Topik Bahasan : Konsep Penelitian Kualitatif Penyaji : DR. Drs. R. Kintoko Rochadi, MKM Sub Topik Bahasan: 1.

Pengertian Penelitian Kualitatif 2. Definisi Penelitian Kualitatif 3. Penggunaan Penelitian Kualitatif 4. Karakteristik Penelitian Kualitatif 5. Tahapan Penelitian Kualitatif 6. Kerangka Proposal Penelitian Kualitatif 7. Pemilihan Permasalahan Pengertian Penelitian Kualitatif • Pendekatan kualitatif berasumsi bahwa manusia adalah makhluk yang aktif, sehingga hanya dapat dipahami dalam konteks budayanya dan tidak didasarkan pada hukum sebabakibat (Brannen, 1992). • Pada awalnya, penelitian kualitatif bersumber pada pengamatan kualitatif yang dipertentangkan dengan pengamatan kuantitatif (Kirk & Miller, 1986). • Beberapa istilah yang sering dipergunakan dalam penelitian kualitatif adalah: inkuiri naturalistik, etnografi, interaksionis simbolik, perspektif ke dalam, etnometodologi, The Chicago School, fenomenologis, studi kasus, interpretatif, dan deskriftif (Bogdan & Biklen, 1982). Definisi Penelitian Kualitatif • Penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati (Bogdan & Taylor, 1975). • Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan latar alamiah dan menafsirkan fenomena yang terjadi denga menggunakan berbagai metode seperti wawancara, pengamatan dan pemanfaatan dokumen (Denzin & Lincoln, 1987). • Penelitian kualitatif adalah pengumpulan data pada suatu setting/latar alamiah dan menafsirkan fenomena yang terjadi dengan menggunakan metode alamiah, dan dilakukan oleh peneliti yang tertarik secara alamiah (Williams, 1993). • Penelitian kualitatif adalah suatu proses yang mencoba untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kompleksitas yang ada pada proses interaksi manusia (Marshall, 1995)

1

yaitu: (i) azas kesesuaian. 3. 5. ada 3 macam metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif. Memahami makna yang melandasi tingkah laku masyarakat.Penggunaan Penelitian Kualitatif Penggunaan penelitian kualitatif apabila peneliti ingin melakukan hal-hal sebagai berikut: 1. 4. Selain itu. Data meliputi transkrip interviu. bukan angka seperti dalam penelitian kuantitatif. (ii) observasi langsung. Peneliti sebagai instrumen penelitian Peneliti dapat melakukan penyesuaian sejalan dengan kenyataan-kenyataan yang terjadi di lapangan. atau catatan resmi. memo. Lebih mementingkan proses daripada hasil Dalam pelaksanaannya. Mendiskripsikan fenomena untuk menciptakan suatu teori baru. fotografi. maka harus diamati dalam latar dimana peristiwa itu terjadi. apabila ingin 2 . film. Pemilihan informan berdasarkan atas 2 azas. Bersifat deskriptif Data yang dikumpulkan adalah berbentuk kata-kata atau gambar. dan (iii) dokumen tertulis. Sebagai instrumen penelitian. lebih melihat atau mengobservasi bagaimana perilaku yang terjadi pada latar interaksi antar individu dalam masyarakat bukan melihat bagaimana hasil atau pengaruh dari suatu interaksi. Menurut Patton (1987). Contoh. ia dapat mengganti strategi dalam melakukan interaksi dengan subyek penelitian sesuai dengan situasi. video film. Untuk itu dalam memahami perilaku manusia secara utuh. 3. 4. dan (ii) azas kecukupan. Pada in-depth interview dan observasi langsung. dokumen personal. Memahami keadaan yang terbatas dan ingin mengetahui secara terperinci kondisi suatu fenomena. dll. 2. yaitu: (i) indepth interview. Mendiskripsikan latar dan interaksi masyarakat. Memiliki setting/latar alamiah Disebabkan berorientasi pada konteks. ia dapat berhubungan dengan subyek penelitian dan mampu memahami keterkaitannya dengan kenyataan di lapangan. 2. Karakteristik Penelitian Kualitatif 1. Melakukan eksplorasi untuk mengidentifikasi dan mendapatkan informasi baru. data diperoleh dari responden yang disebut dengan informan. maka peneliti kualitatif berasumsi bahwa perilaku manusia secara signifikan dipengaruhi oleh latar dimana perilaku itu terjadi. catatan lapangan.

