tersebut adalah menjadi haknyaµ.

: . ( ): ? . . : : . ? . . ? . : ? : .

Jika pemiliknya datang. berikanlah dan jika tidak. lalu umumkan selama setahun." Muttafaq Alaihi. atau milik saudaramu. ia bisa datang ke tempat air dan memakan tetumbuhan. maka terserah engkau. Beliau bersabda: "Apa hubungannya denganmu? Ia mempunyai kantong air dan sepatu.Beliau bersabda: "Perhatikan tempat dan pengikatnya." Ia bertanya: Bagaimana dengan kambing yang tersesat?. . Beliau menjawab: "Ia milikmu. atau milik serigala.Zaid Ibnu Khalid al-Juhany tentang barang temuan." Ia bertanya lagi: Bagaimana dengan unta yang tersesat?. hingga pemiliknya menemukannya.

€ Cara mensuplai orang yang memiliki keterbatasan faktor produksi sehingga bisa memenuhi kebutuhannya sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada.Dengan cara membatasi kepemilikan dari segi cara-cara memperoleh kepemilikan dan pengembangan hak milik bukan dengan cara merampas kekayaan menjadi hak milik. € Cara menyerahkan tanah kharajiyah sebagai milik negara. € Cara menjadikan hak milik individu sebagai milik umum secara paksa dalam kondisi-kondisi tertentu. € Cara menentukan mekanisme mengelolanya. € . bukan sebagai hak milik individu.

. yaitu air.€ Dari Ibnu Abbas. padang rumput dan apiµ. Abu Daud) € Ibnu Majah juga meriwayatkan dari Abu Hurairah. Nabi saw bersabda:µTiga hal yang tidak akan pernah dilarang (untuk dimiliki siapapun) yaitu air. padang rumput dan apiµ. Nabi saw bersabda:µ Kaum muslimin berserikat dalam tiga hal.(HR.