P. 1
Ilmu Sosial Dan Budaya

Ilmu Sosial Dan Budaya

|Views: 626|Likes:
Published by Octa Yusak Puraja

More info:

Published by: Octa Yusak Puraja on Apr 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/19/2012

pdf

text

original

ILMU SOSIAL DAN BUDAYA

Hakikat Budaya Budaya bukan : Sesuatu yg dibawa manusia sejak lahir (pemberian Tuhan) Sesuatu yg tidak dapat diubah Sesuatu yg tidak dapat dipilih

Contoh budaya : Berpamitan sebelum berpergian Bahasa sopan Antri

Pengertian Budaya : Budaya adalah bentuk jamak dari kata budi dan daya yang berarti cipta, karya, dan rasa. Budaya berkembang dari yg sederhana menuju kompleks Budaya adalah hasil penciptaan manusia yg : - disepakati - ditularkan

Wujud Kebudayaan : Menurut Koentjaraningrat : Normatif / abstrak : tatanan pikiran manusia Konkret (terbatas) : tindakan dan kegiatan manusia yg dapat diamati Paling konkret / fisik : benda yg merupakan hasil karya manusia Contoh : batik

Unsur Kebudayaan : Sistem religi (kepercayaan) Sistem organisasi Sistem pengetahuan Sistem kesenian Sistem mata pencaharian hidup Sistem teknologi dan perhotelan (membajak kerbau traktor)

Sifat sifat budaya : Budaya terwujud dan tersalurkan dari perilaku manusia Budaya telah ada terlebih dahulu daripada lahirnya suatu generasi tertentu dan tidak akan mati dengan habisnya usia generasi yg bersangkutan Budaya diperlakukan oleh manusia dan diwujudkan dalam tingkah lakunya Budaya mencakup aturan aturan yang berisikan kewajiban kewajiban, tindakan tindakan yg diterima dan ditolak, tindakan tindakan yang dilarang, dan tindakan tindakan yg diizinkan.

menentukan nya sikapnya jika berhubungan dengan orang lain Problematika kebudayaan : Hambatan budaya yg berkaitan dengan pandangan hidup dan sistem kepercayaan Hambatan budaya yg berkaitan dengan perbedaan persepsi atau sudut pandang Hambatan budaya yg berkaitan dengan faktor psikologi atau kejiwaan Masyarakat yg terasing dan kurang komunikasi dengan masyarakat luar Sikap tradisionalisme yg berprasangka buruk terhadap hal hal baru Sikap etnosentrisme (mengagung-agungkan budaya sendiri dan menjelekkan budaya orang lain) Perkembangan IPTEK sebagai hasil dari kebudayaan seringkali disalahgunakan oleh manusia Proses perubahan budaya : Akulturasi (budaya diterima oleh masyarakat tanpa menghilangkan budaya tsb contoh : barongsai ) Asimilasi (menggabungkan beberapa budaya menjadi 1 budaya baru) contoh : bentuk bangunan .Kebudayaan memiliki peran : Suatu hubungan pedoman antar manusia atau kelompok Wadah untuk menyalurkan perasaan perasaan dan kemampuan kemampuan lain Sebagai pembimbing kehidupan dan penghidupan manusia Pembeda manusia dan binatang Petunjuk petunjuk tentang bagaimana manusia harus bertindak dan berperilaku dalam pergaulan Pengaturan agar manusia dapat mengerti bagaimana seharus bertindak. berbuat.

termasuk di dalamnya nilai. modernisasi adalah proses penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam semua segi kehidupan manusia dengan tingkat yg berbeda-beda tetapi tujuan utamanya untuk mencari taraf hidup yg . Peradaban (masyarakat kompleks) Peradaban mencerminkan kompleksitas masyarakat yang semakin bertambah Sebab : meningkatnya standar kehidupan masyarakat Kaitan kebudayaan & peradaban Peradaban : perbaikan hidup dan menggunakan alam untuk memenuhi keb utuhan manusia Kebudayaan : menekankan pada manusia batiniah. berhati mulia dan berbudi luhur Pembentukan kebudayaan Ada 3 tingkatan : Masyarakat nomadic Mengembara hidup berpindah dan semi menetap Masyarakat agrikultur Bercocok tanam.Manusia dan Peradaban Hakikat Peradaban Peradaban adalah suatu istilah yg digunakan untuk menyebutkan bagian -bagian atau unsur kebudayaan yang dianggap indah dan maju. Adapula yg telah membuat peraturan dan struktur kepemimpinan sederhana Perubahan Sosial Peradaban tidak dapat terlepas dari perubahan Peradaban --> berkembang dan berubah seiring perubahan masyarakat Perubahan peradaban adalah bersifat normal Setiap perubahan yg terjadi dalam struktur masyarakat atau perubahan dalam organisasi sosal Perubahan yg terjadi pada lembaga kemsyarakatan di dlm suatu masyara yg mempengaruhi kat sistem sosial. dan pola perilaku diantara kelompok dalam masyarakat Penyebab perubahan sosial Faktor Intern Bertambahnya dan berkurangnya penduduk Adanya penemuan penemuan baru Konflik dalam masyarakat Faktor Ekstern Faktor alam Modernisasi Schorrl. Tinggal di perkotaan dan mendapatkan makanan dari hasil pertanian Masyarakat kesukuan Berkebun. sikap. diselingi berburu dan memancing.

dance. dalam bahasa yg paling sederhana Westernisasi Westernisasi mengacu pada perubahan yg mengarah pada kebudayaan barat (cth : pakaian.lebih baik dan nyaman dalam arti yg seluas-luasnya. diferensiasi. sepanjang masih dapat diterima oleh masyarakat yg bersangkutan. model rambut) Artinya : sekedar mengikuti peradaban barat tanpa ada penyesuaian dengan kebudayaan setempat . dan akulturasi Modernisasi banyak memberikan kemudahan bagi manusia Modernisasi VS Tradisi Modernisasi tidak menuntut ditinggalkannya tradisi Modernisasi tidak hendak menjadikan semua masyarakat menjadi serupa Modernisasi dapat berjalan seiring dengan tradisi Contoh : Masyarakat jepang Globalisasi Peradaban dapat mengacu pada kehidupan masyarakat secara keseluruhan Istilah ini dapat dipakai untuk menunjuk pada peradapan global. Contoh : Mall Ciri-ciri modernisasi Kebutuhan materi dan ajang persaingan kebutuhan manusia Pertumbuhan ekonomi meningkat Transformasi kepribadian individu menjadi manusia yg dapat memenuhi tuntutan era modern Kemajuan teknologi dan industrilisasi. individualisasi. sekularisasi (atheis / tidak mengenal Tuhan).

Manusia sebagai individu Dua hal yg membuat individu unik : Faktor genotipe Bersifat genetik -> diperoleh karena keturunan Faktor fenotipe Pengaruh lingkungan Didapatkan melalui proses belajar Manusia makhluk sosial Manusia tidak bisa hidup sendiri. ada kebutuhan : Pengaruh orang lain Berinteraksi dan berkelompok Pembentukan identitas individu tidak bisa lepas dari orang lain - Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial karena : Manusia tunduk pada aturan. kasih sayang. norma sosial Perilaku manusia mengharapkan suatu penilaian dari orang lain Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah manusia Sosialisasi Merupakan proses pemberian / transfer informasi ke individu Merupakan proses belajar (adaptasi) Sosialisasi pertama : keluarga -> selanjutnya : kelompok dalam masyarakat Sosialisasi di keluarga Keluarga Inti (nuclear family) Kekerabatan (extended family) Fungsi keluarga Reproduksi. sosialisasi. perlindungan Tanggung jawab keluarga Memberi sosialisasi & kontrol - Norma : Norma agama Norma hukum Norma kesusilaan Norma sosial Norma kebiasaan Kontrol sosial .Individu dan Manusia Individu Adalah manusia yg memiliki kesatuan yg terbatas yaitu sebagai manusia perseorangan atau orang seorang yang memiliki keunikan.

memperbaiki Stratifikasi masyarakat Stratifikasi (pelapisan) sosial : Konsep : membandingkan kemampuan anggota masyarakat satu dengan yg lainnya Dasar pelapisan : beraneka ragam Segala sesuatu yg dihargai oleh masyarakat Dimensi kekayaan Dimensi kekuasaan Dimensi prestise Konsekuensi Stratifikasi Berpengaruh pada : Gaya hidup Akses dan peluang Kebahagiaan individu dalam keluarga Perilaku politik Respon terhadap perubahan Status dan peran Merupakan unsur unsur pelapisan dalam masyarakat Status : menunjukkan posisi seseorang dalam masyarakat Peran : merupakan aspek dinamis dari status Konflik sosial Terjadi bila : Ada ketidaksesuaian peran dan status Sosialisasi dan kontrol sosial tidak berjalan Ada kelompok sosial yg bersitegang Ketimpangan / kesenjangan dalam masyarakat .- Adalah proses dan sarana yg ditempuh untuk membatasi kemungkinan terjadinya pelanggaran dan penyimpangan Merupakan : Sarana pemaksaan -> berupa sanksi Usaha preventif -> diancam sebelum melanggar Usaha represif -> upaya pengembalian ke keadaan semula Interaksi sosial Hubungan antara 2 individu yg saling mempengaruhi (cth : perkawinan). mengubah.

3.ketentuan) mengenai peristiwa tertentu Keputusan / vonis (pertimbangan) yg ditetapkan oleh hakim (dalam pengadilan) Keadilan : sifat dan perbuatan yg adil Manusia dan moralitas Masyarakat membutuhkan nilai yg mengatur interaksi mereka Permasalahan nilai menjadi rumit ketika menyangkut selera Nilai pada masyarakat beragam. bahkan tidak sama dengan yg lainnya Nilai moral/ etika seseorang dibentuk. dipengaruhi oleh sekelilingnya. Nilai kenikmatan (berkaitan dengan indra manusia) Nilai kehidupan (kebutuhan akan psikologi seperti kepintaran) Nilai kejiawaan Nilai kerohanian Klasifikasi nilai menurut Nicholas Rescher Pengakuan yaitu pengakuan subjek tentang nilai yg harus dimiliki seseorang atau suatu kelompok Objek yg dipermasalahkan yaitu cara mengevaluasi suatu objek dengan berpedoman pada sifat tertentu objek yg dinilai Keuntungan yg diperoleh yaitu menurut keinginan. 4. Akan tetapi ada nilai nilai moral yg bersifat universal Nilai moral Objektif Memandang nilai itu ada meskipun tanpa ada yg menilainya. dan Keadilan Moralitas : sopan santun. bah kan memandang nilai telah ada sebelum adanya manusia sebagai penilai (cth : percaya pada Tuhan meskipun tidak melihat) Subjektif Nilai sangat tergantung pada subjek yg menilainya. yaitu hirarki urutan pentingnya - Hirarki Menurut Max Scheller hirarki terdiri dari : 1. segala sesuatu yg berhubungan dengan etika atau adat sopan santun Hukum : Peraturan / adat yg mengikat secara resmi Patokan (kaidah. kebutuhan. kepentingan atau minat seseorang yg diwujudkan dalam kenyataan Tujuan yg akan dicapai yaitu berdasarkan tipe tujuan tertentu sebagai reaksi keadaan yg dinilai .Moralitas. 2. Hukum. Jadi nilai memang tidak akan ada dan tidak akan hadir tanpa hadirnya penilai Nilai memiliki polaritas dan hirarki yaitu : Nilai menampilkan diri dalam aspek positif dan aspek negatif yg sesuai (polaritas) seperti baik dan buruk Nilai tersusun secara hirarkis.

