P. 1
EbookCaraCerdasTernakEmas

EbookCaraCerdasTernakEmas

|Views: 2,019|Likes:
Published by Rangga Munggaran

More info:

Published by: Rangga Munggaran on Apr 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/17/2013

pdf

text

original

Sections

  • Uang Emas Sebagai Alat Tukar
  • Mengenal Istilah Satuan Dalam Emas
  • Bab 4 Memilih Emas Untuk Investasi
  • 2. Koin Emas
  • 3. Emas Lantakan atau Batangan
  • Bab 5 Rahasia Ternak Emas
  • MANFAATKAN DAYA UNGKIT
  • Kategori pertama :
  • Kategori Kedua :
  • Disclaimer

www.banghaq.

com 2010

Rahasia Berternak Emas
Bagaimana Cara Cerdas Berinvestasi Emas Dengan Memanfaatkan Daya Ungkit
 Modal Sangat Kecil  Mengamankan Asset  Menjadi lebih kaya tanpa melanggar hukum Bersama : Bang HAQ

Hak Cipta © 2010, Bang HAQ Dilarang memperbanyak, mengutip sebagian maupun keseluruhan isi dokumen ini tanpa seijin penulis
1

www.banghaq.com

Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ

www.banghaq.com 2010

DAFTAR ISI
Bab 1 Pendahuluan Uang emas sebagai alat tukar Banjir dolar di tahun 2010 Mengenal istilah satuan dalam emas Bab 2 Investasi Cashflow (Arus Kas) Bab 3 Investasi Emas Bab 4 Memilih Emas Untuk Investasi Perhiasan emas Koin emas Emas lantakan atau batangan Bab 5 Rahasia Ternak Emas Manfaatkan daya ungkit Kategori pertama Kategori kedua Kategori ketiga Kategori keempat Kategori kelima Disclaimer ..................................................... ..................................................... ..................................................... ..................................................... 3 3 4 6

..................................................... 7 ..................................................... 7 ..................................................... 13 ..................................................... ..................................................... ..................................................... ..................................................... ..................................................... ..................................................... ..................................................... ..................................................... ..................................................... ..................................................... ..................................................... 16 16 16 17 21 22 23 28 29 32 36

..................................................... 41

2

Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ

www.banghaq.com 2010

Bab 1 Pendahuluan
Berbeda dengan uang kertas, emas adalah hasil dari proses alam, tidak bisa dibuat oleh manusia. Karena jumlahnya terbatas, maka akan selalu naik seiring dengan tren bertambahnya jumlah kepemilikannya. --Bang Haq Bagi para perencana financial, inflasi adalah faktor ketidakpastian terbesar yang paling sulit diatasi. Betapa tidak, di negeri seperti Indonesia, inflasi terburuk (terbesar) dalam dua belas tahun terakhir pernah mencapai 78% (1998). Lebih buruk lagi dalam lima puluh tahun terakhir, di Indonesia inflasi pernah benar-benar tidak terkendali dan mencapai angka 650% (1965). Inflasi yang berarti menurunnya daya beli uang, ternyata tidak hanya dialami oleh mata uang Rupiah. Bahkan mata uang dunia yang selama ini dianggap perkasa yaitu Dollar Amerika, daya beli uangnya terhadap emas telah turun 29% dalam 8 tahun terakhir. Dalam 40 tahun terakhir daya beli Dollar Amerika terhadap emas tinggal 4% saja! Photo ini diambil di Jerman tahun 1923, yang menggambarkan seorang pria mendorong uang dalam gerobak menuju toko roti. Dia seorang pekerja yang harus segera membawa uang gajinya untuk membeli roti, karena jika telat, maka uang segerobaknya tidak lagi bisa untuk membeli roti, saking cepatnya inflasi. Lalu apa yang dilakukan sang pemilik toko roti? Secepatnya ia membeli gandum untuk bahan baku, dan secepatnya membeli emas untuk bagian keuntungannya. Dari sini kita belajar dari realita, bahwa suatu kepastian uang kertas akan mengalami penurunan nilai, karena tidak ada satu negarapun yang bisa mencegah inflasi dari uang kertasnya.

Uang Emas Sebagai Alat Tukar
Uang dalam berbagai bentuknya sebagai alat tukar perdagangan telah dikenal ribuan tahun yang lalu seperti dalam sejarah Mesir kuno sekitar 4000 SM – 2000 SM. Dalam bentuknya yang lebih standar, uang emas dan perak diperkenalkan oleh Julius Caesar dari Romawi sekitar tahun 46 SM. Pada zaman Khalifah Umar Ibnul Khathab, sekitar tahun 642 M, bersamaan dengan dengan pencetakan uang Dirham pertama di kekhalifahan, standar hubungan berat
Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ

3

www.banghaq.com 2010

antara uang emas dan perak dibakukan yaitu berat 7 Dinar (emas) sama dengan berat 10 Dirham (perak). Dari banyaknya Dinar yang tersimpan di museum, setelah ditimbang secara akurat diketahui bahwa : Berat 1 Dinar = 4,25 gram emas 22 karat. Berat ini sama dengan mata uang Byzantium yang disebut Solidos dan mata uang Yunani yang disebut Drachma. Sejalan dengan pesatnya perkembangan dunia perdagangan menuntut mata uang yang praktis dan fleksibel yang mudah dibawa tanpa mengurangi nilainya. Hal inilah yang mendorong dicetaknya uang kertas pertama kali di Amerika (Mesechuset). Namun pencetakkan uang kertas harus disertai dengan jaminan emas sebagai cadangan devisa, artinya negara tidak bisa mencetak uang seenaknya sendiri tanpa ada jaminan emas sebagai pengendali inflasi. Pada tahun 1944 dibuat perjanjian Bretton Wood yang didukung sekitar 44 negara di dunia yang menyatakan bahwa setiap negara mematok mata uang kertasnya terhadap US Dollar dengan jaminan emas, yaitu 35 US$ = 1 ounce emas. Namun ketika tahun 1971 Amerika mengalami krisis keuangan akibat besarnya anggaran perang Vietnam, sehingga tidak mampu lagi menjamin uang kertas yang dikeluarkannya dengan cadangan devisa emas. Akibatnya harga emas tidak bisa terkendali sejak tahun itu. Perhatikan grafik harga emas berikut :

Sejak tahun 1971 Amerika tidak menjaminkan emas sebagai penyeimbang uang kertas. Sejak itulah nilai tukar uang kertas semakin merosot. Akibatnya harga emas semakin melambung tinggi.

4

Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ

banghaq. V adalah kecepatan uang berputar. berdasarkan pernyataan Ibu Menteri tersebut di atas. M adalah jumlah uang yang beredar. Karena satu unsur di sisi kanan akan relatif tetap (Q). 5 Harga emas internasional selama ini masih dibeli (dinilai) dengan US$. Saya berasumsi bahwa sebagai Menteri Keuangan. Dalam tulisan ini antara lain dikutip pernyataan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani beberapa waktu lalu yang menyatakan bahwa tahun 2010 akan diwarnai „banjir‟ Dollar AS dalam jumlah yang sangat besar. sisi kiri melonjak tajam – maka sisi kanan juga akan mengikuti. para ahli secara umum meragukan akan ada perubahan yang berarti karena ekonomi secara global sesungguhnya belum benarbenar pulih dari krisis sejak tahun lalu.4 trilyun!. maka M inilah yang akan melonjak tinggi di tahun 2010. yang kemungkinan besarnya tidak diikuti oleh kenaikan sktor riil yang sepadan – akan berdampak pada naiknya harga barang dan jasa secara significant – dalam satuan mata uang US$. Jadi melonjaknya sejumlah uang US$ di pasar tahun ini. saya menggunakan Teori Kwantitas yang terkenal dengan equation of exchange-nya seperti dalam rumus di atas. mencapai US$ 2. out put sektor riil berupa barang dan jasa (Q) juga tidak akan banyak berubah. maka harga emas dalam US$ juga akan mengalami kenaikan yang significant sepanjang tahun ini sejalan dengan kenaikan harga-harga barang dan jasa lainnya. lantas apa dampak „banjir‟ Dollar tersebut pada harga emas dunia?. Unsur ini adalah P atau tingkat harga barangbarang dan jasa secara umum. maka tinggal satu unsur lagi di sisi kanan yang bisa mengimbangi kenaikan M di sisi kiri.www. Bila dalam satu persamaan.geraidinar. Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ . ibu Menteri tentu tidak sembarang mengeluarkan pernyataan. Untuk menjawab pertanyaan ini. Maka saya dalam tulisan ini menganggap pernyataan tersebut sebagai prediksi yang peluang kebenarannya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan peluang kelirunya. Karena V yang tidak berputar lebih cepat dari sebelumnya.com 2010 Banjir Dollar di Tahun 2010 Ditulis ulang dari www. Pernyataannya sudah seharusnya didasari oleh pengetahuan yang sangat dalam dan di support oleh team yang juga sangat menguasai di bidangnya. Dengan asumsi bahwa benar tahun 2010 Dollar AS akan membanjiri pasar internasional.com karya Muhaimin Iqbal pada tanggal 11 Januari 2010 : (Sebagai salah satu situs terpercaya dalam memprediksi harga emas) “Hari ini ada tulisan menarik di harian Republika (11/01/10) dengan judul Meraba Likuiditas 2010.

Namun jika Anda tidak faham.85 / Oz Kurs 1 Dollar AS per 15 Maret 2010 = Rp.1034768 Contoh : Harga Emas Dunia (15 Maret 2010 jam 12:30) = 1.106. gak usah keder. Wa Allahu A‟lam.geraidinar. 9.156. 326. 1 Oz = 31. Untuk mengetahui kadar emas bisa menggunakan hukum Archimedes. Simulasi cara kerjanya dapat di akses di www.com/kalkulatoremas. Untuk mengkonversi harga emas dunia dengan Rupiah dapat digunakan rumus : 𝐻𝑎𝑟𝑔𝑎 𝐸𝑚𝑎𝑠 𝐷𝑢𝑛𝑖𝑎 × 𝐾𝑢𝑟𝑠 𝑅𝑢𝑝𝑖𝑎 ℎ 𝑠𝑎𝑎𝑡 𝑖𝑛𝑖 31.banghaq. Mengenal Istilah Satuan Dalam Emas Troy Ounce (Oz) adalah satuan standar berat emas untuk pasar dunia.html 6 Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ .172= 𝑅𝑝 .395 𝑝𝑒𝑟 𝑔𝑟𝑎𝑚 31.com (gratis pake!) kita bisa mengetahui kadar emas.1034768 gram.www. 9.geraidinar.172 Maka harga standar emas dunia adalah : 1.90/Oz bisa jadi adalah bagian dari symptoms „banjir‟ Dollar AS tersebut di atas.com 2010 Harga emas pada pembukaan di pasar Sydney pagi ini yang melonjak sampai angka US$ 1. Sebab dengan kalkulator emas yang dikeluarkan oleh www.85 × 𝑅𝑝.1034768 Carat (Ct) atau biasa disebut karat adalah satuan untuk mengukur kadar kemurnian unsur emas yang terkandung dalam material tersebut.106.

