Umpan Ikan Mas/Tombro di Empang Bersirkulasi

29 Januari 2009 Tinggalkan komentar Go to comments Untuk para penghobi mancing, ini ada resep umpan mancing tombro atau ikan mas di empang/kolam bersirkulasi. Ini adalah tulisan kiriman kawan kita, Anas (Jakarta). Umpan pagi : 1. Ikan mujaer 3 jari, 4 5 ekor 2. Tepung sagu 1,5 sdm (sendok makan) 3. Tepung ketan 3 sdm 4. 1 sdm susu dencow bubuk 5. Putih telor bebek 2 biji 6. Susu beruang kira kira 3 sdm (secukupnya). 7. Pandan secukupnya (ambil yg agak ujung, jangan terlalu pangkal) 8. Kroto 1 2 ons yang bagus (tidak bau). jika bau rendam dengan air panas sebentar lalu tiriskan. Cara membuat: 1. Kukus ikan mujaer sampai empuk, kemudian ambil dagingnya saja (yg putih), duri jgn sampai ikut. kemudian haluskan. 2. Stlh halus campur semua adonan di atas hingga yakin merata, kecuali kroto dan pandan.(utk kroto selera, bisa di kukus lgsg atau bisa nanti dicocolkan pada waktu mancing. 3. Kemudian masukan pandan, kukus hingga bau wangi dari pandan keluar. kira2 40 menit, kemudian dinginkan. setelah itu umpan bisa d coba terutama pagi hari. NB : untuk memasang umpan ini, tangan harus sedikit dibasahi, karena sangat lengket. Umpan Siang: 1. Sarden tuna (DECHO)1 kaleng 2. Kinoy kristal 1 bungkus

3. Kinoy susu 1/2 bungkus 4. Katu lampak 1/2 bungkus 5. Super tombro warna kuning 1 bungkus 6. Susu dencow bubuk 1/2 sachet ( bungkus yg kecil) 7. 2 butir telor bebek kuningnya saja 8. Pandan 9. Kroto 10. 2 sdm tepung sagu ( fungsinya hanya untuk perekat umpan agar tidak hancur), tidak diberi tidak apaapa. Cara Membuat: 1. masukan sarden tuna (DECHO) ke dalam blender berikut minyaknya yg ada dlm kaleng tsb, masukan 2 butir kuning telor bebek ke dalam blender jg, kemudian haluskan dengan blender. 2. masukan item no 2 sampai 5 dan 10 di tempat lain yg kering, aduk hingga rata. kemudian masukan adonan sarden tuna DECHO dan kuning telor bebek yg telah di blender ke dalam adonan item no 2 sampai 5 dan 10, aduk hingga yakin merata. kemudian masukan pandan dan di kukus sampai wangi kira2 40 menit. untuk kroto bisa dikukus langsung atau dicocolkan pada waktu mancing. NB : usahakan lemparan pada waktu memancing hanya satu atau dua titik lemparan saja agar ikan bisa berkumpul, mudah2an yaa amiien Selamat mencoba, tak doain mudah2an dapat banyak hik..hik.. Salam,

Tips memancing ikan air tawar (ikan untuk pangan)

by Dr-Chud » Tue Jan 06, 2009 2:00 pm
1. Ikan lele /keting Umpan : cacing

Jenis memancing : Pancing dalam alias tenggelam sampai dasar Lokasi perairan : bebas 2. Ikan Gurame Umpan cacing Jenis memancing : pancing permukaan alias memancing gantung Loaksi permukaan : yang dipenuhin sama rumput2 air/ilalang yang bisa dijadiin sarang gurame Waktu : Pagi menjelang siang & sore 3. sepat Umpan : Ubi rebus campur biskuit (tapi gak boleh langsung mengenai tangan ketika nyampurnya) Jenis memancing L Pancing permukaan Lokasi parairan : bebas 4. Gabus Umpan : cacing/kodok Jenis memancing : Pancing dalam Lokasi perariran : lihat dimana ada banyak gelembung gabus, biasanya gabus seneng di bersarang di lobang2. Waktu : malam hari 5. Arowana /Belida Umpan : Jangkrik/kodok/cicak jenis memancing : Pancing tarikan Lokasi perairan : air tenanng 6. Bandeng Umpan : Nangka bubur Jenis memancing : Pancing permukaan

Resep Umpan Mancing Silakan Para Juragan Untuk memberikan Resep ampuh untuk mancing ikan. Untuk Ikan Mas Harian,Kiloan dan Borongan:

WANGI: 1. Jagung (apa saja): 5 Bonggol. 2. Ikin Biru: 1 bungkus. 3. Deho: 1 kaleng. 4. Susu Kental Manis: 1 sachet. 5. Weismanj: 1 sendok kecil. 6. Kacang Mede: 10 Butir. 7. Keju Chedar: 1/4 potong 8. Telur Bebek (kuningnya): 4 butir. 9. Kroto: 3 ons. 10. Pengeras: Kinoy / Mie blender: SCKPNYA.

11. Daun Pandan : 2 Lembar. Pembuatan: 1. Jagung diprotolin dan dikukus +/- 5 mnt. 2. Ikin kukus +/- 5 mnt. 3. Kacang mede: gongseng. 4. Deho+Susu+Weisman+kacang Mede+Keju+Telur Bebek blender hingga halus. 5. No 4 + 1 + 2 = campur + diaduk + Kroto + Pandan = dikukus 45 menit. 6. No 5 + Pengeras. 7. Mancing deh.

AMIS 1. Ikin Biru: 1 bungkus. 3. Deho: 1 kaleng. 4. Susu Kental Manis: 1 sachet. 5. Weismanj: 1 sendok kecil. 6. Kacang Mede: 10 Butir. 7. Keju Chedar: 1/4 potong 8. Telur Bebek (kuningnya): 4 butir. 9. Kroto: 3 ons. 10. Pengeras: Kinoy / Mie blender: SCKPNYA.

Pembuatan: Idem ============================== Untuk Ikan Gurame Harian,Kiloan dan Borongan:

1. Jangkrik. 2. Belalang. 3. Gaang. 4. Laron. 5. Cacing. 6. Laba-laba. 7. Ulat Bambu. 8. Talas. 9. Daun Singkong. ==============================

2. . 4. 2.Kiloan dan Borongan: 1. Pelet Koy: 1bungkus. Lure.Kiloan dan Borongan: 1. 3. . .Kiloan dan Borongan: remukan roti + sedikit buavita jeruk + banyak kara. Poper. polosan aja. 4. Tepung Jagung Maizena ½ bungkus. 4.Tepung Ketan Rose Brand ¼ kilo. Rajungan atau kepiting. Vinili bubuk 1 sdm ============================= Untuk Ikan PATIN Harian. 3. ============================== Untuk Ikan Bandeng Harian. Cumi-cumi 3. Udang hidup. =================== Umpan Untuk Dilaut: 1. Pelet koy + Telor. 5. 5. Udang hidup.Tepung roti + kara.Roti sobek manis. + Telor bebek (kuningnya): 3 butir = Campur + Kukus 2. 6. Belut hidup.Untuk Ikan NILA Harian. . Lumut Sawah (yang dipake dalam keadaan setengah basah). Roti.Cacing murni. .+ Deho: 1 kaleng. Kembung. Lure 6.Pelet + kara.

belalang.7. Umpan alami dapat berupa tumbuh ± tumbuhan seperti lumut dan daun talas. gangsir. J«mak nyuss.. Pellet adalah termasuk dalam criteria ini.buahan atau . lele. jangkrik. umpan alami adaah merupakan umpan yang menggunakan umpan berupa tumbuh ± tumbuhan. biji ± bijian maupun jenis ± jenis serangga yang merupakan makanan asli dari ikan tersebut di tempat liar. Umpan buatan sebenarnya dibuat dari bahan ± bahan alami : jagung. wader. Poper. mujair.untuk ikan nila dan mujair. Yang pertama adalah umpan pancing 1. 2. gurami atau berupa hewan dan serangga sepert : cacing. gurami. umbi jalar. Last edited by kedot. Umpan Buatan : merupakan umpan yang di produksi oleh pabrik atau oleh home industri. laron untuk berbagai ikan seperti nila.. dedak ditambahkan sardine dll dan untuk mengelabui penciuman ikan diberikan aroma buatan baik aroma buah. Dengan menggunakan bahan ± bahan dari alam ditambah pengawet plus aroma buatan. Umpan ini memang sering digunakan untuk memancing ikan Baderbang alias Bader Abang ( Bader Merah ). Umpan ikan untuk memancing bag 1 ( dari 3 bagian ) Umpan ikan anda para pemancing ada beberapa macam. di beberapa tempat seperti daerah Blitar penulis sempat mengetahui umpan alami yang lain daripada yang lain yakni -maaf-kotoran manusia. Umpan alami : umpan ini tersedia di alam. Waduh«gak kebayang deh gimana baunya. capung. Ikan ini hamper seperti ikan tawes yang memiliki sirip berwarna merah dengan aroma dari umpan alami ini ikan bader lebih mudah di tangkap katannya. 16-03-2009 at 06:14 PM..