Berperan serta dan mengumpulkan data 3. Tahapan Penelitian Kualitatif Terdapat 3 tahapan pada penelitian kualitatif. 5. maka pendekatan yang dilakukan tidak berdasar pada upaya menggeneralisasi secara normatif setiap perilaku yang dilakukan subyek. Tahap Pra-Lapangan Mengidentifikasi Masalah Penelitian Studi Kepustakaan Menetapkan Tujuan Penelitian Menyusun rancangan penelitian Memilih lapangan penelitian Orientasi lapangan penelitian Menseleksi informan Mempersiapkan perlengkapan penelitian Memahami kultur dan nilai-nilai sosial pada lapangan penelitian 2. i. f. Desain bersifat sementara Desain penelitian disusun secara terus menerus disesuaikan dengan kenyataan di lapangan. Tahap Analisis Data a. Hasil penelitian dapat didiskusikan dengan subyek penelitian Disebabkan yang ingin diteliti adalah sesuatu yang spesifik dari subyek penelitian. Tahap Pekerjaan Lapangan a. maka yang diamati adalah bagaimana beban kerja yang dilakukan. Dari pengamatan tersebut dapat dibuat berbagai tipologi stress kerja yang terjadi. 7. yaitu: 1. e. maka sebaiknya subyek diajak diskusi untuk dapat menjelaskan berbagai perilaku alasan perilakunya tersebut. d.melihat bagaimana stess kerja akibat beban kerja pada karyawan di suatu institusi. c. 6. Menjalin komunikasi dan interaksi dengan subyek penelitian c. Memahami latar penelitian dan persiapan diri b. Penetapan fokus merupakan upaya dalam menentukan batas penelitian dan lokasi penelitian. tujuan penelitian yang diinginkan tidak tercapai. b. Hal ini disebabkan sering berbagai fenomena tidak dapat dibayangkan sebelumnya sehingga masalah yang telah ditetapkan dapat berubah saat peneliti berada di lapangan. Adanya batas yang ditentukan oleh fokus Alasan penetapan fokus adalah dalam melakukan pengamatan seringkali peneliti menjumpai banyak hal sehingga tanpa adanya fokus. g. Analisis data a. 3 . Agar tidak menjadi salah interpretasi. h.

lihat penjelasan Tinjauan Pustaka) 2.4. yang terdiri dari: 1. Pertimbangan obyektif. … (beri judul.b.2.4. Jenis Penelitian 3. Metode Pengumpulan Data 3. Tahap Penulisan Laporan Penelitian. Permasalahan 1. Kerangka Proposal Penelitian Kualitatif Kerangka proposal penelitian kualitatif terbagi atas 3 bab.1. Pertimbangan memilih masalah penelitian a. PENDAHULUAN 1. Pertimbangan subyektif. Metode Analisis Data Pemilihan Permasalahan 1. METODE PENELITIAN 3. Manfaat Penelitian 2.1. … (beri judul. Tujuan Penelitian 1.3. Berbagai Forum Pertemuan c. Interpretasi data 4. TINJAUAN PUSTAKA 2. Kerangka Pikir 3. b. yaitu pemilihan masalah berdasarkan kondisi masalah itu sendiri yang didasarkan pada kualitas masalah dan dapat dikonseptualisasikan.3.2. Membandingkan dengan berbagai sumber informasi d. Studi Kepustakaan b.5. yaitu pemilihan masalah berdasarkan kredibilitas peneliti dan minat peneliti terhadap apa yang akan ditelitinya. Lokasi Penelitian dan Waktu Penelitian 3. Landasan Teori 2.3.1. Pemilihan Informan 3. Membuat pertanyaan atas kesenjangan yang terjadi 4 . Tahapan Menyusun Permasalahan a. Latar Belakang 1. Identifikasi kesenjangan yang terjadi c. Sumber Masalah Penelitian a. lihat penjelasan Tinjauan Pustaka) 2. 2. Membuat rumusan situasi masalah yang dihadapi b. Pengalaman Peneliti 3.4.2.