00 500.000 40.000 120.000. jerih payah Anda selama 8 tahun di rampok oleh penjahat yang tidak pernah dipenjara? Dialah inflasi yang menghabiskan nilai uang kita menjadi tidak berarti. Secara jumlah memang bertambah banyak dengan standar Rupiah.com 2010 Bab 2 Investasi Selama 8 tahun salah seorang temanku selalu menabung. Tabungan Dalam Rupiah Rupiah Konversi Tabungan Terhadap Emas 600. Mengapa? --Bang Haq Bisakah Anda bayangkan.000.000.000 20.00 Emas 200.000 160. Artinya “Tidak bertambah Nilai!” 7 100.000 Grafik jumlah tabungan selama 8 tahun.000 80.000 140.000. Setiap bulan temanku selalu menabung 20% dari gajinya.000.00 300. Terlihat bahwa nilai uang di bulan ke 109 adalah sama dengan bulan ke 72.000.000. Nampak pada grafik berikut : 180. nampak penurunan nilai uang akibat inflasi.banghaq.00 Grafik nilai uang dikonversi terhadap harga emas selama 8 tahun. namun nilainya tidak jauh berubah dari ketika awal ia menabung.000. Walaupun angkanya bertambah. Tapi dengan merubah sumbu Y dengan konversi terhadap harga emas.000.www. tujuannya adalah investasi – pasti. begitulah selama 8 tahun tanpa henti ia lakukan.000 100. Namun uang yang tertanam dirampok oleh inflasi.000 60.00 1 7 13 19 25 31 37 43 49 55 61 67 73 79 85 91 97 103 109 Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ .00 400.

625. Ongkos Angkot. Dari kisah teman saya di atas. Bagaimana caranya? Mari kita simak cara investasi berikut : 8 Selama ini kebanyakkan diantara kita yang bekerja dengan tujuan memenuhi kebutuhan hidup. maka konversi ke dalam Rupiah mencapai 1.000  Makan 60. untuk biaya kost saja paling tidak 300 ribu. manakah nilai uang yang sebenarnya? Apakah 160 juta atau 270 juta? Nilai uang sebenarnya adalah 270 juta. belum makan dan biaya lain-lainnya. Dengan asumsi harga emas di tahun 2009 pada bulan Desember menyentuh angka 360 ribu. Mengapa? Supaya kita tetap bisa kaya. baju.www. waktu saya kuliah (1991) harga emas 24K cuma 24 ribu. handphone untuk komunikasi. sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan biaya kuliah anak Anda bukan? Oke deh setelah paham lalu apa yang harus dilakukan? Jawabannya adalah. akan terkumpul kurang lebih 750 gram selama 8 tahun berjalan.000 (Photo copy. Asumsi harga emas ketika ebook ini ditulis 325 ribu. Kita memerlukan kendaraan untuk operasional. bukan menjadi semakin miskin karenanya. Hehehe siapa yang bodoh ya? Bandingkan jika yang Anda miliki adalah emas. Ambil contoh gampangnya begini : Ketika saya kuliah. seharusnya uang teman saya bernilai 270 juta. Sementara hasil tabungan plus bunganya sebagaimana pada grafik di atas hanya 160 juta. maka dari 20% uang yang di investasikan setiap bulannya dibelikan emas. artinya untuk memenuhi kebutuhan saya sebulan dibutuhkan 5 gram.000. pastikan Anda berinvestasi tepat untuk menjaga harta Anda dari perampok yang bernama Inflasi. uang jajan saya sebulan 100 ribu.com 2010 Padahal jika saja dia melakukan investasi emas bukannya menabungkan uangnya di bank. Maka saat ini. celana. sepatu.000  Lain-lain 15. dan sederet kebutuhan lainnya. Untuk uang jajan saat ini paling tidak membutuhkan 1 juta perbulan (Inflasi 10 kali lipat). maka akan diperoleh nilai uang 270 juta rupiah. Itulah yang disebut perampok harta kita yang tidak pernah dipenjara. Cobalah hitung Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ . dll) Bandingkan dengan keadaan saat ini. namun inflasi membuat nilai uang merosot tajam.banghaq. Jadi uang 100 ribu yang Anda miliki saat ini tidak sama dengan 100 ribu yang saya miliki ketika kuliah. 5 gram emas tetap bisa memenuhi biaya kebutuhan anak-anak Anda yang kuliah. Anehnya hampir semua orang tidak menyadari. Biaya itu dipakai untuk :  Biaya Kost 25. namun inflasi telah membuat nilai uang merosot dan hanya bernilai 160 juta.

banghaq. padahal semua itu bisa Anda tunda pembeliannya. kemudian di jual lagi. sekarang sudah tidak pernah dipakai lagi. emas. baju model terbaru yang trendy.com 2010 berapa % dari penghasilan Anda yang dipakai untuk biaya hidup ketimbang investasi.bisa jadi hingga saat ini Anda selalu membuat orang lain lebih kaya.. properti. Sebab Investasi dianggap bukan sebagai kebutuhan hidup! Terlebih lagi. begitu juga dengan semua barang konsumtif lainnya. dan mana gaya hidup. walaupun baru 1 hari Anda pakai.nanti saja. Mengapa? Karena semua yang Anda beli adalah produk konsumtif yang nilainya semakin turun. Bisa jadi Anda lebih memilih gaya hidup daripada sekedar biaya hidup. . Anda lebih mudah mengatakan : “Ah. Penghasilan Anda selama ini dibuat dalam bentuk laporan keuangan (Pemasukkan – Pengeluaran) coba lihat contoh di bawah ini : Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ . Penghasilan Nggak pernah kepikiran! KEBUTUHAN HIDUP BIAYA HIDUP GAYA HIDUP INVESTASI Pada akhirnya. dari kebutuhan hidup ini Anda dimanjakan oleh alternatif gaya hidup. Hampir sebagian besar penghasilan Anda digunakan untuk belanja kebutuhan bukan? Anehnya lagi. Anda lebih suka membeli kendaraan baru yang lebih nyaman. Anda tidak bisa membedakan mana biaya hidup.dan lain sebagainya.eeeh sudah jadi mobil second (harganya juga pasti turun tuh). Atau barang-barang yang hanya dipakai sesekali saja.. ketika ditawarkan untuk investasi dalam bentuk deposito. seberapa besar penghasilan Anda. nilainya akan turun. Cashflow (Arus Kas) 9 Mari kita lihat arus kas Anda . Hp terbaru yang memiliki fitur lengkap. Masih nggak percaya? Coba Anda lihat barang-barang yang ada di rumah saat ini. tetap saja tidak akan menjadikan Anda lebih kaya. dan banyak lainnya. Anda akan banyak menemukan barang yang dulunya mati-matian Anda beli. Mobil baru yang Anda beli.www. sekarang masih banyak kebutuhan yang lain!” Pantaslah jika semakin kedepan Anda semakin repot dan semakin tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup. Jika demikian.

Tapi jangan dihabiskan boss. Namun bagi arus kas toko Hp dimana Anda membeli. Hebatnya Hp tersebut tidak akan berfungsi jika Anda tidak mengisikan pulsanya. disarankan 1/3 dari hasil investasi Anda gunakan lagi untuk memperbesar investasi lagi. Padahal semua barang itu pasti merosot nilai jualnya. maka itu adalah hutang bagi pihak Bank terhadap Anda. Lihatlah.banghaq.com 2010 Arus Kas Anda : Pemasukkan :  Gaji  Hasil usaha  Insentive  Dan lain-lain Pengeluaran :  Biaya hidup  Gaya hidup Arus Kas Orang Lain : Pemasukkan :  Penjualan Pengeluaran :  Biaya Usaha Ketika Anda membeli barang konsumtif . setiap Anda mengeluarkan uang untuk membeli barang konsumtif. Dan itu bukan disebut Asset! Berbeda ketika Anda Investasi . maka Anda harus mempersiapkan uang lagi untuk kelangsungannya. Dan tentunya Anda mendapatkan pembagian hasil dari dana yang diputar oleh Bank. maka arus kas Anda terjadi pengeluaran. maka bersamaan dengan itu Anda harus siapkan biaya untuk bahan bakar dan perawatan rutinnya. misalnya : Arus Kas Anda Pemasukkan :  Gaji  Hasil investasi  Insentive  Dan lain-lain Pengeluaran :  Investasi Arus Kas Bank Pemasukkan :  Nasabah  Bunga Pinjaman Pengeluaran :  Bunga Deposito 10 Ketika Anda mengeluarkan sejumlah dana untuk investasi deposito.www. Nah hasil investasi inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi gaya hidup Anda. Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ .misalnya Hp. Nah. pengeluaran Anda adalah pemasukkan bagi mereka.Deposito Bank. berapa banyak lagi uang yang harus Anda keluarkan untuk memenuhi gaya hidup? Bisa jadi biaya pulsanya lebih besar daripada Hp-nya! Atau Anda membeli kendaraan.

Apa yang Harus Saya Lakukan? Dari tadi teori melulu!” Siap Boss. 2... selama masih bisa dimanfaatkan.” Saya menjamin sampai penghasilan Anda 100 juta / bulan juga tidak akan pernah bisa menyisihkan! Jangan nunggu besar dulu. bukankah semuanya dimulai dari yang kecil.com 2010 Waah.. Harus Anda lakukan! Kalau Anda berpikir “Ya deh nanti kalo penghasilan saya sudah besar.Ambil jatah investasi DI DEPAN.. Anda harus lakukan beberapa hal di bawah ini : 1. Sisihkan 20% dari penghasilan Anda untuk investasi Nggak pake tawar-menawar.. Namun langkah awal yang harus Anda lakukan adalah Menahan Keinginan terlebih dulu.mulai bulan depan saya lakukan!” Oops. Sewajarnya saja.sampai kapan dong menikmati hasilnya? Jawabannya “Sampai semua gaya hidup Anda sesukanya bisa dibiayai oleh hasil investasi Anda! Bukan dibiayai oleh penghasilan kerja keras Anda!” • Kerja • Laba Usaha • Hasil Profesi Penghasilan • Hasil Investasi 20% INVESTASI 40% Penghasilan 80% BIAYA HIDUP 60% GAYA HIDUP Sabar aja dulu boss. Tapi maksud saya MELARANG KERAS untuk konsumtif berlebihan. “Iya deh. Menunda Kesenangan 11 Cobalah untuk memanfaatkan apa yang ada menjadi lebih produktif.. Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ .. Karena kebiasaan maka sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. maka jangan dulu berpikir untuk mengganti.www. Mengapa? Karena akan banyak alasan untuk selalu menghabiskannya..Anda pasti akan menikmati hasilnya. bukankah lebih baik mencari alasan untuk investasi masa depan? Jadi.banghaq.Salah!!! Jangan nunggu bulan depan... Sekarang Anda mungkin akan berpikir “Oke Saya Sudah Paham Pak. Bukan saya menghalangi Anda untuk menikmati hasil kerja Anda. saya akan sisihkan Pak.. Waktu yang tepat adalah sekarang! Daripada Anda mencari alasan untuk menghabiskan.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. tunggu saja..com 2010 3.. Gitchu. Kalau Anda tertarik jurus rahasia investasi lainnya. Hehehehe Canda Boss.Maksudnya supaya orang lain juga beli ebook ini. Apa saja sih Asset itu?  Property o Ruko (Rumah plus Toko) o Rumah Kontrakkan atau Kamar Kost o Tanah Parkiran  Commodity o Emas dan Perak  Dinar dan Dirham o Hasil Bumi  Royalty o Hak Cipta o Saham o Obligasi o Reksa Dana o Deposito dan Tabungan  Bisnis Bersistem o Franchise o Waralaba Pribadi o Network Marketing Silahkan dari sekian banyak ini.. Nah dalam hal ini... Kalau Anda berpikir “Ini kan hanya dilakukan oleh orang-orang kaya saja!” Jawabannya adalah BENAR. kita akan mainkan bagaimana berinvestasi dengan EMAS. Karena itulah Anda beli ebook ini supaya Anda menjadi KAYA! Jika Anda tahu caranya maka tidak dibutuhkan modal besar untuk bermain alokasi Asset. Sebab tidak ada di dunia ini yang sempurna..www. 12 Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ .segera keluar. mana yang Anda pilih.banghaq. Alokasi Asset Berpikirlah bahwa sekarang waktu yang tepat untuk mengalokasikan uang Anda menjadi Asset yang menghasilkan. Makanya kasih tau orang lain ya.

