P. 1
Bahan Ajar Ms. Excel

Bahan Ajar Ms. Excel

|Views: 1,198|Likes:
Published by Andri Yuniadi

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Andri Yuniadi on Apr 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2013

pdf

text

original

MENGOPERASIKAN SOFTWARE PENGOLAH ANGKA (SPREADSHEET

)
Kompetensi dasar : Membuat dokumen pengolah Angka (Spreadsheet) dengan variasi Format Cell : tabel, Rumus, grafik.

Materi pokok

: 1. Membuat dokumen aplikasi pengolah Angka (Spreadsheet)

Oleh: RAHMAT SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Pengenalan Microsoft Excel
Microsof Excel adalah suatu program aplikasi dibawah sistem operasi Windows yang telah lama beredar dan digunakan oleh pemakai program-program komputer di Indonesia. Programprogram ini digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah serta tugas-tugas berupa spreadsheet (Lembaran Kerja), seperti pembuatan tabel, pengolahan data (penjumlahan, Perkalian dsb). Untuk pengoperasian program Microsoft Excel adalah dengan klik START pada toolbar kiri bawah lalu klik Program geser kekanan pelan-pelan klik MICROSOFT OFFICE LALU PILIH EXCEL atau langsung dari START pada toolbar kiri bawah lalu klik Program geser kekanan pelan-pelan klik Microsoft Excel maka akan muncul dialog berikut.

TAMPILAN MICROSOFT EXCEL

Tittle Bar Pointer Toolbar Kotak Nama Kolom Heading Menu full Down

Formula Bar Vertical scroll Bar Row Heading Horizontal Scroll Bar Worksheet selector

Catatan : Kursor pada Excel ditandai dengan kotak segi empat pada sel Excel (

).

Cara mengerakkan kursor pada Excel ada dua cara :
Dengan Menggunakan Mouse. Dengan cara mengerakkan mouse lalu klik satu kali dimana kursor ingin ditempatkan.

Dengan Menggunakan Keyboard. a. Dengan menggunakan tombol (u) menggerakkan kursor satu Row ke atas. b. Dengan menggunakan tombol (t)menggerakkan kursor satu kolom ke kanan. c. Dengan menggunakan tombol (v) menggerakkan kursor satu Row ke bawah. d. Dengan menggunakan tombol (s) menggerakkan kursor satu kolom ke kiri.

Pengertian Cell Pengertian cell dalam MS Excel adalah suatu daerah penyimpanan data dalam lembar kerja (worksheet) yang memiliki alamat tertentu. Suatu Cell dalam worksheet (lembar kerja) hanya bisa satu jenis data dalam satu waktu. Data tersebut berupa : Data Angka (numeric) Data Teks (tex) Formula (persamaan); matematis, logic, fungsi-fungsi khusus. Setiap Cell memiliki alamat yang berupa kombinasi kolom dan baris yang ditempati : Alamat Cell dapat dilihat di formula bar sebelah kiri (A1, A7, B2).
Catatan : Formula bar berfungsi untuk menampilkan isi dari cell

Ciri-ciri data Teks/Text. G Pada formula bar ditampilkan diawali oleh tanda petik tunggal/Apostrope (µ) G Nilai Sum=0 pada status bar G Penulisannya bisa melewati batas kolom, dengan syarat: cell yang berada disebelah kananya kosong.

Ciri-ciri data Angka/Numeric. G Nilai Sum= (nilai angkanya), pada status bar. G Tidak diawali oleh tanda Apostrope. G Penulisannya tidak bisa melewati batas kolom, walaupun cell disebelah kanannya kosong. Ciri-ciri dari formula. G Diawali dengan tanda sama dengan (=). G Memiliki nilai Sum= (nilai dari hasil perhitungannya), di satus bar.

Cell tidak hanya bisa berisi data (content) saja tetapi dia juga menampung informasi-informasi lain, yaitu : Gformat : yaitu berfungsi mengatur penampilan dari cell atau cell itu sendiri. Termasuk didalamnya : Format, Font, Alignment, Border dan background color, Number Format, dan lain-lain. GNotes : yang berfungsi memberikan catatan pada cell yang memerlukan penjelasan khusus. Fasilitas ini sangat berguna bila kita ingin memberitahu orang lain yang berkerja dengan kita; isi dari suatu cell yang membutuhkan penjelasan khusus misalnya seperti cell yang berisi formula yang rumit. G Values : nilai dari data numeric/formula yang ada didalam cell tersebut. Lihat nilai Sum=? Pada status bar, atau isi dari cell yang berisi data teks (lihat Formula bar).
Catatan : Bila kita hanya menekan tombol ³Delete´ pada keyboard pada cell/kelompok cell yang terpilih, kita hanya menghapus isi/data dari cell tersebut, Format dan Notes tidak terhapus.

