POMPA

Nama : 1. Ade Khrisna W (08.03.3582)

JURUSAN TEKNIK MESIN - FTI INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA 2011

POMPA Pompa adalah jenis mesin fluida yang digunakan untuk memindahkan fluida melalui pipa dari satu tempat ke tempat lain. pompa mengubah energi gerak poros untuk menggerakkan sudu-sudu menjadi energi tekanan pada fluida. Dalam menjalankan fungsinya tersebut. .

KLASIFIKASI POMPA JENIS POMPA DITINJAU DARI PRINSIP PERUBAHAN BENTUK ENERGI : 1. POSITIVE DISPLACEMENT PUMP A. POMPA ROTARI ‡Pompa roda gigi luar ‡Pompa roda gigi dalam ‡Pompa cuping (lobe pump) ‡Pompa sekrup (screw pump) ‡Pompa baling geser (vane Pump) B. POMPA TORAK (PISTON) Macam-macam pompa torak : Menurut cara kerja ‡Pompa torak kerja tunggal ‡Pompa Torak Kerja Ganda Menurut jumlah silinder : ‡Pompa torak silinder tunggal ‡Pompa torak silinder ganda .

d. b.2. DYNAMIC PUMP / SENTRIFUGAL PUMP Dilihat dari bentuk arah aliran pada impeller maka bentuk impeller secara garis besar di bagi menjadi : a. c. Radial impeller Mixed flow imepllers Axial imepllers Special impellers .

Tampak dari depan menghilangkan cover plate Penggunaannya : Untuk air bersih dan sedikit kotor .a. Gambar 1. Radial Impeller ‡Bentuk radial impeller tertutup dan penggunaannya ‡ Radial impeller dengan sudu dilengkungkan satu kali. tampak depan dengan menghilangkan cover plate Penggunaannya : Untuk air bersih dan sedikit kotor Radial impeller dengan sudu dilengkungkan dua kali ‡ Gambar 2.

‡ Non clogging impeller dengan sudu/saluran ganda. juga untuk mengangkut benda padat yang akan di proses kembali. cairan yang mengandung benda. Tampak depan menghilangkan cover plate Penggunaannya : Untuk cairan kotor. lumpur. tapi tidak mengandung serat yang panjang juga tidak mengandung gas. serat yang panjang.‡ Non clogging impeller dengan sudu/saluran tunggal (single vane impeller) Gambar 3. lumpur. tampak dari depan menghilangkan cover plate Penggunaannya : Untuk cairan kotor. . cairan mengandung benda benda padat yang cukup besar. Gambar 4.benda padat yang cukup besar.

tapi tidak mengandung serat yang panjang juga tidak mengandung gas. . Tampak dari depan dengan menghilangkan cover plate Penggunaannya : Untuk cairan kotor. cairan yang mengandung benda.‡ Non clogging impeller dengan sudu/saluran tiga. lumpur.benda padat yang cukup besar. Gambar 5.

 Mixed flow impeller tertutup Gambar 1.b. Mixed Flow Impeller Type impleller ini dapat dikatakan sama dengan radial impeller hanya berbeda pada arah alirannya saja. Impeller ini dapat berbentuk terbuka dan tertutup. Mixed flow impeller terbuka tampak samping dan depan Penggunaannya : Untuk air bersih dan sedikit kotor . tampak dari depan dengan menghilangkan cover plate Penggunaanya  Mixed flow impeller terbuka : Untuk air bersih dan sedikit kotor Gambar 2. Biasanya impeller ini dipergunakan untuk memompakan cairan dengan kapasitas besar dengan total head yang relatif rendah dibandingkan dengan radial impeller tapi lebih tinggi dari axial impeller.

Axial flow impeller tetap tampak samping dan depan Penggunaannya : Untuk air bersih dan air kotor Axial flow impeller yang dapat diubah-ubah pada saat pompa dibuka Axial flow impeller yang dapat diubah-ubah pada saat pompa beroperasi . Axial flow impeller tetap Gambar 1. pompa air pendingin pembangkit tenaga listrik dan lain-lain. Contoh penggunaan pompa axial impeller ini adalah untuk pompa penanggulangan banjir. Axial Flow Impeller / Propeller Axial flow impeller disebut juga propeller dimana dapat dipasang secara tetap atau dapat diubah-ubah ketika pompa dibuka maupun diubah-ubah pada saat pompa tersebut dioperasikan. pompa irigasi. Pompa dengan impeller ini digunakan untuk memompa cairan dengan kapasitas yang besar tetapi total head yang dicapai relatif rendah.c.