Sebab kandungan emas yang ada di permukaan bumi ini diperkirakan hanya berkisar 150. Rupiah.banghaq. Seluruh mata uang kertas selalu turun nilainya dari waktu ke waktu. Ia pulang membawa satu Dinar dan satu ekor kambing. Kenaikan setiap tahun berkisar antara 1. 13 Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ . Sufyan menceritakan kepada kami.www.000 ton saja. bukan US$. memberikan uang satu Dinar kepadanya agar dibelikan seekor kambing untuk beliau. Daya beli dan nilai jual emas stabil sepanjang zaman. Faktanya bahwa setiap negara di dunia mengendalikan nilai uang kertasnya dengan mempengaruhi supply emas di pasar. Nabi saw. maka total supply emas di seluruh dunia sama dengan jumlah seluruh emas di permukaan bumi.1. Lalu dengan uang tersebut ia membeli dua ekor kambing. kemudian ia jual satu ekor dengan harga satu Dinar. ia berkata „Saya mendengar penduduk bercerita tentang „Urwah. tentu beliau tidak akan meminta „Urwah membeli kambing dengan uang yang kurang atau berlebih. Emas adalah alternatif dari US$ dan mata uang kertas lainnya. --Bang Haq Mengapa Emas sebagai investasi yang menarik? Alasannya adalah sebagai berikut : Emas adalah komoditi yang spesial dan unik.5% .7%. bahwa Nabi saw. ia pasti beruntung. Emas selalu menjadi uang (alat tukar) dalam sejarah manusia. Emas digali dari perut bumi dan terakumulasi.com 2010 Bab 3 Investasi Emas Emas adalah uang sepanjang zaman. atau mata uang lainnya. Emas adalah uang sepanjang zaman. Bukhari) Dari keterangan hadits tersebut kita bisa ketahui bahwa harga pasaran kambing yang wajar di zaman Rosulullah saw. Artinya bahwa uang sebenarnya adalah emas. Seandainya „Urwah membeli debupun. Syahib bin Gharqadah menceritakan kepada kami. bukan kertas yang bernominal.” (HR. Supply emas dunia terbatas pada yang berada di permukaan bumi. Mengapa? Karena uang kertas selalu bisa dicetak kapan saja dan berapa saja pemerintah mau. adalah satu Dinar.000 ton – 160. Karena tidak dikonsumsi. Nah semakin banyak orang yang menginginkan maka nilainya sangat tinggi. jadi jumlahnya terus bertambah. mendo‟akannya dengan keberkahan dalam jual belinya. diakui ataupun tidak. adalah orang yang sangat adil. Kesimpulan ini diambil dari fakta bahwa Rosulullah saw. Dikisahkan dalam hadits riwayat Bukhori sebagai berikut : “Ali bin Abdullah menceritakan kepada kami. Emas-lah yang memiliki daya beli nyata.

tapi uang Rupiah yang mengalami kemerosotan nilai tukarnya. Karena untuk Anda yang baru memulai investasi emas.! Nah untungnya di Indonesia masih ada koin Dinar emas yang diproduksi oleh PT.433. Ketika suku bunga bank turun atau naik tinggi sekalipun. hal itu tidak ada kaitannya dengan harga emas tuh. Kendatipun demikian jangan panik itu hal biasa.000. harganya Rp.000.. Terbukti „Urwahpun berhasil menjual satu ekor kambing dengan harga satu Dinar. Dahulu (1970) ketika orang tua saya membeli kambing untuk diternak. Dahulu dengan 24 ribu bisa beli emas 1 gram.banghaq. Ah apa iya? Kan harga emas bisa juga mengalami penurunan! Yup.memang benar. (Sebenarnya bukan naik sih.000 per gram. 8.Artinya ketika anak Anda yang saat ini masih SD. Keahliannya menjadi legenda.250. Emas selalu dalam kondisi „Bull Market‟. 24. Ketika eBook ini ditulis harga satu Dinar = Rp. maka semua biaya sektor rill juga turun. Nilai emas ditentukan oleh pasar. Apa yang menghalangi harga emas untuk naik 10 kali lipat lagi dalam 10 tahun mendatang? Tidak ada! Artinya bisa saja harga emas per gram mencapai Rp. perlu diketahui bahwa secara jangka pendek fluktuasi (naik-turun) harga emas selalu terjadi..25 gram emas 22 karat. 10 tahun mendatang biaya kuliahnya bisa mencapai 10 kali lipat dibanding saat ini. hari ini harga per gram mencapai Rp. Luar biasa bukan? Selama lebih dari 14 abad harga emas tetap stabil (Zero Inflation). Investasi dalam bentuk emas TIDAK MENGANDUNG RESIKO. Dengan uang segitu. ANTAM (Aneka Tambang) sehingga kita bisa melihat secara obyektif. Nah sekarang setelah 40 tahun? Hehehe beli sate kambing satu kodi (20 tusuk) juga gak bisa tuh (Boom Inflation).610. Sehingga kepandaiannya ini menjadi pembicaraan penduduk. saat ini kita bisa beli kambing di manapun di seluruh dunia. Berbeda dengan uang kertas yang ditentukan oleh kebijakan pemerintah tentang suku bunga bank. Tapi ketika Anda berinvestasi emas maka jangan berpikir sebagai pedagang emas yang satu-satunya keuntungan adalah dari kenaikan harga. itu dikarenakan kepandaiannya dalam berdagang. Tahun 1994 harga emas 24K adalah Rp. Sekalipun memang harga emas turun dari US$ 1. Nah kalo minyak turun. Anda tidak kehilangan kekayaan! Karena Anda tetap bisa membeli semua kebutuhan hidup Anda seperti sebelum harga emas turun. 3. 325. pasti diikuti penurunan harga minyak dunia... dengan satu ekor kambing dan uang satu Dinar. Gitu aja kok repot. 1.. Luar biasa.000.com 2010 Walaupun „Urwah dapat membeli dua ekor kambing dengan satu Dinar. betapa tidak? „Urwah justru datang kepada Rosulullah saw. Artinya mengalami kenaikan 13 kali lipat lebih.www. Masih percaya sama uang kertas? Anda sekarang mungkin berpikir “Wah gile juga nih kalo gak segera bertindak!” Sabar dulu boss.. Artinya semua harga barang-barang di pasar juga turun toh? Dengan demikian sekalipun harga emas turun. nah sekarang harus dengan 325 ribu – Sama aja kali ya?). Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ 14 .127/Oz menjadi US$ 800/Oz. masih ada ilmu yang harus Anda serap nih. Dinar emas setara dengan 4.

Ketika emasnya dijual ternyata diperoleh uang 43 juta (harga emas 24K saat itu 334. pendidikan.www. Rupanya langkah beliau sangat cerdas.banghaq. emas menjadi alternatif paling aman. Ya udah naik deh. Itu rumus baku kok. Kepanikan moneter.000 / gram). Alhasil emas semakin diburu dan harga pasti menjadi tinggi. Untungnya ketika pulang beliau membeli dua emas batangan dari Makkah 100 gram dan 25 gram. ataupun kepemilikan rumah. namun menjaga Anda tetap kaya. bahwa tujuan utama investasi emas bukan membuat Anda bertambah kaya. Biasanya ketika di India dan China sedang musim kawin (hehe) maka permintaan emas akan meningkat. Banyak investor lebih memilih membeli emas sebagai pengaman assetnya. Ketika kondisi ini. Ketika terjadi serangan Amerika dan Sekutu di Irak tahun 2002. Dengan emas Anda bisa beli di Makkah. Kurs Dollar naik (uang Rupiah lagi-lagi merosot nilainya). Tidak seperti uang kertas yang terbatas teritorial.com 2010 Kelebihan lain dari investasi emas :  Sebagai perlindungan asset Bila inflasi tinggi (uang kertas semakin merosot nilainya). karena harga minyak mentah lebih stabil di beli dengan emas. waktu itu harga masih 4 ribu / gram. Artinya dengan emas ongkos haji semakin murah ya? Likuiditas tinggi dan Non Regional Berlaku di manapun di seluruh dunia. Jika tidak dibarengi dengan peningkatan pasokan emas. 500 ribu. harga emas juga naik. Naiknya permintaan pasar. Ditambah isu pengambilan emas milik Sadam Husein oleh tentara Amerika dari Irak membuat emas rame dibicarakan. Nah ketika naik. Harga minyak naik significant. dan menjual di Maccao dengan sangat mudah dan berlaku harga internasional. Situasi politik dunia. maka ia segera melepas uang kertas dan menukar dengan emas.     15 Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ . ongkosnya cuman Rp.   Satu hal yang perlu Anda catat. Segitu sudah dengan biaya penginapan selama 30 hari di tanah suci. maka suppy emas dari Afrika Selatan (penghasil emas terbesar ketiga di dunia) mengalami gangguan. terbukti ketika tahun 2009 cucunya naik haji dengan setoran ONH sekitar 40 jutaan. Hal-hal yang mempengaruhi harga emas :  Terjadi kenaikan inflasi. maka pasti naik deh. Rencananya untuk ongkos naik haji anak cucunya kelak.. Sebagaimana tahun 1998 dan 2008 ketika masyarakat panik terhadap nilai tukar uang kertas. Hehehe malah masih ada lebihan deh. Tahun 1973 ketika orang tua saya naik haji. harga emas juga tinggi. pernikahan. maka harga emas pasti ikut naik. Sebagai tabungan terbaik untuk tujuan tertentu Bisa direncanakan untuk haji.