moral menyangkut sikap batin Sanksinya Hukum didasarkan atas kehendak masyarakat. tidak terlepas dari nilai yg berlaku dalam masyarakat itu sendiri Moralitas dan Hukum Moralitas dan hukum berkaitan erat tapi berbeda Moralitas Hukum Dibukukan secara sistematis dalam UU Bersifat lebih obyektif (semua aturan sama di dalam kalangan semua masyarakat) Sanksi : ekonomi dan fisik Tidak dibukukan Bersifat lebih subyektif Sanksi : hati nurani tidak tenang (psikis) Perbedaan hukum dan moral Menurut K.Hubungan antara pengemban nilai dengan keuntungan : Nilai dengan orientasi pada diri sendiri Nilai dengan orientasi pada orang lain (orientasi kelompok) Manusia dan Hukum Contoh : adanya rambu lalu lintas. 2. 3. 4. moral didasarkan hukum moral BAHAN UAS . Hukum lebih dikodifikasikan daripada moralitas Hukum mebatasi diri pada tingkah laku lahiriah. aturan dilarang merokok Manusia = makhluk sosial (selalu berinteraksi dengan sesamanya) Untuk menciptakan keteraturan di tengah keragaman (butuh aturan) Tujuan diciptakan hukum : Ada kepastian dan ketertiban masyarakat Keadilan terwujud Hukum sebagai kaidah sosial. Bertens 1.

jenis. pekerjaan. semangat humanisme Potensi konflik Keberagaman mampu mendatangkan konflik Bukti : konflik yg terjadi di Indonesia seperti Poso. terutama suku bangsa dan ras. partai politik - Dampak keragaman Sifat keragaman : netral Artinya : keberagaman bukanlahsuatu masalah tetapi juga bukan suatu keuntungan tetapi keberagaman dapat menciptakan suatu masalah atau keuntungan Untuk mengatasi dampak keragaman : Semangat nasionalisme. dan Madura 2 hal yg menyebabkan terciptanya potensi konflik : Merasa lebih baik dari yg lain Memberi image tertentu kepada anggota kelompok sosial lain Perlakuan diskriminatif : Perlakuan lebih baik atau lebih buruk karena alasan kelompok . Dayak. serta situasi ekonomi Unsur-unsur keragaman dalam masyarakat Indonesia Suku bangsa dan ras Agama dan keyakinan Ideologi dan politik Tata krama Kesenjangan ekonomi Kesenjangan sosial Hakikat keragaman Dua karifikasi keragaman Stratifikasi sosial Perbedaan perbedaan yg tidak satu level (berjenjang / bertingkat) Cth : pendidikan. agama dan keyakinan. berjenis-jenis Keragaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat di mana terdapat perbedaan -perbedaan dalam berbagai bidang.KERAGAMAN Makna keragaman Menurut KBBI artinya : tingkah laku. adat istiadat. ekonomi Diferensiasi sosial Perbedaan-perbedaan dalam satu level Yaitu : ragam etnis. ideologi. warna. Sehingga keragaman berarti perihal beragam ragam. macam. adat kesopanan. semangat pluralisme. corak. agama. bahasa.

yg dianggap paling sesuai dengan neg Indonesia ara Memilih identitas adalah mutlak hak setiap individu dan kelompok Nasionaitas seseorang dapat berjalan seiring dengan berkembangnya identitas masing-masing Artinya : keanekaragaman tetap ada sebagai potensi kekayaan bangsa dan landasan pertama pemahaman kita Kunci : Bhineka Tunggal Ika Makna Kesederajatan berkaitan dgn gender -> cth:undang-undang KDRT Menurut KBBI kesederajatan = sama tingakatan(pangkat. yg membuat manusia merasa tidak lagi sederajat dgn sesama Perbedaan harusnya membuat kita menyadari bahwa setiapindividu dan kelompok itu unik dan tidak tergantikan Artinya.kedudukan) Kesederajatan ialah suatu kondisi di mana dalam perbedaan dan keragaman yg ada ma nusia tetap memiliki satu kedudukan yg sama dan satu tingkatan hirarki Pada dasarnya manusia diciptakan sederajat. baik diferensiasi maupun stratifikasi. kesederajatan dalam keberagaman adalah bersifat wajar(nature) dari manusia itu sendiri .- Pembatasan hak-hak sipil Menunjukkan kebencian (tindakan pelecehan) Melakukan penyerangan fisik Potensi kekayaan Keberagaman akan menjadi potensi kekayaan jika kita semua bekerja sama untuk mewujudkannya Tiga cara : Menyadari keberagaman = hak asasi manusia yg tetap harus dihargai bagaimanapun bentuknya Menghilangkan perasaan superior Dengan semangat multikultural Multikulturalisme Multikultural berarti menyadari bahwa setiap individu atau kelompok punya keunikannya masing -masing Keberagaman yg ada ini tidak dipaksa melebur menjadi satu Ada jaminan bagi terlaksananya prinsip freedom of expression Multikulturalisme juga akan memungkinkan terwujudnya suatu integrasi yg wajar (tidak dipaksa atau terpaksa) di tingkat yg lebih tinggi Syarat : Kesadaran akan keberagaman (akibatnya ada perbedaan) Kesediaan untuk menghormati perbedaan Identitas vs Nasionalitas Tidak ada kaitan yg signifikan antara mempertahankan identitas dengan nasionalitas seseorang Nasionalisme tidak lagi didefinisikan sebagai kemauan meninggalkan identitas kelompok masing masing dan meleburkan diri pada identitas lain. akan tetapi ada beragam perbedaan.

mengurus anak) Patrilineal (dominasi laki-laki) Perbedaan gender diperkuat dengan garis keturunan yg patrilineal. dan perlakuan thd laki-laki dan perempuan Seks dan gender Konsep gender bukanlah seperti ciri-ciri fisik yg melekat selamanya pada laki-laki atau perempuan dan tidak dapat dipertukarkan Gender dibentuk oleh manusia melalui faktor-faktor sosial maupun budaya -> lambat laun seolaholah menjadi ketentuan Tuhan atau kodrat yg tidak dapat diubah lagi Cth : laki-laki melakukan tugas perempuan (memasak. keagamaan. Subordinasi secara sederhana berarti posisi(power) berada dibawah orang lain 2. stereotipe adalah pelabelan terhadap suatu kelompok tertentu Ada banyak stereotip yg dilekatkan kepada perempuan yg merugikan mereka Gender dan kekerasan Kekerasan tidak hanya berarti serangan atau pelukaan secara fisik. penguatan. bahkan dapat juga melalui kekuasaan negara Gender dan marginalisasi perempuan 1. tetapi perempuan dianggap emosional dan tidak rasional - Gender dan stereotipe Secara umum. yaitu garis ayah Sebagian besar etnis di Indonesia -> patrilineal Cth : keturunan diberi nama akhir (marga) dari ayah Ketidakadilan Gender Ketidakadilan gender (gender inequalities) ada akibat konsep gender yg dikonstruksikan secara sosial dan budaya Konstruksi bias gender melalui proses sosialisasi. Seringkali perempuan ditempatkan pada posisi yg tidak penting. seringkali menyebabkan terjadinya ketidaksederajatan antara lakilaki dan perempuan pada masyarakat Bukti : ada perbedaan kesempatan. Bukan karena perempuan tidak mampu bersaing.- Perbedaan-perbedaan yg ada seharusnya tetap menjadikan semua m anusia satu kedudukan atau hirarki yaitu manusia itu sendiri Perbedaan jenis kelamin. akses. Perempuan dipinggirkan dan dipandang sebelah mata hanya karena dirinya perempuan (diremehkan) Gender subordinasi 1. tetapi juga mental (psikologis) Gender dan beban kerja Pekerjaan rumah tangga dianggap sebagai pekerjaan rendah dan tidak diperhitungkan Seringkali memiliki beban kerja ganda . secara sosial kultural.

suara. berkembang disemua lapisan dan kelompok masyarakat - Dampak teknologi Teknologi selalu menghasilkan : 1. Berisi : informasi tentang penciptaan dan pengaturan sistem-sistem Perkembangan Teknologi ada. dan bahan radioaktif Efek rumah kaca Perubahan sosial dan budaya -> muncul kelas baru. Bagian dari pengetahuan ilmiah 2. Bibit-bibit persoalan baru Sifat dialektik dari teknologi : Menuntut adanya tata nilai budaya masyarakat yg mampu mengelola teknologi -> persoalan selalu mengiringi upaya penyelesaian Keuntungan teknologi Membantu mengatasi keterbatasan fisik manusia Berkaitan erat dengan efisiensi dan efektivitas Memudahkan kehidupan manusia Meningkatkan rasa aman dan nyaman - Kerugian teknologi Terjadi penyalahgunaan teknologi Cultural lag -> keterlambatan kebudayaan non material Polusi dan pencemaran -> air. fakta. persaingan Biaya tinggi .Hakikat Sains dan teknologi Sains adalah ilmu yg dapat diuji (hasil dari pengamatan sesungguhnya) kebenarannya dan dikembangkan menurut aturan tertentu Sains berkaitan erat dengan Proses mencari tahu (penemuan) secara sistematis Terdiri dari : konsep.udara. Sistem yg memperbaiki tata kehidupan masyarakat 2.tanah. prinsip Teknologi adalah Realitas / kenyataan yg diperoleh dari dunia ide Keseluruhan peralatan dan prosedur yg disempurnakan Dianggap sebagai penerapan ilmu pengetahuan Teknologi merupakan 1.

hutan. tumbuhan Sumber alam yg tidak dapat diperbarui (non renewable resources) atau sebagai golongan sumber alam abiotik Bahan bahan galian. tumbuhan. terjadi pendangkalan sungai. gas alam. pencemaran minyak oleh kapal tanker) . tanah.udara) Manusia mutlak butuh lingkungan untuk mempertahankan dan meneruskan kehidupannya - Sumber alam Sumber alam yg dapat diperbarui (renewable resources) atau disebut pula sumber alam abiotik Makhluk hidup.Manusia dan lingkungan Lingkungan adalah suatu media dimana makhluk hidup tinggal. pembuatan jalan raya. udara Kondisi saat ini Hutan (eksploitasi untuk pendirian pabrik-pabrik. Lingkungan sosial budaya 2. mencari penghidupannya. pendiran perumahan) Air (tercemar oleh limbah pabrik dan rumah tangga. sumber mata air banyak yg mati. dan memiliki karakter. hewan. serta fungsi yg khas yg mana terkait secara timbal balik dengan keberadaan makhluk hidup yg menempatinya terutama manusia yg memiliki peranan yg lebih kompleks dan real Hakikat lingkungan Manusia membutuhkan lingkungan dalam kegiatan sehari-hari 1. minyak bumi. bahan-bahan tambang Lingkungan bagi manusia Manusia berinteraksi dengan lingkungan Didasari atau tanpa disadari Secara langsung maupun tidak Hubungan yg terjadi diantara keduanya saling mempengaruhi - Pembangunan dan eksploitasi Yg diambil dari lingkungan untuk manusia Hutan. Lingkungan alam Sumber daya alam Sumber daya yg ada dalam lingkungan alam SDA terbatas (air bersih. mineral. dll) SDA tak terbatas (matahari.air.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->