Nomenklatur Anatomi (Istilah-istilah Anatomi ) Beberapa kata latin yang penting diketahui dalam anatomi seperti : 1.

Kata sifat yang menyatakan bidang : a. Medianus : Bidang yang membagi tubuh dalam dua bagian yang sama (kiri dan kanan). b. Paramedianus : Bidang yang berada disamping dan sejajar dengan bidang medianus, tetapi tidak dekat. c. Sagitalis : Selalu dekat dengan bidang medianus d. Frontalis : Bidang yang tegak lurus terhadap bidang sagitalis dan sejajar dengan permukaan perut. e. Transversalis : Bidang yang melintang tegak lurus pada arah panjang badan.

2. Kata sifat yang menyatakan arah : a. Medialis : Lebih dekat pada garis tengah. b. Lateralis : Lebih jauh dari garis tengah c. Ventralis anterior : Lebih kedepan (venter=perut, anticus=depan) d. Dorsalis posterior : Lebih kebelakang (dorsum=punggung, posticus belakang) e. Cranialis : Lebih dekat ke kepala (cranium=tengkorak) f. Caudalis : Lebih dekat pada ekor (cauda= ekor) g. Longitudinalis : Kearah ukuran panjang h. Transversal : Melintang i. Sagittalis : Tegak lurus pada bidang frontalis j. Proximalis : Lebih dekat pada pangkal anggota k. Distalis : Lebih dekat pada ujung anggota l. Volaris : Kearah telapak tangan m. Plantaris : Kearah telapak kaki.

Condylus : Tonjolan bulat diujung tulang h. Fovea : Fossa yang kecil d. Cornu : Tanduk j. Kata benda yang menyatakan bangunan yang menonjol : a. Pecten : Bagian pinggir yang menonjol g. Radialis : Kea rah Radius 3. Tuber : Benjolan bulat d. Crista : Gerigi. Ulnaris : Kearah ulna o.saluran dan ruangan : . Spina : Taju yang tajam (seperti duri) c. Sulcus : Alur f. Foveola : Fovea yang kecil e. Incisura : Takik 5. Fossula : Fossa yang kecil c. Kata benda yang menyatakan lobang.n. tepi f. Processus : Nama umum untuk taju (tonjolan) b. Tuberculum : Benjolan bulat yang kecil e. Kata benda yang menyatakan bangunan lengkung : a. Linea : Garis 4. Epicondylus : Benjolan pada condylus i. Fossa : Nama umum b.

Cellula : Ruang kecil 6. Cavum : Rongga h. Fissura : Celah c. Meatus : Liang g.Inversi adalah gerak memiringkan telapak kaki ke dalam tubuh. abduksi dan adduksi g. Eversi adalah gerakan memiringkan telapak kaki ke luar k. ekstensi. Supinasi adalah gerakan menengadahkan tangan. Abduksi : Gerakan menjauhi badan/tubuh d.Pronasi adalah gerakan menelungkupkan . Arah gerakan : a. depresi adalah gerakan menurunkan i. Ductus : Pembuluh f. Elevasi merupakan gerakan mengangkat h. l. Apertura : Pintu d. Canalis : Saluran e. Foramen : Lubang b. Adduksi : Gerakan mendekati tubuh e.a. Sirkumduksi : Gerakan gabungan dari fleksi. j. Fleksi : Membengkokkan/ melipat sendi b. Rotasi : Gerakan memutar sendi f. Ekstensi : Meluruskan kembali sendi(dari posisi fleksi) c.

Aksis Sagital.D. Bidang Sagital (bidang paramedian). adalah garis yang memotong bidang gerak sagital dengan bidang gerak transversal. Aksis Longitidinal. yaitu bidang yang melalui aksis longitudinal dan aksis sagital. yaitu setiap bidang yang sejajar dengan bidang mediosagital. Bidang transversal. 3. 3. Sumbu/ Aksis Gerakan 1. y aitu setiap bidang yang mengandung aksis-aksis transversal dan sejajar dengan dahi dan tegak lurus dengan bidang sagital 4. Bidang Coronal atau frontal. adalah garis yang memotong bidang gerak frontal dengan bidang gerak transversal. . Aksis Trasnversal. Bidang 1. Pada posisi berdiri posisi bidang horisont al. letaknya tegak lurus dengan bidang-bidang sagital dan bidang coronal. E. 2. dengan demikian dinamakan mediosagital. 2. Bidang median. yaitu garis yang memotong bidang gerak median dan frontal dan berjalan dari atas ke bawah.