Meski kalau sepintas dilihat cuma diam dan menunggu ( banyak orang bilang ini adalah pekerjaan yang membuang waktu ) tapi.aroma amis ikan. 7.. Sebaiknya umpan tabor tidak terlalu banyak di berikan supaya ikan tidak kekenyangan sebelum mulai memancing. Umpan tabur akan mengumpulkan ikan dekat dengan lokasi mancing kita sehingga saat kita mulai memancing ikan sudah mengumpul. Untuk lokasi mancing Indonesia sangat jarang sekali umpan ini dipakai.? lha iya dong«butuh kejelian juga lho . biasanya di buat dari bulu ± bulu dan plastic atau bahan lain. Bedanya Cuma pada keawtannya kok. Kalau ingin praktis. umpan palsu : umpan palsu merupakan umpan yang dibuat oleh pabrik yang berbentuk menyerupai serangga yang di sukai ikan. mancing ikan 9. Jawabannya ialah iya. Nah mancing sendiri adalah salah satu hobby yang mengasikkan . jalan ± jalan. Umpan tabur : jenis umpan ini hanyalah merupakan stimulus alias pengecoh ikan agar mau mendekat ke lapak kita. moga ± moga thesis filsafat saya benar. 4. olahraga ..buru menarik senarnya mungkin saja ikannya malah lolos apalagi kalau ikannya yang besar. Ternyata orang memancing masih butuh pengetahuan juga ya. syaraf ± syaraf tubuh menjadi tegang dan penat karena beban pikiran yang jenuh dan berakhir pada kelelahan pikiran. Stress adalah salah satu penyakit yang menyerang pikiran. Dengan cara tradisional. 8.untuk bisa mendapatkan ikan juga dibutuhkan konsentrasi lho«sedikit anda hilang konsentrasi pada pelampung yang bergerak. 3. Umpan tabor diberikan sebelum kita memancing. kemungkinan pakan yang ada di mata kail hilang. mancing melatih pikiran untuk focus.kalau anda terburu. Teknik yang bagus akan memberikan hasil ikan dapat diangkat. 5. 10.. silahkan mengunjungi took pancing terdekat sesuaikan dengan target sasaran pancingan anda. Untuk membuat sendiri pun anda dengan mudah bisa melakukannya. shopping dan lain lain yang intinya mengobati kelelahan pikiran dengan kegembiraan yang sesuai dengan keinginannya Hobby mancing adalah salah satunya. Kesabaran pemancing pun kadang juga bisa dilihat saat ia menarik joran yang sudah di tarik ikan. rekreasi. hobby ini bisa mengajarkan orang untuk bersabar dan bersabar.. biasanya di pakai untuk pemancing di luar negri atau malah untuk memancing di laut. Apakah Mancing Dapat Menjadi Obat Stress? 6.betul? banyak orang stress meluangkan waktunya dengan berbagai macam hobby yang menyenangkan..

Namanya juga hobby«kata orang bijak. Ikan kecil pun tidak. menyebabkan ikan memiliki kekhasan dalam pola makannya. yaitu : 1.. hobby itu tak kenal harga«yang namanya kesenangan itu tak bisa dinilai dengan uang«asal stress ilang.11. Seperti ikan Gabus. biaya perjalanan kalau dibelikan ikan di pasar udah bisa buat makan sekeluarga. jenis ikan tersebut . Namun jumlahnya mungkin sudah banyak berkurang. Kebiasaan ikan yang memakan makanan buatan pabrik seperti pelet. ikan keli 2. Contoh dari ikan ini adalah ikan mas. Ikan jenis ini biasanya di gunakan sebagai supply ke berbagai kolam pemancingan..tetapi masih bisa tersenyum. mereka pulang ke rumah tanpa hasil apa ± apa. belut dll. perasaan plong tubuh bugar« selesai tak habis pikir mau habis berapa duit«bukan begitu teman? 13. ikan yang belum dibudidayakan dan merupakan ikan liar yang jarang orang membudidayakannya .. namun ada beberapa jenis saja yang merupakan favorite bagi para pemancing untuk diburu. Jenis ± jenis ikan tersebut terbagi dalam 2 kategori.tombro beberapa dari ikan ini memang masih terdapat di alam liar seperti waduk. sungai dll. ikan yang sudah dibudidayakan Ikan yang sudah dibudayakan sebenarnya dulunya juga merupakan ikan yang hidup liar di perairan . ikan tawes. Jenis ikan tersebut hidup diperairan yang umum seperti sungai dan sawah untuk belut. biasanya pada saat memancing menggunakan pakan alami seperti cacing. ikan nila. karena supply ikan harus memenuhi kuota para pemncing. namun dengan tingkat ekonomisnya yang meningkat. 12. Supply yang yang dibutuhkan dalam seminggu mungkin 3 kwintal sampai 6 kwintal ikan segar dalam keadaan hidup. Baca juga artikel kami tentang: banyak dicari Ikan di perairan air tawar jenisnya mungkin banyak sekali. ikan sepat. ikan tersebut akhirnya dibiakkan di kolam untuk dijual. Bagi beberapa pemancing meramu pakan untuk ikan juga memiliki keasyikan sendiri. keong. ikan mujair. pancing. Banyak pemancing bilang bahwa kadang ± kadang setelah mereka memancing seharian. siput . Buat pemancing sendiri ikan yang sudah dibudayakan juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dalam hal memancingnya dibandingkan yang berada di tempat liar. ikan patin.padahal kalau diitung -itung biaya untuk beli pakan. pur.

ikan keli . ikan patin. Supply yang yang dibutuhkan dalam seminggu mungkin 3 kwintal sampai 6 kwintal ikan segar dalam keadaan hidup. sebelum berangkat anda sudah menyiapkan segala sesuatunya agar pemancingan anda sukses. dengan mengetahui jenis ikan yang anda pancing. pur. nah. sungai dll.tombro beberapa dari ikan ini memang masih terdapat di alam liar seperti waduk. memilih ikan dala pemancingan akan erat kaitannya saat anda nanti akan merencanakan aktifitas memancing. sedangkan untuk ikan nila yang masih liar biasanya kita memancingnya dengan menggunakan lumut yang segar. Dan meski sekarang ada beberapa pengusaha yang mulai membiakkannya seperti jenis ikan belut. Contoh dari ikan ini adalah ikan mas. ikan mujair.berada di sungai. namun dengan tingkat ekonomisnya yang meningkat. yaitu : 1. ikan tersebut akhirnya dibiakkan di kolam untuk dijual. ikan tawes. Namun ikan ± ikan ini tetaplah harus menggunakan pakan alami saat memancingnya. menyebabkan ikan memiliki kekhasan dalam pola makannya. jenis ikan nila yang sudah dibudidayakan lebih menyukai pelet sebagai makanannya. namun ada beberapa jenis saja yang merupakan favorite bagi para pemancing untuk diburu. karena supply ikan harus memenuhi kuota para pemncing. Jenis ± jenis ikan tersebut terbagi dalam 2 kategori. Bagi beberapa pemancing meramu pakan untuk ikan juga memiliki keasyikan sendiri. empang. Kebiasaan ikan yang memakan makanan buatan pabrik seperti pelet. selamat memancing banyak dicari Ikan di perairan air tawar jenisnya mungkin banyak sekali. Namun jumlahnya mungkin sudah banyak berkurang. ikan yang sudah dibudidayakan Ikan yang sudah dibudayakan sebenarnya dulunya juga merupakan ikan yang hidup liar di perairan . Ikan jenis ini biasanya di gunakan sebagai supply ke berbagai kolam pemancingan.perencanaan memancing ternyata dibutuhkan juga lho supaya pemancingan anda berhasil. Buat pemancing sendiri ikan yang sudah dibudayakan juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dalam hal memancingnya dibandingkan yang berada di tempat liar. sebut anda mau memancing ikan nila.. ikan nila.

sebut anda mau memancing ikan nila. empang. siput . jenis ikan tersebut berada di sungai. siput . keong. Seperti ikan Gabus. . sebelum berangkat anda sudah menyiapkan segala sesuatunya agar pemancingan anda sukses. keong. sebut anda mau memancing ikan nila. jenis ikan nila yang sudah dibudidayakan lebih menyukai pelet sebagai makanannya. Namun ikan ± ikan ini tetaplah harus menggunakan pakan alami saat memancingnya. ikan yang belum dibudidayakan dan merupakan ikan liar yang jarang orang membudidayakannya . Dan meski sekarang ada beberapa pengusaha yang mulai membiakkannya seperti jenis ikan belut. ikan sepat. sebelum berangkat anda sudah menyiapkan segala sesuatunya agar pemancingan anda sukses. Jenis ikan tersebut hidup diperairan yang umum seperti sungai dan sawah untuk belut. ikan yang belum dibudidayakan dan merupakan ikan liar yang jarang orang membudidayakannya . sedangkan untuk ikan nila yang masih liar biasanya kita memancingnya dengan menggunakan lumut yang segar. selamat memancing ikan keli 1.perencanaan memancing ternyata dibutuhkan juga lho supaya pemancingan anda berhasil. memilih ikan dala pemancingan akan erat kaitannya saat anda nanti akan merencanakan aktifitas memancing. belut dll. belut dll.2.. Seperti ikan Gabus. Namun ikan ± ikan ini tetaplah harus menggunakan pakan alami saat memancingnya. biasanya pada saat memancing menggunakan pakan alami seperti cacing. memilih ikan dala pemancingan akan erat kaitannya saat anda nanti akan merencanakan aktifitas memancing. sedangkan untuk ikan nila yang masih liar biasanya kita memancingnya dengan menggunakan lumut yang segar. ikan sepat. dengan mengetahui jenis ikan yang anda pancing. jenis ikan tersebut berada di sungai. jenis ikan nila yang sudah dibudidayakan lebih menyukai pelet sebagai makanannya. Jenis ikan tersebut hidup diperairan yang umum seperti sungai dan sawah untuk belut. dengan mengetahui jenis ikan yang anda pancing. biasanya pada saat memancing menggunakan pakan alami seperti cacing. nah. empang. Dan meski sekarang ada beberapa pengusaha yang mulai membiakkannya seperti jenis ikan belut.

perencanaan memancing ternyata dibutuhkan juga lho supaya pemancingan anda berhasil. Ikan yang menjadi target biasanya adalah Kakap Merah. 12 May 2010 TEKNIK MANCING 1. . baik dari segi warna.. selamat memancing Umpan Mancing Umpan adalah sesuatu yang harus bisa menarik perhatian ikan. NGONCER. Wednesday. Mancing dasar harus menggunakan pemberat (timah atau besi) yang beratnya tergantung pada kencangnya arus diperairan tersebut. MANCING DASARAN (Bottom Fishing). Mengapa disebut Mancing Dasaran ?.Jenaha. Krapu. Seribu adalah udang hidup yang biasanya dibeli dari bagan bagan pada pagi hari atau menggunakan cumi serok (sudah mati). Ini adalah teknik mancing paling umum dan paling popular dikalangan pemancing. Mancing dasar menggunakan joran standar dan bisa menggunakan reel spinning atau open (overhead) reel) atau malahan pakai tangan saja (hand line) yaitu cara tradisional. Ukuran pancing yang digunakan berkisar antara nomor 3/0 sampai 1/0. Di daerah Selat Sunda dan Muara Binuangeun pemancing biasanya menggunakan cumi yang di iris iris atau utuh (cumi kecil) dan/atau irisan ikan tongkol atau ikan lain yang dagingnya alot! Bila pemancing melontarkan kail yang diberati timah kedalam air. bau dan juga tekturnya dan juga kebiasaan jenis makanannya. Kuwe. Anyer dan Muara Binuangeun mungkin harus sampai 420 gram beratnya (No. Diperairan kepulauan Seribu mungkin cukup menggunakan timah yang maksimal 210 gram ( no. Salem dan beberapa ikan dasar lainnya. Umpan yang populer digunakan di perairan P. apakah dari perahu atau dari dermaga biasanya menimbulkan bunyi jebluk sehingga cara mancing seperti ini juga secara populer disebut teknik mancing jeblukan 2.14J).nah. Terkadang Tenggiri dan Barracuda juga dapat dipancing dengan cara ini.7J) beratnya tapi di sekitar Merak. Karena apa yang dilakukan adalah menempatkan kail yang berisi umpan di dasar laut (atau sedikit diatasnya agar tidak tersangkut karang) dengan harapan bahwa ikan ikan yang berada di dasar laut memakan umpan tersebut. Kurisi.

1 nautical miles = 1.15 miles ( approx. seperti Tenggiri dan Barracuda menyambar umpan hidup tadi. Seribu dan mancing ikan permukaan di perairan sekitar Muara Binuangeun. agar sempurna efek smoke trail nya biasanya ditarik dg speed sekitar 11 knot keatas. Kalau ikan jenis lain sekitar 4-6knot. Banyak pemancing sangat menggandrunginya. kayu atau plastik.8km/jam. Jadi kalau kapal kecepatan nya 20 knots = 23 mph. Jadi umumnya penggunaan rapala tidak bersamaan dengan konahead. Teknik ini sedikit unik dan tanpa menggunakan timah/ pemberat. ). como. sangir. kecepatannya berkisar antara 8 ~ 12 knots . Kenur utama dipasang kili-kili peniti (snaps wivel). bahkan baby barracuda (alu-alu). Teknik memancing yang disebut trolling ini harus menggunakan reel khusus (Open Reel) yang cukup kuat dan joran khusus yang umumnya hanya terdiri dari 1 batang dan harus ditarik kapal dengan kecepatan 5-7 knot. Cukup menggunakan joran dan reel yang biasa digunakan untuk jigging karena biasanya lebih kuat dari joran . TROLLING (Tonda). sambil menunggu ikan pamangsa. tembang. Seribu atau di Selat Sunda bagian utara walaupun jarang sekali berhasil karena sudah tidak banyak ikan pelagis diatas 10 kg. Tehnik ini yang sangat efisien dan efektif untuk mancing tenggiri di Kep. Umpan palsu yang paling populer adalah yang disebut Rapala untuk memancing ikan ikan seperti Tenggiri dan Wahoo. kembung. Unit knot adalah nautical miles per hr . yang berguna agar ikan tidak berenang ke bawah. Ada jenis umpan palsu lain yang disebut Konahead yang berbentuk seperti cumi besar dengan rambut berurai tapi berwarna menyolok untuk mancing ikan ikan sejenis Marlin. kemudian disambungkan dengan mata kail dengan kawat nikelin sepanjang 10. layang. Kalau ikan Wahoo yg menjadi target maka Rapala biasanya di troll dg kecepatan setinggi-tingginya. Trolling biasanya menggunakan umpan buatan yang dibuat dari fiber glass. kalau conversinya ke mile yang umumnya digunakan di darat.8 knot.Ngoncer adalah mancing dengan menggunakan ikan hidup (LIVE BAIT) sebagai umpan. Kalau kita trolling menggunakan umpan rapala biasanya boat melaju dengan kecepatan sampai dengan 8 knot masih bisa. 3. Nautical mile/hour = 1. Rapala . Terkadang digunakan pula balon. Umpan hidup dibiarkan berenang menjauhi kapal. Kalau menggunaka Kona head . Untuk trolling dengan target ikan pelagis berukuran sedang sampai kecil misalnya di danau. Kalau trolling pakai umpan jahit saya biasanya pake speed sekitar 5 . muara atau rawa bakau (mangrove) sebenarnya kita tidak perlu menggunakan joran dan reel trolling khusus. Cara ini sangat populer digunakan di perairan sekitar Binuangeun dan Ujungkulon dan kadang-kadang juga digunakan di daerah Kep. menuju lokasi yang paling akurat (tohor). kecepatan nya tidak lebih dari 6 knots tetapi kalau pakai konahead atau sejenis .cm. Jarak umpan dari kapal sekitar 20-100m tergantung dari ukuran umpannya. Layaran dan Lemadang. Umumnya kalau pakai diving minnow spt. Umpan yang digunakan mutlak umpan hidup seperti : selar. sehingga ikan selalu berada di permukaan (1-2m dari permukaan) .

Oleh karena itu teknik mancing ini harus menggunakan timah pemberat untuk menahan agar umpan tidak bergerak kesana kemari dibawa ombak. Caranya adalah umpan dilempar sejauh mungkin. Pelontaran umpan tidak dilakukan secara sembarangan tetapi harus ditujukan ke cekukan cekukan/celuk yang diperkirakan ada ikan. Seperti dalam Surf Casting. Selain daripada itu surf casting biasanya dilakukan pada waktu pasang naik karena pada saat itulah ikan ikan mendekati pantai untuk mencari makanan. Oleh karena itu teknik mancing ini harus menggunakan timah pemberat untuk menahan agar umpan tidak bergerak kesana kemari dibawa ombak. ROCK CASTING. batuan. Umpan yang digunakan juga bukanlah umpan palsu (tiruan) tetapi biasanya irisan ikan. SURF CASTING. CASTING. Joran yang digunakan adalah joran khusus yang bersifat lentur (tidak kaku) dan panjangnya antara 150 sampai 172 cm cm karena berbeda dengan Popping (lihat teknik nomor lontaran umpan biasanya tidak perlu terlalu jauh (antara 20 sampai 30 m). teknik surf casting juga bisa dilakukan di muara sungai. Selain dipantai. Reel yang digunakan bisa spinning bisa juga reel khusus (baitcasting). Hal ini harus dilakukan terus menerus sampai ikan menyambar atau sampai pemancing merasa lelah dan menyerah. seperti dermaga. serangga atau binatang laut lain dengan berat sekitar 7 sampai 20 gram. umpan yang di lontarkan justru dibiarkan mendarat dan tinggal di tempat dia jatuh. juga pada saat laut pasang! 6. cacing laut atau kerang-kerang yang ditemukan dipesisir. Umpan yang digunakan juga bukanlah umpan palsu (tiruan) tetapi biasanya irisan ikan. bahkan diatas kapal yang sedang berhenti / jalan dengan pelan. Teknik mancing ini dilakukan dari pantai dengan menggunakan joran yang panjangnya kira-kira 4m dan biasanya terdiri dari 3 pieces (potong) yang harus disambung jadi satu. Walaupun teknik dasarnya hampir sama dengan casting yaitu melontarkan umpan sejauh jauhnya tetapi dalam Surf Casting. Pemancing juga harus menggunakan reel yang berukuran cukup besar (biasanya model spinning kelas 4000 keatas). Oleh karena itu cara mancing seperti ini termasuk Popping dan Jigging (lihat nomor 7 dan 8 ) dikategorikan sebagai Sportfishing yaitu mancing sambil ber olah-raga! 5. 4. Biasanya dilakukan dari pinggiran laut. pantai. kemudian reel digulung dengan cepat. pemancing biasanya tidak memegangi jorannya terus menerus tetapi menempatkannya disuatu tempat atau pada penyangga yang kokoh dan mengamati dari . Teknik mancing ini hampir sama dengan teknik Surf Casting dan menggunakan peralatan yang hampir sama tetapi dilakukan dari atas batu karang (rock) atau pinggir laut yang curam. cacing laut atau kerang-kerang yang ditemukan dipesisir.dan reel yang digunakan untuk mancing dasaran. Jorannya hampir seperti joran spinning atau popping biasa hanya jauh lebih panjang. Teknik dasarnya juga sama yaitu melontarkan umpan sejauh jauhnya dan umpan yang di lontarkan dibiarkan mendarat dan tinggal di tempat dia jatuh. Umpan yang digunakan biasanya umpan tiruan (lure) yang berbentuk ikan ikanan.