Nah ketika Anda menjual emas perhiasan ini. Semakin langka. senilai benda fisiknya (intrinsic) dan nilai yang melekat / bawaan pada benda itu (innate). lalu dari ketiganya mana yang lebih baik kita ambil untuk investasi. koin Dinar. 1.www. Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ 16 . Namun termasuk di dalamnya adalah biaya produksi dan biaya desain. melainkan dari tingkat kelangkaan dan sejarahnya. ataupun emas lantakan –ketiga-tiganya memiliki kesamaan. Ketiga keunggulan ini tidak dimiliki oleh investasi bentuk lain seperti saham. sekalipun yang desain adalah perancang internasional. 2. surat berharga. dibuat ketika zaman Julius Caesar. Kedua jenis ini menarik untuk dijadikan investasi. Namun untuk investasi. emas jenis ini paling tidak disarankan. Sebagaimana koin emas dalam gambar di samping.banghaq. Mengapa? Karena biaya yang Anda keluarkan untuk membeli emas jenis perhiasan ini bukan harga emasnya saja. koin emas untuk koleksi dan koin emas sebagai alat tukar.4 juta (sekitar 50 milyard). Koin Emas Untuk emas jenis koin memiliki dua type. --Bang Haq Terdapat tiga jenis emas yang beredar di pasaran. Yaitu memiliki nilai nyata (tangible).. dan uang kertas. maka yang dinilai hanya emasnya saja. Woow gile. Artinya harga koin emas untuk koleksi bukan diukur dari harga emasnya. Emas Perhiasan Emas perhiasan adalah yang paling banyak masyarakat miliki. dapat digunakan untuk perhiasan sehari-hari.com 2010 Bab 4 Memilih Emas Untuk Investasi Baik emas perhiasan. Sampai-sampai ada yang menyentuh harga US$ 5. semakin mahal. Plus Anda juga dikenakan PPN loh. Sebab toko emas tidak mau membayar harga desainnya. Karena selain untuk investasi. Semakin rumit desainnya maka semakin mahal harganya.

Kelebihan Investasi koin Dinar : 1. Di dunia ini hanya ada 55 perusahaan yang memproduksi emas batangan Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ 17 . Mungkin Anda akan mikir 1000 kali untuk beli koin emas seharga 50 Milyard kan? Artinya nilainya sangat berharga bagi orang yang paham atau tertentu. Kalau kita punya 100 Dinar – hari ini mau kita pakai 5 Dinar maka tinggal lepas yang 5 Dinar dan simpan yang 95 Dinar. ANTAM (Aneka Tambang) dengan standar ukuran satu koin Dinar setara dengan 4.03/2002. Saat ini investasi koin Dinar menjadi peluang yang sangat menarik Namun koin Dinar juga memiliki kelemahan : 1. mudah dijumlahkan dan dibagi. Koin emas ini dibuat oleh PT. Nilai jual kembali tinggi.25 gram emas 22K. Jadi kalau sepanjang tahun lalu Dinar mengalami kenaikan sekitar 30%. Mudah diperjualbelikan sesama pengguna karena tidak ada kendala model dan ukuran. Dapat langsung diproduktifkan dalam program Qirad misalnya. Emas Lantakan atau Batangan Emas lantakan atau emas batangan tersedia dalam ukuran berat mulai dari 1 gram s/d 1 kg. gak ada bedanya antara koin emas biasa dengan koin emas koleksi. maka setelah dipotong biaya 4% tersebut hasil investasi kita masih sekitar 26%.www. Sangat likuid untuk diperjualbelikan karena kemudahannya dibagi dan dijumlahkan. mengikuti perkembangan harga emas internasional. 83/KMK. bisa diperhitungkan secara Netto antara Pajak Keluaran dan Pajak Masukan Toko Emas maka yang harus dibayar „Toko Emas‟ Penjual Dinar adalah 2%) 2..banghaq.99%. 3. Nah emas jenis inilah yang optimal untuk investasi. Sangat menarik sih. 4. 3. Ongkos cetak masih relatif tinggi yaitu berkisar antara 3 – 5% dari nilai barang bergantung dari jumlah pesanan.com 2010 Namun kelemahan koin emas koleksi hanya dimiliki dan diburu oleh sekelompok orang saja atau tidak umum. 5. Satu lagi koin emas dalam bentuk Dinar. Bagi kita yang tidak paham. Memiliki sifat unit account. karena emas lantakan memiliki kadar emas 24K dengan tingkat kemurnian 99. Di Indonesia masih dianggap perhiasan. hanya dengan dikurangi biaya administrasi dan penjualan sekitar 4% dari harga pasar. penjual terkena PPN 10% (Sesuai Keputusan Menteri Keuangan RI No. 2.

Raya Bekasi KM. dan keabsahannya. tidak dikenakan biaya cetak.www. di Indonesia PT. 50 gr. sehingga ongkos kirimnya bisa diminimalis. Apabila yang dibeli dalam unit 1 kilo-an. Untuk menjaga keaslian dan kemurniannya disarankan untuk membeli emas jenis ini dari perusahaan ini. maka tidak mungkin emasnya dipotong kan? 3.com 2010 karena dibutuhkan tingkat ketelitian yang sangat tinggi. Jl. ANTAM. ANTAM : http://www.5 gr. (Apalagi pake pesawat terbang hehehe. lm@logammulia. 5 gr. ANTAM memang sedikit lebih mahal. 250 gr. Tidak terkena PPN. 100 gr..Jl.000 gr. Pegadaian. Anda harus membeli di Toko Emas. Hal ini juga bisa meminimalis biaya ongkos kirim. biasanya mereka mengorder sesuai jumlah pesanan yang terkumpul. (62 21) 475 7108 Fax. 25 gr. Aneka Tambang (ANTAM) melalui unit bisnisnya Logam Mulia adalah salah satu dari 55 perusahaan tersebut. pastikan telah mengecek harga up to date di situs resmi PT.). (62 21) 475 0665 Email.18 Pulogadung. Jika Anda ingin membeli langsung ke PT.. Pemuda . Memungkinkan kita bisa menyesuaikan dengan keadaan keuangan. 3 gr.com Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ 18 . Membeli emas di luar PT. 2. alamatnya : PT Antam Tbk. 2.php?id=9 Di situs tersebut Anda bisa mengetahui informasi harga emas batangan dari 1 gr – 1kg. Di Mana Kita Membeli Emas Batangan? Agar terjamin keasliannya. Jakarta 13210 Tel. dan 1.com/news. Nilai jual kembali tinggi. pas kebetulan kita butuh hanya 10 juta. tapi itu wajar karena Anda dikenakan biaya kirim.logammulia. 10 gr.banghaq. Karena perusahaan menyertakan sertifikat tentang kadar emas. 4. atau langsung ke PT. Kabar baiknya. Kecuali Anda beli sendiri ke PT. Terdiri dari pilihan ukuran berat : 1 gr. Nah jika Anda membeli di pegadaian. Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Address. Disarankan untuk memulai dengan ukuran 5 gr atau 10 gr. ANTAM dengan jumlah kecil. Kelebihan Investasi Emas Batangan : 1. pasti besar ongkos kirimnya. Sebelum Anda membeli emas batangan. 2 gr. Tapi jika Anda membelinya di Toko Emas biasanya Toko Emas tersebut membeli dengan jumlah besar. Mengapa? Karena jika beli dengan ukuran 1 kg. berat. ANTAM.

(62 31) 5491868.www.Platinum . Pengambilan barang maksimal 3 (tiga) hari kerja dari tanggal transaksi.Transfer melalui internet Banking . dibawa langsung apabila barang akan diambil di hari yang sama.Transfer melalui ATM Untuk pembayaran melalui transfer.banghaq.Transfer antar Bank . jika barang akan diambil di hari berikutnya. ANTAM di alamat tersebut di atas. No.logammulia. Pengambilan yang melebihi batas waktu akan dikenakan charge yang besarnya akan ditentukan kemudian.000.Silver Credit card berlogo VISA : dikenakan charge sebesar 3. Identitas.com 2010 Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia SURABAYA Address.00 ( Lima Puluh Juta Rupiah ) selebihnya melalui transfer.1% dari total nilai transaksi 2.Platinum . Jl.php?id=9 Cara Membeli Emas Batangan di PT.Gold . No. 19 Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ . Bukti transfer atau bukti setoran.Gold . maka pastikan terlebih dahulu Anda mengecek harga di http://www. Debit ATM MANDIRI : . 5491723 Fax. telpon pelanggan yang bersangkutan dan jenis produk yang dibeli guna memudahkan kami dalam mengidentifikasi pelanggan. Pembayaran langsung di tempat : Tunai maksimum sebesar Rp. (62 31) 5357480 Anda juga bisa menjual emas batangan ke PT. Namun sebagaimana ketika Anda hendak membeli. Pembayaran melalui transfer : . harus dikonfirmasikan terlebih dahulu dengan Bagian Marketing melalui telepon (021) 299 80 900 atau (021) 475 7108. bukti transfer atau bukti setoran harus difax terlebih dahulu ke nomor (021) 47863043 dengan dilengkapi keterangan transaksi antara lain: Nama.50.Silver Debit ATM BCA : .com/news. ANTAM 1. Genteng kali 67 B Surabaya Tel.000.

“Woow.. Penyerahan barang atau jasa dilakukan setelah transfer atau pembayaran dipastikan telah masuk ke rekening PT Antam UBPP Logam Mulia. Sebab semua info itu PENTING. No. PT. 413. maka akan lebih mudah ketika kita masuk dalam jurus rahasianya.itulah fungsinya Anda beli eBook ini.125 0079000063 A/N.300. namun apabila menggunakan bank lainnya dapat menggunakan fasilitas RTGS ke rekening kami sbb : .5393 A/N. Anggap aja Anda sedang latihan kuda-kuda sebelum belajar jurus. Aneka Tambang.banghaq. Ok Boss? Setelah semua info ini Anda pahami. . Biaya transfer menjadi beban pelanggan. Tenang boss. Pembayaran melalui transfer disarankan melalui Bank Mandiri atau BCA.Bank BCA Cabang Kelapa Gading Villa A/C.www.untuk percepatan proses pemindahbukuan. 20 Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ .Bank Mandiri Cabang Pulogadung A/C. Antam Tbk UBPP Logam Mulia. 4.. No.. PT.Susit (Susah dan Sulit)!” Mungkin itu yang terbayang dalam benak Anda.com 2010 3..