Spesial Impeller Selain impeller-impeller yang telah di sebutkan diatas ada juga impeller denga type type khusus. juga untuk cairan yang mengandung gas.benda padat yang cukup besar. Non clogging impeller dengan free floe / vortex Penggunaannya 2). : Untuk cairan kotor. . cairan mengandung benda. Star impeller (impeller pompa denyut) Gambar 2. serat yang panjang. Non clogging impeller dengan free floe / vortex Gambar 1. lumpur. Star impeller (impeller pompa denyut) Penggunaannya : untuk cairan yang benar-benar bersih dan cairan yang mengandung gas. 1).d.

3). Dipakai untuk kapasitas yang kecil tetapi mempunyai total head yang tinggi. Peripheral impeller (Turbine impeller) Penggunaannya : Untuk cairan yang benar-benar bersih dan cairan yang engandung gas. Peripheral impeller (Turbine impeller) Gambar 3. .

Part Of a Centrifugal Pump .

Preventive Maintenance Preventive Maintenance merupakan tindakan pemeliharaan yang terjadwal dan terencana. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masalah-masalah yang dapat mengakibatkan kerusakan pada pompa dan menjaganya selalu tetap normal selama dalam operasi. Contoh pekerjaan tersebut adalah: a.MACAM-MACAM PEMELIHARAAN PADA POMPA 1. Mengikat baut-baut yang kendor d. . atau alat pendeteksi indikator lainnya. Predictive Maintenance Predictive Maintenance merupakan perawatan yang bersifat prediksi. Perbaikan/mengganti gasket pada sambungan-sambungan flange yang bocor atau rusak. Pendeteksian ini dapat dievaluasi dari indikaktor-indikator yang terpasang pada instalasi pada pompa dan juga dapat melakukan pengecekan vibrasi dan alignment pada pompa untuk menambah data dan tindakan perbaikan selanjutnya. dalam hal ini merupakan evaluasi dari perawatan berkala (Preventive Maintenance). apakah telah sesuai hasilnya untuk kondisi normal kerja pompa atau tidak b. Melakukan pengecekan terhadap pendeteksi indikator tekanan dan temperatur fluida pada pompa. 2. Pengecekan kondisi pelumasan pada bearing (unsealed) e. Membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada bodi pompa (debu. tanah maupun bekas minyak) c.

4. Macetnya impeller karena terganjal benda asing. Breakdown Maintenance Breakdown Maintenance merupakan perbaikan yang dilakukan tanpa adanya rencana terlebih dahulu. Contoh kerusakan tesebut adalah: a. c. Terlepasnya couple penghubung antara poros pompa dan poros penggeraknya akibat kurang kencangnya baut-baut yang tersambung. Dimana kerusakan terjadi secara mendadak pada pompa yang sedang beroperasi. Rusaknya bantalan karena kegagalan pada pelumasan b. . Corrective Maintenance Corrective Maintenance merupakan pemeliharaan yang telah direncanakan. yang didasarkan pada kelayakan waktu operasi yang telah ditentukan pada buku petunjuk pompa tersebut. yang mengakibatkan kerusakan bahkan hingga pompa tidak dapat beroperasi.3. Pemeliharaan ini merupakan ´general overhaul´ yang meliputi pemeriksaan. baik karena rusak maupun batas maksimum waktu operasi yang telah ditentukan. perbaikan dan penggantian terhadap setiap bagian-bagian pompa yang tidak layak pakai lagi.

vertical atau inclined). Pada dasarnya pemasangan pompa centrifugal dapat dibagi menurut posisi poros pompa yaitu mendatar. Pompa juga dapat di pasang tetap (fix mounting) maupun dapat dipindah-pidahkan (mobile atau portable). tegak lurus atau membentuk sudut (horizontal. .JENIS POMPA DITINJAU DARI PEMASANGANNYA/INSTALANSINYA Sedemikian banyak pemasangan dari pompa centrifugal pada saat ini yang mempunyai sifat-sifat dan keunggulan tersendiri.

‡Pada industri perkapalan kita mengenal nama-nama pompa : Marine pumps. pompa sumur dalam. pompa irigasi. irigation. sewage disposal terdapat nama. drainage. ‡Pada pembangkit tenaga listrik terdapat nama-nama : pompa boiler (boiler feeds pumps). reactor pumps. storage pumps dan lainlain. condensate pumps. pompa pemadam kebakaran dan lain lain.nama :water suppply pumps. recurlating pumps dan lain-lain. pompa banjir. dock pumps dan lain-lain. pompa proses (procces pumps). .Jenis pompa ditinjau dari penggunaannya (pumping plant) Beberapa contohnya adalah : ‡Pada bidang Hydroekonomi (water supply. ‡Pada industri kimia dan petro kimia ada nama-nama : Pompa kimia (chemical pumps). pompa air limbah. hydropor pompa. bilge pumps. ballast pumps.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful