P. 1
Organisasi & Manajemen

Organisasi & Manajemen

|Views: 104|Likes:
Published by IL~

More info:

Published by: IL~ on Apr 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/01/2011

pdf

text

original

Organisasi

Organisasi (Yunani: , organon - alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama . Baik dalam penggunaan sehari-hari maupun ilmiah, istilah ini digunakan dengan banyak cara.

Beberapa pengertian organisasi: 1. James A. F. Stoner Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama. 2. James D. Mooney (1974) Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama. 3. Chester I. Bernard (1938) Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama. 4. Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (etity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan 5. Prof Dr. Sondang P. Siagian mendefinisikan organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.

6.

Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakan organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.

Grifin Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu. saling berhubungan satu bagian dengan bagian yang lain untuk mengkoordinasikan aktivitas di dalamnya. arranged into groups. Janu Murdiyamoko dan Citra Handayani Organisasi adalah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif yang tegas. Millet Organisasi adalah orang-orang yang bekerjasama dan mengandung ciri-ciri hubungan-hubungan manusia yang timbul dalam aktivitas kelompok. 8. 10. . Prof.S. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakan organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu. 13. tujuan. 12.7. Karakterisitik organisasi menurut Schein meliputi : memiliki struktur. W. Schein Organisasi adalah suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi lewat hirarki otoritas dan tanggung jawab. 11. 9. dan prosedur pergantian anggota.J. Dr. Poerwadarminta. program kegiatan yang jelas. yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. working together to achieve some common objectives). Kamus Umum Bahasa Indonesia Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb) sehingga merupakan kesatuan yang teratur. (Organization is a collection people. daftar anggota yang terperinci. Paul Preston dan Thomas Zimmerer mengatakan bahwa Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompokkelompok.

artikel PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN STRESS DIHADAPKAN DENGAN KONSELING DALAM TINGKAT PRODUKTIFITAS DAN PRESTASI KERJA SUATU ORGANISASI oleh : Mistiani. 19. dll) yang bekerjasama dalam suatu proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama (tujuan organisasi). menetapkan hubungan. Massie Organisasi merupakan struktur dan proses kelompok orang yang bekerjasama yang membagi tugastugasnya diantara para anggota. Daniel E. Griffths (1959) Organisasi adalah seluruh orang-orang yang melaksanakan fungsi-fungsi yang berbeda tetapi saling berhubungan dengan yang dikoordinasikan agar sebuah tugas dapat diselesaikan. dan menyatukan aktivitas-aktivitas ke arah tujuan bersama. 15. kepuasan kerja. 18. 16. Agar tujuan organisasi dan tujuan individu dapat tercapai secara selaras dan harmonis maka diperlukan kerjasama dan usaha yang sungguh-sungguh dari kedua belah pihak (pengurus organisasi dan anggota organisasi) untuk bersama-sama berusaha saling memenuhi kewajiban masing-masing secara bertanggung jawab. sehingga pada saat masingmasing mendapatkan haknya dapat memenuhi rasa keadilan baik bagi anggota organisasi/pegawai maupun bagi pengurus organisasi/pejabat yang berwenang. 17. Ralp Currier Davis (1951) Organisasi adalah sesuatu kelompok orang-orang yang sedang bekerja ke arah tujuan bersama di bawah kepemimpinan. .sos Organisasi adalah bentuk formal dari sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masingmasing (gaji. S. artikel yang berjudul Manajemen Konflik Dalam Organisasi oleh Fickry Organisasi adalah suatu bentuk sistem terbuka dari aktivitas yang dikoordinasi oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.14. Kochler Organisasi adalah sistem hubungan yang terstruktur yang mengkoordinasikan usaha suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.

dan tujuan tertentu. Dari definisi sederhana ini dapat ditemukan adanya berbagai faktor yang dapat menimbulkan organisasi. kerjasama. sistem sosial.Dengan demikian diantara berbagai macam pandangan tentang pengertian organisasi. Maka dalam pengertian organisasi digunakan sebutan sistem yang berarti kebulatan dari berbagai faktor yang terikat oleh berbagai asas tertentu. melainkan saling kait merupakan suatu kebulatan. yaitu orang-orang. . Guna memudahkan penangkapan pengertian. Berbagai faktor tersebut tidak dapat saling lepas berdiri sendiri. pandangan yang tepat adalah yang menganggap organisasi sebagai suatu sistem kerjasama. sistem hubungan. dapatlah kiranya disusun suatu definisi organisasi secara sederhana dan dapat diterapkan dalam praktek sebagai berikut : Organisasi adalah suatu sistem yang saling mempengaruhi antar orang dalam kelompok yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu .

dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif . pengorganisasian. 2. Oleh karena itu. 3. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. 5. James A. 4. Berikut berbagai definisi tenteng manajemen: 1. pengkoordinasian. yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Appley Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain. setiap orang mempunyai definisi tersendiri tentang manajemen.Manajemen Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement. Shrode manajemen adalah seperangkat kegiatan atau sumber proses dalam untuk mengoordinasikan dan menginterpretasikan penggunaan sumber mencapai tujuan organisasi (produktivitas) dengan menggunakan orang-orang melalui teknik dan informasi dalam saluran organisasi.F. 6. kepemimpinan. Mary Parker Follet mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Horold Koontz dan Cyril O donnel Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan. Lawrence A. pengorganisasian. Stoner Manajemen adalah suatu proses perencanaan. dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.

9. Sondang P. 11. Rosyidi dalam buku Organisasi dan Management Definisi manajemen adalah proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan . pengarahan. McHugh and McHugh Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan. pengorganisasian. Nickels. . 12. Prof Dr. HE. 7. 8. Siagian dalam buku FILSAFAT ADMINISTRASI Management dapat didefinisikan sebagai kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain . Menurut ORDWAY TEAD yang disadur oleh DRS. Haiman 10. dan sesuai dengan jadwal. Geogy R. dan pengendalian orangorang serta sumber daya organisasi lainnya. sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar. Encylopedia of the social sciences Manajemen adalah suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu di selenggarakan dan diawasi. terorganisir. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan. Terry dalam bukunya THE PRINCIPLES OF SCIENTIFIC MANAGEMENT Manajemen adalah usaha untuk mendapatkan tujuan yang telah di tetapkan terlebih dahulu dengan menggunakan kegiatan orang lain.dan efesien.

.pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. H. dapat disimpulkan bahwa: Hal yang berbeda antara organisasi dan manajemen adalah organisasi sebagai alat atau wadah sekelompok orang dalam mencapai tujuan tertentu. namun demikian pengertian manajemen itu sendiri secara umum yang bisa kita jadikan pegangan adalah : Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan. yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya Dari kedua di atas mengenai definisi Organisasi dan Manajemen. Drs. seperti perencanaan. Sofjan Assuari Sebenarnya ada banyak versi mengenai definisi manajemen. kegiatan-kegiatan/aktivitas-aktivitas. pengorganisasian. yakni kegiatan dalam rentetan urutan. proses.penyusunan. Oey Liang Lee Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian. b. Dr. c. sedangkan manajemen lebih mengarah kepada pengaturan atau pengelolaan untuk mencapai tujuan tersebut.urutan. ARIFIN ABDULRACHMAN dalam buku KERANGKA POKOK-POKOK MANAGEMENT mengartikan manajemen sebagai: a. Prof. penggerakan dan pengendalian/pengawasan. 15. insitut/ orang orang yang melakukan kegiatan atau proses kegiatan 14. adapun persamaan dari organisasi dan manajemen ialah sama-sama memiliki sasaran dan tujuan tertentu yang ingin dicapai.13.

gunadarma.html http://www.wikipedia.widyatama.freewebs.com/pengertian-organisasi/146689 http://www.org/wiki/Organisasi http://ppy-gummers.pdf?sequence=9 .ac.com/2009/11/pengertian-organisasi-didapat-dari-buku.pdf http://dspace.com/hijrahsaputra/makalah/IKLIM%20DAN%20KESEHATAN%20DALAM%20ORGA NISASI.com/pengertian-manajemen http://elearning.org/wiki/Manajemen http://yulii.http://id.id/bitstream/handle/10364/993/bab2a.blogspot.ngeblogs.wikipedia.yousaytoo.id/docmodul/pengantar_manajemen_umum/Bab_1.com/category/uncategorized/ http://revolsirait.htm http://id.ac.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->