Jigging biasanya dilakukan dari kapal/perahu yang lego jangkar dan berdiam ditempat. jig tidak diayunkan ke spot yang dijadikan target tetapi dicemplungkan dan dibiarkan meluncur ke dasar laut secepat mungkin kemudian segera menggulung reel dengan cepat sambil sesekali disentak sentak. Pada saat ini. spot yang paling populer untuk teknik Jigging bagi para pemancing Jabodetabek. Memancing dengan teknik Rock Casting sebenarnya sangat berbahaya karena pemancing harus memanjat tebing dan mencari spot diatas permukaan batu karang yang tingginya dari permukaan laut antara 2 m sampai 20 m. 7. Seperti juga dalam Popping. Reelnya juga harus lebih kokoh dibandingkan dengan reel untuk popping walaupun pada dasarnya bisa ditukar-tukar. Teknik Popping pada dasarnya termasuk dalam kelompok Casting. Para ahli menasihatkan agar mereka yang senang Rock Casting selalu melakukannya bersama teman agar bisa saling menolong. Cara tersebut dilakukan agar umpan tiruan tersebut bergerak mirip ikan umpan alami tetapi berenang menuju keatas sehingga ikan sasaran mau menyambarnya. Joran yang digunakan cenderung lebih kaku dan pendek (antara 150 sampai 170 cm). antara 180 sampai 210 cm dan terdiri dari 2 pieces yang disambung . JIGGING Menurut para ahli. Tetapi teknik Popping menggunakan joran (rod) yang cukup panjang. Beberapa pemancing menggunakan jig yang beratnya mencapai 250 atau 400 gram tergantung jenis ikan yang menjadi sasaran. tantangan utama dalam jigging adalah justru mempertahankan agar ikan yang menyambar jig tidak bisa lari dan bersembunyi dibalik karang. Jigging biasnya dilakukan pada spot yang terdiri dari terumbu karang atau tubiran dengan kedalaman antara 50 sampai 100 m. agak lebih kaku dari joran untuk mancing Dasaran. Yang hanya 4 m dari permukaan laut dapat tiba tiba dikelilingi air laut dan terpisah dari daratan pada saat pasang naik. Lokasi yang sangat tinggi juga sangat berbahaya karena ada bahaya terjatuh kedalam laut. Bila ini terjadi maka yang biasanya terjadi adalah jig terpaksa diputuskan/dikorbankan. Memancing dengan teknik Jigging memerlukan peralatan yang berbeda dari teknik Popping atau Casting. Jig yang digunakan biasanya adalah yang memiliki berat minimal 100 gram agar terjun dengan cepat menuju dasar laut. Seperti telah disebutkan diawal sewaktu Jigging. jig biasanya tiba tiba terasa berat dan ada yang menarik sehingga harus segera dilakukan fight agar ikan tersebut tidak bisa menyelam dan bersembunyi didalam karang. Jigging sebagai salah satu teknik mancing bukanlah sesuatu teknik yang baru muncul. Nelayan dari beberapa negara sejak ribuan tahun lalu telah mencoba menipu ikan dengan menggunakan umpan palsu yang dibuat dari timah atau logam lain berbentuk ikan kecil yang dicemplungkan ke dasar laut lalu kemudian ditarik dengan cepat keatas. 8. Istilah para pemancing Indonesia adalah menjadi sesajen untuk laut selatan (bila terjadinya di Binuangeun). Jawa Barat dan Banten adalah di perairan Muara Binuangeun sekitar Pulau Deli dan di Sea Mount Reef yang lokasinya antara Lampung Barat dengan Ujung Kulon. Bila terjadi strike. POPPING.kejauhan sampai umpannya disambar ikan. Joran untuk jigging hampir mirip dengan joran Trolling tetapi lebih kecil ukurannya dan terdiri dari 2 sambungan yang sambungannya berada diujung pangkal joran (butt). Oleh karena itu teknik ini biasnya hanya dilakukan oleh pemancing yang suka mencari petualangan.

Korea dan juga Indonesia. dsb.2 cm diatas pancing. Jarak antara pelampung dengan pancing garongnya hanya berkisar sekitar 50 cm sampai 100 cm sedangkan seluruh panjang kenur dari ujung joran sampai mata pancing hanya 2 sampai 3 m. Nusa Tenggara Barat dan Timur (sekitar Pulau Komodo) dan banyak dilakukan oleh orang asing. Jenis yang satu lagi disebut Pencil karena kepalanya tajam dan pensil ini tidak disentak sentak tetapi hanya ditarik terus. Botana. Spot yang paling populer untuk pemancing Jabodetabek dan Banten saat ini adalah di sekitar Karang Tungku Tiga dan Batu Mandi sekitar Pulau Sanghyang. Cara tersebut dilakukan agar umpan tiruan tersebut bergerak mirip ikan umpan alami. sehingga ikan sasaran mau menyambarnya. Yang pertama disebut Chugger yang kepalanya rata dan memiliki cekukan seperti mangkok. Ujungkulon. Reel yang digunakan biasanya kelas 6000 keatas dan kenurnya adalah benang PE (Braided) kelas 5 (50 lbs) sampai 8 (80 lbs). Joran yang lebih panjang akan menghasilkan pelontaran umpan yang lebih jauh. pop karena kepalanya menabrak air. Sesuai dengan sebutannya. Teknik popping sangat populer di perairan Bali. teknik popping khusus menggunakan lure (umpan buatan) yang disebut Popper yang biasanya berukuran besar dengan berat antara 80 sampai 100 gram. Kadang kadang orang menggunakan nasi atau kue.dengan cincin (guide) berukuran besar agar kenur dapat meluncur dengan cpat dan digulung kembali dengan lancar. buntut. Itulah sebabnya ia disebut popper . Semua spot ini berada di wilayah perairan Selat Sunda. Perbedaan utama antara Popping dengan Casting adalah bahwa Popping biasanya dilakukan dari kapal/perahu yang stand bye . perut. seperti Jepang. Teknik Popping hampir sama dengan Casting yaitu mengayunkan umpan tiruan ke spot yang dijadikan target kemudian menggulung reel dengan cepat. seringkali (atau lebih sering) ikan yang digarong tertangkap bukan karena pancing nyangkut di mulutnya tetapi nyangkut di insang. Mancing garong ini biasanya menggunakan joran TEGEK yaitu joran tanpa kolong-kolong (cincin/guide) yang panjangnya antara 4 m sampai 6 meter dan teleskopik (joran antena). Target yang utama adalah ikan Baronang. Sukabumi. Gerombolan ikan Tuna sirip kuning biasanya muncul sekitar bulan Maret-April di perairan Pelabuhan Ratu. Mancing GARONG. Umpan buatan yang dipakai terdiri dari 2 jenis. Setiap setelah beberapa putaran popper disentak (bila umpannya Chugger) lalu menggulungnya lagi. di pipi. 9. pundak. di Karang Jajar dan sekitar Pulau Panaitan. Tanjung Tua dan Karang Krekah dekat Bakauhuni. Mancing cara garong ini harus menggunakan pelampung kecil yang dibuat dari kayu ringan dan biasanya berbentuk seperti piring terbang . Mancing ini umumnya menggunakan umpan lumut laut yang banyak tersedia di bebatuan di pantai. Uniknya. Popping sekarang sangat populer dikalangan pemancing hobbyist Indonesia terutama untuk memancing Tuna pada waktu musimnya dan GT (Grand Trevally/Kuwe Gerong) yang bisa dilakukan kapan saja asal di spot yang tepat. Umpan tersebut tidak ditempelkan di pancing tetapi dijepit oleh kenur kira kira 1 . dan terkadang juga ikan . Cara mincing ini secara popular diplesetkan dengan sebutan ngegarong karena menggunakan sejenis kail yang bermata 6 (enam) berbentuk seperti matahari yang disebut pancing GARONG . Chugger ini bila disentak sewaktu mengapung akan menimbulkan bunyi pop. pop. Artinya mesin kapal tetap hidup dan jangkar tidak diturnkan agar kapal bisa segera mundur bila telah terlalu dekat ke karang atau bila umpan disambar ikan target agar ikan tersebut tidak bisa menyelam dan bersembunyi didalam karang.

teknik mancing yang satu ini dianggap yang paling murah biayanya dan banyak orang sangat menikmatinya dan benar-benar ketagihan! Posted by Rudi Kurniawan at 12:45 0 comments Links to this post Labels: teknik mancing Blogger Buzz: Blogger integrates with Amazon Associates Blogger Buzz: Blogger integrates with Amazon Associates Posted by Rudi Kurniawan at 12:12 0 comments Links to this post Monday. resep umpan Umpan Mancing untuk harian Umpan putih u/ harian . batu batu (beton) pemecah ombak. saat memancing campurkan dengan kroto. Posted by Rudi Kurniawan at 12:09 0 comments Links to this post Labels: hijau. 8 February 2010 Umpan Hijau Umpan Hijau Diklaim umpan ini baik dipergunakan pada empang yang berair warna hijau dan berbau Bahan-bahan : 2 sendok makan Umpan Tombro 2 sendok makan Susu bubuk Santan Kara secukupnya 1 buah Ubi rebus yg sedang 1 buah Merah telur asin 2 sendok makan Air panas Kroto secukupnya 1 kaleng Tuna merek Deho Cara membuatnya : Ubi rebus diparut.Kakak Tua. Oleh karena itu. eksentrik dan sebenarnya sangat sulit. Tehnik ini murah tetapi sangat unik. santan Kara dan Air panas diaduk menjadi adonan lalu masukan parutan ubi rebus dan tuna yang telah dihaluskan kemudian masukan kedalam kantong plastic dan dikukus selama 30~45 menit. Tombro. atau jembatan di sekitar pantai. Mancing garong tidak memerlukan perahu atau kapal karena dilakukan dari pinggiran seperti dermaga. susu bubuk.

belut dan parutan jagung manis dikukus terpisah. Berikutnya masukkan vanilla dan aduk hingga rata. Parut ubi dan keju.Bahan-bahan : 3 bks Katu Lampa 4 butir Telor ayam (merahnya saja) 1 kaleng Tuna tanpa merk 4 bks kecil Vanilla kristal Ubi putih secukupnya Cara membuat : Telor ambil kuningnya saja. Namun pengukusan ubi harus lebih lama sekitar 15-30 menit dari adonan agar ubi benar-benar matang. Campurkan semua bahan di atas tadi aduk hingga rata. haluskan daging ikan tuna dan daging belut. Untuk jagung kukus setengah matang saja. Setelah rata ambil daun pandan dan dibuat buntalan lalu campur dengan bahan tadi. Untuk kroto dicampurkan saat umpan akan dipakai. resep umpan Umpan Mancing untuk seharian Umpan untuk Seharian Bahan-bahan : 1/4 kg ubi kuning 100 gram Bubur bayi Cerelac rasa pisang 3 ekor belut 5 tongkol jagung manis 1/4 pak keju Kraft 2 butir telur (kuningnya saja) Susu murni secukupnya 50 gram mentega 1 kaleng ikan tuna 2 ons kroto Cara membuat : Ubi. Posted by Rudi Kurniawan at 12:08 0 comments Links to this post Labels: putih. Posted by Rudi Kurniawan at 12:07 0 comments Links to this post . lalu campur dengan tuna tanpa merk. Jika dirasa belum menyatu anda bisa menambahkan sedikit air panas sampai didapat kelekatan yang anda inginkan. Pada saat mulai mengukus sertakan juga ubi dan dikukus secara bersamaan. Berikutnya campurkan katulampa dan aduk bahan tersebut hingga merata. masukkan ke dalam satu wadah. Setelah semuanya matang dan diangkat. Berikutnya adonan tersebut kita masukkan dalam plastik transparan ukuran ½ atau 1 kg dan kukus selama + 30 menit.