Jika mengolahnya dengan benar. emas membuat Anda menjadi lebih kaya. Karena belum pernah terjadi orang yang menjual 1 gram emas kemudian bisa mendapatkan 2 gram emas. namun untuk membeli emas berikutnya tetap saja dapatnya 1 gram juga! Cara ini disebut spekulan dan ia berpikir sebagai pedagang! Yaitu berpikir bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga emas. Yaitu membeli emas dan menyimpannya untuk menjual ketika harga naik.com 2010 Bab 5 Rahasia Ternak Emas Emas menyelamatkan kekayaan Anda. Saat itulah saya tertarik untuk Action dan membuktikannya. 21 Bukan cara seperti itulah yang akan diterangkan dalam RAHASIA TERNAK EMAS ini. Lalu bagaimana caranya? Yuk perhatikan rahasianya. Salah satunya Robert menyarankan untuk investasi komoditi berupa emas dan perak. orang-orang melakukannya dengan cara tradisional. Selama ini.www. Mengapa? Karena sekalipun harganya naik dua kali lipat. Kita buktikan! --Bang Haq Dalam seminar Robert T Kiyosaki di Singapura tentang investasi. BELI LOGAM MULIA SIMPAN JUAL HARGA NAIK Cara seperti itu memiliki KELEMAHAN bagi yang memiliki sedikit duit. karena emas yang dibeli hanya segitu-gitu aja (tidak bertambah jumlahnya sebelum memiliki cukup uang dan membeli yang kedua kalinya). Sudah terbukti selama 14 abad lebih bahwa emas memiliki nilai yang stabil.! Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ .. Memang cara seperti ini lazim dilakukan masyarakat. ada beberapa hal yang harus dilakukan agar asset kita bisa bertahan bahkan menjadi lebih kaya.banghaq.

000 2.752.790.400 per gram 90% 310.835.500 1 bulan 22 Catatan : Biaya.000 2.250 2. % Taksiran.000 3.000 2. namun khabar baiknya sudah banyak bank syariah di Indonesia yang memiliki produk gadai emas.000 6.000 64.000 5. dan mobilnya bisa terangkat. dan Taksiran harga per gram bisa berubah dan berbeda tergantung kebijakan bank syariah masing-masing. sehingga biaya relatip lebih mahal.banghaq. Kali ini kita akan manfaatkan BANK sebagai tempat beternak emas kita.750 2.000 2 bulan Jabar Syariah 6.761. Hal ini penting untuk memahami lebih jauh tentang proses ternak emas.790.000 83. maka biaya akan semakin kompetitif.com 2010 MANFAATKAN DAYA UNGKIT Tenaga Anda tidak akan bisa mengangkat mobil tronton atau container bukan? Namun dengan alat bantu berupa “dongkrak” sebagai daya ungkit.805.375 81.000 6. Mengapa? Karena semakin banyak bank yang memiliki produk gadai emas.777.750 15.500 per gram 85% 326. Inilah yang akan kita lakukan dalam ternak emas.000 5.000 2.000 75.000 25.000 43. Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ . tergantung Bank Syariah yang ada di tempat Anda.715.000 2. Anda bisa memilih salah satu atau lebih.500 2.000 1.700 per gram 90% 315.696.000 2.000 6.www. Walaupun masih terbatas di Bank Syariah. Tabel di atas hanya sebagai ilustrasi perhitungan saat transaksi terjadi.000 2. maka tenaga yang Anda keluarkan sangat sedikit. sehingga ini sebagai acuhan perhitungan. Berbeda dengan pegadaian yang masih dimonopoli oleh Perum Pegadaian. Namun bukan gadai seperti biasa orang lakukan di Pegadaian. Diantaranya adalah : Bank Syariah Mandiri (Belum semua cabang memiliki produk gadai emas) Bank Mega Syariah Bank BRI Syariah Bank BNI Syariah Bank Jabar Syariah Mana yang terbaik? Semuanya memiliki kelebihan-kelebihan dan pasti ada juga kekurangannya.000 4 bulan BRI Syariah 15.375 4 bulan Mega Syariah 20. Penulis telah melakukannya di Bank Jabar Syariah. yaitu dengan memanfaatkan daya ungkit berupa GADAI.000 4 bulan BNI Syariah 10.000 5.6% per bulan 90% 310.000 7.750 per gram 85% 330. Sebagai ilustrasi perbadingan saat eBook ditulis (Maret 2010) sebagai berikut : (Asumsi: kita menggadaikan 10 gram Emas Batangan dengan harga 330.725.000 per gram) Keterangan Biaya : Administrasi Materai Jasa Penitipan % Taksiran Harga / gram Taksiran Gadai Potong Biaya Terima Bersih Biaya Penutupan Masa Penutupan BSM Syariah 20.

1. Dibutuhkan waktu minimal 1 – 3 tahun (tergantung gejolak ekonomi Internasional).banghaq. Tergantung kemampuan Anda bisa menyisihkannya. harga yang berlaku adalah harga ketika penulis melakukan investasi emas (Maret 2009) mulai dari 5 gram emas lempengan hingga harga terkahir selama melakukan ternak emas.com 2010 Oke. sudah siap masuk ke Cara Rahasia Berternak Emas? Nah sebelum itu. Untuk memudahkan. penting diketahui : PERINGATAN : Investasi Emas bukan untuk SPEKULASI! Mengingat harga emas selalu berubah setiap detik.000.. BELI LOGAM MULIA 1 2 BANK 23 3 Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ Dapat DUIT . Kategori pertama :  Memiliki Uang Cash cukup untuk membeli minimal 5 gr emas lantakan. Cara RAHASIA TERNAK EMAS di bagi dalam lima kategori pelaku investasi. minimal 250 ribu – 400 ribu per transaksi ternak emas (Bisa sebulan sekali..www. atau bahkan sehari sekali).per lempengan emas 5 gram) Memiliki penghasilan rutin yang bisa disisihkan.480.. Jika Anda termasuk kategori ini mari kita mainkan Boss.  Ok. maka Emas Anda semakin KUAT. (Harga saat penulis melakukan investasi emas Rp. Semakin terpuruk. seminggu sekali. Sesuaikan kondisi keuangan sebagaimana yang cocok dengan Anda. maka TIDAK disarankan untuk Jangka Pendek.

000  Potongan biaya jasa simpanan Rp.000.000 24 Uang tambahan dari penghasilan yang disisihkan untuk investasi Uang hasil gadai emas Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ . Nah saat itu bisa saja Anda langsung buka rekening dengan setoran awal 150 ribu. kurang lebih 30 menit.(setelah dipotong biaya simpanan selama 10 bulan).480.480.000 150.258. Di daerah penulis gadai emas di Bank Jabar Syariah hanya dilakukan pada hari Senin s/d Jumat. 15. Di Bank Jabar Syariah di daerah penulis hanya dikenakan biaya materai saja. penulis mendatangi Bank Jabar Syariah Cirebon).000. syaratnya hanya photo copy KTP dan emasnya harus dibawa.  Biasanya pihak Bank akan meminta Anda buka rekening untuk auto debet biaya jasa penyimpanan.  Taksiran saat itu Rp.) Langkah kedua :  Setelah emas lempengan 5 gr ada di tangan Anda.  Proses gadai emas sangat mudah. 1. Darimana duitnya? Jangan pusing langsung potong aja untuk tabungan Anda.com 2010 Langkah pertama :  Beli emas di TOKO EMAS yang menjual emas 24K lempengan 5 gr bersertifikat PT.. 1. Kemudian ulangi langkah pertama. 1. 1.000 X 5 gram = Rp.(diluar ongkos bensin naik motor atau mobil yah. ANTAM. Jumlah uang menjadi Rp. 3.000 Taksiran Gadai BANK Tabungan Terima Uang 1..  Perhitungan dan transaksi akad gadai dilakukan antara Anda dengan Bank Syariah..dan siap untuk beli emas 5 gram lagi.000. setelah satu minggu menambahkan kembali 372 ribu..  Pada tahap ini.480.000.000 X 85% = Rp.banghaq. 1.  Uang hasil gadai emas TIDAK BOLEH DIPAKAI UNTUK KONSUMSI!!  Sebagai pengalaman penulis.258.108. posisi ternak emas Anda sebagai berikut : Minggu LM 1 5 2 5 Modal 1. Uang yang Anda keluarkan Rp.000 X 5 gram = Rp. membeli emas lempengan 5 gr di TOKO EMAS langganan Anda..www.480./ bulan. Langkah ketiga :  Tunggu beberapa hari sampai Anda bisa menambahkan kekurangan untuk membeli emas berikutnya.000 372. 296. Waktu proses sangat cepat.000 1.  Pada langkah kedua ini uang yang akan Anda terima Rp.108. (Sebagai contoh nyata.. maka datangi Bank Syariah yang Anda pilih di kota Anda.

750 1.302.banghaq.258.000 1.000 5 372. bahwa harga emas pada minggu-minggu berikutnya mengalami naik dan turun sesuai kondisi ekonomi dunia. Pengalaman penulis.411.391.285.000 150.500 15.000 372. maka JANGAN gadaikan untuk keperluan apapun selain ternak emas! Itu penting.480.000 1. maka segera belikan emas lagi di toko emas! Pada tahap ini. (Memang harus dipaksa untuk menyisihkan.000 15. Pada saat itu harga emas lempengan 5 gr menyentuh angka Rp.750 15.000 15.713.000 1.000 237.338.000 1. 1. 3.243.500 15.000.000 Uang tambahan dari penghasilan yang disisihkan untuk investasi Uang hasil gadai emas INGAT!!! Jangan gadaikan emas terakhir sebelum Anda memiliki tambahan untuk membeli emas berikutnya! Jika tidak memiliki tambahan selama satu bulan misalnya. Perlu diketahui.000 15.000 1.com 2010   Emas yang baru Anda beli pada minggu ke dua jangan digadaikan dulu! Kapan Anda gadaikan lagi? Setelah Anda memiliki uang tambahan untuk menutupi kekurangan dari uang hasil gadai berikutnya.000 1.000 5 237.250 25 Selama dua bulan ternak emas menghasilkan 9 lempeng emas 5 gram (45 gram). Woow Luar Biasa!! Jika Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ ..108.www.000 5 266.713.480.000 1.000 1.323. mereka senang kok Anda bolak-balik ke sana.250 5 206.500 5 279.500 1..423.Hebatnya lagi hanya dengan Rp.258..000 1.408.300.108.000 1.750 10. menggadaikan emas di Bank Syariah langganan Anda juga.000 1.675. 1.500 5 251. karena emas terakhir adalah kunci untuk membebaskan emas Anda yang tergadai. gak usah khawatir ditolak.258.396.243. Begitulah berulang-ulang sesuai kemampuan keuangan Anda.750 15. Setelah terima uang hasil gadai Rp.750 15.258.317.Anda bisa memiliki 45 gram.250 5 374. Berikut adalah hasil ternak emas selama dua bulan : Minggu 1 2 3 4 5 6 7 8 9 JUMLAH LM Modal 5 1.750 Taksiran Gadai BANK Tabungan Jasa Simpan Terima Uang 1. Kemudian ulangi langkah kedua. setelah satu minggu berikutnya penulis sudah memiliki uang tambahan dari penghasilan yang disisihkan.000.338. keadaan ternak emas Anda sebagai berikut : Minggu 1 2 3 LM 5 5 5 Modal 1.000 Taksiran Gadai BANK Tabungan Jasa Simpan Terima Uang 1.yang hanya dipotong biaya jasa simpanan untuk satu bulan saja.000 1.500 1.000 5 247.250 45 3.000 150. akhirnya bisa juga).750 1.750.243.323.000 1.000 1.

