P. 1
STPD_JCo

STPD_JCo

|Views: 146|Likes:

More info:

Published by: Silvester Arnold Janssen Halim on Apr 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/05/2015

pdf

text

original

Produk: J.

CO

Segmentation Segmentation/segmentasi adalah cara penggolongan jenis konsumen yang harus dilakukan suatu perusahaan agar branding yang tercipta oleh perusahaan dapat ditangkap oleh konsumen secara tepat. J.CO mempresentasikan mereknya sebagai merek donat lezat dan sebagai tempat nongkrong yang nyaman. Segmentasi yang dilakukan J.CO terbagi menjadi 4 segmen utama, yaitu geografis, demografis, psikografis, dan behavioral. Keempat bagian segmen ini dikombinasikan untuk memenuhi selera pasar yang kompleks. Segmentasi secara geografis memperhitungkan selera konsumen dari unsur geografis. Misalnya, J.CO membuka konter di wilayah urban seperti kota Surabaya, Jakarta, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. ini dikarenakan konsumen di wilayah perkotaan besar lebih mudah menerima perubahan terhadap tren. Sedangkan segmentasi J.CO secara demografis bersifat lebih kompleks karena faktor-faktor yang terdapat dalam unsure demografis terdir dari banyak faktor. Pertama, umur. Dari segi umur, J.CO menargetkan konsumen dengan umur 14-35 yang mana adalah konsumen muda yang suka nongkrong, misalnya kaum pelajar dan eksekutif muda. Selain itu, konsumennya juga keluarga yang anggota keluarganya masih muda yang menyukai gaya hidup dinamis dan up to date dengan tren terbaru. Segmentasi J.CO yang ketiga adalah secara psikografik. Salah satu contohnya adalah kelas social konsumen J.CO. bagi konsumen J.CO, mebeli donat J.CO atau sekadar nongkrong di konter J.CO bukan saja tentang makan donat atau minum kopi, tapi juga menunjukkan kelas social mereka.

Target utama J. Positioning Positioning adalah bagaimana produk didefinisikan oleh konsumen atas dasar atribut. serta produk yang bersangukatan dibandingkan dengan produk lain yang menyainginya. Ini bisa kita lihat dar desain konter J.Yang keempat adalah segmentasi secara behavioral.CO adalah kaum muda dan keluarga yang usia anggota keluarganya kurang dari 55 tahun.co menerapkan segmented marketing.CO. market nicher.atributnya. Targeting hanya bisa dilakukan jika perusahaan telah mensegmentasikan jenis dan seberapa luas konsumen yang sesuai dengan merek perusahaan tersebut. ataukah konsumen senang mencari variasi agar tida bosan. Contohnya adalah market leader. Targeting terdiri dari beberapa macam. kesan. Targeting Berbeda dengan segmentasi yang mengkombinasikan berbagai macam faktor dan unsur. Perusahaan harus menentukan berapa segmen mana saja yang menjadi target konsumen dan berapa banyak segmen yang ditargetkan. concentrated marketing. yaitu mass marketing. apakah konsumen cenderung setia terhadap produkk J. . J.CO dan kemasan produknya yang berwarna cerah tapi tidak norak dan sesuai dengan kalangan konsumen mengengah ke atas. Setelah segmentasi dilakukan. Segmentasi ini mengutamakan bagaimana J.CO menggaet konsumen secara tidak langsung. market followers. targeting pada suatu perusahaan hanya memiliki satu jenis cara saja. barulah perusahaan mengalokasikan target yang sesuai dengan branding mereka. Posisi suatu produk di pasar dapat di bedakan menjadi beberapa hal. segmented marketing. Posisi sebuah produk adalah seperangkap persepsi. market pionerr. Misalnya loyalty status. dan micromarketing.

J. Di mana dapat dilihat dengan melakukan strategi deferensasi yang tepat J. diferensasi layanan. akan tetapi banyak keunggulan kecil yang dapat diperkenalkan untuk memenangkan market. layanan.pesaingnya juga akan menaikkan harga. Dalam hal ini J. Oleh sebab itu posisi J. dan deferensasi personil. Hal ini dapat juga dilihat berdasarkan harga produk. Penyelesaiannya bagi perusahaan – perusahaan ini adalah terus mengidentifikasi keunggulan – keunggulan potensial baru dan mengintroduksinya satu per satu untuk membuat para pesaing kebingungan atau kacau balau. Deferentiation Tidak semua perusahaan tidak menemukan banyak peluang untuk mengadakan perbedaan atas tawarannya dan memperoleh keunggulan kompetitif.perusahaan ini tidak berharap akan memperoleh satu keunggulan besar yang permanen.co dapat menjadi yang paling unggul jika di bandingkan dengan pesaing.Co sebagai perusahaan donat nomor satu di Indonesia.Co tidak dapat dikatakan sebagai market pioneer karena J. Beberapa perusahaan menemukan banyak keunggulan kecil yang mudah ditiru oleh pesaing dan.anak sampai orang dewasa pun suka dengan donat J.pesaingnya. Tawaran suatu pasar dapat dibedakan menurut produk.share selama suatu kurun waktu tertentu. Meskipun J.Co.Co menjadi salah satu alternative pilihan mereka.Co juga menjadi snack favourite keluarga dari anak.Co saat ini sebagai market leader. Dan dengan strategi . karena saat ini J.Co menjadi patokan sebagai leader price.Posisi J. maka pesaing.Co bukan yang pertama tetapi J.Co saat ini di pasaran adalah sebagai market leader.Co naik. karenanya sangat mudah rapuh. Hal ini tidak berlebihan Karena mengingat bahwa saat ini jika konsumen ingin makan donat dan nongkrong J. Tidak hanya sebagai snack yang disantap untuk nongkrong J. Jika harga J.Co dapat memposisikan perusahaannya sebagai market leader. Harga J. atau citra.Co bukan merupakan perusahaan yang menjual donat pertama kali. Perusahaan. personil.Co melakukan strategi deferensasi produk.

pesaing J. Deferensasi produk yang dilakukan J.Co adalah J.Co.deferensasi yang tepat pulalah para pesaing. .Co tidak dapat menjadi competitor yang cukup tangguh bagi J. Deferensasi layanan dari J.Co adalah dengan membuat donat yang sangat empuk dan mempunyai rasa yang khas yang tidak di miliki oleh pesaingnya.Co sangat mengutamakan kualitas pelayanan terhadap para customer.

edisi keduabelas. Zulaicha.Referensi Terjemahan dari : Kotler. PRINSIP-PRINSIP PEMASARAN. Pawitra. Surabaya : Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya. Parastuty. MARKETING HANDOUT. jilid 2. . Rosita . Gary (University of North Carolina). Philip (Northwestern University) dan Amstrong. Theresia .2008. Meitha. 2007. Jakarta: Erlangga.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->