Labels: resep umpan Umpan Mancing dengan Biskuit UMPAN BISKUIT Bahan-bahan : 1 bungkus Biskuit Roma kotak tawar 1 saset Susu bubuk 3 buah Ubi kuning uk sedang 1 kaleng sedang Tuna/Sarden Cara membuatnya : Ubi kuning dikukus lalu diparut. Cara meramu : Bersihkan sardin dari sausnya lalu hancurkan . pada saat mau mancing ditambahkan Kroto. aduk rata pada baskom lalu campurkan pelet halus tadi sedikit demi sedikit dan aduk hingga merata dengan menambahkan sedikit air. 1 butir telur bebek. 1 kantong pelet halus 2. Untuk mengaduk dapat digunakan sendok nasi yang besar (centong). ikan sardin 1 kaleng 3. aduk hingga liat sampai umpan siap digunakan. Tutup umpan dengan serbet basah agar tidak diganggu lalat dan tidak kering . Tuna kaleng dibuka tuangkan minyaknya saja tambahkan sedikit air tuang lagi ke Namun secara umum umpan ramuan dibuat sebagai berikut: 1. Umpan yang sudah jadi dapat ditambahkan kroto. parut dan haluskan. resep umpan Umpan Mancing pake Ubi Umpan Ubi Bahan-bahan : 3 buah ubi jalar manis 1 kaleng Tuna (Tuna in oil) 2 bungkus pelet merah 2 bungkus Chiki Snack keju 1 tutup botol minyak ikan (Scott's Emultion White) Cara membuat : Kukus ubi jalar. Biskuit dihaluskan. Campurkan semua bahan-bahan. Remas Chiki Snack hingga hancur. Posted by Rudi Kurniawan at 12:06 0 comments Links to this post Labels: biskuit. Tuna/Sarden dibuang bumbunya lalu dihaluskan. campurkan dengan adonan aduk lagi sampai rata. telur bebek ambil bagian kuningnya saja.

KUMPULAN RESEP UMPAN JOSS 1. Umpan Mancing Ikan Nov 21.. Ubi jalar dan ikan tongkol dikukus sampai lembek jangan lupa dibuang kulit dan durinya. campur kesemua bahan tersebut dalam satu wadah. Umpan Telur Ayam Bahan-bahan : 5 butir telur ayam ½ kg tepung ketan .terkena sinar matahari. Penggunaan umpan cukup dipulung-pulung kira-kira sebesar kelereng lalu disatukan ke kail dengan bentuk seperti tetesan air. Keju diparut sampai halus. Lalu aduk bersama susu dan essen. Besar umpan sesuaikan dengan besarnya mata kail. Pengalaman akan mengajarkan anda pada ramuan dan takaran yang sesuai sehingga saatnya nanti umpan anda menjadi yang terhebat di lomba. Umpan Telur bebek Bahan-bahan : 4 telur bebek 1 bungkus mie instan 3 sdm pellet ¼ kg ikan tongkol 2 ons keju 1 sachet susu bubuk Essen daun pandan Ubi Jalar secukupnya Cara membuat : Mie instan dan pellet dihancurkan menjadi tepung. Umpan umum ini hanya disajikan di dasar air.. Telur bebek digodok sampai matang dan diambil kuning telurnya saja. campur dengan air bila diperlukan. '07 12:31 PM for everyone Ini kumpulan resep umpan mancing gua dapet di Wide Area Network kantor. thanks untuk orang yang udah capek-capek ngumpulinnya sekarang gua bantu sebar luas. 2. Setelah semua bahan siap. Kini umpan anda siap digunakan. lumayan nih untuk yang hobi mancing di empang atau rawa .

Apabila semua bahan telah siap. Kini umpan tersebut telah siap anda gunakan untuk mancing. dan telur bebek diambil kuningnya saja. vanili. Selanjutnya bungkus adonan yang telah jadi tersebut dengan daun pandan dan kukus hingga matang. keju kraft dan kelapa diparut terlebih dahulu. Selanjutnya adonan dikukus selama 3-4 jam. perasan daun pandan dan santan kelapa yang diperas tanpa menggunakan air. Sebelum dimasak. keju parut. daun pandan sepanjang 10 cm sebaiknya dimasukkan pada setiap kantung. susu kental. Umpan Kuning Bahan-bahan : Jagung manis 5 tongkol Telor bebek 5 butir (tidak muda tidak tua) Keju Kraft 1/4 batang Kacang mede 1/4 ons Kelapa 1/4 butir Susu Kental 1/4 kaleng Vanili Secukupnya Daun pandan 2 lembar Ubi 1 buah Tuna 1 kaleng Kroto secukupnya Cara Pengolahan : Semua bahan seperti jagung manis. kemudian dimasukkan ke dalam kantung plastik berukuran ½ kg. 3. baik untuk galatama maupun di kolam harian. kacang mede. Bahan-bahan yang telah dicampur diaduk hingga rata. tambahkan sedikit air agar tidak terlalu pekat. Plastik dirangkap dua agar dalam pengukusan tidak pecah. lalu masukan tepung ketan kedalam kocokan telur. campurlah jagung dengan kuning telur. Sedangkan untuk kacang mede terlebih dahulu digoreng dan selanjutnya digilas sampai halus. Adonan didalam plastik diikat rapat pada ujungnya agar bentuk adonan menjadi pipih dan rata dalam mematangkannya.Daun pandan beberapa helai Pelet secukupnya Cara membuat : Hancurkan 5 butir telur dan aduk isinya sampai lebur ( tidak terlalu berbusa ). .

diaduk hingga rata. Setelah 3-4 jam. kemudian ditekan hingga pipih dan dimasak kembali dengan posisi terbalik. 5.Untuk mendapatkan hasil yang rata dalam pengukusan sebaiknya setelah 1. tidak terlalu keras ataupun lembek. Resep umpan kuning ini dapat bertahan hingga 1 minggu. Umpan kuning yang telah siap dicampur dengan 1 buah ubi rebus untuk dicampur dan diaduk sampai rata. umpan siap dipakai. Setelah semua rata. Umpan Putih Super Bahan-bahan : Katulampa 3 sachet susu dancow 6 butir telur ayam negeri 1 bungkus umpan jadi Pak Ikin 1 kaleng Deho 1 lembar daun pandan 2-3 ons kroto Cara membuat : Aduk semua bahan diatas kecuali Deho. masukkan 1 kaleng tuna untuk dicampur hingga rata. adonan umpan akan berwarna kuning pertanda sudah matang dan berbentuk pipih. Adukan atau adonan tersebut ditim selama 15-20 menit. Namun sebelum digunakan.5 jam adonan diangkat. Umpan durian tiga mata Bahan-bahan : Durian tiga mata (biji) Gula merah 200 gr Ubi Jalar Sagu 200 gr . Selamat mencoba!!!!!!! 4. Setelah dingin. campurkan terlebih dahulu Deho dengan porsi secukupnya ( seimbang). Masukkan kroto secukupnya ke dalam adonan.

kelapa. setelah itu masukkan gula merah aduk hingga menjadi lumer. Ubi kuning dikukus lalu diparut. Aduk hingga rata. adonan boleh dicampur lagi dengan daging bandeng yang sebelumnya telah dikukus dan dihaluskan. Daging bandeng bisa dicampur langsung ke adonan atau hanya dibagian luar. ubi. Cara memakai : Kroto putih sebanyak 1/2 dikukus lalu dicampur pelet. Umpan Susu Sapi Bahan-bahan : 10 tongkol jagung manis 4 butitr telur bebek 1/2 liter susu sapi murni. Parut ubi jalar hingga membentuk seperti tepung. Jika ikan mas di kolam ternyata menyukai umpan amis. susu sapi. 1/4 kelapa ukuran sedang. umpan durian siap digunakan. Selanjutnya untuk mengentalkan umpan tambahkan sagu dan parutan ubi jalar. Umpan siap dipakai. Seperti biasa. Catatan : Jika akan dipakai mancing pada pagi hari. selain kroto. 6. dan mentega dicampurkan ke adonan telur sambil terus diaduk pada kecepatan tinggi. 1/2 kg ubi kuning 1/2 blok keju Kraft 1/2 sendok makan mentega Weijmans Bahan campuran lain : 2 ekor bandeng hitam basah 1 Kg kroto putih segar Cara membuat : Jagung dan kelapa digiling halus. umpan harus dibuat malam hari dan harus sudah jadi tepat menjelang pagi. Susu sapi dimasak diatas api kecil sambil terus diaduk hingga tinggal 6 sendok makan. Setelah itu masukkan daging durian aduk hingga durian tercampur benar dengan larutan gula tadi. Gunakan sebagai bom. 7. Kroto dikukus dengan maksud agar bisa tenggelam. Telur bebek ( 5 butir campur dan 3 kuningnya saja ) diaduk dengan mixer pada kecepatan tinggi. Keju diparut. Didihkan air 200 ml. keju. sebelum dipasang umpan harus dicampur lagi dengan kroto di bagian luarnya.Cara membuat : Pisahkan daging durian dari bijinya. Umpan Jagung Bahan-bahan : . Jagung.