1.675. Kemudian kembali ke langkah pertama.258. 15 juta.?” Tenang boss. silahkan di jual. kita anggap pada tahap ini Anda mau menarik keuntungan akibat kenaikan harga emas. hehe mungkin lebih tepat sekalipun kita punya hutang.258.000 = Rp. 417. jangan dipakai untuk kebutuhan lain..www.000 – Rp.. 1.per 5 gram emas lempengan. tapi kita punya emas. Lalu siapa yang bantu Anda? Hehehe itulah daya ungkit.000. Asumsi harga jual saat itu Rp.  Penebusan gadai dilakukan per akad (bukan semuanya ditebus sekaligus). Terus gimana.. Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ . silahkan Anda jual lagi. Bank yang bantu Anda boss. 1. Pada langkah ini. Langkah kedua :  Datangi Bank Syariah tempat emas Anda diternakin. maka Anda mengeluarkan uang paling tidak Rp. hutang kita tetap saja segitu. Anda pasti berpikir “Keuntungannya di mana? Kan emasnya masih ada di Bank! Lagian kita juga masih punya hutang akibat menggadaikan emas kita. Anda bisa mendapatkan selisih Rp. 1. Dan ketika harga emasnya naik.  Setelah dapatkan uangnya.banghaq.000 26 Langkah ketiga :  Setelah Anda dapatkan kembali emas lempengan 5 gr.com 2010 dengan cara tradisional.675.000. 1 BELI LOGAM MULIA 3 2 BANK Dapat DUIT Langkah pertama :  Emas kunci yang Anda pegang (tidak digadaikan). Uang tersebut untuk menebus emas lain yang masih tergadai. Jangan lupa bawa duitnya untuk nebus. Ok.  Akad pertama Anda adalah Rp.

800. tapi tetap saja hasil penjualan 1 gram emas yang lalu hanya bisa beli 1 gram emas saat ini? Ya itu benar.banghaq.750 Biaya Selisih 417.www... Nah. 1.000 1.000 per 5 gram emas lempengan! Woow pasti Anda bisa dapatkan lebih dari 2 batang emas tambahan.675. di sinilah RAHASIA ternak emas kita “Anda titipkan emas-emasnya di Bank. Mengapa bisa? Ya kan karena hutang kita tidak ikut naik walaupun harga emasnya naik 10 kali lipat.000.750 Emas hasil tebusan ke 4 jangan dijual. Lakukan berulangulang hingga akad gadai yang ke empat.000 1.Walaupun kenaikan harga mencapai 1 gram = 800.500 1.527.675.250 1.000 1.000 ACTION LM Jual Emas "Kunci" 5 Jual Emas 1 5 Emas hasil tebusan dari Bank Syariah Hasil penjualan emas terakhir yg Anda pegang Tebus akad gadai pertama di Bank Syariah Nah.527.675.com 2010  Pada tahap ini. Jadikan sebagai emas kunci. kondisi penebusan emas Anda sebegai berikut : JUAL 1.000 1. maka Anda tebus lagi dengan harga lama. maka bisa deh buat nebus emas lagi.kalo keuntungannya gak dipake untuk lainnya. kecuali untuk menebus emas Anda. 1. Dan yang PENTING bahwa emas terakhir yang Anda tebus JANGAN DIJUAL. 27 Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ .000 Tebus Gadai Emas 1.000 357.000 1. sekarang uang hasil penjualan emas tebusan tadi JANGAN DIGUNAKAN UNTUK KEPERLUAN LAIN.000 Tebus Gadai Emas 1.750. KOK BISA? Bukankah jika harga emas naik. 315.338.258. jumlah keuntungannya mencapai Rp.000 417.675.000. 1 gram = Rp.500 336. maka kita belinya juga pasti naik lagi? Misalnya gini.675.317.258.” Nah bisa Anda hitung jika ternak emas ini diteruskan hingga bulan November 2009 (Tidak dipanen dulu) hingga pada bulan Desember 2009 harga emas menyentuh angka Rp.258. Emas Kunci! KEUNTUNGAN Gunakan untuk nebus gadai yang ke 5 Selama empat kali penebusan. Makanya modal 5 gram bisa menjadi 10 gram. ketika terjadi kenaikan harga. Sehingga kondisi penebusan emas Anda seperti ini : ACTION LM Jual Emas "Kunci" 5 Jual Emas 1 5 Jual Emas 2 5 Jual Emas 3 5 Oopss STOP!! 5 JUAL 1.675.000 1.000 Biaya Selisih 417. Jadi saat ini Anda memiliki 2 (dua) emas batangan 5 gram. Mengapa tidak semua saja? Karena umur ternak emas Anda makin lama makin tinggi selisih harganya.

Rahasia Ternak Emasnya bisa dilakukan dengan cara NAGNUTAP (Baca dibalik dong.. 100.000. ya kalo dipaksa-paksain sih 500 ribu bisa. tergantung Anda deh). 1. Dengan taksiran 85% (sebagaimana contoh sebelumnya) Anda menerima uang gadai bersih Rp..(Sudah dipotong untuk tabungan Rp. Hehehe gak papa... Pastikan kapan dilakukan pengumpulan uang berikutnya untuk bisa membeli emas lagi jika emas kunci Anda digadaikan.000 – 372.000).Tambahan dari sisa Modal : Rp. 1. Setiap pemegang saham (hehe perusahaan nih ceritanya.  Okelah kalo begitu.108.000.108. belikan emas lempengan 5 gram. Nah setelah disepakati.com 2010 Kategori Kedua :  Tidak punya modal awal untuk pembelian emas lempengan 5 gr.000. 148. Dengan modal awal disetor masing-masing Rp.Jangan lupa buat perjanjiannya di atas kertas bermaterai! Sepakati juga untuk setiap berapa waktu sekali untuk menyisihkan primary income Anda dan mereka (Misal seminggu sekali masing-masing Rp. atau sejam sekali.!).banghaq. 150. Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ 28 .000. Langkah Pertama : Modal Rp.480.000. Misalnya Anda kerjasama dengan 3 teman Anda (Jumlahnya 4 termasuk Anda).JUMLAH : Rp.. Bisa menyisihkan dari primary income pertransaksi ternak EMAS 100 ribu (Bisa sebulan sekali. 1.480.) harus melihat emasnya supaya percaya.000...000.www.(520.saya dulu juga awalnya gak punya tuh.(Belikan emas lagi) Langkah Ke-empat : Jangan gadaikan dulu emasnya. silahkan gadaikan emasnya. Bisa 3 atau 4 orang dengan perbandingan saham sesuai modal disetor. Kondisi keuangan perusahaan Anda saldo Rp.Sisa Rp. Ya caranya bisa patungan dengan teman Anda. Tahan dulu sebagai emas kunci Anda..000 atau sesuai kebutuhan pada saat menutupi kekurangan) Setelah terkumpul modalnya.000.-) Langkah Ketiga : Untuk membeli emas lempengan berikutnya tambahkan dengan sisa modal : Uang hasil gadai : Rp.Beli emas Rp. 500. seminggu sekali.000.000. maka pada saat uang tersebut terkumpul (masing-masing 100 ribu). 2. 372.Langkah Kedua : Gadaikan emasnya di Bank Syariah (Percayakan kepada salah satu orang saja). 1.000. 520...

Gak besar kok. Kemudian lanjutkan dengan langkah ke empat. Langkah-langkahnya dalam diagram flowchart sebagai berikut : Start Patungan modal awal Beli emas lempengan Hitung Sisa Modal Sisa bisa utk nambah emas? No Simpan sbg emas kunci Patungan utk nambah sisa modal Yes Gadaikan emas di Bank Syariah Terima uang gadai Tambahkan dengan sisa modal Untuk biaya jasa gadainya gimana? Ya dari patungan atau dari sisa kas patungan.banghaq. untuk 100 gram saja cuman 375 ribu perbulan. kalo di bagi 4 kecil kan? Nah untuk metode penebusan gadai. Pembagian keuntungannya bisa berdasarkan persentase modal disetor.www. sama saja sebagaimana yang sudah diuraikan di awal.. Yaitu gunakan emas kunci Anda sebagai pembuka investasi Anda.com 2010 Langkah Kelima : Lakukan sebagaimana pada langkah ke tiga. Begitulah berulang-ulang hingga terkumpul sejumlah lempengan emas 5 gram. Oke. gampang kan? Selamat patungan deh.. Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ 29 .

Tapi daripada tidak investasi. Nah untuk kategori ini. Semakin pendek masa angsuran.000 2 3 DP Angsuran Uang muka 30% 466. Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ . tapi saya bisa sisakan 500 ribu setiap bulan dari primary income saya.200 543.www.000 + 5% Setelah lunas. Persyaratannya mudah kok. Sebelumnya tanyakan dulu berapa uang muka dan angsuran yang harus dibayar untuk jangka waktu 3 bulan.554.900 Angsuran per bulan 543. Setelah lunas. Langkah Kedua : Angsur sisanya sampai lunas. 1 Kredit di Pegadaian Syariah 2 Cicil sampai lunas 3 BANK 4 Dapat DUIT Langkah Pertama : Datangi pegadaian syariah terdekat di kota Anda. Sebab hanya dibutuhkan uang muka 20%-30% saja. maka emas lempengan 5 gram bisa Anda ambil.900 30 Harga pasaran 1.480. rahasia ternak emasnya bisa membeli di pegadaian syariah. Ajukan permohonan beli emas dengan akad kredit. 6 bulan atau 1 tahun. Biasanya dikenakan bagi hasil kurang lebih 5% dari harga pasar. maka bagi hasilnya makin kecil. cuma photo copy KTP aja. baru mainkan polanya.com 2010 Kategori Ketiga :  Tidak mau patungan.banghaq. Atur dengan kemampuan keuangan Anda. Bulan LM Harga Akad 1 5 1. ya makin rugi dong. Kemudian cicil hingga lunas selama beberapa bulan. Ya memang dengan cara ini sedikit lebih mahal. Anggap saja dalam kasus ini Anda mengambil masa 3 bulan angsuran.

167. TRANSAKSI DI PEGADAIAN SYARIAH Bulan LM Harga Akad DP Angsuran 1 5 1. ketika Anda menggadaikan di Bank Syariah. 3. maka nilai taksiran logam mulia 24K mencapai 85% dari harga pasaran. Misalkan Anda menggadaikannya ke Bank Jabar Syariah. maka lakukan perputarannya sebagai berikut : KETERANGAN DIAGRAM 2 BELI LOGAM MULIA 3 BANK 31 1 Dapat DUIT 1. Tambahkan uang hasil gadai dengan modal tambahan dari primary income.500 Selanjutnya sebagaimana sudah dijelaskan di awal.167. 2. Tapi kali ini beli emasnya langsung aja ke TOKO EMAS.banghaq.554. namun hutang Anda di pegadaian syariah tetap sesuai akad awal.www.000 382.317.900 3 543.200 2 543. Jangan gadaikan dulu sebelum Anda memiliki uang tambahan untuk putaran berikutnya.554. Sebab pegadaian hanya sebagai langkah awal saja.900 TRANSAKSI DI TOKO EMAS Bulan LM Harga LM Modal 4 5 1.500 150. Belikan LM di toko emas. Setelah tersedia maka lakukan langkah ke 3.000 - 1. TRANSAKSI DI PEGADAIAN SYARIAH Bulan LM Harga Akad DP Angsuran 1 5 1.200 2 543. langsung kembali ke langkah pertama.000 466. Dalam kasus ini. ternyata harga emas sudah mengalami kenaikan (Sesuai dengan ilustrasi di awal atau pada contoh kategori pertama) Langkah Ke-empat : Pada bulan berikutnya (bulan ke-empat) tambahkan dari penyisihan penghasilan Anda untuk membeli emas lagi.500 150.900 3 543.000 - 1.500 TRANSAKSI DI BANK SYARIAH Taksiran Tabungan Jasa Terima Uang 1. Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ .500 Walaupun harga emas sudah naik pada saat pelunasan.com 2010 Langkah Ketiga : Gadaikan emas ke bank syariah pilihan Anda pada bulan terakhir pelunasan.550.000 466.900 TRANSAKSI DI BANK SYARIAH LM Taksiran Tabungan Jasa Terima Uang 5 1. Gadaikan di Bank Syariah.317.

selamat action yah. nomor telp. bagi yang belum punya. OK kita masuk dalam kategori selanjutnya. Carilah counter Credit Card. Kategori Ke-empat :     Bisa menyisihkan dari primary income-nya perbulan 500 ribu atau kurang. Dimana bikinnya? Hehe gak usah datengin Bank-nya. Yang penting selalu diingat adalah pastikan memiliki emas kunci untuk menebus emas lainnya yang tergadai. Nyok kita nonton ondel-ondel. Atur saja dengan baik deh. harap CC ini tidak dicampurkan dengan penggunaan lainnya. ada yang protes “Kelamaan kalo harus nunggu tiga bulan nyicil sampe lunas! Ada cara yang lebih cepat nggak?” Spontan saya bilang ADA dong pastinya! Namun. Anda memerlukan alat bantu berupa “CC” atau Credit Card. Biasanya mereka berada di dekat cashier. tidak semua orang memiliki “CC”. Supermarket.... PERINGATAN! Credit Card yang digunakan KHUSUS untuk ternak emas. langsung bikin.. anggap saja Anda adalah sutradara film gitu. tempat kerja. Kalo gak punya. Untuk trik Rahasia Ternak Emas pada kategori ini.. Cuapek nih ngetiknya). nomor telp. smoga sukses! Bagi yang sudah punya. Dan harus selalu zero billing (NOL Tagihan). Tujuan kita bukan untuk menipu mereka. Ok.banghaq. atau Hypermarket. Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ 32 . Justru mereka juga dapat keuntungan.. biar gak tegang boss. mudah.www. nah mintalah aplikasinya dan isi..com 2010 Untuk penebusan langkah yang digunakan adalah sama sebagaimana pada contoh di kategori pertama. saudara yang bisa di hubungi. melainkan hanya memanfaatkan JASA PEMBIAYAAN dan pastinya kita bayar kok. bisa langsung take action. Karena itulah saya bahas ternak emas via pegadaian sebagai modal di awal. Kami tidak bertanggung jawab jika terjadi kesulitan pembayaran yang diakibatkan penggunaan kebutuhan lainnya. Kunci dalam pembuatan CC ini adalah penghasilan Anda. misalnya dicampur dengan kebiasaan shopping atau lainnya. Nggak mau nyicil-nyicil Langsung dapetin emas ketika beli Murah. Saat ini Bank yang nawarin CC sangat banyak dan mudah kok.nyook!. Datang aja di Mall. Ketika saya mengadakan seminar. (Refresh.

500. Jadikan CC sebagai alat pencetak emas Anda! Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ 33 ..258.Kemudian belikan emas. Misalnya. Artinya credit card siap digunakan kembali ketika Anda memiliki uang tambahan dari primary income yang disisihkan.000 Langkah 5 Sisa - Pastikan selalu.108. bahwa Credit Card selalu dalam keadaan Zero Billing (sebelum dipakai dan sesudah dipakai harus selalu NOL Tagihan).500.com 2010 Langkah Pertama : Pastikan Anda telah memiliki uang 500 ribu. 1. 1..000.108. Langkah Ketiga : Datangi Bank Syariah. Anda menerima uang bersih Rp. jangan diambil untuk lainnya. Asumsi harga Rp. 1. 392. Langkah Kedua : Gunakan kartu kredit untuk membeli emas lempengan 5 gram. Dalam hal ini Anda tarik dari ATM Rp. Kalo gak ada toko mas yang mau terima kartu kredit.000 Langkah 4 Modal 392. sesuai pada ilustrasi ternak emas di awal (kategori pertama) pada bulan berikutnya Anda sudah bisa ngumpulin 500 ribu saja.000.Langkah Ke-empat : Tambahkan hasil gadai emas dengan uang modal Anda : Hasil gadai Rp.000.000 1.000.www. keadaan keuangan Anda sebagai berikut : Langkah 1 Bulan Langkah 2 Langkah 3 1 Transaksi Credit Card Transaksi Emas Transaksi di Bank Syariah Transaksi Nominal LM Nominal Taksiran Tabungan Jasa Terima Gesek 1. INGAT.000.480. Caranya bisa cari toko emas yang menerima kartu kredit (Biasanya dikenakan tambahan 3%).000 150.Modal Rp. gadaikan! Dengan asumsi di Bank Jabar Syariah. Sebagaimana pada contoh kategori pertama di awal.000 5 1.banghaq. 1. maka cairkan dulu kartu kredit Anda di ATM untuk ambil tunai.108. dari sisa ATM 20 ribu) JUMLAH Rp.000 per 5 gram.1.(Modal Anda 372 ribu.500.108.480. 1.000 Uang gadai 1. maka credit card sudah bisa pake lagi.Langkah Kelima : LUNASI Credit Card! Jangan nunggu ada tagihan. Hingga langkah ke lima ini. Lakukan langkah pertama sampai kelima berulang-ulang.000 . Anda mendapatkan 85% dipotong biaya dan tabungan awal.

www. Gadaikan Emas! Hasil gadai + Modal = Cukup untuk melunasi CC LUNASI CREDIT CARD DAN SIAP DIPAKAI LAGI! Dalam diagram flowchart ini. Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ . Semua emasnya ada di Bank Syariah.banghaq..com 2010 Diagram Flowchart kategori ke empat : Start Punya CC? NO Bikin Credit Card YES Saldo tagihan NOL? YES NO Kumpulin dulu sampai pas! NO Modal sudah 500 rb? YES Gesek kartu atau ambil tunai di ATM. silahkan jual. Uang hasil jual emas untuk nebus emas lainnya di bank syariah. Nah untuk menebus emasnya gimana? 34 Yup. Mari kita lihat ilustrasinya. gesek credit card Anda untuk mengambil tunai di ATM. kemudian tebus emas! Setelah emas didapat. emas kunci tidak Anda miliki. Hingga akhirnya semua emas bisa diambil dan keuntungannya bisa nutupin credit card Anda. Belikan Emas! Datangi Bank Syariah.

500 1.285.000 1.000 1.243.000 4 5 1.000 per bulan.750 15.000 1.750 1.250 461.000 1.258.660.000 1.www. maka jumlah emas yang terkumpul 60 gram atau 12 lempengan emas 5 gram.338.775.000 1. Anggap saja biaya pakan ternak Anda.480.408.250 251.750 1.000 1.076.800.000 1.000 Aktivitas di Bank Syariah Taksiran Tabungan Jasa Terima Uang 1.800.550.750 1.000 1.250 244.500 308.750 1.500 1.750 16.800. Bayangkan harga emas tahun depan.000 237.710.755.500 1. bahkan lebih mahal lagi.000 (seperti yang terjadi di akhir bulan Desember 2009) misalnya Anda hendak panen.500 461.231.000 Modal 3.000 Laba Bersih 1. Gesek CC 1.000 1.491.108.000 1.800.000 1.258.411. bisa saja mencapai 2 juta per 5 gram.480.338.250 3.500 251.000 1.000 + + + + + + + + + + + + + Jika Anda berhenti dulu sampai tahap ini.000 2 5 1.000 5 5 1.231.000 1.800.423.491.250 376.000 482.800.750 1.000 Selisih 5.453.000 1.000 1. Biarkan emas Anda di ternakkan di bank syariah hingga masa panen tiba.317.750 1.000 7 5 1.000 Dalam perhitungan ini bebas biaya jasa simpanan.000 JUMLAH 60 19.000 9 5 1.750 15.000 11 5 1.500 15.000 1.300.800.000 12 5 1. 3.800.750 1.423.750 1.000 8 5 1.250 271.500 264.000 3 5 1.800.334.250 291.250 346.476.800. 1.banghaq.675. 1.575.750 1.000 = Rp. karena Anda punya tabungan.258.500 278.750 1.000 266.845.258.15.317.800. Nah ketika harga emas lempengan 5 gram mencapai Rp.438.000 Cukup untuk melunasi CC. 180. Mengapa tidak? Analisa para pakar ekonomi dunia sudah memprediksi bakal terjadi.338.000 1.000 15.000 1.500 15.000 Pelunasan CC Modal Tagihan 372.000 1.000 .000 10 5 1.575.250 1.800.000 1.000 1. .000 1.300.423.500 15.000 376.440.000 6. nilainya 60 gram x Rp.209. Langsung LUNAS!!! Sekali saja!! 35 Bayar CC 1.500 1.000 1.408. sejumlah Rp.258.000 1.com 2010 Asumsi bahwa langkah ini sudah dilakukan selama satu tahun : Aktivitas CC Bulan LM Gesek CC 1 5 1.000 150.800.000 JUMLAH Selisih 542.750 15.000 1.250 281. Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ Ilustrasi ini sesuai harga emas pada saat itu.675.453.250 499.508.338.800.411.000 6 5 1. maka gesek credit card Anda sejumlah hutang pertama Anda ketika gadai emas (pada bulan 1.323.000).750 15.750 15.258.000 247.508.302. Tugas Anda hanya membayar jasa simpanannya saja setiap bulan.530.396.323.250 266.000 Tebus Emas 1.423.000 1.500 389.493.258.750 15.500 1.500 1.000 1.000 1.750 Jual Emas 1.

000 2. Bank Jabar Syariah menilai emas berdasarkan harga pasaran yang berlaku).000.465.900.000 12.900.900. yaitu nilai taksiran mencapai 85%.500.000  Sisa uang di tangan Anda Rp. Dengan asumsi Anda menggadaikan di Bank Jabar Syariah.465.465.000 Taksiran 2. Soalnya kalo ditabungin bakal merosot nilainya nih! Penyisihan dari primary income saya perbulan kurang dari 1 juta. 14..000 10 2.000 2.000 1 10 2.000 Langkah Kedua : Gadaikan semua emas lempengan Anda. (Pengalaman penulis.900. Oke Bro. 11.000 2.900.325. Langkah Pertama : Semua uang yang Anda miliki belikan emas lempengan 10 gram @ Rp.000 = Rp.000 Langkah Ketiga : Uang hasil gadai digunakan untuk membeli emas lempengan terdiri dari :  4 lempengan emas @10 gram x Rp.000 10 2.000 2. 725.000 12. Hehehe.465.000 2.000 2.900.www.900.900.465.000 (dari 12. mereka sangat senang Anda bisa melakukan dalam satu hari lebih dari lima kali juga.000 2.000 10 2.000 2.kita mainkan.465.000 2. 2.000 2.000 2.000 2. Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ . mau saya rubah menjadi emas dengan cara ternak emas. 2.600.(semakin besar ukuran emas semakin murah) sebanyak 5 lempeng.900.900.465.000) 36 Langkah Ke-empat : Gadaikan lagi semua emas lempengan yang Anda beli.325000 2.465.000 2.000 2.banghaq.000 2.900.000 2.com 2010 Kategori Ke Lima :   Saya punya uang simpanan 15 juta.325.900.900.465.900.600.900. Tidak usah khawatir bakal ditolak oleh Bank Syariah.000 Transaksi Gadai Emas di Bank Syariah Tabungan Jasa Terima Uang JUMLAH 2.465. Transaksi Beli LM Transaksi LM Harga 10 2.000 – 11.900.

