1

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Perkembangan teknologi yang begitu pesatnya khususnya teknologi informasi, menciptakan kemudahan dan ketepatan dalam pengambilan keputusan dalam suatu informasi. Namun masih banyak permasalahan - permasalahan dan kelemahan suatu sistem yang dijalankan oleh perusahaan. Berdasarkan pengamatan di lapangan menunjukan bahwa proses penggajian yang terjadi di perusahaan tersebut masih bersifat manual, karena komputer yang tersedia hanya digunakan untuk mencatat penambahan guru, serta potongan dan tunjangan gaji belum ada program secara otomatis dapat mengolah data penggajian di perusahaan tersebut. Saat itu outputnya masih berupa arsip arsip atau laporan - laporan yang jumlahnya cukup banyak, sehingga masih terjadinya keterlambatan dalam memberikan informasi kepada karyawan Beberapa kendala yang di dapat dari pengamatan penulis tentang sistem informasi penggajian guru yaitu susahnya mendapatkan laporan penggajian secara rinci dan pengolahan data penggajian guru Madrasah Aliyah Husainiyah tersebut masih menggunakan exel, tapi belum efisien dan juga membutuhkan waktu dalam pengimputan data. Proses presensi guru juga masih menggunakan presensi manual yaitu pencatatan tingkat prestasi kehadiran. Selain itu juga masih kurang terjaminnya 1

yang bertugas untuk mengolah data penggajian yang berupa mengolah data guru dan data gaji serta membuat laporan gaji setiap bulannya.2 keamanan data. Dengan adanya kenyataan ini penyusun memandang perlunya melakukan komputerisasi pada sistem yang ada khususnya pada bagian penggajian dan presensi guru. disamping itu diharapkan juga mampu menunjang evaluasi analisis untuk pengambilan keputusan serta menghasilkan informasi yang berkualitas. Penyusun mengharapakan dengan adanya sistem pengolahan data penggajian dan sistem presensi yang terkomputerisasi dapat mengontrol ketertiban proses penggajian dan ketertiban guru agar datang tepat waktu sehingga akan lebih efektif dan efisien. Sehingga mungkin saja dalam sistem penggajian masih belum berinteraksi secara optimal walaupun sebagian kegiatan penggajian sudah menggunakan sistem komputer. . Berkaitan dengan sistem informasi yang telah ada saat ini pada Madrasah Aliyah Husainiyah maka diperlukan suatu sistem pengolahan data yang dapat menunjang evaluasi proses pengambilan keputusan.hal ini lah yang melatar belakangi penyusun unntuk menerapakan judul tugas akhir "SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN GURU DI MADRASAH ALIYAH HUSAINIYAH ".

tepat dan akurat Untuk memudahkan proses absensi guru 1.3 Maksud dan Tujuan Maksud dari penulisan Tugas Akhir ini adalah membuat perancangan sistem informasi penggajian guru yang terkomputerisasi. Pengolahan penggajian guru 2.4 Kegunaan Sistem yang telah di buat oleh penulis di harapkan dapat berguna di antaranya : 1. 3. Pengolahan Absensi 1. Untuk membuat laporan otomatis sehingga lebih cepat. dan sistem ini dapat di aplikasikan langsung. Bagi pihak Madrasah Aliyah Husainiyah.3 1. Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan diatas. 2. diharapkan hasil dari penelitian ini dapat membantu penggajian guru.2 Ruang Lingkup dan Pembatasan Masalah Ruang lingkup yang akan di bahas dalam tugas akhir ini meliputi system penggajian guru di Madrasah Aliyah Husainiyah. Untuk memudahkan pencatatan dan penghitungan gaji. maka tujuan disusunnya perancangan sistem informasi ini adalah: 1. adapun batas masalahnya adalah sebagai berikut : 1. .

Bagi penulis diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pengalaman selama melakukan penelitian. Studi Pustaka. Bagi pihak Amik Al Ma¶soem dapat dijadikan salah satu perpustakaan. Metodologi yang digunakan dalam perancangan sistem informasi penggajian guru di Madrasah Aliyah Husainiyah adalah dengan menggunakan .4 2. diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat untuk dijadikan referensi atau sumber yang dapat dikembangkan agar bisa lebih baik lagi 1. yaitu pengamatan yang dilakukan secara langsung di lapangan mengenai suatu kegiatan yang sedang terjadi. Bagi pihak lain. 3. referensi di 3. yaitu pengumpulan data dengan mewawancarai narasumber untuk mendapatkan informasi secara langsung agar lebih jelas. 4. bisa dilakukan dengan cara ikut berpartisifasi atau hanya mengamati kegiatan orang -orang yang melakukan kegiatan tersebut 2. yaitu dengan cara menggunakan buku-buku dan referensi dari perpustakaan untuk mendukung penulisan ilmiah dan panduan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.5 Metodologi dan Sistematika Metodologi penulisan yang di gunakan dalam pembuatan tugas akhir ini adalah metode deskriptif yaitu dengan mendapatkan informasi yang sesuai dengan penulis inginkan. Wawancara. Adapun tekniknya adalah sebagai berikut: 1. Observasi.

3. desain (design) dan pengembangan (development) Sistematika pembahasan terdiri dari beberapa bab. maksud dan tujuan. kegunaan. BAB II STUDI PUSTAKA Menguraikan teori yang didapat oleh penulis dalam buku-buku selama perkuliahan guna menunjang dalam merancang sistem yang akan dibuat oleh penulis sehingga menjadi lebih terarah. adapun sistematika dari penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut: 1. BAB III ANALISA SISTEM Analisa sistem membahas tentang analisa yang dilakukan terhadap sistem yang sedang berjalan dan mempelajari masalah-masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan pemakai sistem untuk mengidentifikasi pemecahan masalah yang beralasan. metodologi dan sistematika penulisan laporan. BAB I PENDAHULUAN Bab ini membahas tentang alasan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis. perangkat pengembangan sistem. Analisa (analysis). Bab ini terdiri dari pengembangan sistem informasi. dan masing-masing bab dibagi menurut subbab. konsep sistem database dan file serta teori pendukung. Pendahuluan ini berisi tentang latar belakang masalah. 2.5 metode waterfall yaitu metode pengembangan system yang membagi aktivitas pekerjaan menjadi proses yang bertahap dan berkelanjutan satu sama lain (hag et all. Bab ini terdiri dari gambaran sistem . 2007) waterfall methodology yang digunkan dalam tugas akhir ini dimulai dari perencanaan (planning).

perancangan perangkat lunak dan perancangan perangkat keras. analisis kebutuhan perangkat lunak. Tahap perancangan sistem merupakan tahapan bagaimana membentuk suatu sistem. 4.6 lama. 5. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan adalah menyimpulkan keseluruhan masalah yang dibahas pada laporan sedangkan saran adalah tulisan yang meny ebutkan perbaikan-perbaikan atas kekurangan yang ada dan memberikan tambahan . BAB IV PERANCANGAN SISTEM Membahas tentang perancangan yang dilakukan terhadap sistem baru yang bertujuan untuk membuat solusi dan memecahkan masalah yang ada. perancangan basisdata. deskripsi kebutuhan fungsional dan pemodelan kebutuhan fungsional. Bab ini terdiri dari perancangan prosedur. analisis kebutuhan sistem.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.