haluskan daging ikan tuna dan daging belut. Adonan dibungkus rapat dengan alumunium foil. singkong.10 Tongkol jagung muda 1/3 blok keju Kraft 1/2 ons singkong Roombutter Weijmans secukupnya 1/4 butir kelapa muda 2 ons kroto (kroto beras) 1 butir kuning telur bebek ( boleh tidak dipakai ) Cara membuat : Jagung. Parut ubi dan keju. 8. 9. Kroto dicampurkan saat umpan akan dipakai. Umpan Susu Murni Bahan-bahan : 1/4 kg ubi kuning 50 gram Bubur bayi Cerelac rasa pisang 3 ekor belut 5 tongkol jagung manis 1/4 pak keju Kraft 2 butir telur (bagian kuningnya saja) Susu murni secukupnya 50 gram mentega 1 kaleng ikan tuna 2 ons kroto Cara membuat : Ubi. kelapa muda dan keju diparut lalu dicampurkan dengan sisa bahan dan diaduk rata. Umpan Mie Instan Bahan-bahan : 1 bungkus Indomie kari ayam 2 butir telur ayam kampung 1 sendok makan roombutter Weijmans 1 sendok makan penuh bubur bayi Nutrisia beras 1 lembar keju Kraft 1 sendok makan susu bubuk Infamil 1 sendok teh bubur bayi Cerelac beras . Dikukus selama 2 jam dengan api kecil. air sudah harus mendidih saat adonan dimasukkan. Untuk kroto dicampurkan saat umpan akan dipakai. belut dan parutan jagung manis dikukus terpisah. Campurkan semua bahan di atas tadi aduk hingga rata. Untuk jagung kukus setengah matang saja.

kemudian dibungkus. Roombutter dipanaskan sampai mencair. Cerelac berfungsi untuk pengeras umpan.5 sendok garam halus 100 gram singkong 2 kuning telur ayam kampung . Sebelum dipakai umpan harus dicampur rata dengan kroto secukupnya. tepung Cerelac dapat ditambahkan lagi.5 ons keju Kraft 0.Cara membuat : Indomie diblender sampai halus lalu diaduk dengan kuning telur yang sudah dikocok. diaduk jadi satu dengan bahan-bahan yang lain. umpan jagung ini harus dicampur dulu dengan kroto atau daging belut. Selama pengadukan.5 ons ubi jalar manis 2 ons kacang mete 1 ons singkong 1 ons kacang tanah 0. api harus tetap kecil supaya adonan tidak hangus. Umpan Kacang Mete II Bahan-bahan : 150 gram ubi jalar 50 gram kacang tanah goreng 50 gram kacang mete goreng 1. Apabila saat dipakai umpan terlalu lembek ( mudah hancur ). Ke dalamnya lalu dimasukkan keju parut dan diaduk. ubi jalar. dikukus dengan api besar sampai matang. bubur bayi Nutrisia beras dimasukkan dan diaduk lagi. Setelah warnanya agak kuning. Bagian II 11. Jagung muda. dan singkong dikupas lalu diparut sampai halus demikian juga keju kraft dihaluskan. Adonan didinginkan sebelum dimasukkan kedalam kaleng untuk disimpan. Bahan-bahan lain kemudian dicampurkan. 10. Pada saat digunakan.5 sendok teh gula pasir 1. setelah matang keduanya kemudian diblender sampai benar-benar halus.5 sendok garam 2 kuning telur ayam kampung mentega secukupnya Cara membuat : Kacang mete dan kacang tanah digoreng dengan mentega. Umpan Kacang Mete Bahan-bahan : 2 tongkol jagung manis (sweetcorn ) muda 0. Pemanasan diteruskan dengan api kecil.

. garam. kotoran dan semut yang masih ada dibuang lalu ditiriskan dengan sedikit diperas.benar halus dan tercampur dengan baik. Blender sekali lagi hingga halus dan tercampur merata. Kroto diseduh dengan air mendidih. Parut keju kemudian aduk rata bersama kuning telur. dan jagung manis sampai setengah matang.2 tongkol jagung manis 1. Kroto dicampurkan dengan umpan pada saat mulai mancing. Kulit dan duri ikan dibuang kemudian ikan digoreng dengan minyak hasil rebusan santan kelapa.5 sendok makan gula 50 gram keju Cara membuat : Kukus ubi jalar. Giling kacang tanah dan mete dengan blender. Ikan tongkol dicuci bersih dan dikukus sampai matang. dan gula. Kukus adonan yang telah diblender diatas cetakan kue beralas daun pisang kurang lebih 30 menit. Tambahkan ubi jalar. Ubi jalar dikupas dan dicuci bersih lalu dikukus sampai matang. 12. Telur bebek mentah digodok sampai matang dan diambil bagian kuningnya. Umpan Mie dan Pellet Bahan-bahan : 1 bungkus mie instan 1 ons susu bubuk full cream 1 sendok makan pelet 2 butir telur bebek ( mentah atau asin ) 2 ons kelapa parut 1 ons keju 2 ons ubi jalar putih atau kuning 2 ons kroto 2 tetes esen nangka 2 ons ikan tongkol segar atau olahan Cara membuat : Mie instan dan pelet dibuat menjadi tepung. singkong. jagung yang telah dikukus. singkong. kelapa parut dibuat santan dan digodok sampai keluar minyaknya. sampai halus. Campurkan kroto sewaktu akan digunakan. Semua campuran bahan diaduk atau ditumbuk bersama susu dan esen sampai benar . Keju diparut. keju dicampur kuning telur.

lalu masukkan ke dalam oven. Belah sesuai selera. Kecuali jika kedi anda ikut menggado kue itu.13. Jika ingin beramal. karena umpan ini lumayan banyak jika hanya dipakai satu orang. Umpan ikan tuna Bahan-bahan : Ikan tuna segar 3-4 ekor Belut 10 ekor Daun pandan 2 helai . Daging ikan mas diambil lalu diblender sampai halus. Selamat mencoba!!!!!. angkat adonan dan dinginkan. Setelah benar-benar mengembang (jangan sampai ada yang mentah dibagian tengahnya). Panaskan pada suhu sekitar 80 derajat celcius pada menit-menit awal dan turunkan suhu ketika adonan mulai mengembang. Kedua bahan tersebut dicampur lalu digabungkan dengan semua bahan yang ada. Umpan jagung khas tombro Bahan-bahan : Jagung Muda 11-13 buah Ikan Tombro/Mas warna hitam 1 ekor Susu bubuk 2 sdm Keju batangan sebesar kotak korek api Kacang mete 20 biji Telur bebek 2 butir Cara membuat : Pereteli jagung dari bonggolnya dan diblender sampai halus. 14. bagi-bagi teman di samping kanan dan kiri anda. Selanjutnya semua bahan diblender kembali sampai benar-benar rata dan halus. Tuangkan adonan ke dalam loyang.

Selamat mencoba!!!! 15. bisa langsung dicampur dengan essen da pasta atau dibawa ke kolam dan dicampur ketika sudah dipinggir kolam.Kelapa ukuran sedang 1/3 butir Susu sapi murni 1 liter Mentega Weijmans ¾ sendok Essen garlic dan mocca secukupnya Pasta secukupnya Cara membuat : Ambil daging ikan tuna dan pisahkan dari duri didalamnya. Belut dipotong-potong kecil seukuran 3-4 cm. kelapa. Berikutnya daun pandan. campur semua bahan ke dalam blender kecuali essen. Setelah halus. susu dan mentega dicampur dengan menggunakan blender. Masukkan dua bahan tadi ke dalam blender dan hancurkan sampai rata. Aduk hingga rata dan halus. Setelah halus. Umpan burung walet Bahan-bahan : Sarang burung walet 5-10 gr Sagu secukupnya Susu bubuk 5-6 sendok teh Akar pohon pisang 10 batang/helai Iakn salem 2 ekor Pellet secukupnya Cara membuat : .

Setelah kentang matang dan dingin. 16. tumbuk (hancurkan) sampai halus. angkat dan campurkan daging ikan salem ke dalam adonan tadi. Setelah itu diaduk kembali hingga rata. Lalu telor ayam kampung diambil kuningnya saja. 17. Ketika sudah rata. Sarang burung dan akar pisdang direbus dalam air mendidih selama 2-3 menit. Masukkan pasta secukupnya diikuti dengan tuna oil juga sesuai selera. Umpan telah siap digunakan dan kini bersiaplah kini menanti kemenangan. lalu dicampur dengan kuning telor dan diaduk sampai rata. Kini umpan anda sudah siap digunakan. Campurkan pellet sedikit untuk menyatukan daging dengan adonan. Ketika adonan kenyal. Namun bila merasa kurang. Masukkan susu bubuk ke dalam air rebusan sarang burung dan aduk hingga rata. Umpan Kentang Bahan-bahan : Kentang sebanyak 3 butir Telor ayam kampung 2 butir Pasta nangka secukupnya Tuna Oil secukupnya Cara membuat : Pertama-tama kentang dikupas kulitnya dan direbus dengan air panas sampai empuk.Ikan salem dicuci dan dikukus hingga dagingnya lunak. kita harus tahu persis takaran yang tepat agar adonan tetap kenyal sehingga mudah menempel di mata kail. UMPAN TAHU PUTIH Bahan-bahan . anda bisa mencampurkan sedikit pellet untuk membuat racikan kenyal dan tidak mudah hancur. Yang harus diperhatikan. Lalu dipisahkan daging ikan dari durinya dan hancurkan secara pelan dengan ulekan.