258.000 2.860.465.000 1.900.000 1.000 10 2.900.000 2.900.000 2.000 12.000 10 2.900.000 10 2.000 10 2.000 2.000 9.000 2.465.465.465.465.465.000 2.000 2.com 2010 Keadaan ternak emas Anda pada langkah ke-empat adalah sebagai berikut : Transaksi Beli LM Transaksi LM Harga 10 2.000 Sisa uang 405. 725.000 10 2.000 10 2.900.000 10 2.000 2.000 Transaksi Gadai Emas di Bank Syariah Tabungan Jasa Terima Uang JUMLAH 2.465.000 12.000 2.465.900.585.000 2.480.900.000 2.465.000 2.  Sisa uang pada langkah ke tiga Rp.465. Sehingga keadaan ternak emas Anda sebegai berikut : Transaksi Beli LM Transaksi LM Harga 10 2.000 2.000 Transaksi Gadai Emas di Bank Syariah Tabungan Jasa Terima Uang JUMLAH 2.465.000 Taksiran 2.900.banghaq.000 2.465.465.o Jumlah Uang Rp.900.000 2.465.465.000 2.000 10 2.900.000 2.900.000 2.900.465.465.000 2.900.465.000 37 Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ .000 Langkah ke enam : Ya gadaikan lagi 3 lempeng emas 10 gram.000 2.000 2.000 Langkah ke lima : Sama sebagaimana langkah sebelumnya.465.860.000 2.000 1 10 2. uang hasil gadai emas tersebut kembali dibelikan emas 3 lempengan 10 gram.000 2.465.465.000 3 10 2. dan 1 lempengan yang 5 gram.000 10 2.000 10 2.900.325.465.000 2.465.000 2 10 2.465.900.465.900.000 2.www.000 10 2.000 2 10 2.900.900.325.465.000 10 2.465.000 2.000 2.000 Taksiran 2. 9.000.000 2.258.860.000 2.000 8.465.000 9.000 2.000.000 10 2.465.000 5 1.465.000 1.000 2.465.900.900.465.000 2.465.465.465.900.000 2.465.000 2.900. Uang hasil gadai pada langkah ke-empat Rp.000 2. 10.000.585.000 2.900.465.000 10 2.10.900.000 2.000 2.480.000 1 10 2.465.000 2. dan 1 lempeng emas 5 gram ke Bank Syariah.465.000 2.653.465.465.465.000 2.

480. biar ngirit ngetiknya!) Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ . 473.900.000 2.058.900.com 2010 Langkah ke tujuh : Uang hasil gadai tambahkan dengan sisa uang pada langkah ke lima (Rp.465.900.000.000 2.900.465.860.900.000 Sisa uang Rp.465.000 10 2.Kemudian ya belikan emas lagi dong! Dapat 2 lempeng emas 10 gram.000 Taksiran 2.000 2. 358.465.000 2.000 2.900.900.000 10 2.000 10 2.000 2.000 2 10 2.900. Tenang aja pihak Bank malah senang kok! Toko emas juga seneng kan? Yaudah Anda juga seneng aja deh.465..000.000 2.000 38 Langkah ke sepuluh : Gadaikan lagi! Jangan capek aja bolak-baliknya ya mas hehehe.000 Langkah ke sembilan : Tambahkan uang hasil gadai emas dengan sisa dari langkah ke tujuh (358 ribu) sehingga total uang Anda Rp.000 12. gadaikan lagi..000 2.000 10 2.000 2.465. 405.900.000 2.000 2.465.465. Posisi ternak emas Anda pada langkah ke sepuluh.465.000 2. dan 1 lempeng emas 5 gram.000 10 2.465.000 2.000 2.000 5 1.000 1.465.900.465.000 2.465.000 9.465.banghaq..000 2.900.480.www.9.000 4 10 2.900.000 3 10 2.000 1.465.465.325.000 2.753. 7.465.000 2.258. Keadaan ternak emas Anda seperti ini : Transaksi Beli LM Transaksi LM Harga 10 2.000 2.465.465.000 2.900.258.000 10 2.900.000 2.000) sehingga total Rp.000 2.000 10 2.753.900.465.000 2.900.465.000 2.465.000 Transaksi Gadai Emas di Bank Syariah Tabungan Jasa Terima Uang JUMLAH 2.000 8.000 Langkah ke delapan : Tepat. 9.000 2.000 2.465.000 2.000 2.465.000 1.465.465.465.653. 7.000 7.465.465.000 10 2.000 2.000 Sisa uang Rp.900.000 2.000 1 10 2.900.000 2.000 2.058.000 2.000 10 2.000 10 2. (sekalian juga posisi gadai emas pada langkah ke dua belas yah.465.900.395.900.

791. 5.000 2.900.000.900. sementara yang 20 gram ada di tangan Anda). 6.188.465.000 1.900.661.465.000 6.900.465.000 10 2.465.465.258.000 10 2.900.000 5 1.900.000 2.000 5 10 2.000 2.000 49.000 2. Total emas yang Anda miliki 220 gram (200 gram di Bank Syariah.000 2.465.465.www.000 Transaksi Gadai Emas di Bank Syariah Taksiran Tabungan Jasa Terima Uang JUMLAH 2.465.000 sehingga total uang Anda Rp. 6.Kemudian belikan 2 lempengan emas 10 gram (hehe nambahin 9.465.000 10 2.000 2.000 2.000 2.465.258.465.465.000 2.000 2. Belikan 2 lempengan emas yang 10 gram.000 7 10 2.930.465.000 2.480.900.000 2. maka dapat uang gadai Rp.465.465.000 10 2.465.000 2.900. masih sisa Rp.000 1.000 Induk Emas Anda.banghaq.000 5 1.000 3 10 2.000 2.000 10 2.000 10 2.000 10 2.900.465.000 2.465.000 1.000 2.900.000 2.465.000 8.000 9.000 2.000 2.465.465.000 7.900.465. Namun kali ini JANGAN DIGADAIKAN! Jadikan emas yang terakhir ini sebagai induk emas Anda.900.900.465.000 2.000 10 2.000 2.465.000 2.000 10 2.465.000 2.000) Sehingga total uang Anda Rp.000 2.900.000 2.465.000 2.000 Sisa Uang 861.000 12. Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ 39 .000 2.000 2.465.000 2.930.900.465.465.465.900.000 10 2.465. Jangan digadaikan! Langkah ke sebelas-an : Tambahkan lagi sisa uang pada langkah ke sembilan (473 ribu) dengan uang hasil gadai pada lengkah ke sepuluh (Rp.188.000 10 2.653.900. 861.900.465.465.000 2.258.000. 4.258.465.465. 861.900.000 10 2.000 2.000 6 10 2.000 2 10 2.000 2.000 1.860.000 2.465.-.325.com 2010 Transaksi Beli LM Transaksi LM Harga 10 2.000 10 2.351.465.900.465.000 1 10 2.000 2.000 aja).395.000 4 10 2.000 Langkah ke dua belas : Kemudian gadaikan lagi aja.000 2.000.000 ditambah Rp.000 2. 6.000 2.000 2.900.900.000 4.900.000 2.661.480.

YM atau via email di website. setiap kategori sudah saya bahas.000.mari kita hitung!  Biaya jasa simpanan (6 bulan – Juli s/d Desember) Rp. sehingga diperoleh hitungan sebagai berikut :  Penjualan emas lempengan 10 gram 21 x Rp.000  JUMLAH Rp. ya misalnya bagaimana ternak property atau ternak mobil.banghaq. itung-itung gaji biaya gembala ternak dan pembelian vitamin.600. Ya.000 o Keuntungan Kotor Rp.799. bisa tanyakan via facebook. hehehe untung kan! Ada apa nggak Bank yang berani bayar tabungan kita sebesar 18. Ketika akhir bulan Desember 2009 (data harga sebenarnya). 3.000 = Rp. JUMLAH Rp.. 1. Hitung yuk Untung atau Rugi? Oke anggap saja langkah 1 sampai dengan 12 dilakukan selama satu hari di bulan Juli 2009.000 selama 6 bulan dapet pembagian laba sampe 10. Sukses selalu.351.com 2010 Nah terus gimana dengan biaya jasa simpanannya? Nah. Maka biaya simpanan pada bulan Juli sudah dibebankan. 18.setiap bulan. Modal perputaran emas gadai Rp.www.109. 3. 3..000. 78. untuk kasus ini Anda sisihkan dari primari income sebesar 200 gram x Rp.109. Sering-sering kunjungi deh ya website-nya. kali aja ada teknik rahasia lainnya yang lebih dahsyat. 49. 3.690.600. 10.000.Untuk penebusan.Tetap semangat.509. Carilah kategori yang pas dan cocok untuk Anda. 18. 600..000  Penjualan emas lempengan 5 gram 2 x Rp.000 = Rp..150.000 Tuh kan apa gue bilang. Kalo ada yang kurang faham..550. 28.800. 14.550.000 o Keuntungan Bersih Rp. sedikit beda gak jadi masalah.109.000 = Rp. harga emas batangan 10 gram mencapai Rp.000 o Penebusan hutang gadai di Bank Syariah Rp..000..000. gapai masa depan! 40 Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ . Kalo gak ada? Ya. 3. Hehehe tunggu aja deh ya.000? Ok kawan.690. lakukan pola “JUAL-TEBUS” sebagaimana sudah di bahas di awal.000 o Modal dan Jasa Simpanan Rp. 74.550.pas-pas in aja.

analisa para pakar ekonomi.www. Penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian apapun yang ditimbulkan akibat investasi yang dilakukan pembaca baik secara langsung maupun tidak langsung. analisa dari pasar modal.com 2010 Disclaimer Walaupun keseluruhan tulisan ini adalah hasil pengalaman penulis. 41 Rahasia Berternak Emas | By : Bang HAQ .banghaq. dan kajian internasional tentang perubahan mata uang kertas. Semua menjadi tanggung jawab pembaca sendiri. Namun pembaca wajib melakukan kajian dan analisa dari sumber-sumber yang memang dipercaya sebelum mengambil keputusan untuk melakukan investasi emas. logam mulia atau dinar dan dirham.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->