P. 1
PERAN ISLAM DALAM KEHIDUPAN ( Fauzy )

PERAN ISLAM DALAM KEHIDUPAN ( Fauzy )

|Views: 1,602|Likes:
Published by Fadhil Faat

More info:

Published by: Fadhil Faat on Apr 12, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/15/2013

pdf

text

original

PERAN ISLAM DALAM KEHIDUPAN

Atheis adalah suatu paham atau aliran yang tidak mepercayai adanya agama bahkan Tuhan. Di era maju seperti ini banyak orang yang berpaham seperti itu di dalam masyarakat, mereka adalah orang yang tidak mengetahui arti hidup dan terus bertanya kemana manusia pergi setelah mati, jika mereka mau ikut berjihad dalam agama Allah yaitu agama Islam mereka pasti dapat menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Itulah salah satu peran agama Islam dalam kehidupan. Peran Islam dalam perkembangan iptek pada dasarnya ada 2 (dua). Pertama, menjadikan Aqidah Islam sebagai paradigma ilmu pengetahuan. Paradigma inilah yang seharusnya dimiliki umat Islam, bukan paradigma sekuler seperti yang ada sekarang. Paradigma Islam ini menyatakan bahwa Aqidah Islam wajib dijadikan landasan pemikiran (qaidah fikriyah) bagi seluruh bangunan ilmu pengetahuan. Ini bukan berarti menjadi Aqidah Islam sebagai sumber segala macam ilmu pengetahuan, melainkan menjadi standar bagi segala ilmu pengetahuan.Maka ilmu pengetahuan yang sesuai dengan Aqidah Islam dapat diterima dan diamalkan, sedang yang bertentangan dengannya, wajib ditolak dan tidak boleh diamalkan. Kedua, menjadikan Syariah Islam (yang lahir dari Aqidah Islam) sebagai standar bagi pemanfaatan iptek dalam kehidupan sehari-hari. Standar atau kriteria inilah yang seharusnya yang digunakan umat Islam, bukan stan= dar manfaat (pragmatisme/utilitarianisme) seperti yang ada sekarang. Standar syariah ini mengatur, bahwa boleh tidaknya pemanfaatan iptek, didasarkan pada ketentuan halal-haram (hukum-hukum syariah Islam). Umat Islam boleh memanfaatkan iptek, jika telah dihalalkan oleh Syariah Islam. Sebaliknya jika suatu aspek iptek telah diharamkan oleh Syariah, maka tidak boleh umat Islam memanfaatkannya, walau pun ia menghasilkan manfaat sesaat untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di satu sisi memang berdampak positif, yakni dapat memperbaiki kualitas hidup manusia. Berbagai sarana modern industri, komunikasi, dan transportasi, misalnya, terbukti amat bermanfaat. Dengan ditemukannya mesin jahit, dalam 1 menit bisa dilakukan sekitar 7000 tusukan jarum jahit. Bandingkan kalau kita menjahit dengan tangan, hanya bisa 23 tusukan per-menit. Dahulu Ratu Isabella (Italia) di abad