Selamat mencoba!!! 19. Umpan Jeruk Bahan-bahan : ½ biji buah jeruk (manis) 2 helai daun pandan 2 butir ubi jalar 4 sdm sagu 2 bks pellet 200cc air Cara Membuat : Ubi direbus sampai matang lalu campurkan dengan buah jeruk dan diblender sampai halus. Umpan Udang 300 gr Udang windu 2 helai Daun pandan . Bila mancing campurkan kroto 18. campurkan semua bahan-bahan lalu masukan kedalam kantong plastic. Setelah itu. Kukus selama ½ jam. Daun pandan dibuang. Berikutnya angkat dan dinginkan.1 buah Tahu besar ¼ Kg Kacang Mede 1 saset Susu Bubuk 4 bungkus Kinoy 5 buah Putih Telur bebek 1 buah Telur bebek komplit 1 Kaleng Tuna Deho 5 lembar Daun Pandan Kroto secukupnya Cara membuatnya : Tahu besar dan kadang mede dihaluskan. Selanjutnya sagu direbus dengan air dan didalamnya dimasukkan daun pandan. Tuna Deho dibuang airnya dan dihaluskan. Kini umpan anda siap digunakan dengan mencampurnya dengan pellet.masukkan hasil blenderan dan diaduk-aduk sampai rata.

masukkan udang kedalamnya dan aduk hingga merata. Umpan siap diadu!!! Bagian III 21. campur kesemua bahan tersebut dalam satu wadah. Ubi Jalar dan ikan tongkol dikukus sampai lembek. Mie Instan dan pellet dihancurkan menjadi tepung. Umpan Amis Cilandak Bahan-bahan : 2 tongkol jagung manis muda 2 butir telur bebek 1 bungkus telur bebek 1 bungkus mie instan ¼ bungkus pelet ½ kg ikan tongkol ½ ons keju ½ ons susu bubuk essen daun pandan Cara membuat : Jagung direbus dan diparut. Setelah matang. Tambahkan air secukupnya dan diblender menjadi halus. Setelah semua bahan siap. Berikutnya campurkan susu dan essen. jangan lupa dibuang kulit dan durinya. Lalu tumbuk daging udang sampai halus (usahakan agar tetap sedikit kasar). Saat sagu mulai meleleh. Keju diparut sampai halus. Umpan Blender . Berikutnya air bekas rebusan udang dipanaskan kembali dan digunakan untuk merebus sagu. Pada saat akan digunakan. Telur bebek diodok sampai matang dan diambil kuning telurnya saja. 20. teteskan tuna oil secukupnya dan tambahkan pellet yang berfungsi sebagai pemberat. Rebus udang yang telah dibersihkan dengan mencampurkan daun pandan selama proses perebusan. tiriskan udang tersebut sampai kering. ditandai dengan warna udang yang kemerahan.5 sdm Sagu 200 gr Pellet Tuna oil secukupnya Cara membuat : Buang bagian kepala udang.

lalu aduk sampai rata. Cara membuat : Daun pandan direndam air panas Ikan tongkol diambil dagingnya dan diblender sampai halus. Tapi jangan diangkat juga sebelum matang). Semua bahan yang ada dicampurkan dan diaduk sampai terbentuk adonan. kukus adonan tersebut sampai matang dan mengembang. Selanjutnya semua bahan diblender kembali sampai benar-benar halus. sebab akan membuat adonan keras. Kedua bahan tersebut di campur lalu digabungkan dengan semua bahan yang ada. Umpan Pelet Bahan-bahan : 1 bungkus Pelet Tongkol 2 helai daun pandan 1 bungkus kinoy 50 gr/sebungkus perangsang 50 gr ikan Tongkol ½ bungkus pak ikin Kroto secukupnya. 22. ( + 10-15 menit ) Setelah benar-benar mengembang (jangan sampai mentah dibagian tengah). Ikan tuna juga diambil dagingnya saja dan diblender sampai halus. usahakan jangan terlalu lama.Bahan-bahan 10-15 biji Jagung Muda 1 ekor ikan tuna 4 sendok Susu bubuk Keju Batangan (sekotak korek api) 20 biji kacang mete 1 sendok makan minyak ikan 2 butir kuning telor bebek Cara membuat : Kuliti jagung dari tongkolnya dan blender sampai halus. Setelah rata ambil air daun pandan dan campurkan daging tongkol yang sudah diblender. . kemudian masukan ke adonan yang sudah jadi. pada proses pengukusan ini. (Harap diperhatikan. angkat adonan dan dinginkan. Setelah rata. Kini adonan siap digunakan.

Adonan umpan pelet tongkol aroma pandan kini siap digunakan. Campurkan kroto atau daging belut saat akan dipakai. 25.Adonan yang sudah jadi campurkan pak ikin bersama kroto segar agar tidak lengket. Umpan Ubi Bahan-bahan : 3 buah ubi jalar manis 1 kaleng Tuna (Tuna in oil) 2 bungkus pelet merah 2 bungkus Chiki Snack keju 1 tutup botol minyak ikan (Scott's Emultion White) Cara membuat : Kukus ubi jalar. Umpan Terasi Bahan-bahan : 1 butir telor bebek (kuningnya saja) 1 bungkus terasi Cirebon 3 buah kentang direbus Ikan tenggiri secukupnya yang sudah direbus Cara membuat : Ikan tenggiri setelah direbus kemudian diblender. dan mudah dipegang serta mudah dibentuk. aduk hingga merata. campurkan dengan adonan aduk lagi sampai rata. 23. Tuna kaleng dibuka tuangkan minyaknya saja tambahkan sedikit air tuang lagi ke adonan (daging ikan dapat dipakai ke umpan lain). setelah itu umpan siap diadu. Lalu dicampurkan ke semua bahan-bahan tersebut dan diaduk sampai rata. UMPAN BISKUIT Bahan-bahan : . parut dan haluskan. Remas Chiki Snack hingga hancur. Masukkan pelet dan minyak ikan Scott's. 24.

Biskuit dihaluskan. Tuna/Sarden dibuang bumbunya lalu dihaluskan. 27. Parut ubi dan keju. belut dan parutan jagung manis dikukus terpisah. Campurkan semua bahan di atas tadi aduk hingga rata. Campurkan semua bahan-bahan. 26. Umpan Seharian Bahan-bahan : 1/4 kg ubi kuning 100 gram Bubur bayi Cerelac rasa pisang 3 ekor belut 5 tongkol jagung manis 1/4 pak keju Kraft 2 butir telur (kuningnya saja) Susu murni secukupnya 50 gram mentega 1 kaleng ikan tuna 2 ons kroto Cara membuat : Ubi. haluskan daging ikan tuna dan daging belut. Untuk kroto dicampurkan saat umpan akan dipakai.1 bungkus Biskuit Roma kotak tawar 1 saset Susu bubuk 3 buah Ubi kuning uk sedang 1 kaleng sedang Tuna/Sarden Cara membuatnya : Ubi kuning dikukus lalu diparut. Untuk jagung kukus setengah matang saja. pada saat mau mancing ditambahkan Kroto. Umpan putih u/ harian Bahan-bahan : 3 bks Katu Lampa 4 butir Telor ayam (merahnya saja) 1 kaleng Tuna tanpa merk 4 bks kecil Vanilla kristal Ubi putih secukupnya .

29.Cara membuat : Telor ambil kuningnya saja. Setelah semuanya matang dan diangkat. UMPAN WANGI Bahan-bahan : 2 Ons Kroto 2 sachet Susu dencows 5 butir Merah telor bebek 1 kaleng Ikan tuna (deho) 2 bungkus Katulampa . Berikutnya adonan tersebut kita masukkan dalam plastik transparan ukuran ½ atau 1 kg dan kukus selama + 30 menit. saat memancing campurkan dengan kroto. 28. Berikutnya masukkan vanilla dan aduk hingga rata. susu bubuk. santan Kara dan Air panas diaduk menjadi adonan lalu masukan parutan ubi rebus dan tuna yang telah dihaluskan kemudian masukan kedalam kantong plastic dan dikukus selama 30~45 menit. Pada saat mulai mengukus sertakan juga ubi dan dikukus secara bersamaan. masukkan ke dalam satu wadah. Berikutnya campurkan katulampa dan aduk bahan tersebut hingga merata. Tombro. Namun pengukusan ubi harus lebih lama sekitar 15-30 menit dari adonan agar ubi benar-benar matang. lalu campur dengan tuna tanpa merk. Jika dirasa belum menyatu anda bisa menambahkan sedikit air panas sampai didapat kelekatan yang anda inginkan. Setelah rata ambil daun pandan dan dibuat buntalan lalu campur dengan bahan tadi.com) Diklaim umpan ini baik dipergunakan pada empang yang berair warna hijau dan berbau Bahan-bahan : 2 sendok makan Umpan Tombro 2 sendok makan Susu bubuk Santan Kara secukupnya 1 buah Ubi rebus yg sedang 1 buah Merah telur asin 2 sendok makan Air panas Kroto secukupnya 1 kaleng Tuna merek Deho Cara membuatnya : Ubi rebus diparut. Umpan Hijau Kiriman Sammy Lantu (kaksammy@yahoo.

UMPAN KUNING : Bahan-bahan 1 ikan tuna ( deho ) diblender essen udang dan seafood perbandingan 2 :1. 30. ambil yang telurnya ajah 2 telor bebek ambil kuningnya saja Cara Membuatnya : Semuanya bahan diaduk jadi satu .ikan tuna (dihaluskan dulu). Agar lebih mantap tambahkan kroto waktu digunakan. Sajian istimewa siap dihidangkan . setelah selesai saya kukus 3. susu dencow. UMPAN KELAPA Bahan-bahan : 5 biji Jagung 5 butir Telor 1/2 butir Kelapa 50 gr Lemak kambing 2 potong Ikan tongkol 1/2 balok keju Cara membuatnya : Semua umpan saya blender jadi 1.5 jam (pakai kompor). . bila terlalu lembek kasih kinoy yg cristal secukupnya siasakan kroto untuk dipulung2 sebelum dilontarkan. pengerasnya katulampa. dikasih air panas kroto 2ons .40 menit. Bagian IV 31. kroto diaduk jadi satu. setelah selesai masukan ke plastik lalu dikukus +/. gunakan secukupnya ubi kuning dikukus 2 bungkus katulampa .Cara membuat : Telur bebek merahnya aja.

baru terakhir campur kroto. UMPAN IKAN SEGAR Bahan-bahan : 1-2 ekor Ikan laut segar (saya coba tongkol/tenggiri/kakap ).5 sendok makan). 2 bungkus/Sachet Susu Dancow putih 3-5 biji Umbi Jalar. boleh yang kuning atau yang putih untuk pengeras umpan Cara membuatnya : .Jangan lupa pake kroto. 33. 34. Kroto secukupnya. telor asin (merahnya aja) aduk jadi satu. UMPAN JAGUNG MENTEGA Bahan-bahan : .Ubi dihaluskan dan dicampurkan dengan adonan yang sudah dikukus . ambil kuningnya.Semua bahan diblender dan dikukus sampai matang (kecuali ubi dikukus terpisah) . 2 butir telor asin (merahnya aja) 1 bungkus kecil kinoy wangi 2 potong ikan sarden serundeng (kelapa yg agak muda di sangray) --> jangan sampai angus api kecil. setelah selesai baru tambahkan sarden 2 potong yg telah dihaluskan.Umpan siap digunakan. UMPAN SERUNDENG SARDEN Bahan-bahan : 1/2 porsi Umpan jadi merek 99 (ditoko banyak). Cara membuatnya : umpan merek99. baru campur serundeng ( 1. . ambil dagingnya saja. 4-5 biji Telor Bebek.kinoy.32.