Navigasi dalam Work Sheet
Bila kita ingin memasukkan data tentunya kita akan memindahkan cursor dari satu cell ke cell lainnya. Ada dua cara yaitu dengan menggunakan Mouse dan keyboard seperti penjelasan diatas, berikut ini tombol-tombol yang sering digunakan dalam oprasi Excel :
TUJUAN Satu cell ke kiri Satu cell ke kanan Satu cell ke atas Satu cell ke bawah Ke kolom awal (kolom A) Ke kolom akhir (kolom IV) Kebaris awal (baris I) Ke baris akhir (16384) Satu layar ke atas Satu layar ke bawah Satu layar ke kanan Satu layar ke kiri TOMBOL YANG DIGUNAKAN

s t u v
End, s End, t End, u End, v Page Up Page Down Ctrl + t Ctrl + s (baru berfungsi bila worksheet ada isinya) (baru berfungsi bila worksheet ada isinya)

BEKERJA DENGAN CELL
Pengetikan Kursor yang berbentuk segi empat yaitu perpotongan antara kolom dan baris tersebut adalah tempat kita mengisi data, satu sel hanya menampung satu buah kata. Pada saat anda mengetik, data yang anda ketikkan tersebut akan tampil pada sel yang aktif serta daerah diatas worksheet, yaitu yang disebut dengan formula bar. Pada baris formula bar juga ditampilkan kursor berkedip-kedip untuk menunjukkan dimana karakter yang anda ketikkan berikutnya akan ditampilkan. Disisi kiri daerah formula bar terdapat tiga tobol kecil, yaitu yang bergambar X jika anda ingin membatalkan penginputan data yang sudah anda ketikan ke dalam worksheet, tombol ˜ digunakan jika anda akan memasukan data yang anda ketik tersebut kedalam worksheet, sedangkan tombol fx digunakan jika anda ingin membuat formula.

Teks dan Angka Yang dimaksud dengan teks dalam Microsoft Excel adalah kombinasi karakter alpha numeric, spasi, simbol serta angka contohnya : data teks 10BC208, 245EPR, 15867 106 2345 dan sebagainya. Secara default data teks akan diketikkan rata kiri terhadapselnya. Sedangkan yang dimaksud dengan angka adalah yang merupakan nilai konstan dan hanya terdiri dari angka serta tanda khusus seperti : 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 serta simbol + - ( ) % 7, pemakaian tanda titik (.) dianggap sebagai simbol desimal, secara default juka anda memasukkan data angka maka excel akan menampilkan secara rata kanan.

Mengisi Data Hal yang paling sering kita lakukan dengan MS Excel adalah memasukkan data. Memasukkan data dilakukan dengan cara : Pilih Work Sheet/lembar kerja terlebih dahulu, kemudian pilih Cell yang dikehendaki. Ketikkan data yang akan dimasukkan. Bila telah selesai tekan tombol enter atau tombol navigasi
Memasukkan data juga dapat dilakukan dengan cara meng-copy/cut lalu tekan tombol Paste/Enter. Kalau data (angka/numeric) jangan diberikan tanda titik, koma, rupiah karena hal itu akan dibaca oleh Excel sebagai data teks sehingga tidak dapat di hitung (Jumlah).

Menghapus Data Letakkan kursor pada cell yang hendak kita hapus isinya. Tekan tombol Delete pada keyboard Klik Edit terus klik delete ± menghapus isi cell (Shift Cell Right) ± Menghapus cell yang ada dibawahnya (Shift Cell Up) ± menghapus seluruh baris (Entire Row) ± menghapus seluruh kolom (Entire Column)
Meng-edit isi cell Letakkan kursor pada sell yang salah (yang mau di-edit) Tekan Tombol F2 Arahkan kursor ketempat tang akan di-edit, lalu edit isi cell setelah selesai tekan tombol Enter

Copy/Cut Pilih (blok) sell yang akan di Copy/Cut Pilih menu Edit klik Paste

Menyimpan Worksheet 1.Pilih menu File klik Save 2.Tentukan dimana Data kita ingin di simpan (Save in) Muncul Dialog

Membuka Dokumen 1. Pilih File klik Open maka akan muncul :

2. Cari File yang akan dibuka pada kotak Look in, lalu klik nama File klik Open pada sudut kanan bawah.

SELAMAT BELAJAR
Sukseskan Bengkulu Kota Pelajar 2010

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->