dan perjudian.3 detik untuk mengetahui kabar pendaratan Neil Amstrong di bulan. Lalu di abad XIX Orang Eropa perlu 2 minggu untuk memperoleh berita pembunuhan Presiden Abraham Lincoln. Pada tahun 1995. akhirakhir ini diterapkan pada manusia (human cloning). . misalnya mengubah sifat genetik virus influenza hingga mampu membunuh manusia dalam beberapa menit saja. ternyata telah disimpan dibank dan kemudian baru dititipkan pada bibinya. Elizabetta. Bayi tabung di Barat bisa berjalan walau pun asal usul sperma dan ovumnya bukan dari suami isteri. kekerasan. kita hanya perlu 12 jam saja. Elenna adik Luigi. Beberapa varian tanaman pangan hasil rekayasa genetika juga diindikasikan berbahaya bagi kesehatan manusia. Kloning hewan rintisan Ian Willmut yang sukses menghasilkan domba kloning bernama Dolly. seorang bayi Italia. Bom atom telah menewaskan ratusan ribu manusia di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945. Tapi pada 1969. Lingkungan hidup seperti laut. Ovum dan sperma orang tuanya yang asli.XVI perlu waktu 5 bulan dengan sarana komunikasi tradisional untuk memperoleh kabar penemuan benua Amerika oleh Columbus. peran agama sebagai pedoman hidup menjadi sangat penting untuk ditengok kembali. dan hutan juga tak sedikit mengalami kerusakan dan pencemaran yang sangat parah dan berbahaya. lahir dari rahim bibinya setelah dua tahun ibunya (bernama Luigi) meninggal. menjadi lebih berbahaya. Dulu orang naik haji dengan kapal laut bisa memakan waktu 17-20 hari untuk sampai ke Jeddah. Dapatkah agama memberi tuntunan agar kita memperoleh dampak iptek yang positif saja. Sekarang dengan naik pesawat terbang. Subhanallah Tapi di sisi lain. seraya mengeliminasi dampak negatifnya semiminal mungkin? Sejauh manakah agama Islam dapat berperan dalam mengendalikan perkembangan teknologi modern? Tulisan ini bertujuan menjelaskan peran Islam dalam perkembangan dan pemanfaatan teknologi tersebut. tak jarang iptek berdampak negatif karena merugikan dan membahayakan kehidupan dan martabat manusia. Di sinilah. Tak sedikit yang memanfaatkan teknologi internet sebagai sarana untuk melakukan kejahatan dunia maya (cyber crime) dan untuk mengakses pornografi. Bioteknologi dapat digunakan untuk mengubah mikroorganisme yang sudah berbahaya. dengan sarana komunikasi canggih. atmosfer udara. dunia hanya perlu waktu 1.

Islam sebagai penuntun umatnya pada jalan yang benar. yaitu agama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. intelektual. 7:205 yang intinya agar manusia selalu menyembah dan mengingat Allah SWT. adalah hasil dari segala langkah dan pemikiran untuk memperluas. adalah agama Islam. akan disebutkan dulu beberapa pengertian dasar. karena dengan salat kita dapat berintaksi. bagaimana dan kemana manusia setelah mati dan untuk apa manusia hidup. Ilmu pengetahuan (sains) adalah pengetahuan tentang gejala alam yang diperoleh melalui proses yang disebut metode ilmiah (scientific method). Allah SWT berfirman dalam surat . Allah SWT berfirman kepada umatnya pada surat al-Baqarah. islam menyuruh manusia untuk mendirikan salat. Ilmu dan teknologi semakin maju namun tak ada yang mampu menjawab hal sepele seperti di atas. dalam surat al-Dhariyah : 56 Allah SWT berfirman bahwa manusia hidup adalah sebuah utang yang harus dibayar dengan satu jalan. 33:42. dan pakaian). al-Ahzaab. Perkembangan iptek.Paradigma Hubungan Agama-Iptek Untuk memperjelas. 33:35. dan mengembangkan iptek. Agama yang dimaksud di sini. Hanya Agama Islam yang mampu menerangkan secara terperinci apa. dan hubungan manusia dengan manusia lainnya (dengan aturan muamalah dan uqubat/sistem pidana). yaitu ibadah. dan moral sehingga tercipta perdamaian global. al-Ahzaab. 1:6-7. karena jika umat manusia masuk dalam agama islam dan mempelajarinya maka akan menjadikan manusia berkualitas dari sisi spriritual. al-A¶raaf. memperdalam. Islam adalah jawaban semua pertanyaan tentang kehidupan. 2:152 . Hal ini sesuai dengan QS alFatihah. hubungan manusia dengan dirinya sendiri (dengan aturan akhlak. selain itu agama islam memerintahkan bagi kaum muslim untuk menutup aurotnya karena semata-mata untuk mengangkat derajat manusia. Pada dasarnya agama Islam bertujuan untuk mengesakan Tuhan dan menjadikan manusia sebagai mahluk yang beradab dan berbudi luhur. untuk mengatur hubungan manusia dengan Penciptanya (dengan aqidah dan aturan ibadah). Sedang teknologi adalah pengetahuan dan ketrampilan yang merupakan penerapan ilmu pengetahuan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Manusia akan terbebas dari kemusyrikan. karena Islam berisi informasi-informasi yang berasal dari pencipta makhluk hidup dan Islam bersifat realistis dan bersifat teguh atau tidak berubah-ubah. makanan.

Masih teringat di kepala kita seranga Israel ke Palestina dengan teknologi super canggihnya sehingga lebih dari seribu rakyat sipil yang tak bersalah tewas. Dari Abi Tsa¶labah Al Khusyani Jurtsum bin Nasyir radhiallahuanhu. dan Dia mengampuni segala dosa selain dari (syirik) itu. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah SWT. Di Al-Qur¶an dijelaskan bahwa manusia hidup di dunia untuk akhirat. dengan kata lain agama Islam dengan Al-Qur¶an sebagai kitab sucinya memerintahkan untuk jangan mudah putus asa dalam menghadapi segala hal dan terus bekerja keras karena segala perbuatan kita tak luput dari penglihatan Allah SWT. 4:48 yang berisi ³Sesungguhnya Allah SWT tidak akan mengampuni dosa syirik. bagi siapa yang dikehendaki-Nya. maka janganlah kalian mengabaikannya.´ Keempat adalah sebagai rambu-rambu atau peraturan dalam hidup. Dia mendiamkan sesuatu sebagai kasih sayang buat kalian dan bukan karena lupa jangan kalian mencari-cari tentangnya´. dan telah menetapkan batasan-batasannya janganlah kalian melampauinya. mungkin bagi beberapa orang hal tersebut terlalu mengada-ada namun dari penelitian ternyata di daging babi banyak bakteri yang dapat menimbukan penyakit jika dikonsumsi. maka janganlah kalian melanggarnya.al-Nisaa. maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. hal ini akan berbeda jika suatu negara menggunakan dasar islam untuk menjalankan pemerintahan. dari Rasulullah shollallohu µalaihi wa sallam dia berkata : ³Sesungguhnya Allah ta¶ala telah menetapkan kewajiban-kewajiban. Dia telah mengharamkan segala sesuatu. mereka tidak akan menggunakan teknologi kususnya persenjataan untuk menjajah kaum atau negara lainnya namun mereka akan menggunakan teknologi tersebut . sehingga Islam berperan sebagai peningkat etos kerja dalam kehidupan. jika pengendara tidak mematuhi peratuan lalu lintas maka akan banyak tabarakan yang dapat merengut nyawa manusia. Contohnya adalah agama kita mengharamkan manusia untuk mengonsumsi daging babi. Begitu juga agama islam yang mengatur kehidupan manusia yang bertujuan untuk kebaikan mereka sendiri. Peranan lain dari agama Islam dalam kehidupan adalah mengendalikan dan mengarahkan penggunaan teknologi untuk kepentingan manusia. Hal ini seperti lalu lintas dengan polisi dan perangkatnya. namun jika hasil dari kerja keras tersebut tidak sesuai dengan yang kita harapkan mungkin Allah SWT mempunyai rencana yang lebih indah dari yang kita rencanakan.

berperan sebagai peningkat etos kerja dalam kehidupan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Islam berperan penting dalam kehidupan manusia. Dalam firman Allah SWT dalam surat al-Hujarat. Peran Islam dalam kehidupan adalah Islam sebagai kumpulan informasi-informasi yang berasal dari Allah SWT. dan mengendalikan dan mengarahkan penggunaan teknologi untuk kepentingan manusia. sebagai rambu-rambu atau peraturan dalam hidup. bertujuan untuk mengesakan Tuhan dan menjadikan manusia sebagai mahluk yang beradab dan berbudi luhur. sebagai penuntun umatnya pada jalan yang benar.untuk melindungi rakyat misalnya memanfaatkan uranium untuk tenaga listrik. . Manusia adalah khalifahNya dimuka bumi ini. jadi sudah seharusnya manusia memakmurkan bumi dan membangun tamadun yang sesuai dengan keinginan Allah SWT (al-Qasas:5 dan al-Nur:55). 49: 9 yang intinya Allah SWT menyukai kedamaian. namun bila ada golongan berbuat aniaya kita diwajibkan memeranginya agar kembali dijalan Allah SWT selanjutnya kita harus mendamaikan kedua belah pihak secara adil.

TUGAS MAKALAH PERAN ISLAM DALAM KEHIDUPAN FAUZY AKBAR 10200110025 EKONOMI ISLAM MATA KULIAH METODE STUDI ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAKASSAR ( UIN ) TAHUN AJARAN 2011 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->