(baiknya bikin adonan ini malem).tinggal cocol ma kroto.jagung di potongin buang bonggol nya. Kalo udah rata.kalo udah jadi diemin biar adem. kalo udah rata masukin kroto sedikit2 sambil diaduk. telor bebek sama tepung maizena sampe rata.siapin blender . daun pandan di iket trus dimemarkan trus campur ke adonan umpan tadi. .jagung 4 biji (biasa banyak di pasar. Aduk pa' ikin. kukus adonan tsb kira" 20 menitan.siapin panci buat ngukus. pelet tombro telor bebek mentah 2 biji ambil merah nya aja kroto Cara membuatnya : . UMPAN BELUT Bahan-bahan : belut + 1/2 Kg Pa' Ikin 1 Bks Telor bebek 1 btr kroto 1 ons Daun pandan 5 lembar tepung maizena + 2 sendok makan Cara membuatnya : Belut dikukus biar mateng trus dialusin. masukin jagung ma blue band ke blender trus di blend sampe halus. . dan pengeras sampe di rasa cukup gak terlalu lembek gak terlalu keras. yg sdg aja jgn ketuaan/muda) blue band margarine 2 sdm tuna deho 2 sdm pengeras bisa pake pelet kinoy.campur adonan yg udah di kukus tadi ma deho. Kukus adonan + 15 menit. 35. . telor. belut alus. trus kalo udah mateng .

Kinoy . udah deh kalo kurang pulen tambah pengeras (katulampa/kinoy) lagi..adonan udah bisa dipake untuk mancing. kalo kelembekan tambahin kinoy secukupnya. Cara membuatnya : . Telor 5 . kroto 2 ons . 36.. kara yang ukuran kecil 1 .. UMPAN KEJU Bahan-bahan Keju Parut . direbus +/.. bisa diganti ikan cue salem susu dencow 1 sachet 1 ons kroto (telurnya aja-diseduh dulu yang ngambang dibuang) santan kara (1/2 sachet kecil/tergantung) bisa pake bisa engga madu secukupnya (bisa pake bisa engga) wisman (bisa pake bisa engga) pengeras Cara membuatnya : telur dikocok terus dimasukin tuh semua bahan.. tapi jangan banyak2.. UMPAN MADU Bahan-bahan : telor bebek putihnya 2 btr aja deho satu kaleng (dilembutkan).. pemancing boleh juga nyobain umpannya. (kalo mau mastiin. 37...15 menit dibolak-balik.....hehehhe).

Telor bebek ( kuningnya aja) 2 Butir 4. ucrit. Ubi telor ( yg kecil kecil warna putih) 2. cuplis/ciner. Dibolak balik hingga ke 2 sisi matang and setelah matang diamkan hingga dingin Lalu di olah / dijejek halus dah.. Mie instan 1 pak Cara pembuatan: a. jika kelembekan tambah pengeras bs katulampa. masukan daun pandan yg udah dibejek2. b.Semua bahan diaduk rata lalu masukan dalam pelastik setelah itu di kukusss tunggu 15 menit. Bahan bahan : 1. Lalu dicampur dengan Essen Tenggiri sebanyak 5 . Belut atau nila kira kira 1/2 kg 3. setelah mateng angin2in dulu trus aduk sama tongkol yg sudah dihaluskan.6 tetes dan umpan siap di gunakan. ga usah pake kroto kl krotonya ga bagus banget. malah ngerusak selera makan ikan.. kukus lebih kurang 20 menit. sayang2 kl dibuang) maizena 2 sdk mkn susu dancow fullcream 5 sdk mkn blueband 2 sdk mkn essen vanila secukupnya daun pandan 1 lembar tongkol pindang secukupnya Cara membuatnya : masukan semua bahan kedalam blender.. kecuali tongkol dan daun pandan.. Kukus Ubi Dan belut/nila selama kurang lebih 1jam lalu ubinya diparut ambil yg masirnya aja dan buang tulang dan kepala belut/nila.dapetnya buaanyak baget lo. Dulu tahun 80an gw sering diajak bokap mancing trus gw disuruh bokap bikin umpan dari kakeknya bokap di tapanuli katanya buat ikan mas...tp kl krotonya baru nyengget boleh juga tuch. UMPAN MUJJUR Bahan-bahan : jagung manis 1 bonggol telur ayam 2 butir (semuanya. 38. kinoy. ini menurut saya loh. campur dengan telornya lalu kasih mie instan yg sudah di remas halus . setelah halus masukan kedalam plastik tahan panas.

: 1. Biasanya umpan beraroma amis cenderung penggunaanya dengan beraroma amis. 5. 4. setelah dingin ambil tanggo.. 2.! Kudu cobain...Telur Bebek / telur ayam kampung 2 s. 2. 6. 3. di kolam manapun pasti ampuh. terakhir bayangkan kalau anda ikan mas.Kinoy (pengeras) bisa menggunakan mie yg di blender menjadi bubuk . 4.1 Susu Dancow/susu murni 1 kotak kecil (bahan utama juga buat umpan) . aduk hingga rata. ANDA SIAP MANCING IKAN MAS syarat wajib: selalu bungkus rapat adonan dalam plastik agar rasa umpan tetap terjaga.ambil kuningnya .. tumbuk halus (remas-remas selagi masih terbungkus) dan campurkan. no. bisa dr ikan (deho dll) ditambah campuran2 umpan yg lain Contoh menggunakan umpan amis: . DAN. campurkan dengan telur kuning bebek rebus. 9. liatin.Keju parut (bahan utama juga buat umpan) . dan pakai perasaan anda sebanyak apakah essens pandan yang ditambah kedalam adonan.3 sendok tepung beras rose brand (bahan utama juga buat umpan) ..2.. 7.deho (dlm kaleng).. or ikan tuna (bahan utama juga buat umpan) . ikan tongkol. 5. 1..Kroto (selalu ada. 2 butir kuning telur bebek (rebus) kinoy super 1 bks kecil/katulampa (pilih salah satu) essens pandan secukupnya. 6. karena ikan mas suka sekali dengan bahan ini) . Keju Cheddar setengah blok. Ubi madu Cilembu 1 kg. sebelum dipakai.Tips : kemarin gw coba lg tp di totol kroto hasilnya top markotop. 7..1 kotak kara or santan murni ((bahan utama juga buat umpan)) .. mantap nian.. kroto bersih 200 gr cara membuat : 1. campurkan dengan kroto... dan 3 parut halus lalu bungkus dengan allumunium foil lalu kukus + 15 menit atau hingga matang. terakhir campur deh kinoy/katulampa... Wafer Tanggo vanila 80 gr.. 8. 10 tongkol jagung muda.d 4 btr. 8. 3. selagi masih hangat keluarkan adonan tadi dan campurkan dengan keju parut cheddar. Ubi kayu (perekat) 200 gr.

1.d 4 btr.2..!! Umpan Aroma Wangi Bahan : .d 1 jam dan dinginkan.deho ..Umpan wangi ini kl siap tuk lomba segera campurkan deho (daging yg sudah direbus) dicampurkan dengan kinoy sedikit demi sedikit. 4 dengan umpan yg telah jd dan siap dicoba umpan ini.. ..2 Susu Dancow/susu murni 1 kotak kecil (bahan utama juga buat umpan) Cara membuat : 1. Tepung beras rose brand dicampurkan dengan telur bebek/ayam (putihnya saja)+keju+Kroto (bersihkan dan rebus sebentar jng terlalu lama) + 2 sacet dancow aduk sampai merata 3... Siapkan deho / ikan tongkol (ambil daging putihnya) or ikan tuna dan rebus sebentar dng air panas.....Telur Bebek / telur ayam kampung 2 s.2) dimasukan kedalam satu plastik kiloan dan dicampur dengan kroto (3)..3 sendok tepung beras rose brand (bahan utama juga buat umpan) .aduk sampai merata..(catatan:minyaknya jng dibuang) Langkah terakhir adalah : Campuran yg diatas td (no. karena ikan mas suka sekali dengan bahan ini) .... dan susu murni (1 kotak kecil) or dancow sascet (1 sascet).1 kotak kara or santan murni ((bahan utama juga buat umpan)) .Keju parut (bahan utama juga buat umpan) .smoga berhasil...sedu sebentar dan masukan krota yg sudah di rebus ke dlm campuran td 4. 1 kotak Kara di masak + sedikit air sampai menggumpal membentuk pasta putih (sampai kelihatan minyaknya) dingginkan 2. Campurkan bahan 1.dijamin ikan yg suka .(ambil putihnya) .Bila mau loma dimulai.. Rebus dengan air deho (dagingnya saja) supaya aroma amisnya hilang 4.campurkan bahan no.Kinoy (pengeras) bisa menggunakan mie yg di blender menjadi bubuk . 1 kotak Kara di masak + sedikit air sampai menggumpal membentuk pasta putih (sampai kelihatan minyaknya) dingginkan 2. Cuci dan masukan kroto ke dlm air panas. ditambahkan 2 lembar daun pandan kedalam plastik kiloan dan kukus 1/2 jam saja.. keju parut..2 lembar pandan .Cara pembuatan : 1.Kroto (selalu ada. Siapkan bahan campurannya : telur bebek/ayam (kuningnya) dikocok dan dicampurkan tepung beras rose brand 3 sendok. 3..dikukus dengan api kecil waktunya :1/2 s.dinginkan Catatan: .

..aroma wangi akan segera menyantapnya..semoga ada manfaatnya...ok!!! ..di tunggu reportnya... Demikian Tip and trik pemancing tombro tuk pemula..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful