KEBUDAYAAN & FUNGSINYA UNTUK MASYARAKAT

yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. memelihara ladang (menurut Soerjanto Poespowardojo 1993).ARTI KEBUDAYAAN : Budaya secara harfiah berasal dari Bahasa Latin yaitu Colere yang memiliki arti mengerjakan tanah. karya. Adapun menurut istilah Kebudayaan merupakan suatu yang agung dan mahal. Selain itu Budaya atau kebudayaan berasal daribahasa Sansekerta yaitu buddhayah. tentu saja karena ia tercipta dari hasil rasa. mengolah.dan cipta manusia yang kesemuanya merupakan sifat yang hanya ada pada manusia. karsa.Tak ada mahluk lain yang memiliki anugrah itu sehingga ia merupakan sesuatuyang agung dan mahal .

. Menurut Ki Hajar Dewantara Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat.Menurut Koentjaraningrat budaya adalah keseluruhan sistem gagasan tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan miliki diri manusia dengan cara belajar. yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

pemerintahan negeri.Jenis-Jenis Kebudayaan Kebudayaan dapat dibagi menjadi 3 macam dilihat dari keadaanjenis-jenisnya: 1. 3. Kepandaian manusia. 1994). yaitu sesuatu yang menimbulkan tertib damainya hidup masyarakat dengan adat-istiadatnya. pelayaran. kerajinan. kesenian yang berjenis-jenis. Hidup-kebatinan manusia. . Angan-angan manusia. perniagaan. yaitu sesuatu yang menimbulkan macam-macam kepandaian tentang perusahaan tanah. hubungan lalu-lintas. kesusasteraan dan kesusilaan. semuanya bersifat indah (Dewantara. agama atau ilmu kebatinan 2. yaitu sesuatu yang dapat menimbulkan keluhuran bahasa.

nilai-nilai. . dan sebagainya yang sifatnya abstrak. Gagasan (Wujud ideal) Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide. norma-norma. Kebudayaan Terbagi atas : Menurut J. wujud kebudayaan dibedakan menjadi 3 : 1. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Hoenigman. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan.Berdasarkan Wujudnya. gagasan.J. peraturan. maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut. tidak dapat diraba atau disentuh.

terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia. antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Artefak (karya) Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas. Sifatnya konkret. dan didokumentasikan. dan dapat diamati dan didokumentasikan. serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi. Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat. Aktivitas (tindakan) Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. mengadakan kontak. 3. . dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba. dilihat. Sifatnya paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan.2. perbuatan.

Kebudayaan Nasional akan mantap apabila di satu pihak budayabudaya Nusantara asli tetap mantap. . Kebudayaan Nasional Indonesia secara hakiki terdiri dari semua budaya yang terdapat dalam wilayah Republik Indonesia.Kebudayaan Nasional Kebudayaan Nasional adalah gabungan dari kebudayaan daerah yang ada di Negara tersebut. 1992). Itu tidak berarti Kebudayaan Nasional sekadar penjumlahan semua budaya lokal di seantero Nusantara. Kebudayaan Nasional merupakan realitas. Tanpa budaya-budaya itu tak ada Kebudayaan Nasional. dan di lain pihak kehidupan nasional dapat dihayati sebagai bermakna oleh seluruh warga masyarakat Indonesia (Suseno. karena kesatuan nasional merupakan realitas.

Akar kebudayaan Indonesia berhubungan dengan zaman prasejarah. setelah itu diikuti oleh perkembangan Islam di Indonesia. .demikian pula dengan kebudayaan pada suatu Negara tidak dapat tumbuh dan berkembang tanpa adanya akar atau pendahulu yang membentuk kebudayaan tersebut.Akar Kebudayaan Indonesia Akar kebudayaan Indonesia adalah suatu mekanisme yang terbentuk dari unsur-unsur yang berkaitan dengan zaman prasejarah. mulai dari nenek moyang kita yang membawa kebudayaan Dongson.jadi ibarat pohon.pohon tidak dapat tumbuh dan berkembang tanpa adanya akar. Jadi islam juga merupakan salah satu akar kebudayaan Indonesia.

Kemunafikan 3. Lemahnya kreativitas 4.Mochtar Lubis juga dalam kesempatan yang sama saat Temu Budaya tahun 1986. Neo-Feodalisme 6. . Kontradiksi gawat antara asumsi dan pretensi moral budaya Pancasila dengan kenyataan 2. Etos kerja yang lemah 5. Budaya malu telah sirna ( Lubis. menyampaikan bahwa kondisi budaya kita hari ini ditandai secara dominan oleh ciri: 1. 1999).

Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh. 4.benarnya dan seadil. Menanamkan dan mengamalkan nilai. misal semangat mencintai produk dalam negeri. 3. menerapkan dan menegakkan hukum dalam arti sebenar. Mewujudkan supremasi hukum.baiknya. 5.Berikut ini adalah cara-cara mempertahankan kebudayaan Indonesia : 1.baiknya.adilnya.nilai Pancasila dengan sebaik. Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik. 2. Selektif terhadap kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia 6. Pemerintah harus Menghak-patenkan kebudayaankebudayaan di Indonesia .

.Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat Membantu manusia melangsungkan kehidupan bermasyarakat.