P. 1
Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

|Views: 107|Likes:

More info:

Published by: Rahajeng Putri Arini on Apr 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2012

pdf

text

original

http://belajarpsikologi.

com/bentuk-bentuk-interaksi-sosial/

Bentuk- Bentuk Interaksi Sosial 
 
FEBRUARY 19, 2011 ILMU PSIKOLOGI

1 COMMENT

Interaksi Sosial menurut menurut Shaw (Ali,2004:87) merupakan suatu pertukaran antarpribadi yang masing- masing orang menunjukkan perilakunya satu sama lain dalam kehadiran mereka dan masing- masing perilaku mempengaruhi satu sama lain. Dalam hal ini, tindakan yang dilakukan seseorang dalam suatu interaksi merupakan stimulus bagi individu lain yang menjadi pasangannya.

Bentuk- Bentuk Interaksi Sosial
Ada beberapa bentuk interaksi social, menurut Park dan Burgess (Santosa,2004:12) entuk b interaksi sosial dapat berupa: a. Kerja sama Kerja sama ialah suatu bentuk interaksi sosial dimana orangorang atau kelompok -kelompok bekerja sama Bantumembantu untuk mencapai tujuan bersama. Misal, gotongroyong membersihkan halaman sekolah. b. Persaingan Persaingan adalah suatu bentuk interaksi sosial dimana orangorang atau kelompok kelompok berlomba meraih tujuan yang sama. c. Pertentangan. Pertentangan adalah bentuk interaksi sosial yang berupa perjuangan yang langsung dan sadar antara orang dengan orang atau kelompok dengan kelompok untuk mencapai tujuan yang sama. d. Persesuaian Persesuaian ialah proses penyesuaian dimana orang- orang atau kelompok- kelompok yang sedang bertentangan bersepakat untuk menyudahi pertentangan tersebut atau setuju untuk mencegah pertentangan yang berlarut- larut dengan melakukan interaksi damai baik bersifat sementara maupun bersifat kekal.

penyesuaian antara orang yang satu dengan orang yang lain. dan proses mental dengan memperhatikan kepentingan dan tujuan bersama. Dan juga merupakan usaha. . Perpaduan Perpaduan adalah suatu proses sosial dalam taraf kelanjutan.usaha untuk mempertinggi kesatuan tindakan. yang ditandai dengan usaha usaha mengurangi perbedaan yang terdapat di antara individu atau kelompok. sikap. ant ra kelompok yang satu a dengan kelompok yang lain. e. antara seseorang dengan kelompok.Selain itu akomodasi juga mempunyai arti yang lebih luas yaitu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->